Home » » Perbandingan Kampus Negeri dan Swasta di Indonesia

Perbandingan Kampus Negeri dan Swasta di Indonesia





Quote:

Mending pilih mana? Kampus Negeri atau Swasta?
Cieee... yang mau menjadi calon mahasiswa lagi pada galau ya... galau milih kampus yaaaa.... galau soal prefer yang Negeri atau Swasta ya...

Yups! mungkin buat agan/sista semua yang di tahun ini lulus UNAS 2014, tidak bisa bernafas plong, pertempuran kalian bukan hanya berhenti di UNAS saja sob, tapi apabila kalian masih ingin melanjutkan pendidikan, ada pertempuran lagi, untuk mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi.

langsung pada point aje ye, ane akan memberikan gambaran buat agan/sista semua dalam menentukan kampus mana yang cocok buat kalian semua.


Quote:Quote:

Nah kalau soal ini kalian pasti kalian sudah dari awal memikirkannya, biaya kuliah merupakan sebuah tenaga atau bensin dalam perjalanan perkuliahan kalian dari awal menjadi mahasiswa baru hingga menjadi mahasiswa basi.
Untuk sekarang harga biaya perkuliahan kampus Negeri atau kampus swasta sangat bervarias , ada yang lebih murah kampus Negeri karena didukung oleh pemerintah dalam hal subsidi pendanaan atau yang justru lebih murah kampus swasta.

Tapi menurut pepatah Jawa bilang, "Rego nggowo rupo" atau Harga membawa kualitas.

So, kalian ga mungkin demi masa depan kalian semua, kalian harus menempuh pendidikan yang tidak sesuai kualitas, atau dibawah standar kualitas yang ada.

TIPS : Berikutnya yang perlu kalian perhatikan adalah sistem biaya di kampus Negeri atau Swasta yang akan kalian pilih, apakah pembayaran berbasis Satuan SKS (Sistem Kredit Semester) atau Per Semester (6 bulan) atau tiap periode tertentu (Bisa per bulan).

- Nah untuk sistem pembayaran berbasis Satuan SKS, tiap kampus berbeda gan harga per SKSnya, bisa 100 ribu per SKS atau lebih.
- Untuk Per Semester (6 bulan) itu sistem pembayaran yang sudah dipatok dengan besaran biaya tertentu, jadi kita ga dipusingkan lagi dengan embel" ini itu...
- Dan yang terakhir untuk periode tertentu, itu sistem pembayaran yang bisa per bulan atau tiap beberapa bulan tergantung dari kebijakan kampus yang membuatnya.

Kampus Negeri MENANG!!!


Quote:

Kriteria berikutnya adalah kualitas, yap benar sekali, ga mungkin juga kalian ga mempertimbangkan kualitas yang dimiliki kampus yang akan mengisi kehidupan galau kalian nanti

Berbicara kualitas memang hal muthlak gan, kenapa? kualitas kampus berdampak penting buat kalian nanti setelah lulus, entah kalau ga DO

Kalau masalah kualitas, ini pertanyaan yang agak susah. Kenapa? Karena susah menilai kualitas. Kita selalu berbicara mengenai kualitas, tapi kualitas selalu diukur secara kuantitatif. Menilai kualitas tidak bisa mempercayai IPK semata. Tapi begini saja. Menurut pengamatanku, kebanyakan mahasiswa negeri lebih condong ke arah teori, sedangkan swasta lebih berorientasi ke pekerjaan atau soft skills. Kebanyakan universitas swasta mengajarkan mahasiswanya agar bisa mencari pekerjaan nanti, sedangkan universitas negeri lebih berpikir untuk mengarahkan mahasiswanya menjadi peneliti.

TIPS : Cara mudah untuk melihat kualitas kampus adalah dengan mencari sumber dari teman atau kawan yg menjadi dedengkot di kampus tsb, atau cek peringkat "AKREDITASI" kampus bersangkutan di Internet!

Kampus Negeri = Kampus Swasta DRAW!!!


Quote:
Ini juga tidak kalah penting, bukan hanya biaya dan kualitas saja yang harus kalian semua pantengin, tapi jenis juga wajib hukumnya kalian pilih, why?

Kampus di Indonesia banyak gan, ada yang Institusi / Institut, Politeknik, Universitas, dan Akademi? Nah lo tambah puyeng kan

Tapi mayoritas yang dipilih umat" pencari masa depan adalah the big Three guys, Institut, Politeknik, dan Universitas.

TIPS: Gampang banget mengetahui kampus pilihanmu berjenis kelamin apa, yang pertama adalah dari nama yang disandang kampus yang akan kalian pilih, dimana" Jenis kelamin ditaruh didepan, contohnya ; Institut bla bla bla, Politeknik bla bla bla dsb...

Nah sekarang tinggal kalian semua gan, mau kuliah yang lebih menjurus atau yang universitas? bingung?

Kuliah menjurus itu kuliah yang terkhusus pada bidang atau ilmu tertentu, semisal kampus ITS, ITB, IPB dan Politeknik Negeri atau Swasta.

Sedangkan yang lebih Universal semisal Universitas Indonesia, Unibraw, Unair dsb

Kampus Swasta MENANG!


Quote:

Menurut Kompas, banyak fresh graduate kesulitan mencari kerja karena sebelumnya tidak mempunyai pengalaman kerja atau skill yang dicari oleh perusahaan. Hal ini yang menjadi daya tarik universitas swasta, yang memang mempersiapkan mahasiswanya menjadi tenaga kerja andal.

Apabila anda lebih memilih universitas negeri, maka anda lebih diarahkan untuk melanjutkan studi anda lebih tinggi. Masalah pekerjaan, universitas negeri sekarang biasanya memiliki semacam career center sebagai tempat tukar info mengenai dunia kerja. Namun, universitas swasta umumnya lebih banyak punya koneksi dengan perusahaan-perushaan terkemuka. Jadi, dalam hal perekrutan kerja, universitas swasta lebih menang.

TIPS : Gampang saja. Jika anda ingin kerja, masuklah swasta. Karena biasanya universitas swasta lebih mempersiapkan anda untuk memasuki dunia kerja dengan segala training dan pembekalan yang anda terima di sana.

Kampus Swasta MENANG!!!

Quote:Kuliah di kampus ternama memang membanggakan guys, apalagi status sebagai mahasiswa melekat turut membuat kamu kamu beken, bukan anak putih abu-abu lagi..
Tapi semua itu juga bisa tercapai dari dalam diri kalian semua, seberapa hebat perjuangan kamu kamu agar diterima di kampus Negeri atau Swasta impian kalian semua.

Spoiler for SUMURhttp://keepo.me/versus-channel/mendi...ri-atau-swasta




Bagi yg sudah ISO alangkah indahnya berbagi

Buat yg belum ISO bantu

Haram hukumnya kalo udah masuk tanpa komeng

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/53ae6b000d8b46b1148b45ff

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)