Home » » Agan Setuju Kalo Keterangan Agama Bakal di Hapus dari KTP?

Agan Setuju Kalo Keterangan Agama Bakal di Hapus dari KTP?




Spoilerfor no repost!:

dikutip dari http://nasional.kontan.co.id/

JAKARTA. Pembahasan Revisi UU No. 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan mulai bergulir di DPR RI. Dalam rapat kerja perdana revisi UU Administrasi Kependudukan, muncul wacana menghapus keterangan agama dari Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Dalam Raker di Komisi II DPR, Senin (10/6), Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi didampingi Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Irman menyerahkan berkas Draft RUU Revisi atas UU No 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan.

Salah satu poin pembahasan adalah masa pemberlakuan KTP yang selama ini hanya berlaku 5 tahun. Menurut Wakil Ketua Komisi II Arif Wibowo, RUU Revisi Administrasi Kependudukan harus mulai mengatur masa berlaku KTP bisa seumur hidup.

Poin lain yang menurut Arif penting untuk diperhatikan adalah ketentuan pencantuman agama. Selama ini, identitas agama dicantumkan secara tertulis dalam KTP. Dari temuan dan laporan sebagian anggota Komisi II, warga pemeluk agama minoritas di wilayah tertentu di Indonesia, kerap dipersulit ketika sedang mengakses pelayanan publik begitu diketahui oleh petugas tersebut agamanya berbeda.
"Tapi dalam pendataan di RT, RW, sampai Kelurahan tetap lengkap. Hanya yang di KTP jangan dicantumkan identias agama,"kata Arif.

Hal lain yang menurut Arif menjadi catatan adalah perlu dibuat Akta Kematian seperti halnyaAkta Kelahiran. Hal ini penting mengingat selama ini banyak ditemui dalam administrasi kependudukan, banyak warga yang sudah meninggal, namun belum tercoret dalam data kependudukan alias dianggap masih hidup.

Menanggapi masukan ini, Mendagri Gamawan Fauzi mengatakan berbagai usulan dari DPR tersebut sangat terbuka untuk dimasukkan. Raker yang membahas Revisi UU No 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan kembali digelar, Rabu, (12/6) dengan agenda pembacaan pendapat Fraksi-Fraksi di Komisi II DPR RI.

kira-kira gimana nih menurut agan smua? penting ga sih ada agama di KTP?
jadi stidaknya ga ada alagi yg namanya agama KTP
malah menurut cwe ane katanya ganti sama kolom Mifa/Mafa atau Cita" /B]


apa kata mereka?
Spoilerfor kata mereka:
yang setuju

Quote:
Quote:Original Posted By ruphen â–º
setujuh banget gan, dihapus aja. saya pernah mengalami kesulitan saat mau ngurus surat nikah. karena agama yang tertera di ktp malah sebenernya turunan dari orang tua karena hanya didata begitu aja, agama yang sebenernya malah gak tercantum dan saat mau nikah jadi masalah karena dibilang agama saya beda dengan calon suami (hanya karena agama ktp yang bukan sebenernya alias kedata karena dianggap ikut agama orang tua).
Quote:Original Posted By JohnAndrewLiem â–º
Udah waktunya deh kynya indonesia dewasa,
Agama kan personal banget, antara diri sendiri dgn Tuhan, ngapain orang laen perlu tahu? Pamer? Mau di jadiin obyekan? Ngga penting menurut ane sih
Quote:Original Posted By jajargenjang â–º
BETULLLLLLLLLLLLLLLLL ini yg ane tunggu  
akhirnya si gamawan bikin keputusan yg ga tolol2 amat ,
banyak yg takut malah jadi kearah sekuler , 
lah sekalian aje indonesia dijadiin negara sekuler , Tapi pedoman kehidupan sehari-harinya tetep PANCASILA



yang ga setuju
Quote:
Quote:Original Posted By Ony AQ â–º
Siapa bilang kolom agama gak penting di KTP...
Pertama, untuk membuktikan, bahwa yang bersangkutan punya agama sesuai agama yang diakui negara. Jadi di Indonesia ini gak boleh ada aliran yang aneh aneh (sesat) Kedua, Soal UU pernikahan udah diatur, bahwa di Indonesia dilarang menikah beda agama. Ketiga. Untuk mencegah tindak terorisme. Sekarang setiap hari hari besar keagamaan, tempat ibadah seperti gereja pasti dijaga ketat. Setiap orang yang akan masuk ke gereja pasti diperiksa. Nah, kalo di KTP nya gak ada identitas agamanya, bagaimana polisi bisa tau, kalau yang masuk itu punya maksud selain beribadah? Dan pasti masih banyak yang lainnya. Yang pasti menurut ane, kolom agama itu masih penting.

Quote:Original Posted By maldini.3 â–º
hm...penting ga penting sih...
tp ttp adain aja..
klo dihapus lama2 bisa sekuler nih negara..



komen bikin ngakak
Quote:
Quote:Original Posted By Ahong79 â–º
mgkn mau diganti dgn kolom HOBI gan
Quote:Original Posted By rajakertas6 â–º
Ganti KTP lg ngabisin uang aja.
Quote:Original Posted By rcagibson â–º
bener tuh, diilangin aja... ngapain orang lain mau tau urusan agama ane, orang agama itu kan, urusan pribadi sama Tuhan ane... 
efek terburuknya paling2 adalah; saat pembagian nasi bungkus jadi susah nanti buat memilah-milah mana yang anggota panasbung mana yang anggota panastak...:




kalo bermanfaat boleh dong nya
tapi jangan ane di ya??

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/524e2e4e138b462f29000000

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger