Home » » Musim Layangan, Masihkan Ditunggu Oleh Anak Zaman Sekarang?

Musim Layangan, Masihkan Ditunggu Oleh Anak Zaman Sekarang?

Spoilerfor sebelomnya: jangan lupa di yaa

semoga gak

Selamat Siang Gaaannnn

ane kebangun jam segini tiba tiba keinget tentang benda yang pasti dimainin sama semua anak anak bahkan orang dewasa hingga kini.

mungkin karena belakangan ane ngeliat banyak bocah yang main dan ngejar layangan jadi ane berasumsi bahwa uda masuk musim layangan kita akan ngebahas sedikit mengenai Layangan , mulai dari Sejarah dan fungsi awal layangan , jenis jenis layangan , festival layangan hingga semua hal hal dan hil hil tentang layangan yang sering kita mainin sehari-hari.

Duduk santai , seduh kopi , bakar udud and cekidot

Spoilerfor sejarah dan fungsi awal: catatan pertama yang menyebutkan mengenai dokumentasi permainan layang-layang adalah China.

Namun sebuah coretan di Goa Sugi Patani menggambarkan orang tengah bermain layang-layang di dekat pohon kelapa. Temuan ini menggoyang fakta bahwa layang-layang ditemukan pertama kali oleh bangsa China pada 2.400 tahun lalu. Sugi Patani adalah satu dari belasan goa yang ada di Desa Liang Kabori, Kecamatan Lohia di Pulau Muna, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Spoilerfor ni gan coretannya:

fungsi awal layang layang itu sendiri diantaranya tahun 1847, membantu merentang kawat melintasi sungai Niagara antara AS dan Kanada, untuk membangun jembatan gantung pertama.

Sedangkan tahun 1800 hingga awal 1900-an, meteorolog memanfaatkan layang-layang kotak yang dilengkapi alat pengukur cuaca. Khususpada militer, selama "Perang Dunia II" (1939-1945) sekoci penyelamat dilengkapi layang-layang berantena radio untuk mengirim pesan SOS.

Dengan layang-layang pula pada tahun 1752, negarawan dan ilmuwan AS Benjamin Franklin berhasil membuktikan teorinya bawa petir itu bermuatan listrik.



Spoilerfor jenisnya:
ini jenis jenis layangan di dalam negeri










Spoilerfor festival layangan :
Festival Layangan di Bali
Festival layangan ini bertujuan untuk melestarikan tradisi yang ada di Bali, yaitu bermain layang-layang di sawah yang padinya telah dipanen sebagai ungkapan rasa syukur kepada Sang Pencipta atas berhasilnya panen. Selain itu juga untuk memupuk rasa kebersamaan dan gotong royong





Festival layang-layang internasional
festival layangan ini biasanya diikuti oleh peserta dari dalam negeri dan mancanegara. layang-layang yang diikutkan pada lomba adalah layang layang yang berbentuk 2 dimensi dan layangan sport.



Festival Layang Layang Laut Hitam
Festival layang-layang bertajuk 'Black Sea Kite Festival' digelar di Mamaia, sekitar 260 km sebelah timur Bukares, Rumania, 28 April - 1 Mei 2012. Sejumlah pecinta layang-layang dari berbagai penjuru dunia turut ambil bagian dalam acara tersebut. Salah satu di antaranya adalah Helmi Ginanti yang berasal dari Bali, Indonesia





nah sekarang kita mau ngebahas mengenai layangan yang sering kita mainin waktu kecil nih gan . ane mau ngakak sendiri kalau inget waktu kecil suka coko layangan. oiya coko itu kalau kita mau ngejar layangan gan , nih ada beberapa istilah dalam dunia percokon layangan, tapi yang ane tau aja gan

Spoilerfor nih: Coko/nyoko : suatu aksi yang dilakukan dalam mengejar layangan yang telah putus , contoh penggunaan "tong, kemaren gue nyoko layangan dapet 3 nih , lo dapet berapa?"




Spoilerfor nih gan: Singit : merupakan kondisi dimana layangan dalam keadaan tidak setabil. biasanya layangan yang begini susah untuk diterbangkan , jika sudah terbang pun cukup culit dikendalikan
Manteng : kebalikan daripada singit . dalam kondisi ini layangan sangat mudah dikendalikan .

Spoilerfor gan nih gan: Gelasan : nama jenis benang yang digunakan dalam menaikan layangan. benang ini cukup diandalkan dalam mengadu layangan saat diudara , karena sangat tajam . agan agan yang mau menggunakan benang ini , harus hati hati , jangan sampai tergores di tangan.
jaman ane kecil ini benang cukup mahal gan (buat ane)
Kenur/senar : ini jenis benang yang digunakan dalam menaikan layangan juga gan , tapi jika diadu sama gelasan , jelas benang ini kalah. harganya hampir sama ama gelasan tapi dapetnya lebih banyak gan.

gelasan

tali kenur


Spoilerfor nigan: Betot : menarik layangan dengan tiba tiba
Ulur : melepas benang layang untuk selanjutnya ditarik lagi , biasanya kalau lagi ngadu layangan teknik mengulur layangan lalu di Betot cukup ampuh gan.


Spoilerfor gan gan : Bandring : aksi dimana ketika sedang nyoko layangan , lalu layangannya nyangkut di (misal: genteng), jadi ikat batu ke benang , lalu mengaitkannya ke benang yang menjuntai dari (ex: genteng ke pohon) untuk selanjutkan menarik benang tersebut sehingga dapet layangannya gan.

baru segitu gan yang ane inget , buat agan agan yang mau nambahin boleh kok gan.

Spoilerfor pesen TS: tapi ane jadi miris kalau liat anak anak jaman sekarang yang lebih seneng main leptop , gadget , PS , dan sebagainya ketimbang main di luar .

tapi kalaupun mereka main diluar , sekarang uda sedikit banget lahan yang bisa digunkan untuk bermain . banykan gedung dan jalanan gan. lapangan deket rumah ane yang biasa dipake main layangan bareng aja uda jadi Cluster gan.








Spoilerfor buka gan:
ane gak nolak
ane cuma sedikit mengulas masa kecil kita aja gan

Spoilerfor sumber:
wikipedia.com
http://www.acityawara.com/Detail-131...ang-muna-.html
picture : Mbah google dan Vivanews

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/526206dcbe29a000228b456d

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger