Home » » Tips Untuk Agan yang Belum Bisa Berenang

Tips Untuk Agan yang Belum Bisa Berenang

WELCOME TO MY THREAD AGAN-AGANWATI

Spoilerfor pertama-tama:
Spoilerfor kedua: [
bantu dulu gan dan yg udah terimakasih
Spoilerfor ketiga:
Makasih agan-aganwati yg sudah timpuk ane pake dan abu-abu nya


Ini trhread pertama ane gan, maaf kalo berantakan
apakah agan-aganwati ada yg belum bisa renang ?
jgn malu" , ngaku aja deh

ane kasih sedikit cerita pengalaman ane belajar renang
e="Big Grin"/>

Quote:Ane dulu jg belum bisa renang kok gan waktu di ajakin temen renang pasti ada aja alasan ane nolaknya .
pada suatu saat (kayak dongeng aja ) ane memberanikan diri untuk renang gan, ane di kolam cuma diem aja kayak orang membeku karena ane gak bisa renang. ane di liatin orang" yg ada di kolam. di kolam ane cuma maen air (rugi uang, padahal maen air dirumah kan juga bisa )
waktu ane di samperin temen", ane di seret ke tempat yang dalem gan , dan ane kelegepan hampir tenggelam gak bisa renang
ane malu kedua kalinya gan karena kelagepan

semenjak saat itu, ane punya pikiran ane harus bisa renang (widiiih sok banget )
besoknya ane ngomong ke orang tua untuk les renang gan
pas ngomong ke ortu ane di omelin jg gan (kenapa gak dari dulu aja minta les nya, sekarang udah gede baru minta les, cuma kamu aja sekeluarga yg gak bisa renang) haduuu
dari dulu emg ane udah di suruh les renang gan, tapi ane gak mau dulu pernah jg ane di takut"in (kalo ada banjir trus kamu hanyut sapa yg mau nolongin kamu, makanya kamu harus belajar renang) #dalam hati ane "ane teriak minta tolong kan bisa hehe

seminggu sesudah di omelin, ane mulai les renang gan
yg ngelatih ane tuh ternyata MARINIR gan :
#dalam hati ane "pasti pelatihnya ini tegas dan garang sekali :
eh ternyata orang nya emang tegas gan
ane bolak balik di marahi terus (tapi gak papalah demi bisa renang )
setelah 1 bulan les, ane mulai bisa renang gan ( yeyeye ane seneng bgt gan )
1 bulan sudah mulai bisa renang sudah termasuk cepet gan terus pelatihnya MARINIR pula, mahir renang sudah pasti itu seorang MARINIR

semenjak ane bisa renang, ane jd hobby renang gan, seminggu 2x renang dan ane gak ada alasan nolak lagi kalo di ajak renang temen" dan yang ane rasakan kalo pas renang itu, lendir yang ada di tubuh kita bisa keluar semua gan, keluarnya itu pas abis renang ane mesti meludah trus lendir" keluar, trus kata temen ane yg suka ngerokok, abis renang pasti pernafasannya jd enteng gan . gak sia-sia ane bisa renang gan, banyak manfaatnya

Nih gan cara mudah belajar berenang :

Spoilerfor cara mudah belajar renang:


Pertama latihan pernafasan.

Caranya : tarik nafas melalui mulut, tahan, kemudian masukkan kepala kedalam air buang nafas melalui hidung secara perlahan - lahan hingga membentuk gelembung - gelembung udara, lakukan secara santai dan pelan - pelan, ulangi hingga terbiasa dan santai.peringatan pada saat menyelam jangan menahan nafas, buanglah nafas yang tertahan melalui hidung.

Kedua latihan mengapung

Caranya : kedua tangan berpegangan pada pinggiran kolam, kedua kaki didorong keatas hingga posisi seperti berdiri dipermukaan air, tarik nafas kemudian celupkan bagian wajah saja tahan nafas dan buang perlahan - lahan melalui hidung, lakukan berulang - ulang hingga terbiasa, trik jika kedua kaki tenggelam naikan bokong keatas.
Catatan : Untuk belajar mengapung ini, awalnya bisa dibantu oleh temannya untuk memegangi tangannya, ketika dia berusaha mengapungkan badannya dengan santai di atas permukaan air dan sewaktu mau berdiri kembali.
Untuk belajar mengapung dan meluncur ini, yang paling utama adalah menghilangkan rasa takut dengan air dulu ..lihat langkah-langkah di atas. Lakukan dengan santai saja

Ketiga latihan meluncur di atas permukaan air

Caranya : Setelah bisa mengapungkan badan di atas permukaan air, Duduklah dipinggir kolam kedua telapak kaki menempel didinding kolam, pada hitungan ketiga dorong badan kedepan dengan kedua tangan kedepan, gerakan kaki seperti sedang berjalan dipermukaan air. ( untuk belajar mengapung, mintalah teman untuk menemani anda.)

Mulai Belajar Berenang :

Gaya Dada adalah gaya yang paling mudah dipelajari, setiap gaya sebenarnya juga mudah dipelajari yang penting jangan pernah ada rasa takut saat diair.

1. duduk dipinggiran kolam, kaki menempel di dinding kolam, tarik nafas tendang kaki kedepan.
2. Gerakan kaki
a. Kaki ditekuk (dengkul dibengkokkan/ditekuk)
b. Kemudian tendangkan/luruskan kaki dengan posisi kedua kaki terbuka (kaki kiri dan kaki kanan saling berjauhan)
c. Masih dalam posisi kaki lurus, kemudian kaki dirapatkan (sampai telapak kaki kiri dan kanan agak bersentuhan .

rumusnya yaitu :
1) tekuk, tendang, rapatkan,
2) tekuk, tendang, rapatkan,
3. Gerakan tangan
a. Posisi awal, kedua tangan lurus di atas kepala (kedua telapak tangan saling bertemu & menempel) masing - masing tangan menempel disisi masing - masing telinga.
b. Kemudian tarik tangan ke samping kanan dan kiri, tetapi tidak perlu terlalu ke samping (cukup tarik ke samping selebar bahu dan selebihnya tarik ke bawah)
c. Dari bawah perut tangan menyatu lalu Luruskan tangan kembali.
Ulangi hingga terbiasa dan mahir.

rumus tangan untuk gaya dada:
1) luruskan tangan di atas kepala, gerakkan tangan ke samping kiri dan kanan,
2) luruskan tangan di atas kepala, gerakkan tangan ke samping kiri dan kanan,
dan seterusnya.
3. Gerakan kombinasi tangan, kaki & mengambil nafas
- Gerakan tangan dan kaki dilakukan bergantian.
- Pengambilan nafas dilakukan ketika gerakan tangan ke samping kiri dan kanan, kemudian kepala mendongak ke atas sambil mengambil nafas

Setelah lancar, mulailah perbaiki gaya renang gaya dada Anda. Gerakan kaki dan tangan bergantian yaitu 1 kali gerakan kaki, 1 kali gerakan tangan dan ambil nafas, usahakan tangan dan kaki jangan sampai saling bersamaan, tetapi selang - seling / bergantian. Kaki dan tangan jangan bersamaan membukanya tetapi harus bergantian, agar
Gerakan tangan jangan terlalu lebar, melainkan agak ke bawah (hal ini akan memberikan dorongan yang lebih kuat sekaligus memudahkan pengambilan nafas).

Manfaat renang nih gan :

Spoilerfor manfaat renang:

1. Jantung yang lebih sehat

Selain mengencangkan otot yang terlihat seperti otot dada (pectoralis),otot trisep dan paha depan, berenang juga membantu meningkatkan otot yang paling penting dalam tubuh kita yakni Jantung.Karena berenang adalah latihan aerobik, maka ia berfungsi untuk memperkuat jantung, tidak hanya membantu otot jantung menjadi lebih kuat, tetapi membuatnya lebih efisien dalam memompa aliran darah yang lebih baik ke seluruh tubuh Anda. American Heart Association (AHA) melaporkan bahwa hanya denga 30 menit latihan per hari, seperti berenang, dapat mengurangi penyakit jantung koroner sebesar 30 sampai 40 persen. Selain itu ia juga baik dalam mengontrol tekanan darah/tensi.

2. Mengurangi Resiko Diabetes

Dengan hanya 30 menit dari olahraga ini selama tiga kali per minggu, Anda bisa membakar 900 kalori - mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2 lebih dari 10 persen . Dan, jika anda sudah memiliki diabetes tipe 1, manfaat berenang dapat sangat membantu, karena jenis latihan ini dapat meningkatkan sensitivitas insulin . Menurut American Diabetes Association, penderita diabetes harus mendapatkan 150 menit per minggu, tersebar di setidaknya tiga hari per minggu, dengan aktivitas fisik intensitas sedang seperti berenang untuk membantu kontrol glikemik/gula darah dalam tubuh. Selain renang , olahraga dengan efek sama kepada sensitivitas insulin adalah berjalan kaki (walking)

3. Memperbaiki kadar kolesterol

Renang dapat memperbaiki keseimbangan rasio yang tepat dari kolesterol dalam tubuh anda, yakni rasio seimbang antara kadar kolesterol “baik” (HDL) dan kadar kolesterol “buruk” (LDL).Renang bisa mendapatkan tingkat ini dalam keseimbangan yang tepat berkat kekuatan aerobik, yang telah terbukti dengan cara meningkatkan kadar HDL. Dan untuk setiap kenaikan 1 persen pada kolesterol HDL, risiko kematian akibat penyakit jantung turun sebesar 3,5 %.

4. Memperbaiki Gejala/Serangan Asma

Bila anda penderita asma dan khawatir jika anda berolahraga diluar (outdoor) dengan udara yg panas/kering serta penuh dengan bahan allergen di sekilling anda, maka masuklah ke dalam air di kolam renang untuk menghindari serangan asma setelah berolahraga. Dalam air dengan kelembaban cukup maka renang membantu Anda menghindari serangan asma . Bahkan bagi mereka yang tidak menderita asma bisa mendapatkan keuntungan dari berenang, yaitu dapat meningkatkan volume paru-paru dan mengajarkan teknik pernapasan yang tepat.

5. Mengontrol Berat Badan

Untuk beberapa waktu lalu, banyak orang berpikir bahwa karena air umumnya lebih dingin dari suhu tubuh kita, akan sulit untuk menurunkan berat badan dengan latihan air. Seperti banyak ide-ide lama tentang olahraga, hal ini telah direvisi: Berenang sekarang diakui sebagai salah satu pembakar kalori terbesar di sekitar, dan itu bagus untuk menjaga berat badan anda. Berapa banyak persisnya jumlah kalori yang Anda bakar, tentu saja, tergantung pada fisiologi tubuh anda sendiri dan intensitas anda dalam berolahraga. Tetapi sebagai aturan umum, untuk setiap 10 menit renang gaya dada akan membakar 60 kalori, gaya punggung 80 kalori, gaya bebas sampai 100 kalori , dan gaya kupu-kupu yg paling mengesankan , yakni sampai mencapai 150 kalori.

6. Menguragi Gejala Arthritis

Ketika tubuh manusia terendam dalam air, maka secara otomatis menjadi lebih ringan. Ketika tenggelam ke pinggang, tubuh Anda dikenakan hanya 50 % dari beratnya, cemplungkan diri anda dalam air sampai ke leher, Anda hanya harus menanggung 10 % dari berat badan anda sendiri, sedang kan 90 % lainnya ditangani oleh kolam.Ini berarti bahwa kolam menyediakan tempat yang ideal untuk bekerjanya otot yang kaku dan sakitnya sendi, terutama jika Anda kelebihan berat badan atau menderita arthritis. Jika kolam dipanaskan, jadi lebih baik untuk penderita arthritis, seperti air hangat dapat membantu melonggarkan sendi kaku. Bahkan, orang dengan rheumatoid arthritis menerima manfaat yang lebih besar untuk kesehatan mereka setelah berpartisipasi dalam hidroterapi dibandingkan dengan kegiatan lain. Ini juga telah terbukti bahwa olahraga berbasis air meningkatkan penggunaan sendi yang terkena dan mengurangi rasa sakit dari osteoarthritis. Ada lagi bonus lain latihan dalam air : Berenang juga meningkatkan kekuatan tulang - terutama pada wanita pasca-menopause

7. Menguragi Stres dan Meningkatkan Spirit

Selain sbg latihan aerobic, renang juga bisa dianggap seperti permainan karena efeknya yang menyenangkan. Itulah alasan kenapa mulai anak-anak sampai orang tua menyenangi olahraga ini. Salah satu efek samping yang timbul adalah karena dilepaskannnya bahan kimia yang bertanggung jawab saat kita merasa bahagia yaitu Endorfin. Selain itu , berenang juga dapat membangkitkan respon relaksasi seperti halnya yoga. Hal ini disebabkan sebagian besar adanya peregangan yg konstan dan relaksasi otot anda lalu dikombinasikan dengan pernapasan berirama dalam. Olahraga dalam air juga merupakan latihan meditasi, dengan suara nafas anda sendiri dan percikan air yang bertindak sebagai semacam mantra sehingga dapat membantu Anda “meredam” semua gangguan lainnya.

8. Memperpanjang Umur

Jika sebelumnya tujuh alasan diatas tidak cukup untuk meyakinkan Anda tentang manfaat kesehatan dari berenang, mungkin yang satu ini bisa : Renang dapat menjaga Anda dari kematian. Tentu saja hal ini jgn diartikan secara harfiah hehe.. bahwasanya renang tidak menjanjikan keabadian, tetapi tampaknya renang setidaknya bisa membantu Anda menghindari mati muda. Para peneliti di University of South Carolina yang diikuti 40.547 orang, berusia 20 sampai 90 tahun menemukan bahwa mereka yang berenang memiliki tingkat kematian 50 % lebih rendah dibandingkan pelari, pejalan kaki atau orang yang tidak pernah berolahraga. Mereka menyimpulkan bahwa manfaat yang sama akan diterima oleh perempuan maupun laki-laki .

Video tuturial belajar renang nih gan :
[youtube=turorial]
[url[/youtube]

tambahan tips sedikit dari agan ini
Quote:Original Posted By irfan420 â–º
buat agan agan yang masih takut renang atawa belom bisa
ane saranin konci renang gampang bin gampil
-nahan napas (bwt pemula)
-ame gerakin tangan ame kaki

woles ae kaga bakal tenggelem karena mengapa?

tubuh manusia sebagian isi nya adalah oksigen jadi woles selama agan narik napas dan kaga di hirup aer nye ga bakal tenggelem


pekiwan kalo berkenan
agan ini merasakan manfaat renang untuk kesehatan
Quote:Original Posted By geminiitam â–º
ijin nimbrung gan...

ane juga suka renang gan, walaupun awalnya gak bisa... ane baru lancar renang di usia ane yang udah hampir kepala 3 ini gan ...

tapi ane tetep semangat, soale ane diwajibkan dokter untuk renang seminggu sekali minimal, karena ane kena syaraf terjepit di punggung bawah ane gan,

renang inilah satu satunya olah raga yang diperbolehkan dan disarankan untuk dilaksanakan, karena manfaatnya itu tadi..

mungkin bisa ditaro di page one gan, mana tau ada jg yang sependeritaan sama ane gan ... hehehe


tq
Quote:Original Posted By 8line2cross â–º
Bagi yang sakit punggung, saraf tulang punggung kejepit.
Berenang tinggal satu-satunya olahraga yang membantu untuk mengurangi sakitnya.
Jangan ragu untuk belajar berenang, manfaatnya sangat-sangat banyak.




agan ini senasib sama ane
Quote:Original Posted By n30b13 â–º
Saia juga dulu sama seperti agan TS baru bisa gaya batu terus dibawa ketengah ampe gelegepan sampe mau nangis (jaman smp), selanjutnya dibiarken belajar sendiri suruh gerakin kaki sama tangan sambila tur napas spt yang agan TS jelasin, selanjutnya Alhamdulillah bisa renang secara otodidak sampe skr.
agan ini malah aneh
Quote:Original Posted By pangesti13 â–º
ane bisa renang gan, tapi udah lupa caranya






SUMBER
SUMBER

Alhamdulillah #HT pertama ternyata Terima kasih buat Momod Mimin dan Kaskuser

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/52063a7ea1cb175938000008

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger