Home » » Tips Menolak Teman yang Sering Berhutang

Tips Menolak Teman yang Sering Berhutang






Spoiler for no repost kok :D

Spoiler for pembukaanQuote:
Mungkin, sekedar mungkin, kalo mantan yang membawa cinta datang berkali-kali, kita bisa menerimanya. Apalagi kalo hati memang masih terkait. Duh, malah berpantun seperti menteri.

Nah, apa jadinya jika yang datang berkali-kali adalah temen yang hobinya berhutang? Ini menyebalkan. Bukan apa-apa, sudah berhutang, nominalnya besar, bayarnya lama, penganggurang pula. Lalu bagaimana cara menghadapinya?

Langsung aja ke TKP

Quote:Quote:1. Perhatikan Diri Sendiri
Spoiler for ilustrasi

Sebelum membantu orang lain, apalagi kasusnya adalah meminjam uang, coba untuk memperhatikan kebutuhan diri sendirititle="Big Grin"/>. Apakah dengan memberikan seseorang pinjaman, segala kebutuhan dan tagihan kamu sudah aman? Jika belum, maka lebih baik cukupkan diri, baru membantu orang lain. Jangan ragu untuk menolak, jika memang tidak bisa membantu.



Quote:Quote:2. Tagih Dulu Hutangnya
Spoiler for ilustrasi

Temenmu mau pinjem lagi sementara hutang yang lampau belum lunas? Kenapa gak kamu tagih dulu aja hutang terdahulu? Bukan apa-apa. Berhutang merupakan salah satu kegiatan yang paling mengasyikan. Cukup sebuah alasan klise, wajah agak kasihan, maka dapatlah dana segar. Urusan membayar? Kadang lupa. Karena itu, ingat-ingat lagi sudah berapa banyak kamu memberi pinjaman, dan tagihlah tanpa segan.



Quote:Quote:3. Tolak!Spoiler for gambar

Penolakan terjadi bukan hanya dalam kisah cinta. Dalam kisah hutang berhutang pun mahfum terjadi penolakan. Menolak seseorang yang berhutang tidak butuh alasan khusus kok. Jika memang kamu rasa kamu gak sreg untuk meminjamkan uang kepada seorang teman, ya tolak aja. Atau kamu udah tau kalo track record dia dalam dunia perhutangan buruk? Wah, malah lebih mudah menolak. Prinsipnya, lebih baik kamu keras kepada orang tersebut daripada kamu menderita karena uang yang gak bisa balik.



Quote:Quote:4. Ajak Bicara
Spoiler for ilustrasi

Pendekatan persuasif juga perlu. Ajak ngomong baik-baik, kasih tau apa kesulitan dari berhutang yang terlalu banyak. Bagaimana orang memandang seseorang yang suka berhutang. Dan tanamkan ke orang tersebut jika ingin selalu memegang uang ya dengan berusaha. Mungkin pada awalnya kamu akan dicap sebagai seseorang yang banyak omong. Namun percayalah, lebih baik banyak omong daripada hutang tidak kembali.



Kurang lebih sih begitu gan. Agak segan sih menolak orang yang mau berhutang, apalagi jika itu sahabat sendiri. Namun jika ternyata keadaan tidak memungkinkan, kita juga tidak memaksa, kan?

Quote:Kalo agan menyukai thread ane jangan lupa cendolnya ya

Kalo berkenan TS menginginkan

TS Menolak Keras

berikan TS komeng bermutu ya


Spoiler for Sumurnya gan !Sumur TS

Spoiler for bonus kaskuser:DQuote:Original Posted By sijayussâ–º
Bilang aja...

A: Sorry bro, gw ga ada duit lagi nih... ga bisa kasih kredit lunak lagi nih...
Q: Yah bro, kan bukannya kemaren sama2 ngecek atm, lo baru terima duit...
A: Itu udah ada alokasinya semua bro...
Q: Serius lo? Pliss laaah gw belom makan 1 tahun...
A: Ciyus bro... nih rinciannya mau gw bacain?
Q: Emang apaan aja?

A: Nih ya
Gw musti beli bekel makan 2 tahun
Nonton bioskop sama pacaran jg harus udah gw amanin
Beli motor model baru indent yg taun depan keluar
Beli Tank Leopard, eh gw mau beli Dhrone aja dah buat ngamanin NKRI, satelitnya tapi pinjem dulu
Beli banyak lagi dah

Q: Wanjeng, banyak duit lo?
A: Lah apa gunanya gw buka Rekening Sumbangan coba?!














Thread Supported By :


Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/53aa6828c0cb1751758b45ff

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)