Home » » Wah Jam Masuk Sekolah di Indonesia Paling Pagi di Dunia

Wah Jam Masuk Sekolah di Indonesia Paling Pagi di Dunia

Siapa yang besok sekolah? ane baru dapat berita nih bahwa ternyata di Indonesia jam masuk sekolahnya itu paling pagi di dunia, baca deh

Quote:Jam mulai belajar, khususnya di DKI Jakarta, dinilai sebagai jam masuk sekolah terpagi di dunia. Di Indonesia para siswa diwajibkan untuk masuk sekolah pukul 06.30 WIB.
Penilaian itu merupakan identifikasi hasil kajian evaluasi satu tahun pendidikan DKI Jakarta di bawah pemerintahan Jokowi-Ahok, yang disampaikan oleh Koordinator Tim Kajian Forum Musyawarah Guru Jakarta (FMGJ) Retno Listyarti, di Jakarta, Kamis (17/10/2013).

Retno mengatakan, FMGJ dan banyak pihak sudah memberikan masukan namun belum direspons. Bahwa masuk sekolah terlalu pagi melanggar hak-hak anak dan telah meningkatkan penyakit pencernaan di kalangan siswa. Jam belajar yang bisa terlalu pagi menurutnya, bisa mengubah pola makan dan waktu makan karena kebanyakan siswa tidak sempat sarapan.

"Kebijakan pendidikan seharusnya mempertimbangkan kepentingan peserta didik, bukan mengorbankannya," ujarnya di Gedung Yayasan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Indonesia, Menteng, Jakarta Pusat.

Selain itu, Retno juga memaparkan evaluasi bidang pendidikan lainnya yang, yakni belum melayani dan mengayomi stakeholder pendidikan seperti kasus guru Ibu Erida di SMAN 29 Jakarta.

Menurutnya, Ibu Erida pensiun dini karena sakit. Tetapi sudah lebih dari 16 bulan dia belum menerima uang pensiun. Kasus lain, yaitu kasus pemutasian sepihak karena guru memperjuangkan haknya yang dinoljamkan.

"Kasus pemutasian sepihak, karena guru melaporkan pungutan uang di sekolahnya," ucapnya.

Kemudian, masih maraknya tawuran dan kekerasan dalam pendidikan karena tidak adanya sosialisasi Undang-Undang (UU) Nomor 23 Tahun 2012 tentang Perlindungan Anak. Sehingga kekerasan dalam pendidikan terus terjadi.

"Penanganan yang tidak tepat dari aksi tawuran para pelajar DKI Jakarta, tetapi usulan penanganan dari pihak guru, orangtua dan siswa, justru tidak diminta dan ketika diberi usulan cenderung diabaikan," ungkapnya.

Spoilerfor sumber artikel: Sumber: http://kampus.okezone.com/read/2013/...rpagi-di-dunia

Setelah ini, pengennya sih update jam-jam masuk sekolah di Luar Negeri sono sebagai pembandingnya, semoga ada kaskuser yang mau ikut sharing di sini, nanti ane taruh page one

Biasakan komentar dan nya atau sangat diharapkan

Spoilerfor opsi terakhir: Lihat juga Trit-trit ane yang lain yang ane buat


U P D A T E

Spoilerfor Jam masuk di Sekolah Victoria: Sekolah Victoria Melbourne

Sistem sekolah di Melbourne, Victoria dinilai berkelas dunia. Dengan guru yang memiliki kualifikasi universitas dan kurikulum yang komprehensif, sekolah dapat memberikan dorongan dan dukungan kepada pelajar dengan latar belakang bahasa selain Bahasa Inggris.
Tentang sistem sekolah Victoria

Komitmen pemerintah Victoria terhadap pendidikan berkualitas dimulai dari usia muda. Mulai dari sekolah dasar (usia enam sampai dua belas tahun) hingga sekolah menengah (dua belas sampai tujuh belas tahun), sistem sekolah Victoria adalah salah satu yang paling maju di dunia.

Para pelajar masuk sekolah mulai dari jam 8.30 sampai 15.30, hari Senin sampai Jumat. Ada empat term (semester) dalam satu tahun yang dimulai pada akhir Januari dan berakhir pada pertengahan Desember. Ada liburan singkat antar semester dan liburan musim panas yang lebih panjang pada bulan Desember dan Januari.

Kebanyakan sekolah Pemerintah adalah heterogen (ada pelajar perempuan dan laki-laki) tapi tersedia juga beberapa sekolah homogen.

Sumber : http://www.studymelbourne.vic.gov.au...-study/schools

Spoilerfor jam masuk sekolah di berbagai negara: "Rekor Dunia" Jam Masuk Sekolah

Bila Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akhirnya berketetapan memajukan jam masuk sekolah anak-anak menjadi pukul 06.30, hampir bisa dipastikan ini akan mempertajam ”rekor dunia” jam masuk sekolah terpagi. Jam masuk sekolah saat ini pun sudah termasuk yang terpagi di dunia.

Berdasarkan informasi yang berhasil saya himpun dari rekan-rekan Indonesia yang tengah menetap di berbagai negara, jam masuk sekolah anak-anak di sana berkisar pukul pukul 7.30-9.00.

Siswa di Singapura termasuk yang masuk paling pagi, yaitu pukul 7.30. Namun, kemungkinan pemerintah akan memundurkan jam masuk tersebut karena dengan jam masuk saat ini dipandang telah mengakibatkan anak-anak yang tinggal agak jauh dari sekolah terpaksa berangkat terlalu pagi.

Siswa di China masuk pukul 08.00 meskipun terkadang ada pula hari-hari di mana siswa masuk lebih pagi, pukul 7.30, misalnya, karena kegiatan lain, seperti senam atau baris-berbaris.

Di negara lain, seperti Inggris dan Amerika Serikat, jam masuk sekolah bervariasi antara pukul 08.00 dan 09.00 dan kerap dibedakan berdasarkan jenjang pendidikan.

Di Athens, Ohio, misalnya, tempat anak-anak saya sempat bersekolah selama beberapa tahun, siswa SD masuk pukul 09.00 dan pulang pukul 15.00, sementara siswa SMP masuk pukul 7.30 dan pulang pukul 14.00.

Sumber: http://sister.imsa.us/index.php/en/c...-masuk-sekolah


U P D A T E DARI KASKUSER

Quote:Spoilerfor dari kaskuser: Quote:Original Posted By heinousgoonâ–º
coba agan research dulu tentang jam dunia ya.
Tentang pembagian waktu di dunia, berdasarkan garis lintang dan garis bujur.
Kenapa di indo pagi. Soalnya letak geografis kita berada di khatulistiwa dengan jumlah waktu siang lebih lama dibanding dengan australia, eropa dan amerika.
Maka matahari terbitnya lebih dulu.
Jd wajar masuknya pagi.
Masak mau samain eropa sama indonesia. Kesubuhan dong mereka? Atau samain indonesia sama belahan dunia lain. Kesiangan kita gan.
CMIIW
Pageone klo berkenan.

Quote:Original Posted By sandyangga90 â–º
di malang juga ada yang masuk jam 6.30

Quote:Original Posted By pangeranrezky â–º
itumah dijakarta aja kali gan bukan indonesia secara keseluruhan dan tidak ada peraturan dari menteri pendidikan bahwa setiap sekolah di seluruh indonesia harus masuk jam 6.30....

di tempat ane (makassar),rata-rata jam masuk sekolah sekitar 7.30-8.00

Quote:Original Posted By ode92 â–º
didaerah ane jam setengah 8 sampai jam 8 gan

Quote:Original Posted By ngapak1986 â–º
Masuk Pejwan nih TS...!!!
.
Ane sekolah di SMK KARYA TEKNOLOGI JATILAWANG
nih jadwal ane masuk sekolah...

Senen 13.00 WIB
Selasa 06.50 WIB
Rabu 12.30 WIB
Kamis 13.00 WIB
Jumat 12.30 WIB
Sabtu 13.30 WIB

*pulang mah gebug rata ampe jam 5 sore, kadang ada bonus juga dari guru
*Beda kelas, beda jadwal

hohoho.... Ayo, ada yg bisa nandingin...?

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/52613dcfbbf87b523a00000a

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger