Home » » Mengenal Senjata-Senjata yang Dipakai Angkatan Darat Jerman

Mengenal Senjata-Senjata yang Dipakai Angkatan Darat Jerman

Assalamualaikum penghuni forum militer yang dirahmati Allah SWT
Trit ane kali ini, ane mau membahas tentang Senjata Angkatan darat Jerman (Bundeswehr)


Peluncur Roket
Spoilerfor Spike LR:
Desain : Rafael Advanced Defense System
Produksi : 1997
Jenis : Rudal anti tank
Berat : 14kg
Jarak efektif : 4000 meter
Panjang : 1670 mm
Rudal antitank Israel ini menggantikan MILAN sebagai Rudal utama penghancur tank dalam Bundeswehr. Memiliki fitur yang mirip dengan Javelin Amerika, prinsip dasarnya ialah pemakai mengunci sasaran dengan menggunakan CLU (Command/Launch Unit) yang berbasis infrared dan rudal akan mengikuti titik jatuh infrared tersebut dalam kondisi terkunci sehingga petembak tidak perlu mengunci sasaran terus menerus.


Spoilerfor Panzerfaust 3:
Desain : Dynamit Nobel AG
Produksi : 1978
Jenis : Roket antitank
Bobot : 3,9 kg (hululedak)
Jarak efektif : 4000 m
Kaliber : 110 mm
Panjang : 950 mm
Mewarisi nama besar peluncur roket NAZI, Panzerfaust 3 mempunyai hululedak diluar tabung, beda dengan LAW-72 Amerika atau LAW M-80 Inggris. Hululedak Panzerfaust 3 mampu menjebol lapisan RHA setebal 800-900mm (tergantung varian). Hululedak Panzerfaust bertipe HEAT memiliki kode DM12/DM12A1 dan distabilkan tujuh sirip di proyektilnya. keunggula Panzerfaust 3 adalah dapat diluncurkan dari dalam ruang tertutup, karena motor roketnya menyala setelah hululedak meninggalkan tabung, karena menggunakan motor roket ganda.


Peluncur Granat
Spoilerfor HK GMG:
Desain : Heckler & Koch
Produksi : 1997
Jenis : Senapan mesin pelontar granat
Bobot : 28,8kg (modul GMG), 10,7kg (tripod), 8,5kg (soft mount)
Jarak Efektif : 1500 m
Kaliber : 40x53mm
Jika Amerika punya Mk.19, Jerman mengandalkan Granatmaschinenwaffe (senapan mesin granat) yang digunakan level regu. Sangat ekstrim melebihi struktur infantri NATO. Di negara lain jika pelontar granat hanya "nongkrong" di kendaraan/ ranpur dan bukan untuk personil. GMG menjadi force multiplier yang luar biasa, karena senjata ini regu infantri bisa bertahan dari serangan musuh yang jumlahnya lebih besar. Tipe granat GMG adalah HE (High Explosive), HEDP (High Explosive Dual purpose), AP (Anti Personil), dan Iluminasi


Small Arms
Spoilerfor HK MG4:
Desain : Heckler & Koch
Produksi : 2005
Jenis : Senapan Mesin Ringan
Bobot : 8,55kg (MG4) 7,9kg(MG4E) 7,7kg(MG4KE)
Panjang : 1050 mm
Jarak Efektif: 1000 m
Kaliber : 5.56x45mm NATO
Keputusan Bundeswehr mengganti MG3 dengan MG4 menjadi kontroversial dengan lingkungan penugasan kontingen Jerman di Afghanistan saat ini. Karena MG3 merupakan turunan langsung dari MG42 memiliki kaliber 7.65x51mm NATO yang ampuh untuk menerjang tembok dan batuan. Satu satunya alasan Bundeswehr mengadopsi MG4 karena keunggulannya dalam hal bobot dan tren LMG seperti FN Minimi di negara NATO. Kapasitas peluru dalam sabuk M27 adalah 200 butir dalam kantong kanvas, atau bisa 100 butir dalam assault pack. Beberapa kelebihan MG4 antara lain bobotnya ringan, popor lipat yang membuat ekonomis, dan larasnya bisa diganti dengan cepat.


Spoilerfor MP7A1:
Desain : Heckler and Koch
Produksi : 2001
Jenis : PDW (Personal Defense Weapon)
Bobot : 1,9kg
Panjang : 380mm
Jarak efektif : 300 meter
Kaliber : 4,6x30mm NATO
Dilihat dari tampilan , HK MP7A1 adalah letalitas form factor yang modern. Setiap bagian didesain dengan memperhatikan detail terkecil. Dimulai dari layout utama, PDW dirancang dengan sistem magasin pistol, seperti Uzi. Format ini dipilih untuk memampukan PDW ditembakkan seperti pistol. Untuk urusan letalitas modal utama MP7A1 adalah peluru 4.6x30mm yang dikembangkan HK. Biarpun kecil performa proyektil ini menyebabkan kecepatan lesat sangat tinggi mencapai 2378 fps dengan impak 420 joule, cukup untuk menghasilkan efek yang lethal.


Spoilerfor HK G36:
Desain : Hekcler & Koch
Produksi : 1997
Jenis : Senapan Serbu
Bobot : 3,63kg
Panjang : 999mm
Jarak Efektif : 500m
Kaliber : 5,56x45mm NATO
Setelah melewati masa pengenbangan 5 tahun, G36 lahir setelah proyek besar G11dibatalakan karena masalah biaya dan teknologi. Eksterior G36 sangat revolusioner karena penggunaan bahan polymer yang dipadu dengan partikel logam, sehingga sangat kuat dan mampu menahan impak. Mekanisme G36 mengadopsi senapan AR-18 yang dibuat George Sullivan. Sistemnya memanfaatkan piston untuk memukul balik bolt carrier kebelakang. Karena gas berhenti di kepala piston, ini mencegah terjadinya slamfire/ledakan peluru tanpa tarikan pelatuk akibat suhu dikamr peluru panas. G36 didesain untuk pengguna normal/kidal karena kontrol dibuat ambidextrous. Hal ini nampak dari selektor pilihan penembakan, pengokang, dan tuas pelepas amunisi. Ada beberapa varian G36 yaitu K (karbin) dan C (Compact).

Sumber
Spoilerfor sumber: Artikel: Majalah Reload Vol 15,Agustus 2012 (ane ringkas dan ketik sendiri)
Gambar: Google (segala sumber)

Itu aja gan dari ane kalo mohon maaf

Trit Militer ane lainnya
Spoilerfor trit ane:
KAC PDW Small But Deadly
Mengenal GIS Pasukan Anti Teror Italia

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/51ff6982a3cb176a40000001

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger