Home » » Rumput Laut Disebut Seaweed atau Seagrass?

Rumput Laut Disebut Seaweed atau Seagrass?

YA AMPUN, HOT THREAD PERDANA. TERHARU GAN, YAAMPUN AKU TIBA TIBA ALAY, TERIMA KASIH KASKUS



RATE DULU GAN

Quote:Hallo kaskuser

di Thread ini saya akan menguak suatu misteri
pasti para kaskuser udah pada tau Rumput Laut itu apa...pasti juga banyak yg tau kalo sebutan gaul Rumput Laut itu Seaweed, tapi kalo di terjemahin satu-satu Sea=Laut, Weed=Ganggang/Rumput Liar (menurut google translate)



Langsung aja yuk, Silakan di baca
Quote:Sebutan “ rumput laut”, walaupun dari segi botanis (ilmu tumbuhan) tidak tepat, namun karena sudah terlanjur biasa dipergunakan dalam dunia perdagangan di Indonesia maka istilah tersebut terus dipakai sampai sekarang. Sebutan rumput laut merupakan terjemahan harfiah dari “seaweeds” dalam bahasa Inggris yang diartikan sebagai tumbuhan pengganggu. Rumput laut, sebenarnya adalah algae laut (agar-agar atau ganggang) yang termasuk tumbuhan tingkat rendah (Thallophyta) di laut. Jadi, tumbuhan ini bukanlah rumput yang tumbuh di laut karena tidak termasuk rumput (graminae) ataupun tumbuhan pengganggu yang merupakan tumbuhan tingkat tinggi (Spermatophyta) yang umumnya tumbuh di darat.

Quote:Rumput laut atau yang biasa disebut dengan seaweed merupakan tanaman makro alga yang hidup di laut yang tidak memiliki akar, batang dan daun sejati dan pada umummnya hidup di dasar perairan. Rumput laut disebut tanaman karena memiliki klorofil (zat hijau daun) sehingga bisa berfotosintesis. Rumput laut juga sering disebut sebagai alga atau ganggang pada daerah-daerah tertentu di Indonesia. Akan tetapi rumput laut (seaweed) berbeda dengan lamun (seagrass). Lamun adalah tanaman yang hidup dilaut dan tidak memiliki klorofil. Lamun merupakan kompetitor bagi rumput laut, dan biasanya tumbuh di daerah dekat pantai yang cenderung kotor. Rumput laut bersama-sama dengan lamun adalah kontributor penting pada rantai makanan di perairan pantai (Luning,1990). Tumbuhan bentik ini pada lingkungan laut terbukti sebagai penyedia habitat dan makanan untuk herbivora (Dawes, 1981).

Spoilerfor DEFINISI SEAWEED: Definisi :
Seaweed adalah tumbuhan yang tidak dapat dibedakan antara bagian akar, batang dan daun. Semua bagian tumbuhannya disebut thallus. Karena bentuknya seperti rumput terutama yang berukuran besar dan hidupnya di laut, maka orang awam terutama kaum usahawan sering menyebutnya rumput laut. Berbeda dengan lamun. Lamun adalah sejenis tumbuhan yang hidup di laut juga, tetapi Lamun dapat dibedakan bagian akar, batang dan daun. (Susanto, 2008). Seaweed terdiri dari beberapa kelompok algae multiseluler: algae merah, hijau dan coklat. Sebagai tambahan, algae hijau biru (Cyanobacteria) yang membentuk rumbai-rumbai juga terkadang dianggap sebagai seaweeds (Anonimous, 2008). Pada umumnya untuk memudahkan pada istilah bahasa Indonesia, seaweed tetap disebut sebagai rumput laut, sedangkan seagrass disebut lamun. Beberapa jenis seaweed dapat diekstrak untuk mendapatkan agar, diantaranya yaitu dari genus Gelidium, Gracilaria dan Euchema. Selain agar, dapat puladiperoleh ekstrak karaginan dari beberapa species yaitu dari genus Chondrus, Gigartina, Euchema, dan Hypnea.



SEAGRASS (Sea=Laut, Grass=Rumput, Seagrass=Rumput Laut)
Quote:Spoilerfor SEAGRASS, jeng jeng: Seagrass di sebut juga dengan Lamun. Lamun adalah tumbuhan berbunga (Angiospermae) yang seluruh proses kehidupannya berlangsung di perairan laut dangkal. Kenampakan luar dari tumbuhan kelompok ini mempunyai kemiripan dengan kerabatnya yang tumbuh di darat yaitu rumput. Lamun mempunyai akar, daun, bunga, dan jaringan-jaringan yang dilapisi lignin sebagai penyalur bahan makanan, air dan gas. Adapun yang membedakannya dengannya dengan tumbuhan darat adalah pada lamun tidak mempunyai stomata (Susetiono, 2004:3).
Rumput laut juga tidak sama dengan “lamun” (seagrasses) karena lamun termasuk tumbuhan tingkat tinggi yang tumbuh menetap di perairan laut.



Spoilerfor GAMBAR: Quote:Gambar Seaweed (Rumput Laut)
Spoilerfor :
Spoilerfor :
Spoilerfor :
duhh kalo liat kyak gini kok jadi nggak selera sama rumput laut
Spoilerfor :
Spoilerfor ENAK: yang ini udah jadi nori gan, yg biasanya buat sushi itu tapi bisa juga di makan langsung kripiknya:



Quote:Gambar Seagrass (Lamun)
Spoilerfor :
Spoilerfor :
Spoilerfor :
Spoilerfor :

Sumber 1
Sumber 2

Quote:Ya... jadi sekian yang dapat saya sampaikan, jadi kesimpulannya Seaweed sama Seagrass itu berbeda

Jika berkenan minta rumput lautnya dong, eh cendol
Nggak ngasih juga nggak apa apa gan, yg penting budayakan komentar




sundul nambah pahala gan



Makasih buat kaskuser yang ngasih cendol , setidaknya reputasiku berwarna hijau

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/516c0eec8027cf6203000002

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger