Home » » Inilah Duo Pisang dari Makassar

Inilah Duo Pisang dari Makassar





Alhamdulillah, ternyata HT
Spoiler for HT

semoga tidak repost
Spoiler for garepost

kalo berkenan
Spoiler for Kalau BerkenanQuote:
Quote:
PISANG EPE'&PISANG IJO


Quote:
EWAKO!!
Kali ini ane mau sharing mengenai makanan khas didaerah ane... keduanya adalah makanan yang berbahan dasar pisang yup, pisang epe dan pisang ijo.... pisang epe/banana press merupakan pisang yang biasanya dari jenis pisang sepatu atau pisang kepok yang dipanggang di atas bara api hingga setengah matang kemudian di epe (dijepit.red) dengan semacam alat yang berbentuk plat seng atau apa saja yang bisa membuat pisang kepok bakar setengah matang menjadi berbentuk plat dengan sebagian isi pisang meluber keluar, kemudian pisang dipanggang lagi di atas bara api hingga benar-benar matang, sedangkan pisang ijo/green banana merupakan olahan pisang yang dibalut adonan tepung berwarna hijau, entah siapa yang memulai menyebut pisang ijo, namun nama ini menjadi terkenal dimana-mana dan menjadi penganan nikmat terutama pada saat berbuka di bulan Ramadhan
PISANG EPE
Spoiler for jangan ngiler
Pisang epe begitu populer di Makassar. Bahkan di pantai Losari, makanan ini menjadi ciri khas. Dinikmati sambil menikmati keindahan laut dan ditemani angin sepoi-sepoi. Harga seporsinya bervariasi, mulai dari Rp. 8.000 berisi 3 buah pisang epe yang lumayan mengenyangkan.

Dalam bahasa lokal, epe memiliki arti jepit. Setelah pisang raja dibakar, lalu dijepit atau dipenyet hingga lebih pipih. Untuk membuatnya, digunakan jenis pisang raja. Pisang raja dipilih karena memiliki aroma yang khas dengan rasa legit manis alami.

Pisang epe biasanya disajikan dengan lelehan gula merah di atasnya. Rasanya antara paduan manis legit di mulut. Namun kini resep ini sudah lebih dimodifikasi, karena selain gula merah, ada juga jenis saus lain seperti saus cokelat dan saus durian. Untuk taburan, sering ditambahkan keju, meisjes, ataupun kelapa sangrai di atasnya.

Karena rasa manis legitnya, pisang epe juga jadi makanan tradisional yang sering disantap saat berbuka. Apalagi jika tersaji hangat dengan aroma khas pisang raja berpadu dengan gula merah leleh. Nyam!

PISANG IJO
Spoiler for Jangan Ngiler
Es Pisang Ijo merupakan salah satu makanan khas dari Makasar. Sesuai dengan namanya, makanan ini dibuat dari bahan utama pisang yang kemudian dicampur dengan es serta bahan-bahan yang lain. Jadilah makanan bernama Es Pisang Ijo. Yang bikin penasaran adalah kata “ijo”nya. Dulu saya mengira bahwa Es Pisang Ijo ini terbuat dari pisang hijau yang dicampur dengan es. Tapi ternyata bukan. Kata “ijo”nya berasal dari tepung pembungkus pisang yang berwarna hijau.

Es Pisang Ijo ini sebenarnya dibuat dari beraneka ragam makanan. Dalam penyajiaannya pisang raja yang terbungkus kulit berwarna hijau ini dipotong-potong. Sekilas kalau dilihat, kulit yang berwarna hijau itu seperti kulit pisang sungguhan. Namun ternyata setelah dicicipi rasanya kenyal-kenyal. Untuk menambah kelezatan, di atasnya dituangkan saos seperti bubur berwarna putih. Kemudian diberi es serut yang bisa bikin “mak nyus”. Menikmati pisang ijo paling enak dicampur es dan sirop pisang ambon produksi Makassar, pada saat buka puasa atau pada saat siang terik di Pantai Losari Makassar. Apalagi dengan harga yang relatif murah , yaitu berkisar 5.000 - 9.000 rupiah. Makanan ini semakin bersahabat di kantong


beberapa gambar penyajian pisang epe dan pisang ijo (dari berbagai sumber)
Spoiler for buka














SUMBER
Spoiler for SumurQuote:
Pikiran Sendiri
http://food.detik.com/read/2012/10/1...-epe-sore-sore
http://daonlontar.blogspot.com/2013/...ai-losari.html
http://sekilasceritasaja.blogspot.co...isang-ijo.html
https://www.facebook.com/Lamonganku/...90012527784519
http://nerdyna.blogspot.com/2011/11/kerja-pr.html
http://mediapublica.co/2013/03/11/wa...-khas-makasar/
http://id.openrice.com/jakarta/resta...-pemuda/15027/
http://dewo.wordpress.com/2014/06/21...pantai-losari/ (yang gambar )
http://www.tipswisatamurah.com/2013/...ai-losari.html

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/53ffd49c620881b83f8b4572

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger