Home » » Ini Tips Mantap untuk Menghemat Listrik

Ini Tips Mantap untuk Menghemat Listrik

HT gan....trims momod
Spoilerfor HT:
update terbaru di nomor 7 dan 8 gan !!!
dah 4 bulan menerapkan tips hemat ane rata2 bayar listrik ngak lebih dari 90 ribu gan!!!
penerapannya santai aja gan, karena sebagian metode membutuhkan biaya lumayan mahal... butuh 2 tahun buat nyicil beli2 barang tsb, agan coba dari yg termudah dan termurah dulu seperti metode no. 7, kalo tipi mungkin agan bisa tukar tambah atau disumbangkan ke pos kambling terdekat, itung2 beramal he.
Spoilerfor garis besar kebutuhan ane listrik ane ::
-komp i5 vga amd 7750 (main game PB, jadi server Dlna buat putar pilem, lagu anak2)
-rumah 4 kamar, 3 kamar mandi
-mesin cuci otomatis, pompa sanyo
-strika (hampir tiap hari)
-tipi 2, cas hp, lampu emergency dll
trims buat kaskuser yang kirimcendol, makin semangat buat trit bermutu

Spoilerfor Berita kenaikan listrik:
Pemerintah melalui Peraturan Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral Nomor 30 Tahun 2012 telah menetapkan penyesuaian Tarif Tenaga Listrik 2013 yang akan dilaksanakan secara bertahap per tiga bulan, artinya ada empat kali penyesuaian tarif listrik selama tahun 2013.
Tarif Tenaga Listrik (TTL) 2013 berlaku mulai tanggal 1 Januari 2013. Dengan demikian pemakaian listrik per tanggal 1 Januari 2013 sudah menggunakan perhitungan tarif tenaga listrik yang baru menggantikan Tarif Tenaga Listrik 2010. Perubahan besaran tagihan akan dirasakan pada tagihan rekening Februari 2013 yang menagih pemakaian yang dicatat pada Januari 2013. Bagi pelanggan prabayar, pembelian token listrik isi ulang per 1 Januari 2013 sudah mengalami penyesuaian dengan Tarif Tenaga Listrik 2013.
Tidak semua pelanggan yang mengalami kenaikan tarif listrik. Pelanggan 450 VA dan 900 VA dari seluruh golongan tarif tidak mengalami kenaikan Tarif Tenaga Listrik.
http://www.pln.co.id/?p=49
hmmm... hari ini ane akan berbagi tips dan trik buat agan2 yang pengen menghemat pengeluaran bulanan untuk membayar tagihan PLN, walaupun dengan mengeluarkan uang untuk membeli peralatan hemat listik cukup mahal akan tetapi penghematan dan kualitas barang2 hemat listrik akan mengembalikan investasi agan untuk jangka panjang.
tips dan trik ane agak berbeda dari yang biasanya...mungkin lebih update aja dari pada ini namun masih bisa diterapkan....
ini tips dan trik ane...
Spoilerfor 1:
ganti TV agan....
lumahan mahal gan, LED 32 inch merk Samsung dengan terknologi LED terbaru seharga 2,9 jt namun pemakaian listrik cuman 55 watt, turunin brighness tentu akan lebih menurunkan komsumsi daya
tipi tabung 29 inch membutuhkan daya lebih dari 100w untuk beroperasi


Spoilerfor 2:
gunakan lampu LED
harganya makin terjangkau gan....
> sedikit share pengalaman ane cari2 LED murah : yang ane perhatikan di kaskus (diskon LED philips) ane sangat tertarik, mau pesan cuman tekor di ongkir, pas jalan di pasar di kampung ane ternyata ada yang jual dengan diskon yang lebih murah, langsung beli 2 ,tes di rumah cuman hidup sebentar, dibalikin ke toko lampunya hidup, dites dirumah lagi pada 3 soket yang berbeda masi ngak hidup, tanya seller kaskus n dia bilang bahwa LED philis harus stabil 220 V trus ane cek tegangan rumah cuman 180v hiks maklum dikampung gan....
akhirnya ane tukar ke toko dengan LED hannocs dengan menjelaskan kondisi LED philips


pakai photocell gan, biar lampu pada saat gelap atau malam otomatis hidup dan lampu mati saat terang (hemat buat agan yang sering lupa mattin lampu, atau ninggalin rumah kosong agar tidak memancing maling dan kawan2

tips pemakaian LED...
1. karena mahal, ane beli LED pas lampu biasa ane rusak, jadi ngak terlalu membebani keuangan
2. gunakan LED pada tempat2 yang paling lama hidupnya, misalnya lampu luar rumah yang akan menyala sampai pagi tentu akan lebih hemat, awetnya akan lebih terasa
3. ada juga jual fitting lampu sensor gerak, pas agan masuk ruangan lampu otomatis akan hidup> cocok buat kamar mandi atau gudang (mahal gan n dikampung ane belum ada yang jual)

Spoilerfor 3:
buat yang punya komputer
ganti PSU yang bersertifikasi GOLD keatas, makin tinggi makin efisien, jangan beli merk abal2 seperti foto yang sebelah kiri ane, he

monitor hemat, 24 inch komsumsi daya 18w

monitor dengan sensor infra merah, akan mendeteksi keberadaan kita didepan minitor, minitor akan dim (seperti monitor laptop) dan mati kalau kita ngak duduk di depan monitor

speaker 3 waat USB power

Spoilerfor 4:
pakai timer digital
hmm...buat yang pake dispenser yang hidup 24 jam ane rekomendasikan pake alat ini
coba agan bayangkan dispenser yang hidup 24 jam panasin dan dinginin air dengan komsumsi daya 300 s/d 500w !
coba pakai timer digital dengan pengaturan begini gan
> ane seting hidup jam 5 pagi, buat kopi dan teh...sampai jam 8 malam buat susu anak
> jam 8 malam samapi jam 5 mati dispenser mati



Spoilerfor 5:
pakai stavolt dan kapasitor



setelah ane ukur tegangan rumah pada saat malam cuman 180V, tentu ane butuh stavolt, dan kapasitor untuk mengurangi PCB jeglek atau jatuh pada saat tarikan pertama alat listrik seperti pompa air, mesin cuci, kulkas dlll
bukan buat hemat listrik gan, cuman untuk menjaga biar alat2 bekerja optimal dan panjang umur

Spoilerfor 6 LAST YANG PALING PENTING !:
Pas bangun rumah ane komplian sama ortu yang ngurus lisrik cuma dengan daya 900W, listrik sering jeglek...
dengan kondisi rumah 4 kamar tipi2, pompa air, kulkas, strika, mesin cuci, dispenser yang haram hidup bersamaan... hiks
ane sempat tertarik tambah daya kerena ada promo PLN dengan biaya gratis, tapi masi dilarang ortu....hmm...
ane selidik ternyata ortu ane ada benarnya juga, setelah baca berita kenaikan TDL tapi tidak untuk pelanggan 450w dan 900w ane bersyukur gan, lagian dengan kondisi daya pas2an ane dipaksa untuk berhemat kalo sebelumnya ane bayar listrik 100-120 ribuan, sodara ane lebih parah dengan kondisi rumah yang hampir sama bayar listrik sampai 400 ribuan (daya 1300w dan tidak disubsidi dan mengalami kenaikan)

Spoilerfor no 7 update bulan september 2013:
gini gan teman kos ane yg kerja kantoran ngak punya sterika, karena dia punya metode lebih gokil buat hemat listrik seperti gambar dibawah

dia ngak perlu strika baju dinas karena dengan menjemur dengan hanger pakaian ngak bakalan kusut, kalopun di strika ngak butuh waktu lama merapikan baju tersebut
Spoilerfor update no. 8 tgl 24 September: buat agan yg punya lampu taman atau mau pakai lampu taman pakai ini aja

ane rencana mau beli, harganya murah, lampu taman biasa ane tanya di toko di kampung 200 ribu, kalau pakai lampu taman tenaga surga agan tidak perlu tambah biaya listrik, dan instalasi lebih mudah dan murah, tinggal tancap di tanah, ngak perlu gali tanah dan tanam kabel listrik mahal dan bahaya di dalam tanah, minusnya agan perlu perawatan batrai yg gampang soak, tapi tidak perlu khawatir ane ada solusi lebih murah kok buat ganti baterai yang soak seperti lampu emergency dan lainnya, CEK THREAD ANE DIBAWAH!
sekian gan....
ampun deh ngetiknya lumayan banyak
semoga bermanfaat....
maaf jika ada kata2 yang salah, soal ada mekr barang2 yang ane sebutin bukan maksud ane untuk beriklan
trit lainya GANTI SENDIRI BATERAI TABLET PAD, SENTAR ATAU LAMPU EMERGENCY AGAN
Spoilerfor SARAN DAN TIPS DARI KASKUSER DAN ANE:
Quote:Original Posted By iamno3 â–º
thx gan tips nya.
Daya rmh ane 2200VA prabayar sebulan lebih 10 hari byar Rp 110.000
masih dkit sih perangkat elektronik nya cuma TV LED, dispenser kulkas sma jetpump 500 Watt
Btw penggunaan magiccom gde jg tuh mendik masak nasi pke gas aj
kalo magic com menurut ane dah lumrah, nasi tetap hangat, pas masak memang butuh daya besar, pas manasin ngak terlalu boros daya, asalkan voltase stabil nasi akan masak sempurna dan tahan lama
Quote:Original Posted By diancorps â–º
Ane baru tahu gan ada alat Timer begitu
Wah ide bagus tuh boleh ane coba nanti gan thx yak
belinya timer digital gan, jadi pas mati lampu memori pengaturan ngak hilang atau reset
Quote:Original Posted By radjatax â–º
ijin nyimak gan mantap bener nih inpohnya dan sangat bermanfaat bagi orng yg hidupx pas2an
tepatnya bijak dan hemat gan...kalo pas2an ngak juga, ane keluar duit banyak buat beli alat2 hemat listrik gan, dan ide2 tersebut ngak langsung jadi kok gan, butuh 2 tahun buat nyicil beli alat2 tersebut
Quote:Original Posted By sitir â–º
saran yg pintar nich gan tpi klo suruh ganti tipi mana ane punya duit gan, klo mo dipinjemin sich kgk napa2.,,
nyicil aja dulu gan, ane butuh 2 tahun menerapkan hal2 diatas, beli lampu aja nabung ane gan wkwk
Quote:Original Posted By doeatoedjoeh88 â–º
pantes listrik di rumah ane bayar tiap bulan mahal banget gan, di rumah pake 2 TV 29 inchi
harus ganti nih pake TV LED aja.
ane juga pk 29 inch gan, dijual 1 juta, lumayan buat tambah2 beli LED
makasih infonya gan
Quote:Original Posted By Rhama Galland â–º
Anjeeeennngg keren niy trit.. mantabb bgt analisa ente gan detail..
anne pasti coba hemat cara agan, emang agak mahal bwat ganti barang2 tapi kedepannya ternyata lbh murah gan.. thnx yah gan ane lempar ijo2
trims gan ijo-ijonya
Quote:Original Posted By ezkaton â–º
pantes listrik rumah ane mahal, ini to penyebabnya, daya 450 & 900 watt ga naek, nasib ane pake 1300 watt gmn lg terpaksa naikin daya, kalo pagi nyetrika seragam, masak nasi, sama sanyo, temen ane yg pake ac aja ga abis bnyk, ane yg ga pake ac minim abis 300an sebulan
kalo nyetika jangan setiap pagi, pakaiannya dikumpul dulu agak banyak, trus kalo nyetikanya hampir selesai listrik bisa dicabut, panas dari strika masi bisa dipakai ngak mubazir
Quote:Original Posted By amzwa8 â–º
ane sukan dengan thried agan,.. tapi kalo boleh komponen yang agan gunakan seperti sensor, timer kasi hargannya dong dan merek yang ok gitu,.. hhhhehehe, taruh di pejawan+infonya yah,.. soalnya malas kalo ke tried sayang nggak ada yang baca
timer listrik 80 ribuan
sensor cahaya 30 ribuan
ada bnyak merk gan ada harga ada kualitas gan
Quote:Original Posted By kyuubi1990 â–º
nice inpoh gan btw ane perbulanya cuma habiis 60rb'an gan pemakaian sama yg istriane terapin dari share di atas cuma pas masak nasi istri ane klo masak nasi pake kompor klo udh mateng baru di masukin magicom. Trus tv slalu pakai timer maklum dulu2 sering tv nyala sampai pagi karena ketiduran, lampu klo malem cuma nyala kamar sama luar rumah lainya mati.
1 tips dari ane pake setrika yg pake arang itu di jamin lebih ngirit listrik gan. Cuma klo mau pake musti bkar arang dulu
wk...nice gan cara masak nasinya.... tapi kalo nyetrika ane saranin saat dijemur pakai hanger gan... baju ngak perlu disetrika kalo distrikapun ngak terlalu kusut gan
Quote:Original Posted By WINCOR.NIXDORF â–º
Iya gan, ane juga punya PC di rumah ane yg udah berumur 1 thn 3 bulan, dengan spesifikasi yg lumayan buat gaming. Ane mengkondisikan PC ane agar bisa menghemat listrik. Untuk PSU ane juga pake yg bukan abal2. So, ane pny tips sendiri buat menghemat:
- Monitor : ane pake 24 LED, dikondisikan agar menggunakan auto-brightness, eco, auto-dim, dsb. Hasilnya power yg digunakan berkisar 20-30% dari 75W konsumsi maksimal. Ada indikatornya, jadi ane tau seberapa daya yg dipake.
- CPU/Prosesor : ane kondisikan agar penggunaan clock prosesor sebesar 0% (low) sampai 100% (high) untuk gaming, tentunya clock prosesor berubah2 sesuai beban pekerjaan prosesor. Untuk browsing, ngetik, dll ane atur 0% - 25%.
Ane pake Core i5-3570K, kisaran clock CPU untuk pekerjaan non-gaming hanya maksimal 1800MHz.
- GPU/VGA Card : Walaupun udah ada VGA terintegrasi yaitu Intel HD 4000 dari Prosesor i5, tp ane pasang VGA tambahan buat gaming yaitu AMD Radeon HD7770. Kenapa kok pake HD7770? karena pada waktu ane mau rakit CPU (1 thn lebih yg lalu), ane banding2kan performance/watt untuk tiap2 vendor GPU, ane cek di hwcompare.com. Jadi untuk kinerja yg mumpuni di kelasnya namun dengan daya yg lebih sedikit jd ane tertarik ke HD7770 waktu itu.
Bukan cuma itu aja usaha hemat ane. Selanjutnya ane memberdayakan fitur VirtuMVP di mainboard (agan bisa dicek di google untuk info lebih lanjut). Dengan VirtuMVP ini ane bisa menentukan sendiri GPU mana yg dipake untuk tiap2 aplikasi, apakah menggunakan grafis onboard (intel) ataukah grafis addon (Radeon). Tentunya kabel monitor ane colok ke onboard (intel) agar penggunaan biasa tetap menggunakan grafis onboard, dengan seperti itu VGA card ane tetep adem bahkan kipas/fan pun berputar lambat bahkan sampai berhenti. Jika saatnya untuk gaming, VGA card ane siap bekerja.
Hasilnya ane cukup membayar tagihan tambahan 15-20ribuan/bulan. Dengan kondisi PC ane nyala tiap hari selama 4-8 jam.

nice gan.... ane taro didepan ya
Quote:Original Posted By mimingboo â–º
gan itu dispenser jam2 tertentu otomatis dimatiin ya?
kata tukang instalasi listrik klo dispenser idup - mati gitu malah makan listrik lebih banyak dibanding on trus
mana yg bener ya?
ane pake listrik per bulan bisa 300an lebih ( listrik 1300 pra bayar )
pengen biar lebih hemat lagi
hmmm... ane blm ada data akurat kalo soal yang ini dispenser ane mati selama 10 jam-an pada saat malam hari gan.... sistem kerja dispenser adalah pada saat suhu air turun dispenser akan hidup untuk memanaskan air... kalo ane perhatikan kurang lebih setiap 1 jam

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/5179de136112436e25000011

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger