Home » » Kenali Danau di Bumi Kita Gan

Kenali Danau di Bumi Kita Gan

Spoilerfor No repost:



Jutaan Danau Di Bumi Kita

Quote:Sumber utama air yang memenuhi danau adalah presipitasi, yakni air hujan dan salju. Prespitasi yang jatuh di permukaan bumi, sekitar 40%-nya mengalir ke danau. Bisa langsung jatuh ke danau, atau mengalir lewat sungai dan selokan, atau bisa juga melalui mata air tanah.

Danau adalah sumber air yang sangat penting untuk air minum, listrik dan irigasi. Ada juga danau yang penting untuk perikanan serta berharga untuk tempat wisata. Danau juga sangat penting untuk transportasi.

Kanada Paling Kaya

Kebanyakan danau terdapat di Amerika Utara, Afrika, dan Asia. Tapi paling banyak di belahan bumi utara. Ada negara-negara yang memiliki banyak sekali danau. Sebut saja Finlandia, negara ini dijuluki "tanah seribu danau" karena banyak danaunya. Finlandia memiliki sedikitnya 55.000 danau yang lebarnya lebih dari 200 meter.

Soal jumlah danau, tidak ada yang bisa mengalahkan Kanada. Negeri itu memiliki lebih dari 60% jumlah danau di bumi. dari danau-danau Great Lakes yang berukuran sangat luas di perbatasan dengan Amerika Serikat, hingga yang kecil-kecil dan tidak dinamai. Percaya tidak, Kanada memiliki setidaknya 3 juta danau!

Terbentuknya Danau

Cara terbentuknya danau itu banyak sekali macamnya. Pada prinsipnya, supaya terbentuk danau perlu ada dua hal. Yakni sumber air dan cekungan pada bumi tempat air tersebut berkumpul. Banyak danau yang terbentuk karena perubahan muka bumi akibat gempa bumi. Danau Tahoe di perbatasan California-Nevada misalnya, terbentuk karena adanya ceruk akibat gempa bumi.

Ada danau Kaldera, yang terbentuk bila air berkumpul di dalam kaldera (bagian tengah gunung berapi yang runtuh). Danau ini biasanya dalam dan berbentuk bulat. Contohnya danau Toba, danau Kaldera terbesar di dunia. Contoh lain danau Kawah di Oregon yang terletak pada kaldera gunung berapi purba, Gunung Mazama.

Ada danau bendungan lava yang terbentuk akibat tersumbatnya sungai oleh aliran lava gunung. Contohnya laut Galilea di Timur Tengah.

Ada juga danau yang kadang kering kadang berair juga lho gan. Contohnya danau Eyre di Australia. Danau ini hanya berair pada musim hujan, selebihnya danau itu kering.

Gletser, Tapal Kuda, Laguna

Banyak danau yang terbentuk oleh gletser. Pada jaman es, sebagian besar belahan bumi utara di selubungi gletser. Nah, lembaran-lembaran es raksasa tersebut "mengeruk" permukaan bumi. Belakangan ceruk-ceruk tersebut terisi air, jadilah danau. Contohnya the Great Lakes di Amerika Utara.

Danau juga banyak ditemukan pada sungai-sungai yang berarus lambat dan di dataran rendah dekat laut. Ada juga danau yang terbentuk pada aliran sungai berliku-liku. Ketika sungai mengambil jalan pintas, sebagian lekukan badan sungai terpisah dan terbentuklah danau tapal kuda. Arus laut bisa membawa endapan pasir di sepanjang pantai, yang akhirnya membuat sebagian air laut terputus dari laut, maka terbentuklah laguna.

Danau-Danau Asin

Kebanyakan danau berair tawar. Tapi ada juga danau yang berair asin, bahkan "pahit" karena kadar mineral terlaurtnya sangat tinggi. Danau yang asin dan "pahit" lebih banyak ditemukan di kawasan kering. Di sana penguapan lebih cepat sehingga kadar garam-garam mineral menjadi lebih tinggi. Misalnya danau Laut Kaspia, danau Laut Mati, dan Great Salt Lake di utah Amerika Serikat.

Banyak danau asin yang tidak memiliki saluran keluar. di Tanzania ada danau Natron yang disebut sebagai "danau soda". Kadar garam di danau tersebut dihasilkan dari gas-gas atau cairan vulkanik. Ada pula danau yang di masa lalu terhubung dengan lautan. Danau-danau tersebut menyusut sejak berakhirnya jaman es. Contohnya Danau Bonneville di Amerika Serikat.

Danau-Danau Utama Dunia

Begitu banyak danau di dunia, danau-danau itu sangat penting bagi kehidupan manusia. Danau Kaspia yang terbesar di dunia dimiliki lima negara yaitu Rusia, Turkmenistan, Azerbaizan, Kazakhstan, dan Iran. Di Rusia ada danau terkenal lainnya yaitu danau Baikal. inilah Danau yang menyimpan air tawar terbanyak di jagat raya.

Di Afrika danau-danau terbesar antara lain danau Victoria, danau Tanganyika, dan danau Malawi. Di eropa danau-danau besar antara lain danau Ladoga, danau Lochmond, dan masih banyak lagi.

Great lakes merupakan kesatuan dari lima danau besar di Amerika utara. Kelima danau tersebut adalah danau Superior, danau Huron, danau Ontario, danau Erie dan danau Michigan. Danau-danau tersebut berada di wilayah Amerika Serikat dan Kanada, kecuali danau Michigan yang seluruhnya berada di wilayah Amerika Serikat.
Spoilerfor Great Lakes:

Kehidupan Di Danau

Quote:Zonasi Danau

Danau dibagi menjadi 3 zona, bagian yang dangkal dan landai dekat daratan atau tepian danau disebut zona littoral. Di zona ini banyak tumbuh rumput, gelagah dan tanaman lain yang menjadi makanan serta tempat berlindung serangga, burung dan mamalia.

Lebih jauh ke tengah tapi masih agak di permukaandisebut dengan zona limnetik. Umumnya tumbuhan yang tumbuh disini adalah tumbuhan mengapung seperti eceng gondok, teratai dan teman-temannya. Mereka menjadi makanan hewan-hewan kecil yang nantinya dimangsa oleh hewan-hewan yang lebih besar.

Danau-danau yang dalam disebut zona profundal, yaitu bagian yang dekat dasar danau. Bagian ini hanya sedikit mendapat sinar matahari dan oksigen, sehingga jarang sekali ada kehidupan di dalamnya.
Spoilerfor Zonasi danau:

Flora Fauna Danau

Flora Danau
Ada berbagai jenis tumbuhan yang dapat kita temukan di danau. Contohnya antara lain :
Spoilerfor Pohon Willow:
Pohon Willow biasanya tumbuh subur di tepian danau
Spoilerfor Pistia, Azolla dan Limnobium:
Pistia, Azolla dan Limnobium adalah contoh dari tumbuh-tumbuhan air yang mengapung di danau
Spoilerfor Eceng Gondok:
Eceng gondok tumbuh sangat pesat hingga bisa menutupi seluruh permukaan danau
Spoilerfor Tanaman Lembang:
Tanaman lembang (cattails)bisa tumbuh hingga 2,5 meter
Spoilerfor Teratai:
Teratai dengan bunganya yang cantik juga menghiasi danau
Spoilerfor Lidah Tiung:
Lidah tiung menjadi makanan beraneka ikan di danau

Fauna Danau

Nah, berikut ini adalah sebagian hewan-hewan yang biasa terdapat di danau. Selain itu ada hewan-hewan unik yang hanya dapat agan dan aganwati temukan di danau-danau tertentu. Beberapa diantaranya :

Spoilerfor Ikan Pike:
Ikan pike ini besarnya bisa lebih dari 1 meter. Sosoknya yang besar dengan mulut besar dan gigi-gigi yang tajam memang sangat menakutkan. Ia memangsa berbagai jenis ikan, kodok, burung air dan mamalia kecil
Spoilerfor Capung:
Capung seringkali beterbangan di sekitar danau selama musim panas. Para ekolog melihat capung sebagai serangga bioindikator kualitas lingkungan. Artinya capung dapat digunakan untuk memantau kualitas air di sekitar lingkungan hidup kita. Jadi secara tidak langsung kehadiran capung dapat menandakan bahwa perairan di sekitar kita masih bersih
Spoilerfor Angsa:
Angsa juga merupakan satwa yang dapat kita temukan di danau
Spoilerfor Ular air:
Ular air, perenang andal yang dapat meluncur melintasi danau tanpa menimbulkan riak. Ia suka memangsa kodok, ikan, burung air kecil bahkan mamalia kecil yang terdapat di danau
Spoilerfor Burung Kuntul:
Danau merupakan tempat favorit bagi para bangau dan burung Kuntul. Burung-burung ini dapat mengendap-endap atau berdiri mematung selama beberapa menit dan kemudian menyambar ikan kecil atau kodok dengan paruhnya yang panjang. gambar yang diatas merupakan burung Kuntul
Spoilerfor Nerpa:
Nerpa, Anjing laut danau Baikal, mamalia ini merupakan mamalia khas yang hanya ada di danau Baikal. Nerpa lebih istimewa dibanding anjing laut lain karena tampak lebih anggun dan warna kulitnya abu-abu keperakan. Selain itu Nerpa mampu bertahan lebih lama tanpa udara. Tak heran bila anjing laut bisa menyelam selama 70 menit sampai ke kedalaman 300 meter. Makanan favorit Nerpa adalah ikan Golomyanka
Spoilerfor Kuda Nil:
Ada sekitar 400 ekor Kuda Nil di danau Naivasha, Kenya. Kuda Nil tersebut beratnya bisa mencapai 3 ton. pada siang hari mereka berendam di air danau. malam hari mereka akan naik ke daratan di dekat danau untuk merumput
Spoilerfor Flamingo:
Flamingo danau Nakuru, Danau Nakuru terletak di Kenya memang terkenal dengan ribuan Flamingonya. Bila mereka datang, warna danau pun seolah-olah menjadi merah jambu. Flamingo besar yang warna bulunya pink, makan udah dan ikan-ikan kecil. Sementara Flamingo kecil yang berbulu putih lebih suka makan ganggang biru-hijau
Spoilerfor Salamander:
Salamander Meksiko, hanya terdapat di danau-danau tertentu seperti danau Xochimilco di Meksiko. Ia tidak dapat hidup di darat dan hanya ada di danau. Orang Meksiko menyebutnya axolotl yang artinya monster air, padahal ukurannya kecil

Pemanfaatan Danau

Quote:Tempat Tinggal

Masyarakat tinggal di pinggiran danau tentu sudah tidak aneh lagi. Tetapi ada juga yang membuat rumah terapung di atas danau. Misalnya warga sekitar danau Titicaca di pegunungan Andes, Peru, Amerika Selatan. Sekitar 300 orang hidup di danau. Rumah mereka terbuat dari jerami totora reed, yang agak keras dan beruas-ruas. Sederhana, unik dan indah. Mereka juga menggunakan jerami totora untuk membuat perahu.
Spoilerfor Rumah totora:
Spoilerfor Perahu totora:

Tempat Wisata

Biasanya danau menjadi objek wisata karena keindahannya. Penduduk sekitar pun mendapatkan penghasilan dari penyewaan penginapan, rumah makan, dan penjualan pernak pernik yang khas. Sayangnya ada danau yang keindahan dan fungsinya menjadi berkurang karena tidak dirawat dengan baik. Contohnya danau Matano di Soroako, Sulawesi Selatan. Dahulunya banyak penduduk yang membangun rumah disana. Tetapi setelah air danaunya tercemar sampah maupun limbah penambangan nikel, danau menjadi kotor. yang tertinggal hanyalah bekas-bekas rumah kosong dan perahu-perahu rusak. padahal daerah sekitar danau di huni hewan khas seperti ikan berparuh mirip bebek
Spoilerfor Wisata danau:
Spoilerfor tambang nikel di danau matano:

Perikanan

Danau menghasilkan ikan yang menjadi sumber protein hewani bagi wargga. Baik ikan liar yang ditangkap nelayan, maupun ikan-ikan yang di budidayakan. Danau dan waduk di Indonesia banyak juga digunakan sebagai tempat budidaya ikan dengan keramba apung.

Pernah mendengar mendengar menu makanan telur caviar ikan Sturgeon dari danau Laut kaspia? harganya mencapai $ 3000 US - $ 5000 US per kilogramnya. Pada tahun 1970, danau Laut Kaspia menghasilkan 20.000.000 ton ikan Sturgeon. Tetapi akibat perburuan liar dan perdagangan ilegal pada 1990-an danau tersebut hanya menghasilkan 1000 ton saja.

Danau Ayamaru Papua juga menghasilkan banyak ikan. Antara lain ikan mas, betik, satar, salamander, udang, gabus, dan ikan lele. Tahukah agan dan aganwati, tercatat pada tahun 1996 hasil panen ikan dan udang mencapai 150 ton dari ketiga danau yang membentuk danau Ayamaru. Malah sempat diekspor ke Jepang, Korea dan Australia.
Spoilerfor Nelayan Menangkap Ikan:
Spoilerfor Caviar:
Spoilerfor Danau Ayamaru:

Sumber Air Bersih

Danau sangat penting sebagai sumber air bersih. Para penduduk sekitar danau menggunakan air itu untuk keperluan sehari-hari termasuk untuk masak, minum dan mandi. Penduduk sekitar danau sangat bergantung pada danau.

Misalnya di Israel, danau bisa menjadi sumber air bersih bagi penduduk yang jauh dari danau. Negara ini dahulunya gersang dengan sebagian wilayan gurun kering. Air bersih sangat sulit didapat. Maka dibangunlah saluran-saluran air dan pipa-pipa penyalur air yang besar yang panjangnya puluhan kilometer. Air diambil dari danau dan sungai bagian utara, lalu disalurkan ke bagian selatan yang padat penduduk.
Spoilerfor Danau bersih:

Irigasi Pertanian

Manfaat danau yang lain adalah sebagai irigasi pertanian. Misalnya petani Bali memanfaatkan air danau Batur bagi pengairan sawahnya. Danau seluas 16 km2 itu mengaliri persawahan. danau itu merupakan sumber mata air terbesar di Bali. Aliran danau Batur itu mengalir ke hampir seluruh sungai besar di Bali. Konon air danau Batur itu mengalir ke sungai-sungai melalui sejumlah terowongan alami bawah tanah. Ternyata setelah dilakukan pemotretan melalui udara pada tahun 1962, terowongan itu memang ada.
Spoilerfor Irigasi:

Sarana Transportasi

Danau juga penting untuk sarana transportasi. Di Danau Dian di Kunming Cina, terdapat perahu tradisional serba guna. Perahu digunakan untuk membawa barang dagangan sekaligus tempat tinggal sekeluarga selama berdagang. Jika menepi, para pembeli mendekati perahu untuk melihat barang dagangan.
Spoilerfor Sarana Transportasi:

Olahraga Air

Apa syarat sebuah danau bisa dijadikan tempat olahraga air? Airnya harus stabil, luas dan panjang rentang danau harus memenuhi syarat agar bisa digunakan dengan leluasa.
Spoilerfor Olahraga Air:

Khasiat Air Danau

Ada juga lho gan, air danau yang diyakini berkhasiat. Misalnya bisa menyembuhkan berbagai penyakit, dapat menghaluskan kulit dan lainnya. Misalnya danau Laut Mati yang sangat tinggi kadar garamnya. Ada 12 mineral yang termasuk magnesium chlorida, potasium chlorida, sodium chlorida dan lainnya.Tahukah agan bahwa ke-12 jenis mineral ini tidak dijumpai pada laut lainnya? Mineral-mineral itu diyakini dapat menenangkan pikiran, mengandung zat yang baik untuk kulit, dan memperlancar peredaran darah yang terganggu akibat rematik atau gangguan metabolisme.

Pada aliran sungai Mentangai Kabupaten Kuala Kapuas, Kalimantan Tengah ada danau yang berwarna sangat hitam. Rasanya tawar, tingkat keasamannya sangat tinggi. Rasanya? Mirip Jamu
Air danau yang disimpan berhari-hari tidak berampas walaupun warnanya tetap hitam. Air tersebut diyakini berkhasiat menambah kekuatan tubuh. Diminum langsung pun tidak apa-apa karena tidak ada bakteri yang tahan di air gambut yang tingkat keasamannya tinggi. Hal tersebut sudah diteliti oleh para peniliti yang lama menangani lahan gambut dari Koordinator Climate Change, Forest and Peatlands in Indonesia (CCFPI) Kalimantan Tengah lho!
Spoilerfor Danau di kapuas:

Sebagai PLTA

Air danau juga digunakan sebagai seumber air listrik tenaga air. Danau Rawa Pening di Jawa Tengah memasok air untuk PLTA Timlo dan Jelok. Kapasitasnya 32.989 kilowatt, tetapi yang baru digunakan baru sekitar 25.000 kilowatt.
Spoilerfor PLTA:


LANJUT KE BAWAH YAH GAN

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/520e815c1ed7192660000009

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger