Home » » Kabel Laut yang Jadi Tulang Punggung Koneksi Internet Kita

Kabel Laut yang Jadi Tulang Punggung Koneksi Internet Kita

HT pertamax ane. Makasih banyak untuk mimin & momod.
Spoilerfor HT pertamax:
Spoilerfor Ngga ada yang namanya repost..!!:

Thread ini ane bikin karena penasaran tentang jaringan internet gan. Awalnya ane beranggapan kalau jaringan internet antar pulau atau antar benua terkoneksi dengan satelit gan atau radio terrestrial, intinya menggunakan gelombang radio. Ane coba searching2, ternyata ane salah gan. Jadi antar pulau, atau bahkan antar benua ternyata terhubung dengan kabel laut, lebih tepatnya fiber optic (serat optik). Penggunaan kabel laut serat optik memiliki banyak keuntungan dibandingkan menggunakan Digital Micro Wave (Radio Terrestrial) yang memiliki keterbatasan pada bandwidth, sehingga trend kedepan penggunaan kabel serat optik akan semakin banyak baik di darat maupun di laut. Agan udah pada tau kan apa itu bandwidth?? Dan kenapa fiber optic memiliki bandwidth sangat besar?? Pelajarin sendiri aja yah, ane ngga fokusin ke situ. Simplenya bandwidth itu yang dijual ama TE*KOM Sapidi, gitu aja.
Serius gan ngga pake satelit?? || Ngga juga sih gan. Satelit tetep kepake gan untuk aplikasi bergerak, seperti komunikasi ke kapal laut dan pesawat terbang, di mana penggunaan kabel darat atau bawah laut tidak praktis atau tidak mungkin.
Submarine Communication Cable
Spoilerfor Buka aja gan..!!: Quote:Gambar dibawah ini merupakan kabel komunikasi bawah laut (submarine communication cable). Dengan panjang diameter 69 milimeter (2,7) inch, kabel ini mampu membawa 99% data-data internasional (internet, telepon dan data pribadi) yang menghubungkan semua benua di dunia, kecuali Antartika. Yaiya lah, emang pinguin mau ngaskus.

Pada awalnya kabel komunikasi bawah laut digunakan untuk membawa lalu lintas telegrafi. Generasi berikutnya, kabel bawah laut digunakan untuk membawa lalu lintas telepon. Kabel modern yang telah menggunakan teknologi fiber optik digunakan untuk membawa data-data digital seperti telepon, internet dan data pribadi.
Spoilerfor submarine communication cable 1:
A: Liat tuh gan, fiber optik sekecil itu tapi dilapisi pengaman segede gaban. Lebay banget.
B: Maklum aja gan, kabel ini ditaroh disamudra menghubungkan pulau dan benua.
Spoilerfor submarine communication cable 2:
1. Polyethylene
2. “Mylar” tape
3. Stranded metal (steel) wires
4. Aluminum water barrier
5. Polycarbonate
6. Copper or aluminum tube
7. Petroleum jelly
8. Optical fiber
Petanya dong gan..!! Peta mana, peta
Spoilerfor Buka aja gan..!!: Quote:Peta dibawah merupakan peta kabel bawah laut di seluruh dunia. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang peta kabel bawah laut dapat dilihat di submarinecablemap(dot)com TKPsebuah website interaktif tentang informasi kabel bawah laut di seluruh dunia.
Spoilerfor submarinecablemap world:
Spoilerfor submarinecablemap indonesia:
Itu gimana narohnya dibawah laut ya gan??
Spoilerfor Buka aja gan..!!: Quote:Kapal ini adalah CS Innovator Cable, sebuah kapal yang dirancang khusus untuk meletakkan serat optik dan merupakan terbesar di dunia. Dibuat pada tahun 1995 oleh Kvaerner Masa, Finlandia. Kapal sepanjang 24 meter ini mampu membawa 8.500 ton kabel fiber optik. Kapal ini memiliki 80 kabin, yang mampu bertahan di laut selama 42 hari.
Spoilerfor CS Innovator Cable 1:
Spoilerfor CS Innovator Cable 2:
Ngrusak lingkungan dan hewan yang hidup di dasar laut ngga gan??
Spoilerfor Buka aja gan..!!: Quote:Dengan peletakkan kabel komunikasi di dasar laut tentunya akan mempengaruhi lingkungan dan hewan yang hidup di dasar laut. Meskipun jutaan kilometer kabel komunikasi telah ditempatkan di dasar laut selama lebih dari satu abad, beberapa penelitian telah dilakukan untuk mengetahui dampak terhadap lingkungan hidup. Belum lama ini, sebuah publikasi ilmiah dari penelitian yang dilakukan MBARI dan Monterey Bay National Marine Sanctuary menjelaskan penelitian biologi dari kabel bawah laut yang terletak di wilayah negara bagian California. Penelitian ini menemukan bukti bahwa, kabel komunikasi bawah laut hanya sedikit berdampak pada lingkungan dan hewan di dasar laut. Jelas lah, yang dilewatin di fiber optic kan cahaya bukan listrik. Kalo listrik mah penghuni laut bakal kesetrum kalo ada kabel ada yg putus.

Pada tahun 2006, jaringan satelit hanya menyumbang 1% lalu lintas internasional, sementara sisanya 99% dilakukan oleh kabel bawah laut. Kabel bawah laut memiliki keandalan tinggi, memiliki kapasitas pengiriman data dalam Terabit per detik (Tbps), sementara satelit hanya mampu mengirimkan data dalam Megabit per detik (Mbps).
Kapan ya internet ane kecepatannya Tbps gan.
Spoilerfor Warning Submarine Cable:
Sumber
Spoilerfor Buka aja gan..!!: Quote:submarine cable map
Wikipedia - kabel komunikasi bawah laut
Wikipedia - satelit komunikasi
mobgenic
Tambahan agan bhurick dan kura-kura ninja, Doumo Arigatou Gan.
Spoilerfor Buka aja gan..!!: Quote:Original Posted By bhurickâ–º
Sedikit nambahin gan..untuk di negara kita nih Ring Kabel Optiknya dikenal dengan "PALAPA RING" yang saat ini sudah memasuki tahapan pembangunan ring di wilayah timur Indonesia.
Palapa Ring adalah suatu proyek pembangunan jaringan serat optik nasional yang akan menjangkau sebanyak 33 provinsi, 440 kota/kabupaten di seluruh Indonesia dengan total panjang kabel laut mencapai 35.280 kilometer, dan kabel di daratan adalah sejauh 21.807 kilometer.

Info detailnya nih gan :
Info Palapa Ring dari Wikipedia
Info Palapa Ring dari Web PT TELKOM

Nih gan gambar peta Palapa Ring:
Spoilerfor Palapa Ring:
Palapa Ring sudah menghubungkan pulau-pulau Indonesia (GARIS BIRU) dan yang saat ini masih dalam tahap pembangunan (GARIS MERAH)

Moga bermanfaat ya gan....
Quote:Original Posted By kura-kura ninja â–º
Pake kabel gan..baru baca judulnya ane dah tau kalo pake kabel koq

Soale ane lagi ada project submarine cables juga..

Nih link pideo-nya gan
Spoilerfor Wajib nonton ini gan..!!:
Dimohon membaca tambahan ilmu dari kaskuser dan komen terpilih di post #2

Sekian thread ane mudah-mudahan bermanfaat bagi warga KASKUS.
Ane orang baik gan dan bukan bata collector jadi jangan di
Wajib gan. Jika berkenan boleh lah ane minta agan.

Sekalian promosi thread ane gan. Hihihi...
Kunjungi yah. Mudah2an bermanfaat juga gan.

Hati-hati gan buka facebook & twitter pakai WiFi, Droidsheep Bisa Melakukan Segalanya
Doraemon Gila (Dijamin NGAKAK 1.000.000%)

Arigatou gozaimasu minna-san..!!
Makasih atas cendol yang agan/sista kasih.
Ayo yang blm sodakoh mana nih..

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/5207ae0820cb17684b000002

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger