Home » » Hati-Hati Dalam Memilih Kangkung ya Gan

Hati-Hati Dalam Memilih Kangkung ya Gan

Trit HT nih gan.... thanx mimin and momod
Spoilerfor trit HT ane yg pertama:


Jika Anda penggemar kangkung, baik itu cah kangkung, petis kangkung, atau plecing kangkung, dll yang berkaitan dengan kangkung kudu baca ini neh… dijamin bukan hoax ….
MOHON BACA SAMPE SELESAI BIAR GAK MISUNDERSTANDING
Kangkung merupakan jenis tanaman yang sangat populer dan memiliki banyak sekali penggemar di wilayah Asia Tenggara dan Asia Timur Jauh. Selain karena rasanya yang maknyus, ia diyakini mengandung nutrisi yang baik.

Namun dibalik rasanya yang nikmat ternyata kangkung memiliki potensi bahaya yang cukup membuat bulu kuduk merinding…
-Wilayah penyebaran fasciolopsis sp/buski (cacing pipih) yg bersumber dari kangkung sebagai tanaman air :


Geographic Distribution:
Asia and the Indian subcontinent, especially in areas where humans raise pigs and consume freshwater plants.

Tanaman kangkung, dalam istilah botani disebut Ipomoea aquatica, memiliki panggilan yang berbeda di beberapa negara. Beberapa nama yang digunakan untuk menyebutkan tanaman kangkung antara lain water spinach, water morning glory, water convolvulus, morning glory, ong-choy atau swamp cabbage. Atau juga dikenal sbg phak bung di Thailand, "rau muá»'ng" di Vietnam, trokuon di Khmer & kangkung di Malaysia & Indonesia.

Nah, dari namanya aja udah jelas kalo si kangkung ini tumbuhan air….water spinach. Masalahnya perairan sbg tempat tumbuh si kangkung ini tidak hanya mengandungnutrisi tetapi kerapkali terkontaminasi oleh beberapa jenis air limbah. Oleh sebab itu ia memiliki resiko terpapar berbagai polutan seperti logam berat dari berbagai aktivitas manusia sehingga membuat banyak orang yg mengkonumsinya memiliki risiko keracunan. Bahkan bahaya yg lebih besar dampaknya akan dirasakan anak-anak dan janin (bagi ibu hamil yg mengkonsumsinya). Apalagi jika kangkung ini dimakan mentah2x maka ia akan menjadi jalan masuk bagi fasciolopsis buski, yaitu sejenis parasit yg biasa ada di usus babi yang akan menyebabkan penyakit fasciolopsiasis.
-ini nih siklus si Fasciolopsis buski

Nih penjelasan siklus si cacing pipih Fasciolopsis buski dari gambar diatas:
1 Immature eggs are discharged into the intestine and stool
2 Eggs become embryonated in water,
3 eggs release miracidia
4 which invade a suitable snail intermediate host. In the snail the parasites undergo several developmental stages
4a sporocysts
4b rediae and
4c cercariae )
5 The cercariae are released from the snail
6 and encyst as metacercariae on aquatic plants
7 The mammalian hosts become infected by ingesting metacercariae on the aquatic plants. After ingestion, the metacercariae excyst in the duodenum
8 and attach to the intestinal wall. There they develop into adult flukes (20 to 75 mm by 8 to 20 mm) in approximately 3 months, attached to the intestinal wall of the mammalian hosts (humans and pigs)
The adults have a life span of about one year.

Fasciolopsiasis umumnya penyakit infeksi yang terang dan asymptomatic. Dalam infeksi berat, gejala dapat berupa sakit perut, diare, kronis anemia, asites, toxemia, respon alergi, sensitisasi disebabkan oleh penyerapan penyakit alergis dari miseliumnya (berujung pada kematian pasien) dan obstruksi usus.
Spoilerfor telur Fasciolopsis buski:
Spoilerfor nih cacingnya:
Tidaklah berlebihan kalo badan pemerintah AS pun memasukkan kangkung kedalam kategori tanaman berbahaya


"Federally, water spinach is listed as a “noxious weed” under the Federal Noxious Weed Act of 1974 (7 U.S.C. 2802 (c)) and as such may be moved into or through the United States only under permit from the USDA Plant Protection and Quarantine Program, and under conditions that would not involve a danger of dissemination"

Karena kangkung air kebanyakan tumbuh di sungai, kadang orang sering membuang limbah rumah tangga maupun limbah industri ke sungai tersebut. Kandungan yang ada pada limbah yaitu berupa Ag, Cu, Mn, dan masih banyak kandungan lain yang membahayakan bagi tubuh kita. Nantinya kandungan dari limbah-limbah tersebut akan diserap oleh tanaman kangkung air dan kandungan yang membahayakan tubuh bernaung pada tanaman kangkung air tersebut.

Walaupun kangkung sudah diolah sedemikian rupa, dimasak, dipanaskan namun tidak menjamin kandungan berbahaya dari kangkung air hilang. Tidak mau kan kangkung yang mempunyai kandungan berbahaya masuk ke dalam tubuh kita yang sehat ini,,, ?? jadi gak sehat dong nanti,, maka dari itu kita harus selektif memilih makanan untuk tubuh kita ini. :

-Kangkung air nih


-Kangkung darat neh


Nah, penjelasan diatas sebetulnya dimaksudkan utk kangkung jenis air saja. Padahal disamping jenis kangkung air, ada satu lagi jenisnya yaitu kangkung darat. Dari 2 macam kangkung tersebut sana-sama bisa diolah untuk jadi makanan. Nah, kalau kita ingin meminimalkan resiko keracunan kangkung, sebaiknya sih kita pilih si kangkung darat ini yang tidak kalah lezatnya namun tidak berbahaya. Kalau masih bingung, ini cara membedakan kangkung air dan darat :

-Tabel kangkung darat dan kangkung air

Spoilerfor Diolah dari berbagai sumber yaitu ::
- jurnal /paper berjudul Accumulation of heavy metals in water spinach (Ipomoea aquatica) cultivated in the Bangkok region, Thailand karya Göthberg A, Greger M, Bengtsson BE. Link nya ini nih http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/12206434

- http://www.dpd.cdc.gov/dpdx/HTML/Fas...olopsiasis.htm
- http://en.wikipedia.org/wiki/Ipomoea_aquatica
- http://www.alamtani.com/budidaya-kan...t-organik.html
- http://www.aphis.usda.gov/plant_heal...s/weedlist.pdf
- http://www.missouribotanicalgarden.o...empercode=b142
dan sumber lainnya via google (gambar2 pendukung[/B][/color])

:

Anyway... gimana menurut agan2 ?
kalo menurut ane sih... dgn membaca trit ane diatas
1. sebaiknya kita gak usah takut makan kangkung... harapan ane sih agar kita semakin waspada aja tuh
2. kalo mo makan kangkung ....sebaiknya pilih kangkung darat, kalu tidak ada maka pilih kangkung air dari sumber air yang bersih, Insya Allah akan mengurangi potensi bahaya terpapar infeksi diatas... Cuci bersih ya....
3. sedini mungkin membudayakan pola hidup sehat terutama dalam mengolah kangkung hingga layak disajikan dalam menu makan kita... (jangan makan mentah2 yak, sebaiknya sampe matang)

Mudah2an berguna infonya buat kaskuser semua....
Ane tunggu komentar cerdasnya nih... seperti ini;
Quote:Original Posted By MyNameIsGie â–º
fasciolopsiasis mah nama penyakitnya gan kalo penyebabnya karena parsit sebangsa cestoda ato cacing pipih namanya fasciola hepatica...
Spoilerfor noh cacingnya:
NB : manusia bakal terinfeksi kalo dalam bentuk infektif doang gan, dalam hal ini cercaria/metacercaria (ada di gambar agan yg siklus hidupnya ntuh)
tapi selama kita makan dalam bentuk telor ga bakal infeksius buat manusia kok.
coz telur cacing ini water-borne alias membutuhkan media air untuk berkembang..
udah ane koreksi gan... thanx banget...
Quote:Original Posted By 4s4t3 â–º
gan.. nama cacingnya itu Fasciolopsis sp. BUKAN Fasciolopsiasis..
tapi kalo penyakit yang kita derita akibat terinfestasi (bukan terinfeksi) oleh cacing Fasciolopsis namanya baru fasciolopsiasis..

thx koreksinya gan...
Quote:Original Posted By fenobarbital â–º
ane pernah dapet tuh gan pasien kyk gtu. Nama ilmiah parasit nya Fasciolopsis buski. Gejala yg utama tuh diare, berak darah, serta anemia gan. Perlu cek darah tuh dan pemeriksaan tinja. Obat nya cuman dikasih anti helmintik kyk albendazol atau mebendazol. Biasa nya emg nih parasit sering ada di keong. Keong itu habitat nya di sawah2 gan atau di kebon. Maka nya klo masak harus matang. Hati2 juga klo makan lalap mentah
Wah ada pak Dokter yang udah pengalaman mengobati pasien yg terpapar fasciolopsis buski
Quote:Original Posted By amena â–º
Ane udah pernah denger dari nyokap udah lama soal kangkung air gan. Soalnya kata nyokap kangkung air itu hidup di air kotor kayak sungai yg orang melakukan MCK atau di kolam yg ada MCKnya. Benar-benar ga sehat.
Lagian kata temen ane, kangkung itu makanan babi dan kelinci. Ane udah ngeri aja. Tapi kalau kangkung darat ane makan soalnya ane liat proses nanamnya, dijamin bersih.
Quote:Original Posted By jamesdjonatian â–º
Ane suka makan kangkung terutama cah kangkung buatan mama ane dan warung seafood yang ada di dekat kosan ane.Moga-moga aja cara memasaknya sudah benar dan Kangkungnya bagus-bagus.Ayo para penikmat kangkung, yuu kita jaga sungai kita.Jangan buang sampah sembarangan.Kalau ada pemilik perusahaan, minta di kelola limbahnya sampai sedemikian mungkin bebas limbah. Kangkung itu enak soalnya..Slurrpppp...
Quote:Original Posted By ndukkti â–º
kalo masih parno tapi suka banget sama kangkung mending tanem sendiri gan..gampang kok kalo kangkung darat tinggal tebar bijinya aja hidup, kalo kangkung air tinggal nyetek batangnya gan..

Mohon .... dong sperti agan ini nih
Quote:Original Posted By Managi â–º
Ini baru nice trit.. Sumber dari jurnal ilmiah..nice gan..ane rate 5 yah

kalo mau ngasih l juga boleh deh
Btw, yg copas trit ane trus nge-publish... pasti maho....
[color=white]kalo ketahuan , bakal gw bata deh
tp kalo copas utk jadi file pribadi aja silahkan ... itung2 jd pahala buat gw... hehe

Btw,dulunya trit ini isinya tentang lintah di kangkung yg masih hidup walau sdh masak... seperti agan yg komen ini
Quote:Original Posted By menone â–º
ada lagi gan... terkadang didalam dahan kankung ada lintah..... ada cerita seorang anak pecinta kangkung pek meninggal gar-gara sakit perut....setelah dioperasi ternyata diperutnya ditemukan byk lintah
Itu cenderung hoax karena gak ada referansi ilmiahnya.... maka saat itu jd pertarungan di batin ane... maka pada kesempatan ini ane perbaiki kesalahan ane nih.... eh Alhamdulillah malah jadi HT... jadi kalo ada yg bingung kenapa trit tahun 2010 bisa jd HT karena itu ya gan... [B]ane baru revisi trit ini 2 minggu yang lalu
contentnya berubah total gan versi lama dengan yg sekarang...dijamin bukan hoax karena sumbernya ilmiah... silahkan buktikan sendiri ya gan... in english lho
Quote:Original Posted By cheytacM200 â–º
Thread lama yg bisa bakalan HT kembali,dan parahnya ane juga baru tau tentang bahaya kangkung
Nah kalo komen dibawah ini... ini yg komentar utk trit ane yg versi lama (hoax)
Quote:Original Posted By edot88 â–º
udah ripost banget gan
gw baca itu waktu dulu di kaskus
Quote:Original Posted By kadhal.ijo â–º
kukang kangkung :
di Jawa gak ada lintah gan adanya cacing
masa dokter angkat tangan, buat apa sekolah klo buat menyerah :

karena banyak yg protes seperti agan2 diatas, ane jadi tertantang untuk mencari secara mandiri ke berbagai jurnal dan source valid lainnya.. jadinya trit ini seperti ini deh

jadi gak usah bingung lagi ya gan... kayak agan ini
Quote:Original Posted By elpass â–º
waduh trit ini tahun 2010 tapi ane taunya tahun 2013
baru nyadar ane kalo gak semua kangkung itu menyehatkan terutama karena proses penanamannya
berikut komen lainnya:
Quote:Original Posted By miya.pus â–º
pilih2 yang bagus kangkung nya gan
berdoa sbelum makan
insyallah berkah
Quote:Original Posted By eECaMp â–º
disunda namanya KANGkung
dijawa namanya MASkung
didaerah ane makassar namanya DAENGkung gan
kalo di medang BANGkung ..... ya gan
Quote:Original Posted By a.ditia â–º
ane sih udah tau dari lama gan.. secara nenek ane petani.... ane suka kangkung darat karena kalo di masak itu ga berair jadi bner" kering.. jadi enak aja gitu gan... kalo kangkung air keluar air gtu kalo di masak... dan ga kbyang kalo air yg keluar tuh air kotor

Quote:Original Posted By Trengganu â–º
Jadi takut nih mau makan kangkung
don't be afraid gan... let's be careful and keep healthy... wash it till completely cleaned and cook it done kita kudu cermat neh seperti kata agan ini:
Quote:Original Posted By iqbalthooriq â–º
waduh jaman sekarang milih sayur aja harus cermat ya gan
Quote:Original Posted By kuRRcaci â–º
wah ane suka sekali dengan kangkung
terus untuk bedainnya ketika udah di masak/ di hidangkan gimana? kan kita gatau
cuma bermodalkan menbaca doa saja sebelum makan jikalau begitu dong kan
ane bukan koki gan... jd gak tahu jg kalo udah terhidang gmn bedainnya...
mending ente bilangin ke yg masak... cuci bersih dan agar dimasak sampe matang... jgn mentah atau setengah mentah
terus ente cuci tangan yg bersih lalu benar tuh berdoa...
Quote:Original Posted By bianca.kaskus â–º
ah ane bismillah aja bro
teori yahudi mah apa jg bahaya
but tq sharenya
sebentar2 wahyudi...
ente yg enggak2 aja nih... punya akal dan pikiran mohon digunakan dong gan.. kan udah diperintahkan Allah SWT tuh di Alqur'an :
Alhamdulillah ane bukan wahyudi... tp ane msh berusaha utk make anugerah dari allah SWT utk berpikir....
Quote:Original Posted By dwigombretz â–º
tapi orang jaman dulu makannya sayuran dan sehat sehat gan
wallahu'alam gan kalo masalah sehat apa enggaknya
tapi nice thread
orang dulu makan kangkung dari air yg bersih... gak kayak sekarang... dimana2 pencemaran semua mulai dari udara (polusi), darat (sampah), air (aqua waste), hingga manusia ("sampah masyarakat")
Quote:Original Posted By justice06345 â–º
agan ini bikin treat kok melemahkan pedagang kecil orang beli kangkung pasti yang jual pedagang kecil
kenapa ga bikin treat tentang bahanya Hamberger, Kentuki, Pizza, minuman bersoda yang jelas-jelas terbuat dari bahan pengawet
dan Amerika kenapa ga bilang itu makanan berbahaya

setiap pilihan yg diambil pasti ada implikasi nya... pasti ada pihak2 yg dirugikan....
pertanyaan ane, agan mo pilih kelompok mana yg harus diselamatkan?
-banyak org2, anak kecil dan janin yg akan dilahirkan bakal keracunan
-atau pedagang sayur kangkung yg mengambil kangkung jualannya dari sumber air kotor ?
-pertimbangkan juga... korbannya nanti lebih banyak mana....org yg makan kangkung dari air kotor atau kelompok pedagang kangkung diatas ?
the choice is yours

btw, baca kesimpulan ane dong gan.. :
yg bahaya tuh kangkung air yg tumbuh di air kotor...dan kangkung yg tidak diolah dgn benar (tidak dicuci dan tidak dimasak matang)

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000005838987

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger