Home » » Ngobrolin Nasionalisme Bareng Forum Militer & Kepolisian

Ngobrolin Nasionalisme Bareng Forum Militer & Kepolisian

Salam Merdeka Juragans!


Masuk ke bulan Agustus ga pas kalo ga ngomongin tentang Kemerdekaan Republik Indonesia, dan ngomongin kemerdekaan, pastinya bakal nyenggol soal kemiliteran.

Makanya untuk Ngobras a.k.a Ngobrol Bareng Komunitas kali ini, KASKUS mengundang Forum Militer dan Kepolisian untuk kita gempur. Simak nih obrolan kita sama momodnya. Langsung aja cekidot Gan!







Halo Gan apa kabar?

Baik. Alhamdulillah. Kebetulan ini juga baru balik dari mudik lebaran hihihi... Masih agak jet -lag ya.


Ceritain dong sejarah terbentuknya Forum Militer dan Kepolisian (Formilpol) KASKUS ini? Kapan terbentuknya dan kira-kira ada berapa member yang sering meramaikan forum sekarang?

Soal sejarah dll, waaa.. maap agan, ane juga nubie nih. Baru gabung juga 2009, hihihi.Formil lebih tua dari itu, dan aslinya kan adanya di BP. Kalau soal sejarah tanya saja anggota senior seperti blue_danube the legendary Momod dan yang join datenya diatas saya. Nanti saya tanya tanya juga sama beliau. Kalo Forpol sendiri sih relatif baru memang. Ketika itu Formil dilepas dari BP dan dijadikan Formilpol, ketambahan Subforum Kepolisian. Untuk lebih jelasnya, bisa kontak agan sheva09 dan dsofandi selaku "sesepuh"

Alkisah dulu di BP ada banyak obrolan tentang Militer. Jadinya dibuatlah sub forum baru bernama Formil. Untuk komunitas Formil sendiri baru ada pada waktu 2008, ketika ada Indo Defence 2008, pertama kali kawan kawan berkumpul bersama. Setelah itu, dibentuklah komunitas Formil diluar dunia maya.

Untuk anggota aktif saya juga ndak apal. Tapi dari Grup Whats App Formil aja udah ada 32 orang member. Untuk Gathering Reg SBY aja sendiri sekali kumpul bisa antara 8-15 orang sih.

Formil

Denger-denger beberapa member Formilpol yang suka nimbrung memang anggota aktif dari TNI dan POLRI ya, bahkan gosipnya ada juga yang intel?


Formilpol kan isinya kan penggemar kemiliteran dan kepolisian, jadi siapa saja boleh gabung. Ada sih beberapa yang Anggota Militer aktif, tapi sepengetahuan saya juga hanya sedikit. Sebagian besar isinya ya dari bermacam kalangan. Sampe-sampe kejadian ada guru dan murid yang ternyata dua duanya anggota formil.

Intel? Wooo.. saya ndak ikut ikut dah kalo soal itu


Anoa 2009

Topik apa sih yang umumnya sering atau seru dibahas di Formilpol ini?

Biasa yang dibahas itu soal teknologi militer, itu yang utama. Ada juga tentang perkembangan militer Indonesia, sejarah kemiliteran dunia, dan juga berita berita militer terkini (yang dibawakan dengan baik oleh agan Kenyot dan seribu klonengannya) selain itu sesekali ada juga trit hiburan seperti joke militer dan sebagainya.

Kepolisian intinya sih sama. Hanya ada ketambahan info info penting buat warga juga. Misal seputar tilang, seputar hukum polisi. Ya ini bagus sih, karena Polisi kan berinteraksi dengan warga. Dan di Forpol sendiri banyak kawan kawan yang jadi berani bertanya soal hal-hal begini, dan kebetulan juga pengasuhnya anggota anggota kepolisian.


Mustang 2009

Menurut kabar, Indonesia mau nerapin wajib militer (wamil), nah gimana nih pendapat temen-temen Formilpol tentang wamil ini?

Kalo dari diskusi diskusi sih kami beranggapan ada baiknya Militer Indonesia dulu dibuat profesional, dengan persenjataan yang lengkap dan kesejahteraan yang baik. Baru setelah itu kita mikir wamil. Kalau kita lihat negara-negara di dunia yang menerapkan wamil, militer asli mereka juga sudah profesional tuh Senjata juga lengkap dan industri militer dalam negerinya juga canggih.

Contohnya Swiss, Singapura. Kalo cuma wamil saja tanpa perencanaan yang baik, yaa nggak akan optimal. Seandainya tujuan cuma untuk meningkatkan nasionalisme rakyat Indonesia, mending galakkan saja Pramuka, PMR, PKS (Patroli Keamanan Sekolah) sama Paskibra.


Satria Mandala 2009


Tema KASKUS bulan ini adalah Merah Darahku Fitri Hatiku, jadi kita mau ngomongin tentang nasionalisme nih. Menurut Agan, apa pentingnya anak muda memiliki jiwa nasionalisme?


Hmmm... Nasionalisme? Memang jaman udah beda ya dulu sama sekarang. Kalo jaman dulu kan (jaman saya masih muda... hihihi) namanya PPKN, PMP, Penataran P4 banyak digalakkan sama pemerintah. jadi kesannya dulu itu nasionalisme ada (biarpun korupsi juga jalan terus) Sekarang hal hal itu kan sudah tidak ada dan kurang digalakkan. Malah sekarang ada otonomi daerah, ada keistimewaan di daerah daerah tertentu. Ini bisa jadi melunturkan nasionalisme.

Di kalangan anak muda sendiri nasionalisme itu ada sih, biarpun sering salah kaprah. Misal ada berita Malaysia ngapaiiinnn gitu. langsung pada hujat menghujat di Kaskus, di topix, di FB, di Youtube... Seolah olah kalo bisa menghujat netter tetangga disana udah sangat jago, sudah sangat nasionalis.
Padahal yang dibutuhkan Indonesia kan bukan seperti itu. Kita kadang lupa, yang bikin Indonesia hebat kan bukan hujatan-hujatan itu. Tapi seberapa baik kita bisa membangun bangsa kita. Dulu Malaysia banyak belajar ke Indonesia, karena di kita pendidikan lebih baik, tenaga ahli lebih banyak.

Sekarang? Malah kebalik, di mereka pada jago jago, di kita menurun drastis. hihihi.

Apa sih artinya hujatan hujatan di Internet yang paling satu dua bulan juga udah dilupakan? Ayo lah generasi muda, tunjukkan kalian nasionalis dengan cara yang baik


Pindad 2009

Forum Militer & Kepolisian sendiri sudah gathering akbar berapa kali? Apa aja biasanya aktivitasnya? Kapan rencana gathering terdekat?

Biasanya Formil sih gathering akbar pada saat-saat khusus. Event yang biasa kami datangi misalnya INDODEFENCE, itu bisa jadi Gathering Skala Nasional. Kebetulan juga tiap Indodefence saya ndak bisa hadir, kebetulan selalu ada tugas.

Kalo untuk skala regional sih ngikut aja sama acara di regional itu sendiri. Misalnya kalo untuk Reg Bandung (kebetulan dulu saya reg Bandung), Pas Bandung Air Show kumpul anak anak regional Jakarta dan Bandung dan kedatangan juga beberapa dari regional lain (waktu itu beberapa anak anak Jogja dateng). Untuk Regional Surabaya sendiri waktu Open Day Armatim kami semua berkumpul. Kegiatan yaa, apa ya? kumpul bareng, ngobrol ngalor ngidul, hehehe... kalo Indodefence konon pada ngecengin SPG cantik juga.

Acara acara dimana kami gathering jumlah banyak adalah:
- Indodefense 2008
- Bandung Airshow 2010
- Indodefence 2010
- IDAM 2012

Lalu ada juga acara acara lain tingkat Regional seperti:
- Hari Armada 2012 (Reg SBY)
- Kunjungan ke Pindad dan PT DI 2009 (Reg JKT dan sekitarnya)
- Kunjungan ke Armatim (Reg SBY)
- Kunjungan ke Pindad 2012 (Reg Jabodetabek dan Bandung)
- Kunjungan ke Museum Satria Mandala 2009 (Reg Jabodetabek)

Dan berbagai acara lain yang banyak jumlahnya. Biasanya sih, setiap ada acara gede gedean bertema militer, dan kebetulan kami bisa datang, ya kami datangi, hihihi.

Gath terdekat? Reg SBY Minggu 18 Agustus pada ngumpul koq Makan bakwan bersama. Hihihi...


IDEF 2010


Apa cerita menarik apa yang pernah terjadi di Formilpol?

Kalo diparani intel atau denkarung sih terus terang saya belum. Di Formil sering sih ketemu sama temen-temen lama, ternyata ikutan formil juga. Lalu bisa nambah temen juga di kota-kota lain. Yang unik, biasa kepribadian orang di forum sama di dunia nyata itu beda jauh. Yang di Forum beringas, suka ngeflame dll, aslinya lemah lembut. hihihi...

jadi interaksi dunia nyata model kopdar itu sangat perlu, soalnya suasana begitu bisa cair pas kopdar.

Hari Armada 2012

Sebagai penutup, apa pesan Agan untuk Kaskuser yang selama ini belum pernah mampir di Formilpol?

Apa ya? Mampir aja gan. Memang formilpol sering kedengeran sangar, tapi ya intinya kami baek baek koq Memang banyak korban di banned gara-gara nyampah atau ngiklan, tapi kalo mau diskusi kami sangat welcome tuh. Jangan lupa, baca Rule of Engagement Formil dulu yaaa.

Armatim 2012

Terima kasih ya Gan untuk sharingnya!

Sama sama Gaaan!



Link Forum : Forum Militer dan Kepolisian
Moderator : blue_danube dan MrBhass

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/5215d00d8227cf4d71000008

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger