Home » » Tips Menabung ala Mahasiswa Versi Agan Ini

Tips Menabung ala Mahasiswa Versi Agan Ini

[Tips] Susah Nabung Gan? [WAJIB MASUK]

Tips MENABUNG Ala MAHASIWA
Quote:SEMOGA KAGA , soalnya Ane Mikir Sendiri. mungkin rada2 mirip ama yang laen.
Quote:Asalamu'alaikum Wr. Wb
Quote: KASKUSER yang baik meninggalkan JEJAK YANG APIK
Biasakan BUDAYAKAN , kalo THREAD jika berkenan

Quote:DI SImak yah gan,

Quote:Simulasi nya ane aja yah gan, biar kaga ada yang Tersungging .
ane Mahasiswa di Universitas ABC, ane nge kost di kota EFG, orangtua ane ngirimin uang setiap bulannya itu Rp. 500.000.
Quote:-----kita ambil paitnya aja yah gan , namanya juga tips dari yang enak biar jadi enak ----.
Rp. 200.000 untuk bayar kost2an, Rp.300.000 buat Uang jajan.

Quote:nah dari agan2 ini pasti ngomel nih "Gila bener 500rb doank dikasihnya, kaga bisa gw mah idup begitu!!:angry". sabar oke gan sabaaaarr .
kan 200.000 udah buat kost2an tuh, ane juga mikir gan, 300.000 itu kan Jajan selama sebulan yah, masa iya sih ane 10rb perharinya . Belom lagi kalo misalkan ane mau ngapelin pacar ya kan gan , jaman sekarang kan kudu yah, namanya laki punya gengsi . belom lagi kalo misalnya ngajakin nonton, makan bareng de el el, masa harus cewe ane yang bayarin yah gan .

Pengennya sih minta lebih ke ortu, tapi ga tega gan (ceritanya yah gan ), ane otak atik otak ane . . . dalam hati mah berkata " apa yang harus ane lakuin kira2, kalo ane harus ngencengin ikat pinggang ane ?" . . .

Quote:Ahaaaaaaa!!!! *kek di pilem2 gan, ada lampu2 nya diatas kepala ane . .
ternyata kalo dipikir2 berarti ane kudu nyisihin uang 300rb itu tuh buat kebutuhan sehari2 ane. >.< . . .
tanya2 ke orang2 keuangan + ane juga anak keuangan jadi rada sedikit tau tentang ngatur uang kwowkowkow.
yang ane lakuin adalah "Bagaimana mengatur jumlah pengeluaran dari pemasukan yang seminimal mungkin"

Quote:Quote:TIPS and TRIK nya nih gan:
Spoilerfor TIPS1: Quote:1. membuat Daftar Pengeluaran
ane Bagi pengeluaran tersebut menjadi 2 Bagian gan, Pengeluaran Wajib dan Pengeluaran Tidak Wajib.

Spoilerfor TIPS2: Quote:2. ane buat Anggaran Pengeluaran Bulanan.
Contoh :
a.PEMASUKAN =
b.PENGELUARAN WAJIB, terdiri dari:
-Tabungan
-Biaya Kost2an
-Transportasi
-Makan
-Belanja Bulanan
-Buku & Alat Tulis
-Busana
-De el el . .
-Total.........(ane batasin gan, ga boleh lebih dari 400rb pokoknya.)
b.PENGELUARAN TIDAK WAJIB, terdiri dari :
-Telepn
-Warnet
-Beli koran (optional gan wkowkwo, ane biasanya koran yg ada di kampus aja)
-rekreasi/pacaran <<eewww . . .
-Total . . . .(gak Boleh dari 100rb ane patoknya wkowkwokw. mampos mamposs) biar maksudnya pas aja sih

Spoilerfor TIPS3: Quote:3.Gunakan Sistem Amplop(ini ane anggep biar terkontrol aja, tapi kalo uangnya cash yah gan. ).
kasih nama PENGELUARAN WAJIB, 1 biji, dan PENGELUARAN TIDAK WAJIB 1 biji. masing2 1 amplop aja gan, ga usah banyak2 ntar dikira mau pawai kondangan .

Spoilerfor TIPS4: Quote:4.POS kan Masing2
kan ane ceritanya menerima uang kiriman nih gan yah jadi pas dapet langsung tuh agan masukin yah ke masing2 amplop sesuai nama dan jumlah anggaran nya. Setelah itu Buat lagi nih gan Amplop Pos Pengeluaran. PRIORITASkan yah gan PENGELUARAN WAJIB DULU, Kalo ane Amplop Tabungan dulu gan. biar bisa beli roda sepeda , abis itu bayar kostan dan yang lainnnya, menurut PRIORITAS agan. . pokok nya beli amplop lagi buat pos pengeluarannya. (pokoknya mah biar kagak kecampur aja sih gan)

Spoilerfor TIPS5: Quote:5. POSkan TabunganUntuk Amplop Tabungan ane mulai dari 10rb s/d 50rb. biar kecil, kalo lama2 jadi gede, namnya juga Tabungan gan, investasi jangka panjang nah kalo udah terbiasa nabung itu enak gan ternyata. Nanti nya bisa jadi Fungsi Tabungan kita buat di Rekening, Salurin deh tabungan Manual kita ke tabungan elektrik di Bank DD biar kaga di gigitin Tikus gan duit nya

Spoilerfor TIPS6: Quote:6. PRIORITASkan.Kalo andaikan ada anggaran wajib yang belom digunain ato kaga abis gan, ane gak maen abisin buat pake PENGELUARAN TIDAK WAJIB gan. ane sisihkan ke Tabungan. biar belajar jadi Investor juga

Spoilerfor TIPS7: Quote:7.ini juga penting gan, PENDAPATAN TAMBAHAN, MAHASISWA pasti banyak kreasinya. Walopun ane cuma dikasih 500rb, ane berusaha menyewakan jasa ane ke oranng2 untuk dilayani (maksud ane, ane ngajarin anak2 SD gan , pripat pripat gitu ). ane Yakin nih agan2 sekalian punya banyak keahlian, salurkan keahlian agan dan jadikan itu penghasilan agan kalo gini kan jadi gak terlalu memberatkan orangtua, dan bisa jajanin si Pacar juga ya gak gan ??

Quote:Nah Sekian dari ane yah gan, Semoga bisa diterapin di kehidupan agan2 yang sengsara . . .. eh maksudnya yang sehari2. itu cuma simulasi, agan bisa nyoba dan di sesuaikan dengan budget agan masing

Quote: Selamat MENCOBA

Tambahan/komeng baik dari yang laen :P
Quote:Quote:Original Posted By appleipad3gwifi â–º
klo ane pke sistem kek ts pura dpet dkit duit jajan .
misal ada duit 150 seminggu ane pura* 75rb gan jdi hemat
Quote:Original Posted By k4rman â–º
kalo gk mau nabung...perbanyak infaq dan sadoqoh gan...!! sama banyaknya duit kita..lebih banyak yg berinfaq malah..!!! buktikan..

Quote:Original Posted By kurunai â–º
buat juga catatan keuangan gan, ane nyonto emak ane
tiap pengeluaran dicatat tiap harinya, nti tiap bulan direkap
sesekali di cek, kenapa pengeluaran berlebih dan bagian mana yang bocor
klo males nyatat pake buku kas, excell udah canggih tu, bisa langsung keluar kredit ama saldo duit kita
Quote:Original Posted By zeemey â–º
klo ane pake teknik lupa ga punya duit.. merasa punya 50k tp sebenernya punya 100k
Quote:Original Posted By fth.owner â–º
50rb aja ane cukup buat sebulan.
Caranya sih sama kaya ts buat daftar pengeluaran & pemasukan.
Ditambah ga pernah makan diluar makannya dirumah..

Kalo mau jajan paling buat beli pulsa + minum aja buat nongkrong nongkrong

Kalo laper? Ya pulang makan


Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/50e24d4ce574b45240000025

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger