Home » » Kebiasaan Makan Orang Indonesia yang Dianggap Aneh

Kebiasaan Makan Orang Indonesia yang Dianggap Aneh



Quote:: Alhamdullilah Thread ane jadi HT :
#HT 3


Thank's KASKUS



Quote:Terima kasih buat agan yang baik hati udah kasih ane cendol & abu gosok




Tak bisa dipungkiri jika setiap negara punya pola makan yang berbeda, termasuk di Indonesia. Anda pasti sadar betul kalau orang Indonesia lebih terbiasa makan dengan sendok dan garpu ketimbang sumpit atau garpu dan pisau. Itu hanya salah satu pola makan yang berbeda dari negara lain.

Namun masih ada beberapa pola makan warga Indonesia yang unik dan aneh, mungkin Anda tidak menyadarinya. Apa sih yang membuat pola makan dan kebiasaan makan orang Indonesia berbeda dengan negara lain? Karena perbedaan bahan baku, tradisi dan kebiasaan sehari-hari.

Entah disadari atau tidak, tapi yang jelas anda pasti pernah melakukan pola makan atau kebiasaan makan yang aneh ini. Ada pola makan yang memang janggal jika tidak dilakukan, ada pola makan yang sebenarnya tidak sehat tetapi banyak dilakukan karena alasan enak. Apa ya kira-kira pola makan aneh itu? Penasaran, yuk simak yang berikut!


Quote:1. Makan Ramai-Ramai Rasanya Lebih Enak
Pepatah lama mengatakan "Makan nggak makan yang penting kumpul". Orang Indonesia memang sangat menjunjung tinggi sosialisasi di atas segalanya. Mau makannya hanya nasi, kecap dan tahu tempe, rasanya pasti jauh lebih enak jika dimakan ramai-ramai ketimbang makan ayam goreng sendirian.

Tidak ada yang tahu mengapa fenomena ini terjadi, masih menjadi misteri. Tapi Anda pasti pernah dong menikmati serunya makan ramai-ramai, walaupun suasana bukan di restoran bintang lima, makan nasi goreng di pinggir jalan bersama keluarga dan teman terasa lebih hangat dan berkali-kali lebih enak. Iya kan?

2. Makanan Paling Enak Dimakan Terakhir
Satu hal aneh tentang pola makan di Indonesia adalah kebiasaan menikmati makanan paling enak di akhir. Misalnya saja Anda datang ke pernikahan teman, ada hidangan capcay, nasi goreng, dan ayam lapis. Biasanya, capcay dan nasi goreng dimakan terlebih dahulu, sedangkan ayam lapis dimakan terakhir. Mungkin slogannya adalah save the best for the last.

Bahkan yang lebih aneh, ada lho orang yang makan burger dipisah-pisah. Jadi rotinya dimakan terlebih dulu bersama sayurnya, sedangkan dagingnya dimakan belakangan. Jika ditanya kenapa begitu, jawabannya pasti "Yang enak dimakan terakhir,". Padahal cara makan seperti ini bikin para bule bingung.

3. Apapun Makannya, Lebih Enak Pakai Sambal
Tahukah Anda, para bule selalu heran mengapa orang Indonesia sangat suka makanan pedas dan sambal. Kebiasaan makan sambal ini sudah ada sejak zaman dulu, rasanya semua makanan lebih enak jika dimakan pakai sambal. Selera makan jadi meningkat drastis, tak ada sambal rasanya ada yang kurang. Tidak heran jika berbagai keripik pedas makin banyak penggemarnya.

Selain itu, ada puluhan jenis sambal di Indonesia, mulai dari sambal terasi, sambal bawang, sambal dabu-dabu, sambal cabe ijo dan masih banyak lagi. Bahkan lauk yang sederhana seperti tahu atau tempe goreng akan lebih enak jika dimakan pakai sambal. Apalagi.. jika makan nasi hangat, ikan asin dan sambal pedas. Aduh enaknya..

4. Kalau Belum Makan Nasi Ya Artinya Belum Makan
"Nani, kamu belum makan ya?"
"Sudah, tadi makan roti rasa coklat dua biji,"
"Lho.. itu kan roti, kamu kan belum makan nasi,"
Pernah mengalami kejadian seperti di atas? Bagi orang Indonesia, terutama yang sudah senior, jika belum makan nasi, berarti belum makan. Meskipun Anda sudah makan roti cokelat empat lapis, atau pancake dua porsi, jika belum makan nasi, berarti belum makan.

Pola makan ini disebabkan karena orang Indonesia sangat tergantung pada nasi sebagai makanan pokok. Bahkan ada kepercayaan bahwa jika tidak makan nasi bisa sakit. Padahal tidak juga, nasi bisa diganti dengan mie, roti, jagung, kentang dan sebagainya. Tapi ya.. nasi goreng, nasi Padang, nasi uduk tetap jadi primadona.

5. Mie Instan Dicampur Nasi
Yuhuuu.. kira-kira siapa nih orangnya yang suka makan mie instan dicampur nasi? Mungkin kebiasaan ini hanya terjadi di Indonesia. Mie instan yang enak tidak perlu tambahan apa-apa lagi, dan agar lebih kenyang, tambahkan saja nasi. Kebiasaan seperti ini sering dilakukan anak kos, pegawai yang sibuk, masa-masa akhir bulan atau ibu rumah tangga yang tidak sempat membuat sarapan.

Padahal, pola makan ini sangat tidak sehat. Nasi dan mie instan sama-sama mengandung karbohidrat. Tingginya kalori dan karbohidrat berlebih bisa menaikkan indeks glikemik, sehingga gula dalam darah naik secara berlebih. Hanya makan karbohidrat juga tidak baik, karena tubuh tidak hanya butuh rasa enak, tetapi juga protein, serat, vitamin, mineral dll. sumber: Klik disini

Quote:Hayooo di antara 5 di atas mana yang sering agan lakukan??

Quote:Mampir juga gan di Thread ane yang ini:
Fakta Mengerikan Dibalik Serunya Adegan di Sebuah Film


Quote:

Buat SR big respect udah mau mampir, jangan lupa:



[ Update - Riquest ]

Spoilerfor Update - Riquest: Quote:Original Posted By bronhitisâ–º
makan pakai tangan trus kaki naik sebelah, mulut nya "nyam2" tapi mata nya ke mana2 ga termasuk yag gan hAHAHhahAA

ane bantu yag gan



Spoilerfor ==Yang Nyimak==:
Quote:Original Posted By roterberg â–º
Makan mie campur nasi kayaknya bukan orang Indonesia saja...

Makan yg pedas2 juga bukan cuman orang Indonesia...

eh yg lain juga....

Terus apa yg uniknya di sini?

Yang unik di Indonesia cuman makan nasi pake tangan....

Quote:Original Posted By kolangkaling99 â–º
satu lagi gan, kalo makan kudu pake kerupuk biar lebih enak

Seppp bener banget...

Quote:Original Posted By Paprus â–º
Setuju semua kecuali yg terakhir...



Quote:Original Posted By X13Lver â–º
yg nomer dua ane banget tuhh
tapi ati2 klo makan rame2 biasa ada yg ngintai buat nyabet tuh makanan

Ngintai bisa ajah nh...


Quote:Original Posted By skyadmirer â–º
betul semua tuh gan

kalo yg ini:
2. Makanan Paling Enak Dimakan Terakhir
kadang save for the last malah terlanjut kekenyangan dah
jadinya ga kemakan

Quote:Original Posted By arthochan â–º
wkwkwkwkwk
ane jadi inget gan, punya temen yang kaya begini:
dia katanya makan ngga enak kalo ngga ada sambelnya
padahal dia sendiri ngga doyan sama pedes
jadi dipiring makanannya pasti ada sambelnya
tapi sambelnya cuman buat pelengkap di makanannya itu
alias cuman buat aksesoris aja
wkwkwkwkwkwk

Quote:Original Posted By valsigriuz â–º
benerrr banget tuhh gnannn...

yg belum makan nasi itu = belom makan itu ane banget
tapi sekarang ane latian gan utk ngurangin nasi terutama saat sarapan, biar siangnya gak bikin ngantuk karena kadar gula naik/ sugar high

ahh terus kalo yg makan plus sambal itu enak bangett gannn
kadang lauk tempe telur pun asal ada sambel entah terasi bawang atau sambel ueg biasa, (dan kalo banyak bisa diadukin ke nasi) itu udah paling nikmat
jadi malu nih ane, malah curcol

Quote:Original Posted By your.grandma â–º
kalo makan mie pake nasi kan biar kenyang gan, secara mie instan tu porsinya nanggung banget,, tapi kan juga pake telor, jadi gak cuma karbo doang,,

kalo yg enak buat terakhir ane lakuin juga tu gan. tu sebenernya biar makanan di piring bakal di abisin semua, seandainya uda berasa males makan tapi yg masih ada dipiring bagian favorit kita, masak iya gak di abisin,,

yg makan langsung pake tangan juga tuh gan, ada tuh, adeknya temen ane, makan soto ya pake tangan, gak pake sendok,,

Quote:Original Posted By weqswt â–º


yang no 2 kalo gw sih bukannya berprinsip save the best for the last bang, tapi emang itu kan burger yang disajikan tuh porsi orang bule, lu tau sendiri kalo mulut orang bule gede2 jadi roti atas ama bawah bisa langsung kegigit, lha kalo mulut orang indonesia ama dubur ayam aja gedean tuh dubur, kalo gigit burger segitu yang ada mulutnya blepotan, makanya kalo gw sih mending gw pisah2





Quote:Original Posted By KyraAltair â–º



bah gw banget nih

tp skarang udah tobat ke jalan yang benar, waktu masih kismin amit2 blom bisa cari duit sendiri makannya gitu tuh, soalnya skali2 buanget buanget makan gituan hahahah


klo slogan save the best for the last tetep gan, ane tipe yang klo makan pasti lauknya nyisa, atau klo sperti contoh, ya yang paling enak menurut ane disisain terakhir, contoh klo kondangan kan pasti lauknya macem2, yang paling enak pasti nyisa XD

Quote:Original Posted By inayram â–º
yang nomor 4 sama terakhir ane sering banget tuh

tiap pagi kadang ane suka makan roti, kalo nggak gorengan
dan setiap pagi ane selalu ditanyain nyokap di rumah, "kamu udah makan belom?!"
ane yang padahal udah makan roti langsung jawab "udaah.."
"makan dulu gih sono"
"bu, tadi kan aku udah makan roti..."
"yee itu mah bukan makan namanya. kalo makan pake nasi."

terus ane kalo makan mie biasanya kan nggak pake nasi.
nah setiap di rumah ga ada lauk, ane beli aja mie, terus dimasak
pas mienya udah jadi trs mau ane makan, eh nyokap langsung bilang "pake nasi, doong. kalo itu mah bukan makan namanya.."

makanya itu ane sempet mikir... emangnya makan pagi siang sore malem wajib pake nasi yaa..?

Quote:Original Posted By ChacaIkhram â–º
bener banget tuh gan. tapi dari dulu ane udah gak setuju soal yg kalo makan harus nasi dan mie instant pake nasi.
ane bahkan udah buktiin ke orang tua ane klo ane bisa 1 minggu tanpa makan nasi. ane sering ganti2 kebutuhan karbo dengan roti atau kentang. sama, sekalipun ane gak pernah makan mie instan pake nasi. menurut ane malah merusak cita rasa mie nya.

Quote:Original Posted By icoetstack â–º
4. Kalau Belum Makan Nasi Ya Artinya Belum Makan itu gua banget gan

Quote:Original Posted By leonidas6077 â–º
Makanan yang paling enak ya dimakan terakhir gan, itu seperti kalo agan maen dota, jurus Ultimate itu yang paling mematikan, biasanya dipakai kalo akhir2 duel sama musuh gan, sebagai senjata pamungkas..

*ngomongapagw





SR lagi galau!!
Quote:Original Posted By AGaNCakEWalK â–º
Makan mie instan pake nasi.. yeaaah afdol bangeeeet

jujur aja tadinya ane pengen ngebata agan TS tapi ngapain juga wong kenyataanya kyk bgitu kok introspeksi diri supaya inget sama badan, sayang sama badan, sayang sama masa depan yang bebas dari overposting overweight

pola makan ane, mau jnis karbo apapun pokoknya harus ada sayuran, dan kalo makan daging, sayurnya banyakin karbonya dikit aja oiy, minum air berning 1-2liter dulu gan sejam sebelum makan, dijamin cepet kenyang

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/5232d28bf8ca176f28000009

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger