Home » » Benarkah Organ-Organ Tubuh Ini Tidak Penting Bagi Manusia?

Benarkah Organ-Organ Tubuh Ini Tidak Penting Bagi Manusia?





Spoilerfor Gak Repsol kok:


Sebuah kontroversi masih berlangsung sampai hari ini yaitu struktur-struktur vestigial yang dipandang oleh Charles Darwin sebagai organ yang tidak berguna dari bagian tubuh manusia, sebagai bukti dari teori evolusinya. Berikut ini organ tubuh yang diyakini diwariskan dari nenek moyang primata kita yang sepertinya tidak ada gunanya.

1. Usus Buntu

Usus buntu adalah struktur vestigial yang paling terkenal dari tubuh manusia. Sementara usus buntu mamalia lainnya masih memiliki fungsi, usus buntu manusia tetap tidak terpakai dan terdegradasi dari organ-organ lainnya yang kita miliki hari ini.

Darwin mempromosikan ide bahwa mungkin usus buntu manusia adalah sistem pencernaan daun pada primata, sementara ilmuwan lain percaya bahwa usus buntu mungkin masih ada fungsinya hingga saat ini, meskipun sampai sekarang belum ada bukti yang jelas untuk mempertahankan kedua teori tersebut.

Spoilerfor Usus Buntu:


2. Tulang Ekor

Tailbone kita adalah bukti besar bagi teori evolusi dan dengan demikian menjadikannya bagian yang sangat kontroversial dari tubuh kita. Sementara beberapa klaim menyatakan bahwa tulang ekor memang memiliki peran, sebagai penopang organ panggul dan sebagai konektor untuk beberapa otot dari kaki (sehingga menjadi penopang dari teori kreasionis).

Yang lain menyebutkan operasi pemindahan tulang ekor, tidak berpengaruh pada kehidupan lebih lanjut dari pasien dan bahkan memberikan contoh bayi yang lahir dengan ekstensi tulang ekor dalam bentuk ekor kecil.

Spoilerfor Tulang Ekor:

3. Puting Pria

Untuk apa pria memiliki puting susu? Tidak ada alasan yang jelas. Puting pria adalah contoh lain dari bagian tubuh manusia yang tidak atau belum diketahui gunanya, karena mereka tidak memiliki peran dalam fungsi organisme laki-laki.

Namun, mereka tidak memiliki asal yang sama sebagaimana tulang punggung. Sebenarnya, jaringan payudara dan puting dibentuk dalam tahap evolusioner awal janin, ketika jenis kelamin calon bayi belum ditentukan.

Spoilerfor Puting Laki Laki:

4. Gigi Bungsu

Gigi bungsu adalah salah satu struktur vestigial dari tubuh manusia. Kadang-kadang, gigi ini tidak tumbuh sama sekali dan terus tetap dalam tulang rahang selama hayat pemilik. Mereka jelas vestigial, karena mereka tidak berguna ketika makan.

Manusia biasanya tidak mengunyah dengan menggunakan gigi bungsu ini, karena mereka terlalu jauh ke belakang dalam mulut kita. Gigi bungsi ini dianggap membuktikan bahwa manusia berevolusi dari primata yang memiliki mulut jauh lebih besar dan mampu menggunakan gigi-gigi ini.

Spoilerfor Gigi Bungsu:

5. Amandel

Selama bertahun-tahun, amandel dianggap sama sekali tidak berguna dan segera disingkirkan tanpa berpikir dua kali, jika mereka sering terinfeksi.

Namun, saat ini kita tahu bahwa amandel memang memiliki peran, karena mereka menghentikan bakteri sebelum berhasil masuk ke tubuh, sebagai bagian dari sistem kekebalan tubuh kita. Namun fakta ini tidak mengecualikan mereka, dari daftar organ vestigial tubuh kita.

Seperti yang dijelaskan di atas, struktur vestigial adalah organ yang kehilangan peran utama mereka, meskipun mungkin masih menyimpan peran sekunder atau kecil dalam organisme, sehingga amandel juga termasuk.

Spoilerfor Amandel:

6. Jari Kelingking Kaki

Beberapa orang menganggap bahwa jari kelima adalah mutlak penting untuk keseimbangan kita, sementara yang lain percaya bahwa kelingking kaki adalah salah satu struktur vestigial tubuh kita, karena kelingking kaki hanya berguna saat memanjat, berayun dan mencengkeram dan tidak mempengaruhi keseimbangan.

Spoilerfor Kaki:

7. Otot Telinga

Struktur telinga juga menunjukkan bukti kemampuan yang kurang berguna. Kera mampu menggerakkan telinga sehingga mereka mampu mendengar dengan lebih baik dan menjadi sadar akan bahaya.

Bagi manusia, kemampuan ini menjadi tidak berguna sejak lama dan otot-otot yang bertanggung jawab untuk menggerakkan telinga berhenti berkembang dan sekarang tidak efektif. Meskipun begitu, beberapa orang masih dapat menggerakkan telinga mereka.

Spoilerfor Otot Telinga:

Apakah semua bagian tubuh manusia tersebut benar benar merupakan sisa evolusi kita yang katanya berasal dari seekor kera, atau bagian tubuh tersebut ada gunanya, namun sampai kini kita belum mengetahuinya secara pasti. Sebuah misteri yang belum terbantahkan hingga kini.

Tapi menurut TS organ organ diatas ada gunanya kok misalnya, kalo gak ada usus buntu gak ada operasi usus buntu atau gak amandel, Kasihan juga para dokter. Puting pada laki laki pun berguna misalnya jika SMP agan agan mungkin kalo iseng kan bisa nyute(cubit tete) temennya

Sekian dari Thread sederhana ini TS hanya berharap



Dan jadilah warga kaskus yang taat dengan ninggalin

Spoilerfor Warga Kaskus yang taat:

Spoilerfor Kalo pengen yang lebih lengkap : SUMBER

Spoilerfor Makasi yang udah nimpuk :

Spoilerfor Agan agan yang nyoba ngasi manfaatnya: Quote:Original Posted By rokesboyâ–º
buat usus buntu kayaknya waktu itu ane pernah baca artikel usus buntu termasuk penghasil sel darah putih , tapi lupa link artikelnya

Quote:Original Posted By SuckSeed â–º
Siapa bilang puting co ngak berguna ??? coba suruh ce lo jilat2 dan mainin itu puting



Quote:Original Posted By adietya77 â–º
kalo usus buntu fungsinya buat dokter gan biar dapet duit..

Quote:Original Posted By w016s â–º
puting susu cowok fungsinya buat foreplay gan

Quote:Original Posted By effendzone â–º
ane bisa gerakin telinga gan .
klo ane lg pusing gtu , ane suka gerak2in tlinga . jd otot telinga narik otot mata ane kesamping . jd kdang pusing ane hilang dgn cara itu .
.
smua bgian tubuh berguna kok, dan mgkin msh mnjadi rahasia . agar kita mau blajar dan terus gali ilmu pengetahuan

Quote:Original Posted By ajie92 â–º
mungkin buat pemanis gan.. bayangin aja kalau di tubuh kita ga ada bagian2 itu semua? pasti jadi ga bagus keliatannya.. ane bersyukur bisa punya bagian tubuh yg sempurna

Quote:Original Posted By DarknessNight â–º
Kelingking kaki ane sudah ane latih buat ngupil gan..

Quote:Original Posted By bungkus.lontong â–º
gunanya puting laki2 buat dijepit jepitan baju kalo kalah main karambol gan

Quote:Original Posted By RobBeTzTho â–º
sebagai pelengkap gan.

Quote:Original Posted By diancok07 â–º
Usus buntu menurut artikel di internet yang ane baca, buat tempat berlindung bakteri usus baik pas kita kena mencret sehingga nggak kebawa tai keluar.

Kalo jari kelingking kaki, fungsinya nyelakain pemilikinya. Musuh utamanya sudut lemari, meja kursi. Banyak lah. Ada yang pernah kelingkingnya kesangkut sudut meja? Mantepkan rasanya!

Quote:Original Posted By xdxread â–º
manfaat usus buntu
disini
manfaat tulang ekor
disini
manfaat puting pria
disini


Quote:Original Posted By Tre3For3ver â–º
Tentang otot telinga ada lho,orang yg bisa gerakin telinga kek di film mr.bean itu...
Itu otot telinga klo bisa digerakin,bisa menangkap suara dari arah lain dah kek kucing.....

Quote:Original Posted By ModemJadoel â–º
gunanya puting pria itu, ... coba suruh cewe jilatin puting agan... rasa gmana? itulah gunanya puting pria

Quote:Original Posted By themanlie â–º
Jari kelingking enak buat ngupil lho gan tapi harus punya kuku agak panjang, biar greget

Quote:Original Posted By ocdu â–º
PUTING COWO ADA FUNGSINYA TAU GAN.. JNG SEMBARANG LU...

FUNGSI PUTING COWO :

- SUNTIK SILIKON UNTUK BENCONG2 AND TRANSGENDER YG MAU JADI CEWE,

- BUAT NETEK IN PARA MAHO

- BUAT DI PLINTIR AMA GURU SEKOLA KALO MURID COWO NYA BADUNG

Quote:Original Posted By AgitoXAkito â–º
kata pak ustadz Tailbone buat ngebangkitin umat2nya yg telah mati pas hr kiamat datang gan..

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/527b93f7a4cb179263000006

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger