Home » » Tips n Trik Kalo Agan Baru Mau Beli PS2 Sekarang

Tips n Trik Kalo Agan Baru Mau Beli PS2 Sekarang

Sore agan kaskuser sekalian.

Salam kenal dari ane

Kali ini ane mau share tips, hasil pengalaman saat akan membeli Playstation 2 pada weekend lalu di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta Selatan Bl** M.



Mungkin beberapa agan kaskuser sudah tau mengenai luar dalam bisnis jual PS (terutama PS 2) namun tidak ada salahnya jika saya share di mari, biar rekan-rekan yang awam seperti saya bisa lebih paham, karena jujur kemarin sebelum memutuskan beli PS 2 ane udah searching di internet, namun tidak info tips atau peringatan sespesifik ini.

Jadi sebelumnya fyi, awal bulan Februari Sony sebagai pemilik hak cipta dan merek Playstation menyatakan kalau Playstation 2 sudah tidak di produksi lagi, alias discontinue.
Hal ini bisa dimaklumi karena Sony belakangan sudah launch PS4, sama hal nya dengan OS Windows XP yang secara alami kegusur akibat kedatangan versi baru dari OS Microsoft.

Jujur ane dulu sejak kecil demen main game, dan saat kerja saat ini ane belakangan mutusin untuk beli consol PS 2 buat hiburan abis pulang kerja, pertimbangannya secara logika harganya pasti sudah murah dan banyak game-game favorit ane di PS 2, dan niatnya mau beli yang baru biar awet.

Jadi saat weekend ane meluncur ke salah satu pusat belanja yang ane sebutin sensor tadi, mendatangi salah satu toko game, tanpa ba bi bu langsung nanya harga PS 2 yang baru saat ini, oleh koko penjual dikasi tau harganya dikisaran 1.4 juta untuk PS 2 Slim, sudah dapat Stik 2, dan free 10 game. Seperti biasa ane nawar dulu, minta harganya dikurangin, tapi si kokonya kekeuh hanya mau kurangin 50ribu, sampai poin ini semua masih seperti biasa.

Trus ane tanyain ama kokonya, mengenai garansi, logikanya barang baru pasti ada garansi, kokonya jawab kalau garansinya 1 tahun untuk service dan 1 minggu untuk spare part, semuanya garansi toko, bukan Sony atau distributor.

Kontan ane langsung kaget, trus minta diperjelas, maksudnya gimana ni? dia jelasin garansi spart part jika kondisi optik atau part lain rusak, garansinya hanya seminggu, dan untuk garansi setahun itu hanya berupa servis non part seperti troubleshoot system, dan hal kecil lain yang sebenarnya user awam sebenarnya juga bisa benerin. Faktanya setau ane PS 2 lebih banyak penyakitnya di part.

Sampai sini ane mulai ragu, dan kokonya sepertinya tau kalo ane kalut, trus dengan gamblang dijelasin ama dia, kalo tipe PS 2 Slim yang barusan buatan Cina, cenderung kurang awet, maksimal pemakaian cuma 3 jam, kalo dipaksain bisa hancur optiknya.
Loh dalam hati ane, jujur amat.

Trus dia ngeluarin PS 2 Slim yang lain, dijelasin kalo yang ini buatan Jepang, lebih awet, bisa dipakai seharian, semua tipe kaset dvd bisa diterima, bisa play dvd. Dia jelasin beda ama buatan Cina tadi, cuma bisa pakai 3 jam, milih-milih untuk game dan tipe dvd, dan gak bisa play dvd movie.
Ane langsung tembak aja, berarti barang bajakan atau bekas dong, dia cuma ketawa dan jelasin lagi kalo sejak lama jual PS 2 di Indonesia hampir tidak ada barang original dari Sony, semuanya barang rakitan, hal ini awalnya sebagai treatment awal dari retailer PS 2 di Indo agar PS yang dijual bisa pakai CD bajakan.
Trus dijelasin kalo saat ini PS 2 dari toko itu dibagi jadi 2 jenis, pertama spare part baru tapi rakitan dan kedua spare part bekas dan dirakit ulang dengan casing baru dan box baru.
Itu makanya gak ada satupun toko penjual PS 2 yang kasi garansi Sony atau distributor, semua garansi toko, dia berani jamin kalo ada yg kasi garansi Sony itu bullshit.
Dia bahkan jelasin bahwa PS 3 juga berlaku sama, sambil nunjukin box PS 3 di dinding display toko, dimana ada perbedaan warna box PS 3 yang salah satunya adalah barang Cina yang kualitasnya jelek.

Dalam hati ane langsung kepikiran makanya garansi spart part nya cuma 1 minggu, mirip dengan garansi hp second.
Dan juga tidak ada buku manual dan kartu garansi layaknya barang elektronik umumnya, karena setau ane powerbank aja ada kartu garansi dan buku manual.

Trus dia jelasin lagi kalo PS 2 buatan dia asli Sony, yang buatan Jepang, namun harganya lebih mahal yaitu 1.7 juta. Glek dalam hati ane.
Perasaan harga 1.7 seperti harga PS 2 di tahun 2008.



Dengan fakta tadi ane uda mulai ragu dan mulai muncul niat utk membatalkan beli, terus karena penasaran ane nanya-nanya lebih lanjut, terutama soal PS 2 buatan Jepang yang diklaim asli, trus ane korek soal garansinya, namun lagi lagi si koko cuma berani kasi garansi spare part 1 minggu, dan tambahan kalo dalam penukaran rusak spare part 1 minggu casing atasnya ada yang lecet atau kegaris, garansi ditolak, hadehh

Walaupun PS 2 buatan Jepang ini diklaim bisa main seharian tanpa cacat, tapi kalo gak ada garansi sama aja boong, lalu untuk meyakinkan ane dia nunjukin perbedaan antara buatan Cina dan Jepang, baik dari besi di dalam casing, dimana buatan Cina terlihat kotor dan buluk, dan yang Jepang masi mulus.

Dalam hati ane sudah mulai kepikiran untuk mundur, trus dengan ngeles ane coba tawar yang Jepang seharga 1.5 juta, trik ini ane lakuin biar ane ditolak dan transaksi dengan lembut bisa di close.

Ane jujur gak mau ambil resiko dengan beli barang barang dengan latar belakang seperti itu, setelah ane cabut dari toko tadi ane masih sempetin samperin 1 toko game lainnya, secara singkat ane nanya harga, garansi, dan masa pemakaian PS 2.
Jawabannya sama, harga hampir sama dengan toko pertama, garansi spare part hanya seminggu, dan masa pemakaian hanya 3 jam. Meskipun penjual kedua ini tidak jelaskan secara gamblang seperti penjual pertama namun ane sudah bisa asumsiin kalo ini barang yang sama aja.

Dari titik ini, mood ane untuk beli PS 2 mulai redup, rasanya kalo dipaksain ane takut nyesel dengan kualitas dan background barang yang seperti itu, apalagi duit yang dikeluarin juga lumayan.
Setidaknya ane bersyukur tahu untuk fakta tsb, memang tidak ada ruginya loh jadi konsumen kritis, dan bawel.

Memang selayaknya sebagai konsumen kita lebih kritis smart dalam mempertimbangkan untuk membeli apapun, walau secara keseluruhan dari kasus ini tidak ada yang salah, ini balik lagi ke pertimbangan kita dalam pemakaian produknya dan kejujuran dan tanggung jawab moral penjual dalam menjelaskan secara detail barang yang dijualnya.

Mungkin beberapa dari agan akan menganggap hal tadi biasa saja, dan bukan jadi hal yg penting, tapi bagi ane, itu hal yang paling vital, dan semoga sebagai konsumen kita bisa lebih smart dalam menentukan hal yang kita beli.

Beberapa agan kaskuser mungkin ada yang bisa menanggapi pengalaman ane ini, sekedar second opinion, dan juga mungkin pengalaman ini bisa jadi tips untuk yang mau beli PS 2.

Berikut ada tambahan pengalaman dari agan kaskuser lain mengenai topik ini :

Quote:Original Posted By davidjocko â–º
Udah lama memang kayak gini gan, dari awal pertama PS2 muncul di Indo udah kyak gini.
Malah ada yang bilang klo SONY nggak pernah ngirim PS2 ke pasar Indonesia, jadinya semua PS2 yang ada di Indo itu KW gan, ini setau ane gan...
klo yg bnar2 ada asli/ori yha PS1 gan...


Aneh juga ya si Sony nya gak action, padahal potensi pasar indonesia utk consol game gede bgt
ini termasuk Aneh dalam perspektif bisnis, masak Sony dengan bodohnya membiarkan consol-consol bajakan menguasai pasar mereka, kalo game bajakan mungkin masih toleransi, tapi ini consol lho.
Banyangin berapa potensi kerugian mereka, padahal kemarin ada berita kalo Sony gugat perusahaan indonesia karena pake nama "VAIO" si laptop sony, jujur membingungkan

Quote:Original Posted By benkzcool â–º
Emng gtu gan, bnyk jg kok di glo*ok or itc cemp@k* m*s toko yg maen ky gtu, ps 3 jg gtu brng2 rekondisi..
tp pengalaman ane sih ya gan, ane bli ps2 taun 2010 hargany cma 1,1 jt udh dpt stick 2 kaset 10.. Alhamdulillah msh lncar jaya gan.. Cuma 2 blnan yg lalu power supplyny modar udh di ganti sih skrng.. Bisa dimaklumi sih soale yg maen ane sm ade ane jd klo diitung sehari ntu ps nyala bsa 5 jam-an..
saran ane teliti sebelum membeli n jgn under estimate sm brng gtuan jg, soalnya ya hoki2an jg.. klo hoki brng murah kualitas ori, tp klo sial yaaa anggep aja nasib gan

ane kepikiran bwt bli ps3 tp kyny mnding bwt merid deh uangnya

Iya sih gan, menurut ane semua tergantung user dan cara pakai, mau sony asli ori beli di jepang aja pun, kalo makenya gak bener bisa cepat rusak aja tuh barang, nice share gan

Quote:Original Posted By sultanaldiyans â–º
parahan malah nasib ane gan
ane beli ps3 yang refub asal china gan itu karena ane gak tau (sebenernya ane bisa bedain gan cumen pas di toko anenya sih manut manut ajah ama si penjaga tokonya waktu itu) nah ane abis itu coba cek no.serinya di box sama di mesin and eng ing eng ketahuan kalau ini refub karena nomor serinya beda sama yang di box dan di mesin udah malah yang beliin ortu ane sebagai hadiah ane mau bilang takut dimarahin gan . akhirnya dengan terpaksa ane mainin deh ps3 refubnya yang katanya cumen kuat sampe 4 jam (padahal setahu ane ps3 itu kuat sampe 8 jam) walaupun udah pernah muncul masalah sekali gan (layarnya tiba tiba jadi abu abu).


tapi untungnya ane punya ps2 slim yang ori hahaha sumpah gan barang ori ps2 itu emang awet (ane dulu beli ps2 dari tahun 2004tan gan) udah sekitar 11 tahun masih awet dan gress gan (padahal udah pernah rusak optiknya di usia ke 11 tahun ).



sekedar tips ajah nih dari ane kalo mau beli ps2 :
- jangan percaya gan sama toko toko yang jual ps2 dan bilang barangnya baru (itu bohong besar)
- jangan deh beli di tempat atau toko game yang sekarang gan pasti ps2nya udah dijamin refub atau kw tuh
- dan ingat tahun kemaren ps2 emang udah di berhentikan produksinya karena alasan mau launchingnya ps4 gan
- maka dari itu ente lebih baik beli barang second tapi ori (di fjb banyak yang jual gan )
- kalo mau cari ps2 second ori di kaskus coba deh cari di sini : http://m.kaskus.co.id/thread/0000000...tro-videogames

dan untuk yang mau beli ps3 nih ane ada tipsnya :
- ente lihat cara packinganya gan (untuk membedakannya silahakan cari refrensi di google)
- terus ente lihat gan no.seri di box sama di mesin sama apa enggak
- inget yah gan ps3 fat,slim (seri 1000 - 2000) itu udah gak diproduksi lagi oleh sony
- nah jadi kalo ente mau beli ps3 saran ane beli ajah yang slim seri 3000 atau super slim karena masih produksi
- dan ente jangan pernah beli ps3 yang seperti ane jelasin di atas (ps3 fat,slim seri 1000 - 2000)

nice share dan tips nya gan, semoga jadi pelajaran dan bahan masukan bagi yg lain

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/5310818918cb17911e8b456b

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)