Home » » Mengenal Padang Pasir di Jogjakarta

Mengenal Padang Pasir di Jogjakarta




AKHIRNYA ANE HT JUGA GANNN
HT PERTAMA ANE NIH




THANKS TO KASKUS, AGAN DAN SISTA
YG MEMBUAT THREADS INI MENJADI HT


JIKA BERKENAN
Quote:

JANGAN LUPA
Quote:"http://s886.photobucket.com/user/notheroeszero/media/tributte%20to%20web/5062474_20130911114744_zpsdfd01cb2.gif.html" target="_blank">

MAAF ANE TIDAK MENERIMA
Quote:

KARENA KITA SEMUA CINTA KASKUS



Quote:PADANG PASIR RI JOGJA???

QUESTION
1. EMANG ADA?
2. DIMANA?
3. DI INDONESIA? DI JOGJA?
4. KOK GAK PERNAH DENGER??


Itulah kata-kata yg akan keluar PERTAMA ketika melihat keindahan dari Gumuk ini. Terutama bagi yg belum pernah mendengar nama "GUMUK" atau bagi yg belum pernah melihat.

Gumuk ini sendiri pernah di pakai untuk keperluan VIDEO CLIP MUSIK dari penyanyi solo wanita yg bernama AGNES MONICA.


Quote:PENJELASAN SINGKAT

Spoilerfor gumuk pasir jogja:

Gumuk Pasir Parangkusumo atau Padang Pasir Parangkusumo ini menjadi fenomena alam yang terbentuk oleh endapan pasir dan memiliki bentuk yang sangat indah. Gelombang angin terbentuk di permukaan pasir menyerupai aliran air. Sungguh cantik permukaan alam ini. Gumuk Pasir yang terbentuk di permukaan pasir ini berasal dari embusan angin pantai. Wajar saja karena lokasi Gumuk Pasir terletak di sepanjang Sungai Opak sampai Pantai Parangtritis, Yogyakarta.

Banyak wisatawan yang berkunjung ke Gumuk Pasir negatakan bahwa gumuk pasir ini sangat mirip dengan gurun pasir Sahara yang berada di Afrika. Banyak sekali wisatawan yang beburu foto di lokasi ini. Selain itu, penduduk sekitar juga menyewakan kuda untuk mengellingi Gumuk Pasir seperti halnya di Gurun Sahara, Afrika. Dengan adanya Gumuk Pasir ini Indonesia boleh bangga dengan alamnya yang indah dan penuh dengan kejutan. Gumuk Pasir juga menambah pesona wisata ditawarkan oleh Jogaja untuk wisatawannya

Quote:Jika Anda ke pantai parangtritis, jangan lupa sempatkan mampir ke gumuk pasir parangkusumo, selain fenomena alam yang indah, keunikan wisata ini jarang ditemui di tempat manapun. Di lokasi ini sering juga dijadikan tempat foto pre wedding karena keunikan dan keindahan pemandangannya. jika mampir kesini sebaiknya pilih menjelang senja agar bisa lebih menikmati view sunset yang indah. dan menjelang malam anda juga bisa mampir di pantai depok untuk menikmati sajian kuliner ikan laut bakar, yang tidak jauh dari gumuk pasir parangkusumo ini.

Quote:Original Posted By satu kata dari ts â–º
JOGJA MEMANG ISTIMEWA

sumber

Spoilerfor gumuk pasir parangkusumo, jogja:





Spoilerfor gumuk pasir parangkusumo, jogja: DIPAKAI UNTUK SANDBOARDING JUGA







Spoilerfor gumuk pasir parangkusumo, jogja: DIPAKE UNTUK PREWEDD JUGA









ADA KASKUSER YG UDAH MELANCONG KESANA LHOO

Quote:Original Posted By VoiceOFAngeL â–º
Tgl 23 April 2012
siang - siang gan panas banget ~ bareng keluarga

Spoilerfor Pict:





BERHUBUNG ADA AGAN KASKUSER YG POSTING FOTO NYA WAKTU DI GUMUK,
ANE MAU SHARE WAKTU NGERJAIN PHOTO PREWEDD DI SANA


Spoilerfor prewedd gumuk:






Quote:TERNYATA BLM BANYAK KASKUSER YG UDAH PERNAH KESANA

Quote:Original Posted By deliciooshop â–º
ane dlu sering kesono gan klo lg stress n pngen nyari susana tenang
sore hari disono, menendiri sambil bawa amunisi es kelapa muda

Quote:Original Posted By fazrrr â–º
wah iya nih gan. ane regional jogja, dan asli ini emang mantep banget buat video/foto.

Quote:Original Posted By syva.hate â–º
agan tau ga jalan kecil antara parangkusumo ama pantai grogol? ane temen ane pernah apes gan disitu ban motornya bochor . akhirnya ada yg warga liat karena nyari tambal ban jauh akhirnya ban dicopot motor ditinggal deket padang pasir itu gan

Quote:Original Posted By QueenLaReine â–º
udah pernah kesana gan
dulu waktu ane ujian pencak silat
seriusan di jemur dari jam 7 sampe jam 11 siang
keren asliii deehh

Quote:Original Posted By bayborland â–º
Wah udah jadi obyek wisata ya gan?

Ane dulu pernah bikin videoklip band ane di situ, tahun 2007an kalo gak salah inget..
Ane lagi cari-cari lagi file videonya, ilang



UPDATE 1

Spoilerfor update: Gumuk Pasir merupakan fenomena alam yang terbentuk akibat pergerakan angin. Angin membawa pasir-pasir dari material vulkanis Gunung Merapi. Pasir ini terbang ke arah laut kemudian menyatu dengan air dan menjadi pasir halus. Proses ribuan tahun membuat pasir-pasir halus terbentuk menjadi bukit pasir seperti bisa dilihat kini.Masyarakat sekitar mengira Gumuk Pasir hanyalah fenomena alam biasa. Padahal, banyak ahli geologi dan geografi yang datang ke Gumuk Pasir untuk meneliti fenomena tidak biasa ini. Gumuk Pasir selain menjadi tempat wisata, kini juga menjadi pusat penelitian. Bahkan, Gumuk Pasir rencananya akan dimasukkan ke daftar Situs Warisan Dunia UNESCO WORLD HERITAGE.

Kenapa bisa masuk UNESCO World Heritage??

Karene Gumuk Pasi hanya dapat di temukan dan satu-satunya di Asia Tenggara.

Dari Yogyakarta menuju Gumuk Pasir memakan waktu kurang lebih 45 menit.
Kini di Gumukpasir anda bisa bermain ski pasir,dari ketinggian sekitar 20m anda bisa meluncur sepanjang 200m dengan papan seluncur.
Jangan takut jatuh,karena jika anda jatuhpun tidak sakit karena pasirnya sangat halus,dengan helm dan pengaman siku anda akan aman meluncur.
Untuk menikmati sandbording di Gumukpasir anda cukup merogoh kocek:

Budget : 200rb/orang (minimal 6 orang)
Durasi : 2jam ski

Fasilitas:
1. Papan seluncur
2. Helm
3. Instruktur
4. P3k
5. Softdrink
6. Sudah termasuk tiket masuk wisata

Berikut proses terbentuknya GUMUK PASIR :

Berikut proses terbentuknya Gumuk Pasir Parangtritis :

1) Proses terbentuknya gumuk pasir di parangtritis berawal dari Gunung Merapi yang bererupsi atau mengeluarkan material vulkanik. Material tersebut berupa awan panas beserta debu, pasir, lahar panas, lahar dingin, dan batu- batuan mengalir ke sungai- sungai yang berhulu di merapi, seperti sungai bedog, boyong, opak, gendol, dll. Sungai- sungai yag membawa material vulkanik berkumpul membentuk suatu daerah aliran sungai dan menuju ke muara Opak.

(Gunung Merapi --> Material vulkanik Gunung Merapi --> Material vulkanik terbawa aliran sungai --> Sungai opak)

2) Sampai di muara, material sungai tersebut dihantam ombak laut selatan yang menggerus pasir menjadi butiran pasir halus. Deburan ombak dapat mengubah pasir menjadi butiran sangat halus berukuran 0,02 mikron, sehingga mampu diterbangakan oleh angin dengan kecepatan 2 m/s.

(Muara sungai Opak--> Timbunan pasir yang sudah halus)

3) Aktivitas ombak dalam pembentukan gumuk pasir tidak terhenti sampai di sini saja. pasir halus yang sudah terbentuk tadi kemudian diendapkan menuju ke tepi pantai. Sesampainya di tepi pantai, pasir yang basah tersebut mengalami pengeringan secara terus- menerus oleh matahari. Pasir yang kering terbawa tiupan angin menuju daratan..

(Pasir mengalami proses pengeringan)

4) Pasir yang terbawa angin mengendap di daratan secara terus menerus. Endapan semakin banyak dan berkembang menjadi gundukan- gundukan pasir. Gundukan ini kemudia disebut Gumuk Pasir (bukit pasir). Gumuk pasir yang terbentuk memiliki ciri khas sesuai arah hembusan angin. Adanya bukit karst yang terletak di sebelah timur parangtritis menyebabkan hembusan angin dari arah tenggara lebih kuat, sehingga pola gumuk pasir menghadap ke arah tenggara.

(Endapan pasir--> Endapan semakin bertambah banyak-->Gumuk pasir)


UPDATE 2

Quote:AKSES JALAN KE GUMUK PASIR
Dari manapun arahnya, pergilah kearah SELATAN dan menuju JALAN PARANGTRITIS dan ikutilah jalan tersebut hingga sampai pada PEMBAYARAN LOKET MASUK PARANGTRITIS,sebelum loket pembayaran tiket lihat sebelah kanan dan BELOK KANAN. Ingat, TIDAK MASUK KE LOKET, setelah itu ikutilah jalan utama, hingga sampai pada PEMBAYARAN LOKET KE PANTAI DEPOK,sebelum sampai tempat loket lihat sebelah KIRI JALAN,terdapat belokan, dan beloklah. Tinggal lurus dan sampai.

JL.PARANGTRITIS >> SEBELUM PINTU LOKET MASUK PARANGTRITIS PAS >>> BELOK KANAN >>> LURUS >>> SEBELUM LOKET MASUK PANTAI DEPOK PAS >>> BELOK KIRI >>> GUMUKK

SELAMAT MELANCONG

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/5252d17f3f42b24b16000004

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger