Home » » Inilah Penampakan Jalur Lintas Barat di Sumatera

Inilah Penampakan Jalur Lintas Barat di Sumatera

Sebelunya ane kasih bukti dulu gan kalau belum ada yang bikin thread tentang ini

Mencoba berbagi pengalaman ane tentang realita jalur negara kita tercinta ini di pulau sumatera, salah satunya di jalur lintas barat sumatera antara bengkulu hingga lampung.

Quote:
Inilah gan jalan yang harus di lewati ketika ingin berpergian keluar Bengkulu menuju Jakarta via darat, kondisinya memprihatinkan karena ini jalur utamanya. Jalan yang sempit, kiri kanan semak belukar, dan jika berpapasan dengan kendaraan yang berlawanan salah satunya harus berhenti dahulu.

Reportase ini saya lakukan pada tanggal 5 April 2014 berangkat dari bengkulu jam 9 pagi hendak menuju jakarta menggunakan bus. saya udah mengetahui kondisi yang akan dilalui. Sekitar jam 1 siang bus berhenti sejenak untuk makan siang di rumah makan rekanan bus ini selama 30 menit yaitu di kabupaten bengkulu selatan. Setelah selesai makan siang bus kembali berangkat kembali. Selama 3 jam perjalanan dari rumah makan tibalah kami di perbatasan provinsi Bengkulu dan Lampung. Disinilah dimulai mendapati tanjakan yang terjal dan berliku serta konstruksi jalan yang tidak bagus. Kalau dihitung waktunya dari berangkat sampai ke tempat ini memakan waktu 6 jam. Kondisi jalan yang rusak ini di mulai setelah tanjakan batas provinsi hingga ke daerah krui bahkan sampai ke turunan sedayu (nama daerah yang menuju ke kota agung, lampung). Setelah dari perbatasan itu bus berhenti untuk makan malam sekitar jam 10 (kalau kondisi jalan yang bagus mungkin kita makan makan malam jam 8)

Nah kalau sudah melewati turunan sedayu jalannya dominan mulus walaupun ada beberapa titik yang rusak. Diturunan itu kami tiba sekitar jam 12 malam, dan terus ngacir hingga akhirnya tibar di Pelabuhan Bakauheni Lampung jam 4 pagi (kalau dah jalan mulus, bus yang saya tumpangi kenceng gan, Gimana tidak mesin yang digunakan SCANIA hehehe ). Dan akhirnya bus tiba di Pelabuhan Merak jam 7 pagi dan saya tidak sampai ke jakarta tapi turun di merak saja karena akan melanjutkan perjalanan ke jogja dengan bus lain.

Demikian cerita saya gan, semoga memberikan informasi

Spoiler for Picture:

Quote:
Titik jalan terparah di jalan lintas barat ini karena jalan dipenuhi lumpur jika sudah terjadi hujan, bisa mengakibatkan macet berjam-jam, alhasil bus dan truk tidak bisa melawatinya karena licin. Jadinya harus menunggu sampai lumpur mengering
Lokasinya di tambakan, patokannya ada tower provider 3
(OFF ROAD TRACK)
Spoiler for Jalan rusak parah:

Quote:Walaupun kondisi jalan yang begitu, ada loh pemandangannya yang bagus seperti ini

Spoiler for pemandangan:

Quote:
Biar lebih afdol lagi, yuk liat aja video perjalanan ane di jalur ini, cekidot :

Spoiler for Video perjalanan di lintas barat sumatera Part 1:
Spoiler for Video perjalanan di lintas barat sumatera Part 2:
Spoiler for Video perjalanan di lintas barat sumatera Part 3:
Spoiler for Video perjalanan di lintas barat sumatera Part 4:

Btw, Jika kalian tertarik mencoba jalur ini ane rekomendasikan menggunakan bis gan biar bisa menikmati pemandangan yang indahnya juga karena melewati pesisir pantai yang langsung berhadapan dengan samudera hindia loh

Spoiler for Bus yang digunakan untuk merepotasekan jalur ini:
Ini salah satu bus yang melayani rute Bengkulu - Jakarta Via Kota Agung yaitu PO. SAN, Tarifnya Rp. 300.000 (tidak termasuk makan). Untuk info lebih lanjut PM gan

Spoiler for SCANIA BUS:

Spoiler for Fanspage Peduli Jalan Sumatera : Fanpage Peduli Jalan Sumatera

Gimana gan, tertarik ingin mencoba jalur ini ? Anggap saja uji nyali yah

Sekian thread ini saya buat, semoga bisa menambah informasi kepada semuanya

Spoiler for Ane tunggu ini yah gan :

Spoiler for Jangan kasih ane ini yah gan :

Spoiler for Apa Kata Kaskuser ?:
Quote:Testimoni

Quote:Quote:Original Posted By ablasoediro â–º
daerah sana emang jalanan nya gitu gan tapi seru

Quote:Original Posted By kradha â–º
bagus gan threadnya buat menambah wawasan, ane pernahnya dari jakarta ke padang dan jakarta, padang bengkulu, dan padang medan, bengkulu jakarta belum pernah. persentase jalan rusak dengan jalan bagus nya berapa gan?

Quote:Original Posted By relena â–º
walaupun jalannya begitu tp gx rugi gan soalnya bisa ngeliat pemandangaan yg bagus jg hahahahahaha

Quote:Original Posted By nadatour â–º
boleh di coba tuh gan... jalur nya lumayan ekstrim ya... selama ini ane selalu lewat lintas timur gan.. ga pernah lewat barat...

Quote:Original Posted By 28rachmad â–º
Asyik gan lewat Lintas Sumatera itu. tapi kalo malam ngeri.

Quote:Original Posted By zev.kenshin â–º
ini jalanan yang paling saya kangenin kalau kesumatera

ngak pernah bosen lewat sini naik bis
jalanannya sih yang mulus mulus bgt,sekalinya ketemu yg rusak,it rusaknya ampun" deh

nitip video perjalanan ane ya gan

Spoiler for video perjalanan:

mulus

rusak

Quote:Original Posted By tazkira â–º
wah,calon HT nih
Biar pada tau rakyat sekaskus gimana gambaran jalan sumatera