Home » » 10 Foto Antariksa Menakjubkan yang Diabadikan Teleskop Spitzer

10 Foto Antariksa Menakjubkan yang Diabadikan Teleskop Spitzer

Mohon dirate dulu gan
Semoga Threadnya bermanfaat


Quote:
Teleskop luar angkasa Spitzer sebelum diluncurkan

Sebelumnya mari kita simak sedikit penjelasan tentang teleskop luar angkasa Spitzer

Teleskop Spitzer merupakan salah satu dari empat observatorium besar yang diluncurkan oleh NASA ke luar angkasa. Sebelumnya teleskop ini bernama Space Infrared Telescope Facility (SIRTF). Setelah demonstrasi operasinya berhasil, akhirnya teleskop ini berganti nama menjadi spitzer. Nama itu diambil untuk mengenang Lyman Spitzer yaitu seorang ilmuwan abad 20 yang pertama kali mengusulkan penempatan teleskop besar ke luar angkasa.

Teleskop Spitzer yang bernilai US$800 juta ini diluncurkan dari Cape Canaveral Air Force Station, dengan roket Delta II 7920H ELV, pada Senin, 25 Agustus 2003. Ia mengikuti orbit yang agak ganjil, yaitu heliosentrik. Jadi, setiap tahunnya teleskop ini bergerak menjauhi bumi dengan jarak 0,1 satuan astronomi. Cermin utamanya berdiameter 85 cm, dan dibuat dari berilium serta didinginkan pada suhu 5,5 K. Teleskop ini terdiri dari tiga instrumen yang memungkinkannya melakukan pencitraan astronomis dan fotometri dari 3 sampai 180 mikrometer, spektroskopi dari 5 sampai 40 mikrometer, dan spektrofotometri dari 5 sampai 100 mikrometer.

Teleskop Spitzer merupakan sebuah teleskop antariksa inframerah. Dengan letaknya yang jauh dari panas bumi, Cerminnya berukuran nyaris satu meter serta detektor pekanya yang didinginkan hingga mendekati suhu nol mutlak, menjadikan teleskop spitzer sebagai teleskop dengan kemampuan terbaik menangkap sinar inramerah. Dibandingkan teleskop yang berada di bumi, jelas spitzer jauh lebih baik karena kemampuannya menangkap foton atau partikel cahaya tidak terhalangi oleh atmosfer bumi.


Berikut ini adalah 10 foto menakjubkan yang berhasil diabadikan oleh teleskop spitzer, selama hampir satu dasawarsa peluncurannya

Quote:Spoilerfor buka:
Quote:Gambar dari Helix Nebula, yang berjarak 700 tahun cahaya dari bumi di konstelasi Aquarius
Quote:Spoilerfor buka:
Quote:Carina Nebula, berisi Eta Carinae, sebuah bintang masif sekitar 100 kali ukuran matahari.
Quote:Spoilerfor buka:
Quote:Dua bintang yang sangat terang menghilangkan kabut kehijauan, terdiri dari senyawa karbon dan hidrogen seperti dalam knalpot kendaraan d Bumi.
Quote:Spoilerfor buka:
Quote:Formasi ini, mengambil alih Crab nebula, merupakan sisa dari bintang mati di Taurus tahun 1054
Quote:Spoilerfor buka:
Quote:Foto Rho Ophiuchi, awan gelap yang mengandung lebih dari 300 bintang yang baru lahir. Merupakan salah satu pembentuk bintang paling dekat dengan tata surya kita.
Quote:Spoilerfor buka:
Quote:“Api” dalam galaksi awan Magellanic Cloud ini sebenarnya riak debu raksasa, mencakup ratusan tahun cahaya.
Quote:Spoilerfor buka:
Quote:Spitzer menangkap kedua “antena” galaksi terjerat satu sama lain.
Quote:
Spoilerfor buka:
Quote:Angin kencang dan radiasi mengitari massa bintang yang tinggi membuat kolom gas dan debu besar, terlihat di sisi foto.
Quote:
Spoilerfor buka:
Quote:M33 adalah salah satu galaksi tetangga terdekat Bima Sakti, yang terletak sekitar 2,9 juta tahun cahaya jauhnya.
Quote:
Spoilerfor buka:
Quote:Di sini, bintang baru”menetas” dari kepala konstelasi Orion. Para astronom menduga gelombang kejut dari supernova hampir tiga juta tahun yang lalu memulai kelahiran.

Quote:Selama masa tugasnya, teleskop spitzer telah banyak mengungkap rahasia-rahasia alam semesta. Seperti mengungkap keberadaan galaksi-galaksi yang belum teridentifikasi, merekam proses terjadinya bintang maupun planet, dan masih banyak lagi. Keberadaannya merupakan salah satu tonggak sejarah peradaban manusia untuk lebih dalam mengetahui tentang jagat raya.

Bahkan teleskop spitzer juga pernah mengungkap keberadaan planet yang menyerupai bumi dan diperkirakan memiliki tanda-tanda kehidupan
Spoilerfor super earth:
Ilustrasi planet 55 Cancri E, atau biasa dijuluki super earth


Spoilerfor sumber:
http://nationalgeographic.co.id/beri...ah-ruang-hampa
http://uniqpost.com/88184/10-foto-me...eskop-spitzer/
http://www.businessinsider.com/10-ye...pe-2013-8?op=1
http://id.wikipedia.org/wiki/Telesko...ngkasa_Spitzer

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/52302b33fdca17ae6c000010

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger