Home » » Hal-Hal yang Pamali Banget Dilakuin Saat Masih Kecil

Hal-Hal yang Pamali Banget Dilakuin Saat Masih Kecil

Hallo Agan-agan jumpa lagi dengan ane, PRABUNUSANTARA. Kemarin ane pecat HT # 1 dengan thread Kisah Inspiratif dari Anak Bangsawan, sekarang ana mau berbagi pengalan lewat thread ini. Selamat membaca.

Semoga tidak Repost
Spoilerfor Yes or No:

Agan-agan, kali ini ane mau cerita tentang mitos-mitos yang DILARANG atau “pamali” dilakukan di oleh anak zaman dulu, khusunya dilingkungan keluarga ane. Sebagai keluarga Jawa, waktu kecil ane sering sekali mendapat larangan untuk tidak melakukan sesuatu. Dan larangan itu disamapaikan tanpa alasa mengapa tidak boleh dengan kata lain, POKOKANYA PAMALI ATAU POKOKNYA ORAK ILOK ATAU POKOKNYA JANGAN. Katanya kalau dilakukan bisa ada suatu kesialan yang akan menimpa kita. Khususnya motis-mitos ini sering sekali disampaikan mamak, nenek, bibi, dan tetangga ane.

Dan kalau udah dibilang PAMALI (Orak Ilok/Jangan), ane takut dan tidak melakukan itu.


Mungkin ini tidak berlaku untuk anak zaman sekarang. Soalnya, anak zaman sekarang pandai cari alasa dan sedikit hobi membatah kata orang tua.


Terlepas dari mitos itu benar atau tidak, inilah kearifan budaya di lingkungan keluarga kita. Dan setelah ane dewasa, ada beberapa mitos yang anetemukan penjelasan rasionalnya.

Mungkin dilingkungan agan ada mitos yang sama dengan ane; bisa KOMEN ya. Untuk menambah wawasan kita dan nostalgia masa kecil. Kl yang komen ada gambarnya, tar ane taro PAJWAN dah.


Mitos Kaitanya dengan Makan
Anak zaman dulu, sangat dilarang atau melakukan hal-hal ini.
Spoilerfor Mitos dengan makanan:
Makan di depan pintu
Makan didepan pintu memiliki sensasi sendiri, karen kita bisa makan sambil lihat orang-orang jalan. Tapi mamak ane, selalu melarag dan bilang “pamali” dan ini tanpa alasa. Jangankan makan, duduk didepan pintu aja dibilang pamali.
Spoilerfor Makan & Duduk:



Setelah ane dewasa, ane pamali makan di depan pintu, mungki karena pintu itu tempat untuk jalan dan keluar masuk. Mamak khawatir kalau makanannya ketendang dan tumpah. Termasuk makan sambil duduk di depan pintu mengganggu jalan.


Makan dengan menyangga piring.
Kata orang tua jaman dulu, makan sambil menyangga piring itu sangat pamali dilakukan. Sama mamak ane, inipun tidak diberi alasannya.

Spoilerfor Makan Menyangga:


Menurut ane, kenapa anak dulu tidak boleh makan sambil menyangga piring mungkin karena telapak tanggan anak-anak ukurannya kecil dan piringnya besar,sehingga orangtua khawatir bisa buat makanan tumpah.
Spoilerfor yang boleh kayak gini gan:

Makan mengunakan “tutup” sebagai piring
Dulu ane pernah makan mengunakan tutup panci habis untuk masak. Nah saat itu ibu ane bilang suruh ganti piring. Katanya cowok pamali makan mengunakan segala macang tutup; baik tutup panci, tutup priuk, tutup rantang, dll.

Katanya anak cowok yang makan pakai tutup sebagai piring, besok kalau menikah kita hanya menjadi tutup bagi kehamilan istri kita. Dalam arti calon istri kita sudah hamil dengn orang lain, tapi yang nikahi kita.

Spoilerfor Makan mengunakan Tutup Panci:


Kalau yang ini ane belum menemukan alasan logisnya.

Makan bagian ujung “Sayap”
Bisa sayap ayam, bebek, burung, dll.
Katanya kalau kita makan sayap ayam, kita jadi ringan tangan sama istri.

Spoilerfor Makan Ujung Sayap:

Makan Empela
Katanya kalau anak kecil makan empela, besok kalau dewasa jadi tidak tau diri. Sudah dikasih hati, minta empela.

Spoilerfor Makan empela:
Padahal menurut TS, ini bagian paling enak. Dan biasanya bapak ane paling suka.
Bagilang aja, empelanya untuk bapak.


Makan bagian “pantat”
Bagaian pantat dalam bahasa jawa disebut “brutu” ini juga pamali anak kecil makan.

Spoilerfor Brutu gan:

Padahal, kata dokter, bagian ini banyak mengandung vitamin dan baik untuk tumbuh kembang anak.


Mungkin dilingkungan agan ada mitos lain seputra makan-memakan, bisa komen.


Mitos Kaitanya dengan Kebersihan
Ini beberapa mitos dimasa kecil yang ada kaitanya dengan kebersihan gan.
Spoilerfor Mitos Kebersihan:
Potong Kuku tengah malam
Mamak ane selalu ngelarang ane motong kuku dimalah hari. Dia Cuma sering bialang, “jangan potong kuku malem-malem. Pamali. Besok pagi aja”.

Spoilerfor Potong kuku:

Setelah ane besar ane tau kenapa mamak ane bilang kayak gitu. Zaman ane kecil, penerangan dirumah ane masih pakai lampu minyak tanah (sentir) dan alah motong kukunya; silet atau gunting kecil. Lagian tangan ane masih kecil dan sulit pegang alat potong itu. Mungkin mamak ane takut melukai jari-jari ane, makannya dia larang ane motong kuku malam hari.


Menyapu saat ada tamu
Biarpun ane cowok, dulu ane punya tugas rutin di rumah cuci piring dan menyapu, saat ada tamu di pas jadwal nyapu dan nyapu aja. Nah saat itu pula, mamak ane melarang, “husss… jangan nyapu dulu masih ada tamu pamali”

Spoilerfor Menyapu:

Kalau ini diberi alasan. Katanya kalau masih ada tamu kita menyapu itu pertanda kita menyuruh tamu untuk cepat pulang atau ngusir secara halus.



Menyapu tidak bersih
Untuk Saat ane menyapu tidak bersih, mamak ane selalu bilang “kalau nyapu harus bersih, kalau tidak bersih besok dapet istri berokan” Gila aja gan, masak dapet istri brewokan. Ane takut lah.

Spoilerfor Nyapu tidak bersih:

Menyapu Malam hari
Spoilerfor Menyapu malam hari:

Menyapu tidak diselesaikan.

Spoilerfor Menyapu tidak selesai:

Ada tambahan lain gan??



Mitos lainnya:
mitos lainnya yang tidak boleh ana jaman dulu lakukan adalah"
Spoilerfor :
Tidak boleh bersiul dimalam hari
Kata mamakku kalau bersiul malam hari:
Spoilerfor Bersiul:

Karena bersiul dimalam hari kata mamak itu artinya ......
Spoilerfor artinya:
mengundang setan.....


Padahal Kalau kata jambrud, siul itu buat burung tetangga kabur
Pak RW datang bawa polisi
Diseret lagi dari kamar mandi
Tanpa handuk, tanpa baju

Kata mereka aku mau nyuri
Waktu ku nyiul pasti lagi manggil
Karena siulku, burung tetangga jadi kabur



Mitos di Kaskus Gan
Spoilerfor Mitos di kaskus:
Katanya kalau habis baca thread kok tidak
Spoilerfor tidak:
bisa ..... (isi sendiri)


dan di Kaskus disarankan melakukan ini
Spoilerfor disayarankan:
Spoilerfor dan/atau:

Terimakasih banyak sudah mampir Gan, semoga terhibur.

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/525f93b1a2cb17e03f000008

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger