Home » » Tiga Detik Demi Keamanan

Tiga Detik Demi Keamanan



Quote:
Tolong Dimaafkan

♣♣ Jarak Aman (3 Detik) ♣♣
Quote:Menurut data statistik Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Departemen Perhubungan, faktor manusia sebagai penyebab kecelakaan di jalan mencapai 90 persen. Faktor tersebut dipicu kurang disiplinnya pengemudi menjaga jarak aman dengan mobil di depannya (safe following distance). Berikut beberapa panduan dan patokan untuk mengetahui jarak aman.

Selang 3 detik
Jarak aman antar kendaraan saat melaju adalah 3 detik. Dengan asumsi, reaksi manusia biasanya membutuhkan waktu 1,5 - 2 detik, ditambah reaksi mekanis mobil saat pengereman 0,5 - 1 detik. Trus, untuk patokan bisa menggunakan benda diam di pinggir jalan misalnya pohon, papan rambu, reklame atau tanda lain. Caranya, ketika mobil di depan Anda melewati tanda tersebut, hitung berapa waktu yang Anda butuhkan untuk mencapai titik tersebut. Bila kurang dari 3 detik berarti jarak terlalu dekat.

Spoilerfor Gambar:



Patokan tersebut tidak berlaku pada saat hujan. Selang waktu yang ideal menjadi 4 sampai 5 detik. Sedangkan ketika melintas di jalan licin, jarak ideal bisa dua kali lipat dari normal.

Jarak konvensional
Departemen Perhubungan memperkenalkan cara mudah untuk mengukur jarak aman, dengan perhitungan jarak yang berbanding lurus dengan kecepatan mobil. Sebagai contoh, mobil melaju dengan kecepatan 60 kpj berarti memiliki jarak aman 60 m. Begitu pula ketika berada di 100 kpj, otomatis idealnya 100 m.

Jika sulit memperkirakan jarak tersebut, Anda bisa menggunakan patokan 'mata kucing' yang biasanya berada di tengah jalan. Jarak antara tanda tersebut adalah 50 m.

PS :
Kenapa penting, tanpa jaga jarak akan terjadi :
* Tidak ada ruang untuk ber manuver,
* Tidak ada ruang untuk kendaraan me respon situasi di depan.

Pesan moralnya adalah, jalan raya tidaklah aman. Jika kita udah berusaha menjaga dari kemungkinan kecelakaan, bisa jadi orang lain yang tidak menjaga keamanan dirinya dan orang lain. Untuk itu, menyetir dengan aman (jarak 3 detik) saja tidak cukup, kita harus mengantisipasi kebodohan pengendara yang lain.

Memang semua Tuhan yang menentukan tapi, manusia wajib berusaha

Spoilerfor Untuk yg belom ngerti teori 3 detik:
CARA MENGHITUNGNYA


AKIBATNYA TIDAK DIJARAK AMAN

Spoilerfor SUMBER: Sumber1
Sumber2



Thank untuk nya Gan
Quote:
Quote:Original Posted By Ariz.Pratama â–º
Menurut ane, 3 detik itu sebenarnya cukup jauh loh kalo kecepatan kita di atas 80 km/jam (misalnya ketika berada di tol yang lengang). Tapi jauh-dekat itu subjektif lah ya.

Anyway, nice inpoh banget gan. Boleh di cek kulkasnya.

Quote:Original Posted By jiangkirk â–º
kalo kesulitan buat memperkirakan 3 detik itu seberapa, coba agan pada saat berkendara tentukan titik yg sudah dilwati kendaraan di depan agan, nah setelah itu agan ucapin "seribu satu, seribu dua, seribu tiga" dengan interval sedang, sampai agan sampai ke titik yg sudah dilewati kendaraan di depan agan. klo agan belum sampai ucapin "seribu tiga" sudah melewati titik tersebut maka agan berada terlalu dekat dengan kendaraan di depan agan, klo agan belum melewati titik tersebut sudah ucapin "seribu tiga" berarti jarak agan sudah cukup aman dengan kendaraan di depan agan

Quote:Original Posted By rahmatramadhan1 â–º
bener ya gan, bukan dari jauh dekatnya tapi dari jarak waktunya, biar ada cukup waktu buat ngerespon.

Quote:Original Posted By chimney â–º
Jarak aman antar kendaraan saat beriringan adalah 3 detik dengan asumsi:
1 detik reaksi manusia
1 detik mekanisme pengereman kendaraan
1 detik safety factor


Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/51d0e9cf532acff46d00000a

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger