Home » » Hati-Hati Bagi Agan yang Gusinya Suka Berdarah

Hati-Hati Bagi Agan yang Gusinya Suka Berdarah

Alo agan2 and sista, ini share pengalaman ane ya.
Quote:Berhubung kemarin mendapati gusi sering berdarah, akhirnya, setelah browsing penyebabnya, ternyata ada hal yang perlu diwaspadai. Yakni penyakit Periodontal, penyakit yang menyebabkan gigi goyah, dan seringkali dianggap wajar seiring dengan bertambahnya usia. Jika dibiarkan, gigi dapat hilang satu persatu, sekalipun tidak mengalami sakit gigi / gigi berlubang / karies. Yang membuat waspada, penyakit ini tidak menimbulkan sakit gigi, dan tanda yang sangat samar, bahkan pada gigi yang disangka sehat sekalipun. Akhirnya setelah browsing, dan mencari tahu penyakit tersebut, sekarang, saatnya sharing. semoga bermanfaat

Apa itu penyakit periodontal?
Spoilerfor Apa itu:
periodontal secara harfiah berarti "sekitar gigi", penyakit periodontal mengacu pada infeksi bakteri kronis pada gusi dan tulang pendukung gigi. hal ini dapat mempengaruhi satu atau beberapa gigi dan jika tidak diobati, dapat menyebabkan kehilangan gigi. Bentuk yang paling umum dari penyakit periodontal termasuk gingivitis dan periodontitis. Pada tahap awal , hanya gusi yang terinfeksi (gingivitis). Kemudian, menyebar ke tulang sekitar gigi dan jaringan pendukung lainnya. akhirnya gigi menjadi longgar dan rontok. penyakit periodontal dapat terjadi pada segala usia.



Gejala
Spoilerfor gejala:
Periodontitis pada awalnya tidak menyakitkan penderitanya, namun pada tahap lanjut bisa membuat gigi-gigi mudah lepas. Infeksi bakteri menggerus tulang tempat berpijak gigi dan melemahkan perlekatannya. Selain karies gigi, periodontitis adalah penyebab umum kehilangan gigi pada orang dewasa. Penyakit periodontal merupakan salah satu penyakit yang sangat meluas dalam kehidupan manusia, sehingga kebanyakan masyarakat menerima keadaan ini sebagai sesuatu yang tidak terhindari. Namun studi etiologi, pencegahan dan perawatan penyakit periodontal menunjukkan bahwa penyakit ini dapat dicegah.

Periodontitis memiliki gejala yang sangat sedikit sehingga banyak pasien yang baru berobat setelah penyakit itu berkembang secara signifikan. Gejala yang dapat timbul antara lain:

  • Gusi memerah atau berdarah saat menyikat gigi atau menggigit makanan keras (jambu biji, misalnya)
  • Gusi sering membengkak
  • Halitosis atau bau mulut, dan rasa getir terus-menerus dalam mulut
  • Resesi gingiva, sehingga gigi tampak memanjang. (Ini juga dapat disebabkan karena menyikat gigi terlalu keras atau menggunakan sikat gigi terlalu kaku)
  • Lubang dalam di antara gigi dan gusi
  • Gigi longgar, pada tahap lanjut (meskipun hal ini mungkin terjadi karena alasan lain)


Apa penyebab penyakit periodontal ?
Spoilerfor Sebab:
Penyebab utama penyakit periodontal adalah plak bakteri. Mulut kita penuh dengan bakteri, ada yang menguntungkan dan ada yabg merugikan. Bakteri ini bereaksi dengan makanan /sisa makanan dan air liur, jika tidak dibersihkan secara menyeluruh dan dalam tempo waktu terus-menerus akan membentuk senyawa lengket pada gigi / plak. Menyikat gigi dan flossing membantu mencegah akumulasi plak. Plak yang tidak dihapus bisa mengeras dan membentuk penampungan penampungan / kantong bakteri bersamaan dengan menebalnya kalkulus atau "tartar" dari waktu ke waktu. kalkulus tidak dapat dihapus dengan menyikat gigi biasa, hanya pembersihan profesional oleh dokter gigi yang bisa menghilangkan kalkulus tersebut.


plak dan kalkulus pada gigi / biasa disebut karang gigi


Tahapan penyakit periodontal
Spoilerfor Tahapan:
Radang gusi (Gingivitis)
Semakin lama plak dan kalkulus tinggal pada gigi, hal yang lebih berbahaya dapat terjadi. Plak bakteri menyebabkan peradangan pada gusi atau biasa disebut "gingivitis". Gusi menjadi merah dan bengkak serta mudah berdarah. Gingivitis adalah bentuk ringan dari penyakit periodontal, biasanya dapat disembuhkan atau dicegah dengan menyikat gigi dan flossing setiap hari , dan perawatan / scaling oleh dokter gigi atau ahli kesehatan gigi .


gambar gingivitis pada gigi yang terlihat sehat

Periodontitis
Jika gingivitis tidak diobati, dapat berkembang menjadi "periodontitis". Gusi mulai menarik diri dari gigi yang dipenuhi dengan plak dan menjadi terinfeksi. sebagian plak menyebar dan tumbuh di bawah garis gusi, tempat di mana terdapat sistem kekebalan tubuh melawan bakteri. Perang antara bakteri dan sistem imun menghasilkan racun, jika bereaksi dengan enzim tubuh ketika melawan infeksi bakteri tersebut bisa menyebabkan pecahnya tulang dan jaringan ikat tempat gigi bersarang. jika tidak diobati , tulang , gusi dan jaringan ikat yang hancur, akhirnya menyebabkan gigi longgar dan akhirnya lepas dengan sendirinya.


Bone loss periodontal-disease

gambar tulang tempat akar gigi yang telah menyusut karena penyakit peridontitis


Faktor lain yang bisa meningkatkan resiko periodontitis

Spoilerfor Resiko Tinggi:
  • Merokok / penggunaan tembakau . merokok adalah salah satu faktor risiko paling signifikan yang berkaitan dengan perkembangan periodontitis . selain itu , merokok dapat menurunkan tingkat keberhasilan pada pengobatan periodontitis.
  • Perubahan hormon pada anak perempuan / wanita . perubahan ini dapat membuat gusi lebih sensitif dan membuatnya gingivitis lebih mudah berkembang.
  • Diabetes . orang dengan diabetes berada pada risiko tinggi berkembangnya berbagai macam penyakit, salah satunya adalah periodontitis.
  • Obat-obatan . beberapa obat oral : seperti antidepresan dan sebagian obat jantung, kesehatan mulut, dapat mempengaruhi kelembaban mulut dikarenakan mengurangi aliran air liur . ( saliva memiliki efek protektif pada gigi dan gusi . )
  • Penyakit. penyakit seperti kanker atau aids dan perawatan penyakit lain dapat juga mempengaruhi kesehatan gusi .
  • Kerentanan genetik . beberapa orang lebih rentan terhadap penyakit periodontal parah daripada yang lain
.

Bagaimana penyakit periodontal diobati?
Spoilerfor Pengobatan: Hal utama yang dilakukan untu perawatan periodontal adalah memeriksa infeksi gusi , mencegah perkembangan penyakit dan mengembalikan kesehatan mulut yang baik. Hal ini tergantung pada tingkat penyakit gusi, jenis pengobatan dan jumlah kunjungan akan bervariasi pada setiap pasien. pengobatan penyakit periodontal bisa dengan sederhana dikategorikan menjadi terapi non - bedah dan bedah. Terlepas dari hasil pengobatan, penting bagi pasien untuk menjaga kebersihan mulut yang baik. Di samping itu, berhenti menggunakan tembakau atau merokok, sangat disarankan sebagai cara untuk meningkatkan hasil pengobatan .

Scaling dan Root Planing ( perawatan non-bedah )
Dokter gigi, atau dalam hal ini periodontist, menghapus plak melalui metode deep-cleaning disebut scaling dan root planing. Scaling berarti menggesekan alat pembersih tartar dari atas dan bawah garis gusi. Root planing melibatkan menggunakan instrumen khusus untuk menghilangkan deposit kalkulus tangguh dan bakteri di sepanjang permukaan akar gigi, dalam hal ini lokal anestesi diperlukan untuk menghilangkan sakit. setelah root planing, gigi anda akan mengalami sensitivitas sementara untuk makanan / minuman dingin. Sementara gusi terinfeksi akan menyembuhkan diri dari waktu ke waktu dan akan mengekspos sedikit bagian dari permukaan akar atas gigi. Selama hal ini terjadi, anda dapat menggunakan pasta gigi atau gel / bilasan untuk gigi sensitif .

scaling dan root planning, menggunakan laser.



Bedah gusi ( perawatan bedah )
Jika kantong bakteri radang gusi periodontal tidak dapat diobati dengan deep cleansing, periodontist dapat melakukan operasi gusi untuk menghilangkan kantong tartarin atau mengurangi kantung periodontal dan membuatnya lebih mudah bagi anda, dokter gigi dan ahli kesehatan untuk menjaga kebersihan gusi. Tergantung pada gusi kasus individu selama operasi, periodontist anda mungkin akan menyarankan cangkok tulang atau bahan tissure atau bahan khusus untuk mengganti atau mendorong pertumbuhan tulang dan jaringan gusi yang telah dihancurkan oleh periodontitis.

pengobatan periodontitis dan cangkok tulang penyangga gigi. awas DP!
Spoilerfor PengobatanDP:



Perawatan pasca pengobatan

Pengecekan berkala perlu dilakukan, selama interval 3-8 bulan tergantung pada bagaiman anda menjaga kebersihan gigi. Jika masih ditemukan kantung bakteri/plak, maka dapat segera ditangani. Perlu diingat, tanpa perawatan yang serius, penyakit ini dapat kembali.

Apa yang harus dilakukan untuk mencegah penyakit periodontal?

Spoilerfor Pencegahan:
  • flossing / membersikan gigi dengan benang khusus
  • menyikat gigi secara teratur, minimal 2x sehari, dan harus menyertakan sebagian gusi untuk dibersihkan.
  • sikat khusus untuk membersihkan daerah yang tidak bisa dijangkau sikat gigi
  • pembersihan profesional oleh dokter gigi minimal 6 bulan sekalli
  • jika anda merokok, dokter gigi anda mungkin menyarankan anda untuk berhenti merokok.


ingat gusi dan tulang yang mendukung semua akar gigi anda di tempatnya. senyum yang indah dimulai dengan gusi yang sehat!


Disease-free Gums

terakhir, mengunjungi dokter gigi ternyata tidak menakutkan. dan tidak terlalu mahal pula untuk membersihkan kalkulus/karang gigi. seingat saya sekitar 50ribu rupiah dan saya kira hal ini cukup membantu untuk menjaga gigi selalu sehat.

update gan,
ni buat ngerawat gigi agan, cara ngefloss gigi,
Spoilerfor how to floss:


pertama x ane ngefloss gigi, keluar darah, tapi setelah itu udah ga berdarah lagi. tandanya gusi dah sehat. termasuk juga, pas gusi ane yang berdarah itu sembuh, and nyusut bengkaknya, baru ketahuan ada gigi yang kropos di bawah gusi (selama ini tersembunyi). so hati2 gan


Spoilerfor tambahan dari sista fifiningrat: Faktor lain yg bisa meningkatkan resiko periodontitis:
- hipertensi : berkaitan dgn penggunaan obat2an anti-koagulan dan obat2an hipertensi yg bs membawa efek pada jaringam periodonsium..
- obat2an antibiotik : penggunaan antibiotik yg berkepanjangan bs menimbulkan efek yg serius tdk hanya pada gigi namun juga pada jaringan periodonsium..
- down syndrome/retardasi mental : pengaruhnya ke hormon yg tdk teratur yg berakibat pada jaringan periodonsium..

Pengobatan penyakit periodontal selain dijabarkan TS, ada juga teknik splinting by wire utk memfiksasi gigi yg goyang agar penulangan terbentuk kembali..

Pencegahan penyakit periodontal:
- makan 4 sehat 5 sempurna dgn nutrisi yg bergizi
- selain scalling, lakukan pemeriksaan gigi dan mulut tiap 6 bulan
- tdk mengkonsumsi alkohol/minuman bersoda
- membatasi minuman manis utk menghindari resiko diabetes
- rajin olahraga biar peredaran darah di gigi juga ikutan lancar
- kalau menyikat gigi memang cukup 2x sehari kok, waktunya pagi stlh sarapan dan malam sblm tidur, kalau menyikat gigi lbh dari 2x sehari malah abrasif pada gigi, trus metode hrs baik dan benar, arahnya gusi ke gigi, menyikat gigi durasi 3menitan cukup..


(ember)

alhamdulillah, kaget pas nengok thread udah page 9 aja, tau2 HT .
thanks buat mimin/momod, and kaskuser sekalian, ane jawabin atu2 ntar kalo ga kewalahan jawab hehe, bdw ane bukan dentist lo gan, dokter aja kagak , cuma numpang share aja biar ga ngalami kek ane n hati2 buat ngejaga giginya biar sehat mpe tua.
Spoilerfor HT:



jika bermanfaat jangan lupa rate 5 / ,

FAQ
Spoilerfor komen:
Quote:Original Posted By deddycakep â–º
Masa bersihin karang gigi aja cmn 50rb gan?
Ane aja cabut gigi pengganggu aja 800rb.
Wkwk

tergantung daerah sih, daerah malang dan sekitarnya masih segitu. kalo operasi emang mahal gan. 800rb mungkin standar , moga2 gigi ane ga sampe ada yang dicabut

Quote:Original Posted By otaqantiq â–º
waduh, jd ngeri gan..
gusi ane sk brdrah soalnya..
mana udah ada yg copot..
flooshing itu pke apa sih gan?

itu ane kasih preview gan, flosing itu ngebersihin gigi pake benang khusus buat gigi. beli di apotik banyak.

Quote:Original Posted By mynamekokoroko â–º
ane juga lagi kena ini, kadang-kadang kalo ngeludah, air ludah nya kecampur sama darah,
padahal gigi gak terasa sakit

sama kek ane gan, ane juga ga ada rasa sakit kok, cuma karang gigi aja. karang gigi itu stadium paling awal, sebelum gusi berdarah, gingivitis, peridontiti. cek ke dokter gan.

Quote:Original Posted By BorsBorsBors â–º
harus rajin sikat gigi yah berarti gan??

selain sikat gigi, harus biasain flossing gan

Quote:Original Posted By genksu â–º
serem gan.. kalo sering sariawan sama juga ya gan ?

beda gan, sariawan ma ini.

Quote:Original Posted By two.knives â–º
dulu ane sering banget berdarah gusinya,
tapi sekarang udah nggak lagi

terobati dengan sendirinya

congrats gan, jangan lupa dirawat ya

Quote:Original Posted By sidoeng â–º
wah gejalanya mirip sama yang ane rasain sekarang
kira biaya scaling berapa ya gan? bales plis. Mau periksa tp takut mahal (kantong mahasiswa)

50k gan, ato klo kampus nt ada klinik giginya, biasanya ada diskon buat mahasiswa. GL gan

Quote:Original Posted By cheesecake04 â–º
ini TS nya dokter gigi atau mahasiswa FKG ya? jarang2 bgt ada yg buat kyk begini..

dari pengalaman koas ane, byk bgt pasien yg periodontitis sampe giginya jd goyang, kalo uda goyang ribet deh...


nice thread TS, rate 5

wehehe, ada dentist mampir , bukan gan, ane cuma share info aja. thanks dah mampir + kasih rating . sukses buat Coas nya. kebanyakan emang pada ga tau masalah ini. klo dah mulai goyah, alamat ompong

Quote:Original Posted By VoiceOFAngeL â–º
ternyata merokok dapat menyebabkan resiko periodontitis juga .. kok di iklan nya ga ada ya



"merokok dapat menyebabkan kangker , serangan jantung , impotensi dan gangguan kehamilan dan janin + preiodontitis "



Quote:Original Posted By surogu â–º
lumayan murah untuk perawatannya, nggak kebayang kalo sampe keliatan akar giginya

iya gan, ngeri klo mpe ancur tulang penyangga giginya


Quote:Original Posted By Madhina â–º
Sakit gigi emang ngeri gan. Biaya pengobatannya juga mahal

sep gan, sehat itu emang mahal , palagi sakit, lebih mahal

Quote:Original Posted By alaid â–º
pntsn aj d anjurkan utk periksa ke dokter gigi stiap 6 bln skli trnyta pnykt d daerh mlut khususny gigi, bsa sgt membhyakn

betul gan, plak itu kadang2 masih tetep tumbuh, sekalipun rajin ngebersihin gigi

Quote:Original Posted By TobiAntiBata â–º
nah ini gw bgt
gigi ane mulai lepas 1 per 1 dan lepasnya itu sedikit2

ngeri gan

Quote:Original Posted By penjual.kodok â–º
iya gan and kmrn bersihkan karang Gigi abis 85rb+obatnya

sep, ada yang konfirmasi harga scaling , thanks infonya gan

Quote:Original Posted By bing.karuang â–º
Ane salut ama temen ane yg jadi dokter gigi.
Ane yg liat gambar2 dari agan aja udah rada mual, mental temen ane bener2 kuat yak

lihat2 di youtube, operasi gigi bikin ngeri2 sedap
salut emang buat para dokter

Quote:Original Posted By kingstons â–º
ane pernah ngalami gan, gusi sering berdarah. Apalagi pas waktu gosok gigi, ternyata lembut tidaknya sikat gigi pengaruh gan. Langsung ganti yg lebih lembut lebih halus untuk ngurangi resiko gusi berdarah

sikat gigi terlalu keras kadang membuat gusi berdarah, klo lebih yakinnya gusi masih sehat ato ga, cek dengan flossing gan, makin dalem ke akar gigi, klo ga ada darah keluar, berarti gusi sehat, jadi ati2 aja buat nyikat, jangan terlalu keras.

Quote:Original Posted By fifiningrat â–º
ane mau nambahin penjelasan nih gan..

Periodontal sendiri artinya sekitar gigi, nah di sekitar gigi ada jaringan keras dan jaringan lunak, yg jaringan lunak yg namanya jaringan periodonsium

isinya ane pasang di posting, by ts

nah segitu dulu tambahan ane, thanks gan..

oiya TS-nya dokter gigi bukan?


thanks alot sista , ane kaskuser sist bukan dokter


info penting
Quote:Original Posted By Terafinne â–º
ini gan, bagi yang mau scaling atau konsultasi gigi gratis, program pepsodent ini hanya diadakan 1tahun sekali

https://m.facebook.com/notes/pepsode...37509036279227

semoga bisa membantu

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/522e08c11bcb17df18000005

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger