Home » » Mengapa Mesin Mobil yang Mati di Rel Sulit Menyala Kembali?

Mengapa Mesin Mobil yang Mati di Rel Sulit Menyala Kembali?


Quote:Sekedar Berbagi, Moga Bermanfaat dan Dijamin Ga Repost
Spoilerfor Bukti No Repsol:
Mengapa Mesin Mobil Yang Mati di Rel Kereta Api Sulit Menyala Kembali?

Yang pertama ane mau share beberapa gambar kecelakaan kereta api yang pernah terjadi, gambarnya ane ambil dari mbah Gugel aja
Spoilerfor Kecelakaan KA vs Mobil:
Sumber
Spoilerfor KA vs Mobil di Cirebon:
Sumber
Spoilerfor KA vs Bus di padang:
Sumber</a>
Satu lagi gan....
Spoilerfor KA vs Mobil di Jatim:
Sumber
Quote:Dari gambar yang ane share, ternyata ada beberapa faktor yang membuat terjadinya kecelakaan antara Mobil dan Kereta Api tersebut. Bisa karena Kelalaian Manusia atau Kesalahan Sarana (hal ini yang akan ane share di mari )
Sering terdengar berita mengenai kendaraan yang tiba-tiba macet diatas rel kereta api. Tentu saja tabrakan tak imbang akan terjadi dan hal tersebut akan membawa petaka besar bagi pengendara mobil..
Lalu, apa sebab banyak kasus mobil mendadak macet di atas jalur rel?

Quote:Jawabannya adalah IMPEDANSI yang ditimbulkan oleh gesekan antara roda kereta dengan relnya, paling tidak itu penuturan Dr Ir. Djoko Sungkono, kepala Laboratorium Motor Bakar Teknik Mesin Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya.
Quote:Lebih lanjut Djoko menuturkan bahwa hal tersebut ada akibat impedansi yang ditimbulkan oleh pergesekan roda kereta api dan relnya, dan impedansi itu yang cukup untuk mengakibatkan mesin mobil yang mati sulit menyala kembali. Kejadian itu terutama berpengaruh pada mobil atau kendaraan yang berbahan bakar bensin, meskipun kendaraan berbahan bakar solar juga ada yang terpengaruh.
”Pada kendaraan yang berbahan bakar bensin, starternya digerakkan oleh dinamo,” paparnya. Dari dinamo ini dihasilkan medan magnet yang selanjutnya menggerakkan mesin mobil. Djoko mengatakan, hal tersebut tidak jadi masalah bila mesin mobil tersebut tidak mati.
Namun bila mesin tersebut mati maka akan sulit untuk dihidupkan lagi. Medan impedansi tersebut tidak diperlukan jarak yang dekat untuk itu. Hal tersebut sudah mulai dapat berpengaruh ketika kereta api masih berjarak 1,5 km lokasi lintasan di mana kendaraan bermotor itu melintas rel.

TIPS jika agan dan aganwati mengalami kejadian IMPEDANSI (Ane doain mudah-mudahan ngga ada yang ngalamin ya gan)

Quote:Ada dua tips sederhana dalam menyikapi keadaan sepersekian detik yang “mengancam jiwa” tersebut.

Quote:Tips yang pertama adalah bila kendaraan tiba tiba macet, segera keluar dan berusaha mendorong mobil keluar dari perlintasan ( itupun jika sempat, paling tidak kita sebagai manusia sudah berada di luar mobil dan terhitung aman dari petaka) mungkin pada kasus ini kita disuruh memilih, nyawa atau mobil.
Quote:Tips kedua adalah dengan membunyikan klakson sebisa mungkin pada saat mobil kita stuck di atas rel . Mengapa? karena medan listrik yang ada di atas rel kereta api sangatlah tinggi akibat gesekan dengan Kereta api dan mampu bertahan hingga 3 jam, mengapa klakson? karena klakson bisa memutuskan aliran listrik.
Walaupun begitu hanya Anda lah yang mampu memtuskan apa yang akan Anda lakukan bila Anda tepat berada pada situasi seperti itu. Karena situasi sekitar dan juga kejiwaan (faktor kegugupan dan ketenangan) sebenarnya yang paling utama pada saat kita berada pada saat itu, jadi segera putuskan untuk menyelamatkan jiwa Anda.

Quote:Update Komeng agan dan aganwati.
Quote:
Quote:Original Posted By akusukakoteka â–º
iya klo yang klakson itu kyknya bener gan apa sugest yah? mobil ane pernah mati, tapi gara2 pernah baca artikel ane klaksonnn teruss starter nyala lagi hahahaha apa klakson juga berfungsi buat mbah2 "penunggu rel kreta kali yah"

Quote:Original Posted By alketam â–º
yang penting tenang jangan panik dan bunyikan klakson saat di tengah rel
Quote:Original Posted By Art_Sala â–º
kirain ada jurig budek..
kaya di pelem Depe..

Quote:Original Posted By yusuf712 â–º
tambahan gan kalo mobilnya ga nyala bisa di starter sambil di gas mungkin bisa nyala gan
Quote:Original Posted By Rockmatic. â–º
iya betul gan, karena medan magnet yang dihasilkan dari kereta membuat magnet dinamo sulit difungsikan, hati" deh kalau melintas di jalur kereta api, hehe..
Quote:Original Posted By designbyson â–º
RPM tinggi juga lumayan meminimalkan efek impedansi loh.. misal make gigi satu tapi agak digas tinggi..ato gigi 2 klo pengen agak cepet..paling ngga klo mesin tetep mati..masih ada daya luncur buat ngelewatin rel.
Quote:Original Posted By Wanra.Boys â–º
ane pernah naek angkot dan tiba2 mati dket rel pas kreta api mau lwat..serem gan rasa lemah manusia dimata tuhan
Quote:Original Posted By elang747 â–º
informasi yang sangat bermanfaat. sebelumnya pernah diajari oleh kakak, kalo mobil mogok di pintu perlintasan KA, bunyikan klakson dulu setelah itu tetap tenang untuk mencoba starter mobil dan kalo gak bisa kaburrrr
Quote:Original Posted By dreamofdaru99 â–º
Kalo ane disuruh bokap kalo nyupir buka lock pintu kemudi (mobil sekarang otomatis kebuka semua )
Terus AC mobil di matiin biar pas sampe ujung pendakian rel kereta tetep strong si mobil.
Kalo stuck di rel (jangan sampe yaAllah ) di klakson dulu baru di statter.
Kalo udah bunyi neng neng neng neng jangan ngotot lanjut, mending diem bodo amat belakang ngelakson gan
Jangan lupa sebelum berangkat baca doa dulu
Quote:Original Posted By bonjovu â–º
ada kumparan listrik di rel.
solusinya didorong klo mogok.. klo kereta deket, ya didorong, klo gak ada orang tinggalin dah mobil ente
Quote:Original Posted By nandanurzaka â–º
nice info gan, gw pernah naik angkot, eh angkotnya mogok. pas banget ada teng teng teng bunyi kereta pengen lewat, untung ada tukang ojek rame rame pada dorong

Quote:Original Posted By Lucana â–º
hiya... kita harus pastikan bahwa kita dapat meluncur melewati rel meskipun tiba2 mesin mati..
1. pastikan jarak di depan kita cukup.
2. gas yg agak spontan sebelum melintas.. biar kita punya daya luncur..


Quote:
Jangan lupa komengnya ya gan.. Boleh kasih TIPS atau PENGALAMAN agan.. Mungkin ada yang pernah ngalamin.
Silahkan dirate dan Klo berkenan dengan lapang dada menerima cendol dari agan dan aganwati yang baik hati
Makasih buat agan dan aganwati yang sudah ngsih ane Cendol dan abu gosoknya.
Spoilerfor Cendol Update:

Mampir juga ke Thread ane yang di bawah ini gan..

Quote:[TIPS] Posisi Tidur yang Bebas Pegal dan Direkomendasikan [HT] # 1
[ITS] Institut Teknologi Surabaya, salah kaprah sebuah nama

Quote:Sumber
Spoilerfor Sumber: Sumber 1
Sumber 2

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/526c8c3bc3cb172667000008

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger