Home » » Jangan Lakukan 7 Hal Ini Jika Ingin Gadget Agan Awet

Jangan Lakukan 7 Hal Ini Jika Ingin Gadget Agan Awet

Kini kita sangat sulit terlepas dari gadget kesayangan kita, entah itu laptop, smartphone, tablet, dsb. Namun meskipun kita menyayanginya, bukan tidak mungkin perlakuan kita ternyata malah membuatnya cepat rusak dan tidak awet. Berikut ini adalah 7 hal yang sebaiknya tidak kamu lakukan jika ingin gadget-mu awet dan berumur panjang :

Quote:
1. Menyalakan Laptop di Kasur, Sofa, atau Karpet
Quote:

Ya..satu hal ini sering sekali dilakukan oleh pemilik laptop. Menyalakan laptop di kasur, sofa, atau karpet sambil menikmati film kesayangan ternyata sangat berbahaya! Permukaan alas yang lunak akan menutup ventilasi laptop dan menyebabkan terjadinya overheat. Hal ini bisa mengurangi umur baterai, hardware laptop, bahkan dalam kasus yang ekstrim bisa menyebabkan kebakaran.


2. Membawa Gadget tanpa Pelindung
Quote:
Membawa laptop, tablet, atau gadget lainnya tanpa pelindung akan merusak layar dan permukaan gadget. Terlebih jika kamu membawanya di tas dengan buku, penggaris, atau bahkan cutter! Jika kamu masih sering melakukannya hingga saat ini, bertobatlah sebelum kamu menyesal.

3. Menekuk Kabel Charger atau Headset
Quote:
Kabel charger atau headset jika terlalu sering ditekuk bisa putus. Oleh karena itu pastikan kabel charger tidak tertekuk-tekuk saat mengisi baterai gadget. Saat membawa charger atau headset jangan pula kabelnya ditekuk-tekuk terlalu pendek. Biarkan tekukannya agak panjang dan tidak bersudut.

4. Tidak Pernah Mematikan Laptop
Quote:
tidak pernah mematikan laptop! Pagi sampai siang digunakan untuk kerja, siang dipakai untuk melihat film sambil istirahat, sore sampai malam dipakai lagi untuk kerja, malam sampai pagi digunakan untuk download. Kalaupun sedang tidak digunakan, laptop tidak di-shutdown tetapi di-sleep karena masih banyak tab browser dan kerjaan yang terbuka. Begitu seterusnya.
Apa yang akhirnya terjadi? Laptop jebol dalam waktu singkat.

5. Membersihkan Gadget dengan Pembersih Rumah
Quote:
Tidak jarang pemilik laptop, tablet, atau smartphone membersihkan layar gadget mereka dengan pembersih kaca, atau mungkin membersihkan casing gadget menggunakan pembersih wajah. No..jangan lakukan ini! Kandungan bahan kimia di pembersih tersebut bisa merusak permukaan layar dan casing gadget.

6. Mencabut USB Media Seenaknya
Quote:
Biasanya terburu-buru menjadi alasan pengguna gadget sering melakukannya. Mencabut USB Flashdisk atau hardisk eksternal dengan seenaknya bisa merusak perangkat tersebut. Apalagi hardisk eksternal, jika dicabut saat masih ada proses read/write yang berlangsung, maka hardisk tersebut bisa bad sector bahkan rusak. Data yang ada di dalamnya juga bisa hilang. So..hati-hati ya! Pastikan kamu melakukan Safely Remove atau Eject terlebih dahulu sebelum mencabut perangkat tersebut dari komputer kamu.

7. Malas Melakukan Backup
Quote:
Hal ini juga seringkali dilakukan oleh pengguna gadget: malas melakukan backup! Banyak yang tidak menyadari bahwa data digital di gadget sangatlah riskan untuk hilang. Gadget terjatuh bisa menyebabkan data hilang. Hardisk bad sector juga bisa menyebabkan data hilang. Oleh karena itu lakukan backup data penting sebelum kamu menyesal. Kamu bisa membackup di media penyimpanan offline maupun online (cloud).


Quote:Sumber

Ini nih, para kaskuser yg dah jadi korban
Spoilerfor :
Quote:Original Posted By grindblaster â–º
nice inpohhh gan , ane juga pnah jadi korban keganasan tingkah ane main cabut SC card waktu nyolok ke komputer alhasil SD card 16GB rusak gak bisa kebaca lagi

Quote:Original Posted By S08 â–º
no 1 sering ane lakuin . dan sudah berakibat fatal

Quote:Original Posted By mm.creature.mm â–º
Wah yang headset bener tuh, ane rusak gan

jangan pernah ditekuk di pangkal colokannya gan

Quote:Original Posted By Jackhammer â–º
Untuk poin nomor 4,,
Alhasil leppy ku yang ber merk ac*r matot bro

Quote:Original Posted By kevinadr04 â–º
Ane keseringan cabut flashdisk sembarangan gan ternyata tablet nyala terus ngaruh juga ya gan? Pantes punya ane kemaren-kemaren, 2 bulanan jarang-jarang dimatiin. sekarang jadi almarhum tiba-tiba..

Quote:Original Posted By loembok46 â–º
Buset dah laptop ane charger sudah putus kabel nya dn sekarang ane sambung lagi karena kalo beli mahal maklum masih kuliiah

Quote:Original Posted By ralov â–º
Temen ane tuh sering gak matiin laptop,sampe wassalam deh akhirnya tu barang

Quote:Original Posted By LANdroid7 â–º
Charger laptop ane pernah putus 2x gan persis yg ada di gambar, namanya chargernya MagSafe, per-unit chargernya dijual seharga 1jt'an dan ane ngikhlasin 2jt'an bwt beli tuh charger..dan skrg ane lebih berhati-hati biar gak nekuk-nekuk...
Charger laptop skrg mahal-mahal

Quote:Original Posted By ahmracing â–º
Pengalaman kompi temen, ane mainin 7 hari 7 halam. Al hasil = JEBOL.

Quote:Original Posted By zoronazoro â–º
ane charger sama kayak di pic gan udah ganti 2 kali

Quote:Original Posted By Orchidweea â–º
pantesan batre leptop ane cepat jebolnya. ane sering gak matiin sampe berhari-hari. cuma di-stand-by-kan aja

makasi gan, buat inponya

Quote:Original Posted By kompletepositif â–º
aih gan asli gan laptop batrenye jebol gara-gara menghiraukan tips ts

Quote:Original Posted By ffix â–º
no 2 gan, ane taro laptop di tas, eh tas-nya jatoh..

rusak deh...

Quote:Original Posted By zenmalik â–º
ane sering asal cabut fd gan
alhasil beberapa fd ane ga konek kadang-kadang

Quote:Original Posted By VLylsp â–º
yg laptop noh
ane pake nonstop buat donload begiga giga alhasil rusak lah laptop ane


Nih, tambahan tips dari agan-agan yg peduli banget sama gadgetnya
Spoilerfor : Quote:Original Posted By ydiafruneâ–º
banyak hal gan biar gadget agan awet dan terjaga. ane mau nambahin:

  • bersihin laptop biar ga keliatan jorok :P
  • charger jangan bertumpuk gan, dari 1 sumber ke banyak ekstensi. dijamin kebakaran cepet. 1 sumber = 1 ekstensi aja yang roll. Ane pernah ampe konslet gara2 numpuk roll + ekstensi tempel 3 biji.
  • kalo harddisk eksternal ga bisa di-safely remove. coba pake software2 buat safely remove, lumayan ngefek gan. kalo masih nggak bisa ane saranin buat di shutdown dulu baru cabut tuh hdd eksternal. HDD eksternal ane skrg cetak2 suaranya kalo udah dicabut




Quote:Original Posted By putrahumas â–º


tambahan gan..jangan nyalain komputer or laptop seharian..
bisa ngabisin and borosin listrik



Quote:Original Posted By shiro.. â–º
di larang menyalakan laptop dan hp di atas genteng saat hujan lebat di sertai petir

Quote:Original Posted By zhovila â–º
untuk laptop, ane menggunakan cooling pad...jadi nggak khawatir panas walau dipake dalam jangka waktu lama.

Quote:Original Posted By MambazsRicJ â–º
Nambah gan
MEMATIKAN PAKSA GADGET
mematikan paksa gadget dapat merusak gadget..
contohnya laptop / komputer
jika dimatikan paksa dapat membuat harddisk Bad sector


kalo mencabut USB itu pingin ane lengkapi...
buat Harddisk Ext jika harddisk sudah terkena bad sector, maka tidak hanya membuat data hilang..
tapi kehilangan Harddisk itu juga..

karna cakram yang di dalam harddisk sudah tergores..
sehingga kerja harddisk tidak maksimal atau bahkan sudah tidak bisa berkerja lagi..



Quote:Original Posted By TheBackStab â–º
lagi gan

jgn pke handphone buat ganjel pintu

Quote:Original Posted By gryfindolr88 â–º
tambah gan matiin koneksi data / bahkan airplane mode waktu mau tidur biar batre awet + ngurangin radiasi, khusus bagi yg pegang smartphone ya

Quote:Original Posted By lLastDayl â–º
1 Lagi nih gan
Dilarang charger pas hujan lebat karna jika agan lagi smsan terus ada petir bisa kesambet tuh gan . gadget agan bisa matot dan yang paling parah agan yang matot



Posted with kaskusQR

Quote:Original Posted By shinzaburo â–º
ane nambahin gan.

jangan simpen hp di kantong jaket pas lagi bawa motor, apalagi klo lagi ngebut .. soalnye ane pernah, itu hp jatoh ke bawah fly over .. pas ane liat udah berantakan untung simcard nya ketemu

Quote:Original Posted By willy90 â–º
kalo ane smartphone nya aplikasi nya ane backup gan jadi kalo ane reset total g usah download lagi tinggal instal aja + kalo ada data ane backup via online gan jadi g binggung kalo data ntar ilang,,,

Quote:Original Posted By kotakpensilku â–º
pake av, kalo ga , crash , data hilang

Quote:Original Posted By b15on2000 â–º
Malas backup

Kalo sudah rusak baru nangis guling-guling

Quote:Original Posted By ndo723 â–º
Satu lagi gan, jangan diforsir sampe panas banget. Biasanya buat maen game tuh gan.


Jangan lakuin sama gadget ente
Spoilerfor : Quote:Original Posted By hafadoâ–º


klo begini boleh ga gan

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/529724d859cb17d21b0000e5

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger