Home » » Wisata ke Pantai? Waspadai Serangan Ubur-Ubur

Wisata ke Pantai? Waspadai Serangan Ubur-Ubur



Ilustrasi wisata pantai (Pantai Balekambang, kec. Bantur kab. Malang. Kampung halaman TS )

Spoilerfor Foto-foto by TS:

Pengunjung Pantai Balekambang Lebaran 2 tahun yg lalu. Keknya tahun ini sama aja, bahkan sepertinya lebih banyak soalnya jalanan ke sana hari Minggu, 18 Agustus kemarin rame banget.
Orang Bantur punya prediksi pengunjung Balekambang biasanya membludak pada hari minggu terakhir hari libur setelah lebaran ketupat, jd juragan yg berencana kesana hindari hari tersebut krn bakal antri panjang di pintu masuk


Ubur-ubur (Aurelia aurita) yg TS temukan di pantai Sendang Biru, kec. Sumbermanjing Wetan kab, Malang dua tahun yg lalu. Ane tidak tahu ini jenis yg menyengat atau tidak soalnya gak ane pegang gan gak berani megang ane, ntar jatuh ke laut bakal jd tontonan orang yg lain mana dalem dan gak isa renang lagi
CONFIRMED: yg ini tidak beracun gan. Laporan2 kaskuser yg ane baca warna ubur2 beracunnya biru
Di berita jg ada keterangannyan




Spoilerfor pic yg katanya ubur2 beracun: Quote:Original Posted By w1d3â–º
Di Pantai Jogja kemarin banyak yg kena gan, Ni Katanya jenis ubur2 yg lumayan ganas


Ngaskus sambil dengerin radio.. Klik Sini Gan



Quote:Original Posted By aktivisbanned â–º
Gan, dapat info terbaru dr yg ngasih kabar. Katanya yg 10 orang di pantai Mbambang itu tidak meninggal, cuma agak parah aja cidera gara2 sengatan ubur2nya. Maaf

Syukurlah kalo begitu gan

Quote:Original Posted By bhodonk â–º
panas dan gatalnya luar biasa kalau kena sengat ubur ubur

Quote:Original Posted By tinkerbell21 â–º
dulu kakak ane waktu main di pantai depok bantul yogya juga pernah gan keserang ubur2 biru, lg jalan2 tiba2 aja nemplok di kaki pas lagi jalan di ombak ..
alhasil di disuruh berjemur 3jam lah lebih tanpa pake celana gan.. alhamdulilah sembuh tp trus nyeri gitu katanya..

lebih dari seminggu masih sering krasa nyeri sm kaya kesemutan gitu..

ati2 dulu gan kalo lg musim ubur2 jangan jalan di aer yg g kliatan disitu ada ubur2 apa enggak

Banyak yang bilang katanya ubur2nya warna biru gan, hati2

Quote:Original Posted By siex3100 â–º
sependek yg ane tahu, ubur2 emg banyak jenisnya gan... tingkat ke-fatal-an sengatannya juga beda-beda... yg penting sih pencegahannya aja dulu.. jgn berenang kalo lg ada ubur2..trs kalo masih maksa atau terpaksa, sprti yg udah disebutin sblmnya, hindari kontak kulit langsung pake pakaian renang yg lebih menutupi bagian2 tubuh.

pengobatan awal kalo kena sengatan ubur2, dekontaminasi dengan cara kasi air panas tp bukan air mendidih ya gan.. kalo pake air mendidih ntar gantinya malah luka bakar lagi
Protein yg terkandung dalam bisa ubur2 itu kebanyakan bersifat termolabil alias gak stabil alias mudah rusak kalo berada di suhu yg gak ideal, misalnya kena air panas tadi... itulah alasannya kenapa dikasi air panas tadi.. mungkin yg nyaranin dikencingin itu kali krn kepepet ga dapet sumber 'air panas' untuk merusak struktur protein racun atau bisa ubur2nya...

jangan lupa abis itu cari bantuan medis untuk antisipasi bahaya syok karena sengatan ubur2 tadi...

demikian sedikit tips dari ane soal sengatan ubur2 ini... semoga bermangpaat
Quote:Original Posted By Reddyrovers â–º
in case of emergency
saat tersengat sebera diberi urin, karena kandungan ammonia dalam urin akan dengan segera menetralisir racur neurotoksin dari tentakel ubur-ubur


Update terbaru :

Quote:Original Posted By umaroin â–º
Minggu, 18 Agustus 2013 21:19

SURYA Online, MALANG - Ubur-ubur menyerang sedikitnya 60 orang pengunjung Pantai Balekambang, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Minggu (18/8/2013). Mereka adalah bagian dari wisatawan yang menghabiskan liburan terakhir Lebaran di pantai yang mirip Tanah Lot Bali itu.

Muji Utomo, Kasubsi Penanggulangan Bencana PMI Kabupaten Malang menyatakan serangan ubur-ubur tak hanya saat pengunjung mandi. Tapi juga ada yang sedang jalan-jalan di pinggir pantai ketika mencari ikan saat laut surut.

“Serangan ubur-ubur ini biasa terjadi biasa terjadi dan tidak membahayakan," jelas Muji Utomo yang masih melakukan pengamanan di Pantai Balekambang ini. Para korban serangan ubur-ubur kebanyakan anak-anak dan remaja.

Mereka diserang pada bagian kaki dan tangan. Menurut Tomo, panggilan akrabnya, korban yang terkena serangan ubur-ubur, hewan berwarna hijau dan berbentuk gelembung ini adalah rasa panas dingin dan disertai gatal-gatal pada bagian kulit yang disengat ubur-ubur. Tapi setelah dapat penanganan medis, gejala itu bisa disembuhkan.

“Untuk menangani korban yang tersengat ubur-ubur, langsung diberi kompresan berisi es dicampur dengan air tembakau," katanya. Setelah itu diberi obat antibiotik. Sejam kemudian, rasa nyeri dan gatal itu akan hilang.

Serangan ubur-ubur ke pantai karena saat ini kondisi pantai sedang dingin. Sehingga hewan yang hidupnya bergerombol itu memilih ke pesisir. Dijelaskannya, dari data PMI Kabupaten Malang, serangan ubur-ubur sudah ke 90 orang pengunjung Pantai Balekambang selama liburan lebaran. 

Pertama terjadi saat lebaran hari kedua, 9 Agustus 2013 lalu yang mengenai sembilan orang. Puncaknya pada Minggu itu yang mengenai 60 orang pengunjung pantai. Petugas PMI berjaga di pantai tersebut sejak tanggal 9 sampai 21 Agustus. Selama liburan lebaran, jumlah pengunjung Pantai Balekambang ditargetkan mencapai 80.000 orang. Sabtu-Minggu adalah puncak liburan lebaran untuk wisatawan lokal.

http://surabaya.tribunnews.com/2013/...ai-balekambang

Ternyata sampe Balekambang juga, pdhl td jalan kesana rame banget. Pasti jumlah pengunjungnya tertinggi. 2 tahun yg lalu aja ane kesana hari ke-6 lebaran pantai udah kayak mall, manusia dimana2.



Kamis, 15 Agustus 2013 17:37

SURYAOnline, JEMBER - Serangan ubur-ubur di pantai selatan Jember terus meluas. Jika sebelumnya, pengunjung Pantai Watu Ulo dan Papuma tersengat ubur-ubur, kini giliran pengunjung di Pantai Paseban Kecamatan Kencong.

Kamis (15/8/2013) puluhan pengunjung di pantai selatan tepatnya di Pantai Paseban tersengat ubur-ubur. Akibatnya mereka harus dilarikan ke Puskesmas Kencong, Pukesmas Pembantu Cakru, juga RS Islam Kencong.

"Mulai jam 10 tadi pagi, banyak pengunjung yang tersengat ubur-ubur, sampai petugas kewalahan," ujar Ulum, seorang pengunjung Pantai Paseban.

Devi, seorang pengunjung dari Krembung, Sidoarjo mengaku dirinya sampai pingsan usai disengat ubur-ubur hingga harus dirawat di Puskesmas Kencong. Ia mengaku sedang bermain air di tepi pantai.

"Tiba-tiba tangan saya tertempeli sesuatu warna biru kayak jelly. Habis itu tangan saya seperti terbakar, sakit dan ngilu. Sempat sesak nafas terus pingsan," ujar Devi. Beruntung, teman-temannya langsung membawanya ke Puskesmas Kencong.

Pengunjung yang tersengat ubur-ubur dievakuasi ke tempat perawatan, baik oleh petugas yang berjaga di pos Paseban maupun teman atau saudara mereka sendiri.

Dari informasi yang dihimpun Surya, pengunjung yang tersengat ubur-ubur di Pantai Paseban mencapai lebih dari 100 orang. Mereka dirawat jalan di tiga tempat perawatan kesehatan itu.
Kepala Puskesmas Kencong dr Iswarno menjelaskan, jika korban sengatan ubur-ubur mengalai sesak nafas, maka harus segera mendapat perawatan. Jika tidak, korban bisa shock dan bisa menyebabkan kematian.

“Jenis racun nerotoksin dari ubur-ubur tersebut yang menyebabkan korban sesak nafas,” kata Iswarno.
Khusus pasien yang tersengat ubur-ubur, mendapat pengobatan gratis di Puskesmas Kencong.

Sebelumnya, puluhan pengunjung Pantai Watu Ulo (Ambulu) dan Pantai Papuma (Wuluhan) tersengat ubur-ubur beracun berwarna biru itu. Menurut Koordinator tempat wisata Papuma, Sudarwi, kedatangan ubur-ubur itu siklus tahunan di kawasan pantai selatan akibat cuaca bawah laut dingin secara ekstrem.

Berita sebelumnya:

Ubur-ubur Serang Pantai Watu Ulo dan Papuma


UBUR-UBUR MENYERANG - Puluhan penunjung Pantai Watu Ulo dan Papuma diserang ubur-ubur mendapat perawatan di Pos Kesehatan, Rabu (14/8/2013).


SURYA Online, JEMBER - Sejumlah pengunjung Pantai Watu Ulo dan Papuma Jember tersengat ubur-ubur ketika bermain di tepi pantai, Rabu (14/8/2013).

Tercatat 7 orang pengunjung dirawat di Puskesmas Sabrang, Kecamatan Ambulu, puluhan orang lainnya mendapat perawatan di pos kesehatan di Pantai Papuma.
"Tiba-tiba kaki saya disengat hewan laut berbentuk seperti plastik dan berwarna biru, juga berlendir," ujar Faiq, pengunjung Pantai Watu Ulo asal Kelurahan Gebang, Patrang, Jember.
Usai disengat, dirinya kesakitan dan bersama temannya langsung menuju pos kesehatan di pantai itu. Namun karena tidak ada petugas medis, ia mengobati luka itu seorang diri dengan menyiram luka dengan bensin yang dicampur tembakau tetapi sakitnya tidak reda. Akhirnya empat orang pengunjung pantai itu dilarikan ke Puskesmas terdekat.

Tidak hanya di Watu Ulo, lebih dari 50 orang pengunjung mendatangi posko kesehatan Papuma karena tersengat ubur-ubur. 
“Ini sudah lebih dari lima puluh orang yang datang. Lain lagi dengan yang ada di pantai. Masih banyak pengunjung yang terkena sengatan namun tidak dibawa ke pos kesehatan,” kata Mohammad Asroi, petugas keamanan Pantai Papuma.

Koordinator Pantai Papuma, Sudarwi mengatakan, baru hari ini ubur-ubur itu muncul di laut selatan. Pantai Watu Ulo dan Papuma bersebelahan sehingga binatang laut itu menyebar di kedua pantai yang ketika liburan banyak dikunjungi pengunjung.

"Baru hari ini terjadi karena cuaca laut sangat dingin. Memang ini siklus tahunan. Hanya saja kemunculannya saat ini bareng sama liburan Lebaran," ujar Sudarwi.

Ia meminta pengunjung berhati-hati dan sebaiknya tidak terlalu ke dalam bermain air. Ketika tersengat ubur-ubur, ia meminta pengunjung menghentikan aktifitas bermainnya dan menyiram luka sengatan memakai air panas untuk penanganan pertama sebelum diobati oleh petugas medis.


Di daerah juragan ada laporan sengatan ubur2 juga gak?
Ane thn ini gak ke pantai walau punya pantai sendiri di Balekambang
Ane gak dapat laporan di pantai Malang selatan ada serangan ubur2

Quote:Original Posted By jakalinglung â–º
kemarin tgl 10-14 agts sempat jalan ke pantai selatan jogya+jatim
baron,kukup sampai sadeng,pacitan pantai teleng smua dserang ubur2.

Quote:Original Posted By ukhti.gaga â–º
Di Pantura juga lagi musim ubur2. Tapi ubur2 putih yg gak gatel.


Quote:Original Posted By vixs â–º
laporan dari pantai batukaras pangandaran pas liburan lebaran sekitar 400an pengunjung yg sedang berenang harus ditangani medis.
link beritanya. www.kabar-priangan.com/news/detail/10201

update:
sekarang sudah agak mendingan gan, tapi belum banyak yg berani berenang.

Biang keroknya menurut kaskuser ada di post #13 dan #75

Ada yg bilang judulnya lebay, coba berita yg ini: Ubur-Ubur Ngamuk, Sengat Wisatawan Pantai Selatan

Spoilerfor HT:

Alhamdulillah HT ke-67

Tidak menolak cendol gan



Mampir ke trit ane yg lain gan: [WARNING] Awas, "Smartphone" Bikin Mata Rabun Jauh

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/520d90be1e0bc39c4b000001

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger