Home » » Pesona Kayangan Garut Swiss Van Java

Pesona Kayangan Garut Swiss Van Java


Keindahan Garut Pesona Kayangan di Jawa Barat.

buat warga Jakarta liburan ke Bandung merupakan rekreasi yang sering dilakukan, tetapi banyak warga Jakarta yang belum banyak yang berwisata ke Garut padahal jarak dari Bandung ke Garut hanya 1 jam perjalanan darat. kalau Bandung dikenal sebagai Paris Van Java karena banyak sekali distro dan outlet pakaian disini, tetapi di Garut dikenal sejak dahulu kala sebagai Garut Swiss van Java. dinamakan seperti ini karena alam dan budaya Garut sangat indah, banyak sekali objek objek wisata yang sangat indah disini. hawanya yang sejuk, dikelilingi oleh pegunungan dan hamparan sawah yang sangat asri sehingga tidak salah jika orang orang menyebut Garut sebagai Swiss Van Java.


Keindahan alam inilah yang membuat Garut disebut sebagai Swiss van Java.

Garut dikenal sebagai destinasi yang punya banyak pemandian air panas alami, kuliner sunda yang maknyus, kerajinan kulit yang begitu terkenal karena kualitas domba garut disini sangat bagus, dan tentunya keindahan alamnya yang mempesona. diantara sekian banyak lokasi wisata di Garut, ada 2 tempat favorite saya yaitu Talaga Bodas (kawah putih) dan Gunung Papandayan. kedua lokasi ini adalah beberapa destinasi dari sekian banyak destinasi di Garut yang merupakan favorite saya.


Pemandangan Gunung Guntur, salah satu Gunung yang masih aktif di Garut.

Quote:Talaga Bodas yang mempesona

Talaga Bodas mengandung arti ‘Telaga Putih’. mungkin kita pernah ke Pangalengan Bandung terdapat obyek wisata Kawah Putih, maka di Garut pun ada Kawah Putih Talaga Bodas. orang orang menamakan Kawah Putih karena bentuknya sama seperti yang di Pengalengan, padahal sangat berbeda. menurut saya Kawah Putih yang berada di Garut ini lebih bagus, karena tidak begitu banyak pohon kering dan lebih bersih, selain itu juga disini terdapat pemandian air panas alami dan lokasi untuk trekking.


Keindahan Telaga Bodas atau disebut Kawah Putihnya Garut.

Talaga Bodas ini terletak di Desa Sukamenak Kecamatan Wanaraja Kabupaten Garut, rute perjalanan ke Kawah Putih Garut tidak sulit. Dengan menggunakan kendaraan roda dua (jika menggunakan angutan kota, Baraya bisa naik angkot Terminal Guntur-Sukawening), jarak tempuh dari Garut sekitar 14 km dan dari Wanaraja ke lokasi 6 km, waktu tempuh hanya sekitar satu jam saja. Kondisi jalan menuju Kawah Talaga Bodas juga relatif baik, hanya ada beberapa bagian kecil jalan bebatuan, tapi masih aman. perlu diingat jalanan dari Garut menuju Kawah Putih ini rusak, paling cepat 1 jam dan paling lama 2 jaman.


Pemandangan disekitar Talaga Bodas yang masih alami dan hening.

karena rusaknya jalan sebelum sampai di lokasi, kita tidak akan bosan karena disuguhi pemandangan alam yang indah. disisi kiri lembah kita bisa melihat jelas Gunung Sidahurip yang konon merupakan Pyramid terpendam, entah benar apa tidaknya mitos ini memang gunung ini terlihat tampak seperti Pyramid. untuk menuju Talaga Bodas kita harus melewati Tanah yang berbukit-bukit dengan kecuraman yang cukup tinggi. Penduduk sekitar memanfaatkannya menjadi kebun sayuran seperti kol dan tomat. Sedangkan Kawah Talaga Bodas sendiri berbentuk danau berwarna putih dengan kepulan asap membumbung tinggi.


Pemandian air panas alami yang terdapat di Talaga Bodas.

setelah sampai ke lokasi parkir di Talaga Bodas, kita harus jalan lagi sekitar 15 menit menuju Kawah. Jika ingin berkunjung ke Talaga Bodas, sebaiknya siapkan perbekalan makan minum. Tapi kalau hanya untuk sekedar ngopi dan menikmati jagung bakar, di sekitar tempat wisata Kawah Talaga Bodas, ada beberapa warung yang juga menyediakannya. setelah sampai kita bisa berfoto foto dilokasi ini, tetapi harus hati hati karena ada beberapa pasir hisap yang panas disekitar lokasi kawah.


Gunung Sidahurip yang konon adalah Pyramid yang tertimbun, gimana menurut agan? mirip gak?

Quote:Keindahan Gunung Papandayan


Pepohonan dan Ranting yang terbakar di Gunung Papandayan.

Menikmati pendakian Gunung Papandayan dengan pesona keindahan alam sangatlah menakjubkan, Gunung Papandayan merupakan Gunung paling selatan dari deretan Pegunungan yang menghampar dari selatan kota Bandung. Gunung Papandayan ini merupakan Gunung yang sangat populer, terkenal akan keindahan dan beberapa keunikan dari gunung Papandayan. Bagi para wisatawan yang ingin mendaki Gunung Papandayan ini, ada beberapa jalur yang dapat dilewati dan ditempuh. Yaitu dari Pengalengan dan Cisurupan kabupaten Garut.


Keindahan kawah di Gunung Papandayan.

Jika kita ingin mendaki lebih cepat bisa ditempuh dari Cisurupan, ini dikarenakan kondisi aspal yang sudah cukup baik dari bawahsampai puncak. Sehingga angkutan darat bisa mempercepat pendakian, tetapi jalan terhenti di alun alun Salada. Karena disini kita diharuskan untuk menyewa guide untuk menuntun kita untuk perjalanan selanjutnya, khususnya bagi yang belum pernah datang ke Gunung Papandayan. Selama dalam perjalanan mata kita menikmati keindahan alam, kita dapat melihat pohon yang hangus terbakar dan tanah yang mengeluarkan asap panas dicelah bebatuan gunung. Ditengah perjalanan dengan puncak gunung Papandayan, kita dapat menyaksikan keunikan dan fenomena alam. Yaitu semburan uap panas yang keluar dari perut bumi, kita bisa mengabadikan momen tersebut melalui foto. Tetapi hati hati akan tanahnya yang lembek dan labil, setelah itu kita akan melewati telaga warna. Danau alam yang berwarna hijau dan mengeluarkan bau gas yang sangat pekat. sesampai dipuncak gunung Papandayan ada perasaan senang setelah kita mencapainya, kita seolah olah berada diatas awan. Selain keindahan alam banyak flora yang terdapat dipuncak gunung Papandayan, yaitu bunga Edelweis, bunga yang tergolong langka dan hanya tumbuh ditempat tertentu dan diketinggian tertentu karena tidak setiap pegunungan ditumbuhi bunga yang dijuluki bunga Abadi ini. Yang tidak pernah layu dan memiliki aroma yang khas.


Keindahan alam dipadukan oleh panas alami di Gunung Papandayan.

Tempat wisata ini banyak dikunjungi Wisatawan karena kita dapat mendaki turun dan naik selama satu hari saja, anda berangkat pagi-pagi sekali dari bandung. Dan setelah sampai anda mendaki sampai pada puncak gunung pada siang hari, setelah puas menikmati keindahan alamnya anda dapat kembali pada sore harinya. Sehingga sangat sesuai dengan rekreasi keluarga, peranan guide juga sangat dibutuhkan karena Gunung Papandayan masih tergolong gunung yang aktif. Gunung ini pernah meletus beberapa waktu yang lalu dan mengeluarkan awan panas yang cukup tebal, sehingga merusak habitat flora dan fauna disekitar gunung tersebut. Kerusakan yang terjadi oleh letusan Gunung Papandayan membuat keunikan sendiri terhadap pemandangan Gunung Papandayan tersebut, jika anda kebandung atau garut. Jangan lewatkan wisata Alam nan indah ini.


Foto lain dari keindahan alam Garut Jawa Barat


Keindahan Gunung Guntur dari Kota Garut.

Fotografi dan Artikel oleh Barry Kusuma
www.alambudaya.com (My travel journey, lets explore beauty of Indonesia)
www.barrykusuma.com (Gallery Foto, dari Sabang sampai Merauke)
Twitter @BarryKusuma

"Traveling Indonesia is like a box of chocolates, you never know what you're gonna get”

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/522e0d15bdcb174239000003

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger