Home » » Mengupas Tradisi Ketupat di Indonesia

Mengupas Tradisi Ketupat di Indonesia

Assalamualaikum wr.wb
Salam sejahtera kepada agan/sista semua


Alhamdulillah ternyata jadi HT pertama ane
Terima kasih buat Mimin.Momod serta kaskuser semua yang mendukung thread ini jadi HT
Quote:



Spoilerfor buka:

"Minal aidin wal faidzin mohon maaf lahir dan batin "

maaf sekiranya repost
Spoilerfor cek:


Sejarah awal mula ketupat

Makan ketupat di hari raya idul fitri Sudah menjadi tradisi wajib dalam menyambut hari kemenangan umat muslim setelah satu bulan berpuasa. Selain Jenis-jenis Ketupat, tahukah anda sejarah dibalik adanya makanan ketupat di hari raya idul fitri ini ? Baiklah untuk itu mari kita simak penjelasan tentang Sejarah Makanan Ketupat di Hari Raya Idul Fitri di bawah ini

Quote:
Quote:

Ketupat pertama kali diperkenalkan oleh Sunan Kalijaga kepada masyarakat Jawa, beliau membudayakan sebuah tradisi, yaitu setelah Lebaran, masyarakat setempat menganyam ketupat dengan daun kelapa muda lalu disii dengan beras.
Setelah selesai dimasak, ketupat itu diantarkan ke anggota keluarga atau kerabat yang dituakan. Sejak itu, ketupat jadi lambang kebersamaan.
Selain itu, ternyata ketupat punya filosofi tersendiri yaitu anyaman- anyaman pada kulit ketupat itu mencerminkan betapa banyaknya kesalahan manusia.

Setelah dibelah dua, terlihatlah isi ketupat yang berwarna putih, menggambarkan kebersihan dan kesucian hati manusia, setelah menahan nafsu dengan berpuasa dan memohon ampun atas segala kesalahan.
Sementara itu, bentuk ketupat yang sempurna itu melambangkan kemenangan umat Muslim yang akhirnya mencapai hari yang Fitri.

Namun, tujuan dari tradisi makan ketupat bersama keluarga maupun tetangga diharapkan menjadi momen untuk saling mengakui kesalahan.
Ketupat juga bukan sekadar makanan yang disajikan untuk menjamu para tamu pada hari raya Idul Fitri maupun merayakan genapnya enam hari berpuasa sunah Syawal.

Quote:

Sebagian masyarakat Jawa memaknai rumitnya membuat anyaman ketupat dari janur sebagai bungkus beras, mencerminkan kesalahan manusia.

Warna putih ketupat ketika dibelah melambangkan kebersihan setelah bermaaf-maafan. Butiran beras yang dibungkus dalam janur merupakan simbol kebersamaan dan kemakmuran.
Penggunaan janur sebagai kemasan pun memiliki makna tersembunyi. Janur dalam bahasa Arab yang berasal dari kata “jaa a al-nur” bermakna telah datang cahaya. Sedangkan masyarakat Jawa mengartikan janur dengan “sejatine nur” (cahaya). Dalam arti lebih luas berarti keadaan suci manusia setelah mendapatkan pencerahan cahaya selama bulan Ramadan.

Selain itu, tradisi makan ketupat lebaran yang masih langgeng sampai saat ini adalah penggunaan sayur opor sebagai pasangannya. Sayur opor pun memiliki makna filosofi , jika dilihat dari asal-usul bahan dasarnya yang menggunakan santan kelapa. Bahasa Jawa dari santan ialah “santen” yang memunyai makna “pangapunten” atau memohon maaf.



berikut jenis-jenis ketupat di indonesia
Spoilerfor buka:
1.ketupek katan kapau


Ketupek Katan Kapau, adalah ketupat yang di masak menggunakan santan berbumbu, di masak hingga santan menyerap kedalam ketupat. Biasanya di makan sebagai hidangan pembuka, dengan cita rasa gurih. Namun juga bisa di sandingkan deng lauk yang bercita rasa pedas, seperti itik cabe hijau. Maka akan menambah kenikmatannya. (jadi ngileeerrr.....)

2. Ketupat Glabed

Ketupat asal Tegal ini di beri nama unik yaitu Glabed, arti kata Glabed sendiri adalah kata-kata yang mengekspresikan kuah kental berwarna kuning, yang di santap dengan ketupat, kuah kental inilah Glabed. Cara menikmati ketupat Glabed adalah ketupat di potong-potong, di beri irisan tempe dan di siram kuah kuning kental (Glabed). Dan di santap dengan kerupuk mie yang terbuat dari tepung singkong dan taburan bawang goreng. Sebagai lauknya, Kupat Glabed selalu didampingi dengan sate ayam atau sate kerang, mantap...

3. Ketupat Betawi (Bebanci)

Masakan paling khas dan unik yang dimiliki masyarakat Betawi adalah
ketupat bebanci. Saat ini nggak ada orang yang jual ketupat bebanci. Padahal sangat unik dan enak.

Sesuai dengan namanya, ketupat bebanci adalah masakan dengan unsur utama ketupat. Ketupat ini disantap dengan kuah santan berisi daging sapi
dan diberi aneka bumbu seperti kemiri, bawang merah, bawang putih, cabai, dan rempah-rempah.

4. Ketupat Blegong (Tegal)

Satu lagi masakan ketupat khas Tegal Ketupa Blegong. Kupat Blengong, kupat Glabed dengan daging Blengong, Blengong=Keturunan hasil perkimpoian Bebek dan Angsa. Unik ya?

5. Ketupat Bongko (Tegal)

Masih dari tegal, kali ini giliran ketupat Bongko, ketupat yang di santap dengan tempe yang telah di asamkan (Bongko) rasanya gurih, asam, segar. Wow...

6. Ketupat cabuk rambak (Solo)

Cabuk rambak adalah ketupat nasi yang diiris tipis-tipis, dan disiram dengan sedikit sambal wijen yang nikmat (dicampur kemiri dan kelapa parut yang terlebih dulu digongseng/). Ada yang menyukai sambal yang sangat pedas, ada yang menyukai rasa sambal yang gurih. Rasa sambalnya memang sangat khas. Hidangan ini disajikan dengan kerupuk nasi yang disebut karak.

7. Ketupat/Lontong Sayur

Lontong Sayur. Biasanya Lontong sayur itu artinya santan kental yang gurih,
tapi kalo mau sehat (baca: engga mau makan santan) dikasih soun, telur
rebus dan ditaburi bawang goreng. Ketupat sayur ini sering di jumpai setiap harinya tidak muncul pada saat Lebaran saja.



Itu tadi sejarah singkat, filosofi dan makna yang terkandung di dalam ketupat beserta jenis ketupatnya. indah ya? Semoga semuanya tetap seperti itu terjalin harmonis damai dan tentram. Agar tidak ada lagi bentrok antar umat beragama, Amin.

ane haus pengen yang seger-seger


SUMBER


Mampir di Thread ane yang lain gan

Mengenal suku to balo manusia belang dari pedalaman sulawesi
(HOT) Fenomena anjing bunuh diri
Kreasi telor ekspresif layaknya manusia
mengintip gedung terbesar di dunia yang dilengkapi matahari buatan
ijab qabul paling gokil (dijamin ngakak)
Lucunya bayi-bayi ini memakai jilbab

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/52060281f9ca17bc6e000000

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger