Home » » Teori Kenapa Kita Jijik dengan Boneka Chucky

Teori Kenapa Kita Jijik dengan Boneka Chucky



Repost dari wordpress ane dan diolah lagi dengan bahasa KasKus
wih, HT GAN! 25-10-2013 alhamdulillah, thx momod (insyaalloh diupdate ba'da jumatan) Jangan lupa jawab studi kasusnya Gan, plus rate dan cendol jika trit ini bermanfaat :-)

Quote:
Siang Agan. Sehat kan ya.. First of all, bagaimana perasaan agan setelah melihat gambar berikut? Sambil diresapi ya..awas BWK

Spoilerfor Karakter Disney:
Spoilerfor Optimus Prime:
Spoilerfor Boneka Chucky:
Spoilerfor David Prometheus:
Spoilerfor Wanita Cantik :malus:

Nah, sekarang renungkan lagi bagaimana perasaan Agan setelah melihat gambar tersebut?
Kalau udah yakin silahkan buka jawabannya.


Spoilerfor Jawaban:
Quote:Jika agan normal, kita akan merasa suka pada dua karakter pertama, karakter DIsney dan Optimus Prime (hollywood made humanoid robot).
Quote:Kita akan merasa takut dan benci pada boneka Chucky. Perasaan takut dan benci pada boneka Chucky dapat didasari pada tingkahnya yang mengerikan yang memang sudah terkenal di jagat perfilman. Perasaan yang aneh juga muncul saat melihat David. Di film, terjadi terutama saat adegan kepala David terpisah dari badannya.
Quote:Terakhir, jika Agan masih normal, Agan akan merasa aneh melihat gambar yang terakhir. Jika sekarang adalah kali pertama Agan melihat gambar tersebut, Agan pasti ada gejolak perasaan yang lebih aneh. Gambar wanita cantik tersebut adalah humanoid robot.


Quote:Apakah rasa takut pada Chucky hanya karena kita tahu akhlak dia emang bejat?

Apakah perasaan aneh saat melihat wanita humanoid robot itu normal?

Spoilerfor Penjelasan:
Quote:Agan-agan disebut normal jika melihat Chucky dan wanita tersebut dengan perasaan aneh yang menggebu-gebu. Chucky memang jahat, tapi penampakannya seperti anak kecillah yang sesungguhnya membuat kita bergidik. Bandingkan dengan boneka Teddy Bear di kamar Agan


Quote:

Fenomena normal ini disebut The Uncanny Valley atau lembah kengerian. Dicetuskan pertama kali oleh Masahiro Mori dalam artikel Bukimi no Tani atau The Uncanny Valley (lembah kengerian) di jurnal Energy pada tahun 1970.
Ia mengatakan bahwa jika robot menjadi semakin mirip manusia maka pada suatu titik ia akan tampak mengerikan.

Quote:
The Uncanny Valley sendiri berasal dari kata dalam bahasa Jepang “shinwakan”. Konsep ini pertama kali dideskripsikan dalam bahasa Inggris sebagai “familiarity”, “likableness,” “comfort level” dan “affinity”. Karl MacDorman, seorang peneliti robot di Indiana University, kemudian menjelaskan tentang “shinwakan” sebagai sebuah perasaan mengenai
keberadaan dari “another human being”
. Lebih lanjut, hal tersebut merupakan saat di mana terjadi kontak emosi antara seseorang dengan ‘seseorang yang lain’. Pada suatu titik, saat seseorang menyadari ‘seseorang yang lain’ itu bukanlah seseorang, perasaan emosi tersebut menjadi buruk.

Quote:
Secara sederhana, The Uncanny Valley dapat dijelaskan sebagai ada sebuah perasaan dalam benda-benda lain berupa ketertarikan dan ketakutan. Ketika kita melihat sebuah objek, akan muncul perasaan tertarik atau jijik seketika. Seperti saat melihat boneka hewan yang lucu kemudian melihat boneka yang menakutkan dalam satu tempat. Hal ini dapat terjadi pada robot. Saat desain robot menjadi lebih mirip manusia, kebanyakan orang akan merasa takut. Pada beberapa saat, kita merasakan empati dan tertarik pada robot mirip manusia, tetapi dengan sedikit perubahan desain, tiba-tiba kita dapat merasa penuh ketakutan.



Quote:
Sudah terjawab kan? Ternyata memang bukan hanya karena kebejadan akhlak Chucky. Nah jadi pinter kan? lebih lanjut lihat gambar ini aja. Satu gambar semilyar kata
Spoilerfor Uncanny Valley:


Spoilerfor studi kasus (BWK pict):

Agan pasti merasa aneh kan lihat David di Prometheus?
Tapi kenapa kok ada yang kurang dalam hal keperasaan anehnya?


Quote:
Silahkan dijawab Gan, kalau bisa jawab berarti udah pinter dan bisa cari cendol sendiri...
(jawaban keren akan dipageonekan)


Nanti ane update thread ini


Thread yang agak mirip dengan thread ane,klik dengan pembahasan yang beda dan repost dari sumber lain



Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/5267850517cb179b39000008

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger