Home » » 9 Makhluk Legenda Asli dari Indonesia

9 Makhluk Legenda Asli dari Indonesia





Jangan lupa ya juragan

Tidak ada salahnya kita mengenal beberapa legenda yang ada di negeri tercinta kita ini,legenda yang kita punya tidak kalah dari legenda yang berasal dari luar negri.
Nih ane kasih buat agan2 semua tentang makhluk2 legenda yang ada di indonesia

1. Orang Pendek
Spoilerfor pict:
Spoilerfor pict:
Orang Pendek adalah hewan kriptid asal Pulau Sumatera dan telah dikenal sejak 100 tahun lalu oleh penghuni hutan, penduduk, kolonis belanda dan ilmuwan. Penelitian menyebutkan bahwa orang pendek adalah primata berjalan yang memiliki sekitar 80 cm dan 150 cm.

2. Lembuswana
Spoilerfor pict:
Makhluk Mitologi ini sering dijadikan simbol dalam kerajaan2 jaman dulu seperti Mulawarman, dan di Cungkup Sunan Prapen. Lembuswana adalah hewan dengan kepala berbentuk gajah yang menggunakan mahkota yang memiliki sepasang sayap dan di keempat kakinya terdapat cula/taji (red: seperti ayam). Masih menurut mitos penduduk sekitar sungai Mahakam, Lembuswana adalah penguasa sungai Mahakam yang tinggal dan bernaung di dasar sungai Mahakam.

3. Orang Bati
Spoilerfor pict:
Spoilerfor Pict:
Orang Bati adalah hewan yang berada di legenda Pulau Seram. Hewan ini memiliki tubuh seperti manusia dan bersayap seperti kelelawar. Diceritakan bahwa ia tinggal di gunung Kairatu dan suka menculik anak kecil untuk disantap.

4. Naga Besukih
Spoilerfor pict:
Naga Besukih adalah naga yang diceritakan dalam asal-usul selat Bali. Dalam cerita, Naga ini dapat dipanggil menggunakan genta pemujaan milik Begawan Sidi Mantra. Juga diceritakan bahwa ia dapat mengeluarkan emas dan permata dari dalam sisiknya.

5. Garuda
Spoilerfor pict:
Spoilerfor pict:
Garuda adalah salah satu dewa dalam agama Hindu dan Buddha. Ia merupakan wahana Dewa Wisnu, salah satu Trimurti atau manifestasi bentuk Tuhan dalam agama Hindu. Garuda digambarkan bertubuh emas, berwajah putih, bersayap merah. Paruh dan sayapnya mirip elang, tetapi tubuhnya seperti manusia. Ukurannya besar sehingga dapat menghalangi matahari.

6. Ahool
Spoilerfor pict:
Spoilerfor pict:
Ahool adalah hewan seperti kelelawar raksasa atau beberapa menyebutkan seekor Pterodactil yang tinggal di hutan di Pulau Jawa. Beberapa informasi mengatakan bahwa Ahool memiliki panjang sayap sekitar 3 meter. Pertama kali dijelaskan bahwa ia terlihat di gunung Salak.

7. Veo
Spoilerfor pict:
Veo adalah hewan kriptid asal pulau Rinca dan digambarkan oleh Carl Shuker dalam buku The Beasts That Hide from Man: Seeking the World’s Last Undiscovered Animals mirip Teringgiling tapi ukurannya sebesar kuda.

8. Ebu Gogo
Spoilerfor pict:
Spoilerfor pict:
Ebu Gogo adalah makhluk seperti manusia yang muncul pada mitologi penduduk pulau Flores, Indonesia, yang memiliki bentuk yang mirip dengan leprechaun atau peri. “Orang kecil” tersebut dikatakan memiliki tinggi satu meter, ditutupi rambut, periuk-berperut, dan dengan telinga yang menjulur. Mereka berjalan agak kikuk dan sering “berbisik” yang dikatakan sebagai bahasa mereka. Penduduk pulau juga berkata bahwa Ebu Gogo dapat mengulangi apa yang mereka katakan.

9. Warak Ngendog
Spoilerfor pict:
Spoilerfor pict:
Warak Ngendog adalah hewan mitos yang digambarkan seekor badak membawa telur di punggungnya. Bagian-bagian tubuhnya terdiri dari Naga (Cina), Buraq (Arab) dan Kambing (Jawa). Biasanya dijadikan maskot dalam acara Dugderan yang dilaksanakan beberapa hari sebelum bulan puasa

Legenda (bahasa Latin : legere)
adalah cerita prosa rakyat yang dianggap oleh yang mempunyai cerita sebagai sesuatu yang benar-benar terjadi. Oleh karena itu, legenda sering kali dianggap sebagai "sejarah" kolektif (folk history). Walaupun demikian,
karena tidak tertulis, maka kisah tersebut telah mengalami distorsi sehingga sering kali jauh berbeda dengan kisah aslinya. Oleh karena itu, jika legenda hendak dipergunakan sebagai bahan untuk merekonstruksi sejarah, maka
legenda harus dibersihkan terlebih dahulu bagian-bagiannya dari yang
mengandung sifat-sifat folklor (wikipedia.org)

Sumber

Bonus klik disini

Silahkan klik Banner Menuju Markas Kami




Makasih untuk cendol dan abu abunya juragan

Quote:Original Posted By itutsatanic392 â–º
klo yg ahool di gunung salak itu bener ada'a gan...
soal'a ane pernah mendaki ksno... trs tmen ane yg liat... kata tmen ane yg liat mah itu ahool hampir segede mobil honda jazz, klo ane liat cuma bayangan'a doank...
itu ahool klo udah terbang bisa nutupin bulan ...
menurut tmen" para pendaki itu ahool ada di kawasan gunung salak,halimun sampai ke gunung gede pangrango....
biasa'a menurut warga setempat ahool itu kluar'a klo bulan penuh( bulan purnama)

maap ga ada bukti'a ... klo mau di bilang hoax yaa silahkan.. klo mau bukti dateng sndri ke gunung salak.. recomend lewat gunung halimun , insyaallah ktmu

pekwan klo brani cool
Quote:Original Posted By yoo.ara â–º
banyak nama2 yg ane gak pernah dengar, pdhal ane indo asli loh.
Quote:Original Posted By fushigi22 â–º
i would pay and do anything to see these creatures
Quote:Original Posted By kurniarajawali â–º
PERCAYA ATAU TIDAK!?!?.....KETURUNAN EBU GODO MASIH HIDUP SAMPAI SEKARANG. matabelo
Quote:Original Posted By kurniarajawali â–º
if you want to meet the ebu godo, go to flores..they living...

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/514d5e6c1cd7196452000004

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger