Home » » Mengenal Bisma, Prajurit Paling Tangguh dalam Baratayudha

Mengenal Bisma, Prajurit Paling Tangguh dalam Baratayudha


Thanks to all, karena thread ini diangkat menjadi HOT THREAD (8 September 2013)

-Salam Mitologi-


Selamat datang di thread Baccu. Tolong hargai thread ini dengan postingan-postingan berkualitas dan rates.

Thread ini saya ketik dengan gabungan dari berbagai referensi. Apabila kalian menemukan beberapa kisah yang terasa seperti penggabungan, harap maklum. Karena thread ini saya posting untuk mengenalkan tokoh wayang yang dianggap "kuno" dengan gaya bahasa saya sendiri.

Untuk segenap kaskuser yang ingin mengetahui secara detail kisah pewayangan, silahkan berkunjung ke forum Budaya
Get ready!

Quote:Quote:Bisma

Quote:

Quote:Name: Dewabrata
Another Name: Bisma (Indonesia), Bhisma (English), Bhishma Pitamah(Sansekerta)
Job: Master, Warrior, Strategist
Parents: Maharaja Santanu dan Dewi Gangga
Pasangan: Tidak Ada
Kediaman: Kurukshetra

Bisma adalah salah satu tokoh penting dalam kisah epik Mahabharata. Dia adalah putera seorang Maharaja yang bernama Santanu dengan seorang Dewi yang bernama Gangga. Awalnya dia bernama Dewabrata. Namun karena sebuah sumpah, dia berganti nama menjadi Bisma. Rsi Bisma (Guru Bisma) adalah kakek dari Pandawa maupun Kurawa. Dia gugur dalam pertempuran agung di Kurukshetra. Dalam bahasa Sansekerta, Bhishma berarti "dia yang sumpahnya dahsyat".




Quote:Origins

Kisah diawali dari Delapan Wasu beserta istri mereka pergi mengunjungi Rsi Wasistha. Salah satu dari istri mereka tertarik dengan lembu (kerbau) sakti Wasistha yang bernama Kamadhenu. Sang istri meminta kepada suaminya yang bernama Prabhata untuk mencuri lembu tersebut. Dibantu oleh ketujuh Wasu lain, mereka berhasil mencuri Kamadhenu. Hal ini diketahui oleh Wasistha yang kemudian mengutuk mereka agar mereka turun ke bumi dalam wujud manusia.

Mereka memohon agar kutukan mereka diringankan. Wasistha mengabulkannya bahwa mereka akan segera terbebas dari bentuk manusia ketika terlahir. Bagaimanapun juga, Prabhata adalah dalang dari pencurian tersebut. Dia akan hidup lebih lama dalam wujud manusianya kelak. Namun Wasistha masih berbelas kasihan. Dia berjanji bahwa nantinya, Prabhata akan menjadi orang termasyur di zamannya.

Akhirnya kutukan tersebut terjadi. Delapan Wasu turun ke bumi dan akan terlahir sebagai manusia. Dalam perjalanan, mereka bertemu Dewi Gangga yang juga dalam perjalanan ke bumi dalam misi untuk menjadi istri seorang Maharaja yang bernama Santanu. Mereka membuat sebuah kesepakatan bahwa nantinya, Delapan Wasu akan terlahir dari rahim Gangga.




Quote:Birth of Dewabrata

Suatu hari Santanu melihat seorang wanita cantik di dekat Sungai Gangga. Dia adalah Dewi Gangga dalam wujud manusia. Santanu meminta Gangga untuk menikah dengannya. Sang Dewi menerimanya namun dengan satu syarat bahwa Santanu tidak boleh mempertanyakan semua perbuatan yang dilakukan Gangga. Sebaliknya, jika Santanu melanggar janji, maka Gangga akan meninggalkannya. Santanu pun menyanggupinya.

Mereka menikah dan memiliki delapan orang anak. Setiap bayi yang dilahirkan, Gangga selalu membawanya ke Sungai Gangga, dan ditenggelamkan hingga anak yang ketujuh. Melihat hal tersebut, Santanu merasa stres dan memprotes istrinya. Padahal, anak ke-8 yang diberinama Dewabrata adalah jelmaan dari Prabhata (salah satu anggota Wasu). Gangga pun tidak berniat untuk menenggelamkan Dewabrata demi memenuhi kutukan Wasistha.

Bagaimanapun juga, Santanu telah melanggar janji kepada Gangga. Gangga akhirnya pergi dengan membawa Dewabrata. Namun Gangga berjanji bahwa dia akan mengembalikan Dewabrata jika sudah dewasa kelak.Semasa kecilnya, Dewabrata belajar ilmu politik kepada Brihaspati dan Sukra. Kemudian kepada Rsi Wasistha, dia belajar kerohanian dan Weda. Dewabrata juga mempelajari ilmu spiritual kepada Rsi Markandeya. Dengan bujukan Dewi Gangga, Dewabrata belajar kepada Parasurama ilmu tentang militer, bela diri serta penggunaan senjata. Pernah terjadi sebuah peristiwa dimana Parasurama didorong hingga terjatuh oleh Dewabrata. Karena kesal, Parasurama akhirnya mengusirnya dan bersumpah bahwa dia tidak akan pernah menerima murid dari kasta Ksatria.




Quote:The Terrible Oath

Setelah 36 terpisah, Santanu tanpa disengaja menemukan putranya di hilir Sungai Gangga. Gangga menyerahkan anak mereka kepada Santanu dan memberitahukan bahwa dia bernama Dewabrata. Dewabrata tampil sebagai pangeran yang gagah dengan kemampuan militer dan persenjataan yang luar biasa. Santanu sangat bangga dan berniat menjadikannya sebagai pewaris kerajaan.

Karena merasa kesepian, Santanu berniat untuk mencari istri lagi. Dia menemukan seorang gadis bernama Satyawati, puteri seorang nelayan. Dia melamar Satyawati namun ditolak oleh ayahnya. Karena dia tahu bahwa kelak, anak-anak dari Satyawati tidak akan pernah mewarisi hak kerajaan. Mendengar hal ini, Dewabrata berjanji bahwa dia akan memberikan tahta kerajaan kepada anak-anak Satyawati kelak. Namun ayah Satywati tetap menolak dengan alasan bahwa suatu saat nanti, keturunan dari Dewabrata akan merebut kembali tahta. Demi cinta terhadap sang ayah, Dewabrata mengucapkan sumpah bahwa dia tidak akan pernah menikah. Dengan begitu, dia tidak memiliki keturunan yang akan berebut tahta kerajaan.

Mendengar hal tersebut, para dewa kagum. Santanu begitu terharu hingga memberikan anugerah Sweccha Mrityu, yang membuatnya dekat kepada Dewa Waktu sehingga dia bisa memilih waktu kematiannya sendiri. Karena sumpah inilah, Dewabrata kemdudian dipanggil Bisma.

Santanu akhirnya menikahi Satyawati. Sementara itu, Santanu menuai kritik dari kerajaan mengenai pelepasan gelar pangeran dari Bisma. Para Guru memandang bahwa Bisma adalah orang yang paling cocok untuk mewarisi kerajaan. Namun Bisma menerangkan bahwa hal tersebut adalah keinginannya sendiri, bukan karena paksaan. Bahkan Santanu tidak menjanjikan apapun kepada ayah Satyawati. Para Guru mencemaskan apabila nantinya, anak-anak Satyawati bukanlah orang yang cocok untuk memimpin kerajaan. Mendengar hal ini, Bisma mengucapkan sumpah lain bahwa siapapun yang duduk di atas tahta raja, dia akan selalu melihat bayang-bayang ayahnya dan akan selalu patuh terhadapnya.




Quote:The Lovers For Brothers

Bisma memiliki 2 adik tiri yang bernama Citranggada dan Wicitrawirya. Namun Citranggada meninggal terlebih dahulu saat masih anak-anak. Secara otomatis, Wicitrawirya mewarisi tahta. Ketika sudah beranjak dewasa, demi kebahagiaan adiknya, Bisma pergi ke Kerajaan Kashi dimana dia merebut hadiah berupa 3 orang putri dan menantang para peserta sayembara. Semuanya berhasil dikalahkan dan Bisma pulang dengan membawa 3 orang putri Kerajaan Kashi yang bernama Amba, Ambalika dan Ambika. Amba dan Ambalika menikah dengan Wicitrawirya. Sementara Amba, saat itu sedang menjalin hubungan dengan Salya dari Kerajaan Saubala. Amba menceritakan semuanya kepada Bisma. Karena merasa kasihan, Bisma mengantarkannya kepada Salya di Kerajaan Saubala.

Tetapi Salya malah mencampakkan Amba karena sebelumnya dia telah kalah melawan Bisma dalam sayembara. Amba kembali kepada Bisma dan meminta untuk menikahinya. Karena tidak mau melanggar sumpah, Bisma menolak permintaan Amba. Karena merasa dilecehkan, Amba bersumpah bahwa dia akan membunuh Bisma. Dia kemudian pergi mencari orang yang mau membunuh Bisma. Tapi tidak ada seorangpun yang berani menantang Bisma. Akhirnya Amba meminta perlindungan kepada Parasurama. Parasurama yang pernah menjadi guru Bisma, menyuruhnya untuk menikahi Amba. Namun Bisma menolaknya karena sumpah yang pernah diucapkannya. Mendengar penolakan tersebut, Parasurama menantang Bisma untuk berduel di Kurukshetra.




Monggo dilanjut kang

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/512424fa532acf3355000008

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger