Home » » Cara Memilih Telur yang Baik Untuk Dikonsumsi

Cara Memilih Telur yang Baik Untuk Dikonsumsi



Pernahkah agan mau memasak telur, kemudian ternyata telur yang akan kita masak sudah aneh baunya, sudah tidak segar lagi bukannya masak yang ada kadang mood masak jadi hilang

Nah, ternyata ada cara untuk memilih dan membedakan telur yang segar, baca aja tips-tips di bawah ini...

Quote:Memilih telur yang baik itu mudah

Bagaimana cara memilih telur yang baik untuk dikonsumsi? Ada beberapa cara sederhana memilih telur yang baik.

Berikut ini adalah daftar tips yang harus kita ketahui untuk mendapatkan telur dalam kondisi bagus;

Quote:Periksa cangkang atau kulit telur

Kondisi cangkang telur yang baik dan tidak retak menjamin bagian dalam telur tetap terlindung. Selain itu, telur yang masih bagus dan segar biasanya memiliki sejumlah butiran-butiran (kecil) menonjol pada permukaannya. Telur yang baik akan terasa lebih kasar saat diraba.

Namun bagian kasar pada kulit telur bukan jaminan, karena pada beberapa negara, misalkan di Amerika atau Norwegia, telur harus dicuci sebelum dipasarkan. Proses pencucian ini seringkali mengikis kulit ari dari cangkang telur dan butiran-butiran tersebut.

Yang penting adalah pastikan bahwa telur itu bersih dan butiran kecil yang terdapat pada cangkang bukan kotoran yang menempel dari peternakan. Karena kotoran yang terbawa akan meningkatkan jumlah bakteri salmonella yang menjadi salah satu faktor penyebab keracunan makanan.

Memeriksa cangkang merupakan cara paling cepat untuk mendapatkan kondisi telur yang baik.

Spoiler for penampang kulit telur menggunakan mikroskop
Penampang kulit telur diperjelas menggunakan mikroskop elektron. Bagian bawah gambar adalah bagian luar


Quote:Cobalah mengguncang telur

Saat diguncang, telur yang bagus tidak akan mengeluarkan suara. Hal ini disebabkan "ikatan" antara putih dan kuning telur masih dalam kondisi baik.

Putih telur yang bagus, lebih kental dibandingkan putih telur yang sudah rusak atau sudah lama. Tingkat kekentalan inilah yang membuat telur yang baik tidak berbunyi saat diguncang. Sebaliknya, saat mengguncang telur yang rusak, akan terdengar suara khas dari dalam cangkang.

Hal ini disebabkan telur yang rusak, bagian putihnya lebih encer dan tidak lagi "mengikat" kuning telur dengan baik. Telur yang rusak juga cenderung memiliki rongga udara lebih luas didalamnya.

Mengguncang telur menjadi cara paling efektif memilih telur ketika membeli dan saat akan menggunakan telur sebagai bahan masakan.

Spoiler for ragam warna telur ayam
Beragam warna telur ayam


Quote:Rendam di dalam air

Ketika di rumah, kita bisa memastikan kualitas telur lebih seksama dengan merendam telur pada wadah berisi air dingin (suhu ruang).

Spoiler for cara menguji kesegaran telur
Sebuah cara memilih telur yang baik

  • Telur yang baik akan tenggelam dengan posisi rata saat direndam (D).

  • Telur yang sudah seminggu akan tenggelam dengan posisi miring, sedikit terangkat pada bagian rongga udaranya (C).

  • Demikian pula pada telur yang sudah berumur dua hingga tiga minggu, posisinya akan hampir tegak lurus karena meluasnya rongga udara di bagian dalam (B).

  • Hindari mengkonsumsi telur yang mengambang saat direndam, karena telur tersebut sudah rusak (A).


Memilih telur dengan cara ini dapat membantu kita mengatur prioritas penggunaan telur bila kita menyimpan stok telur dalam jumlah banyak.


Telur hidangan favorit keluarga

Telur termasuk daftar bahan makanan hewani favorit dalam keluarga. Alasannya sederhana, selain harganya jauh lebih murah dibandingkan sumber makanan hewani lain seperti daging atau ikan; telur juga dapat disajikan dengan cepat saat dibutuhkan. Baik itu dalam bentuk telur rebus, telur ceplok dan telur dadar atau omelette.

Salah satu dari tiga bentuk sajian sederhana berbahan dasar telur yang telah disebutkan sebelumnya bisa jadi termasuk salah satu menu favorit anda untuk sarapan pagi.

Telur juga menjadi bahan utama atau pelengkap pada banyak ragam kue dan roti. Dengan menggunakan kualitas telur yang baik, mengolahnya dengan baik pula pada setiap sajian makanan, maka secara tak langsung kita telah membiasakan diri untuk hidup lebih sehat dengan cara yang sederhana.

sumber

UPDATE DARI KASKUSER

Quote:Original Posted By PusatDistribusi â–º
telur yang bagus itu kuningnya agak orange

telur biasa kuningnya kuning biasa atau kuning pucat


coba sekali2 agan beli telur vegetarian / telur rendah kolesterol / telur omega 3 deh dan bandingkan dgn telur biasa, cangkangnya biasa lebih keras dan kuningnya lebih orange dibanding telur biasa

nutrisinya beda, karena telur biasa ayamnya di kasih makan asal2an



Semoga bermanfaat

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/5395e6696c07e72e188b46ef

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)