Home » » [Success Stories] Adim Garage, HID Projector Expertize

[Success Stories] Adim Garage, HID Projector Expertize



“There's no luck in business. There's only drive, determination, and more drive.”
- Sophie Kinsella -


SUCCESS STORIES
bulan Agustus ini ngekupas tentang seorang seller otomotif yang juga berkat KASKUS sekarang doi udah punya workshop sendiri. Berawal dari seorang Kaskuser saat SMA hingga sekarang udah lulus S2, doi tetap menjadi seorang Kaskuser yang gak cuma jago di online tapi juga offline. C'mon kita curi ilmu suksesnya!





Halo Gan, lagi sibuk apa sekarang?

Halo Min, ane lagi sibuk cari nafkah untuk keluarga nih.. bisnis perlampuan mobil motor yang lagi rame disebut retrofit HID projector sambil mau mencoba bisnis baru untuk nambah kebulan asep dapur




Lokasi Agan dimana dan sudah berapa lama berkecimpung di FJB Kaskus?

Lokasi ane di Jakarta Min.. Kalau ngaskus sih udah dari jaman SMA, sekitar taun 2004-an, tapi gara-gara lupa password, ane bikin lagi pake ID ini, tahun 2007.




Mengapa memilih nama Adim Garage?

Simple, ane punya ponakan yang manggil nama ane dengan panggilan “Adim” karena doi ga bisa nyebut nama “Hamdi” ketika balita. Jadi, dipakailah nama Adim. Garage sendiri dipakai karena awalnya ane belajar mengenai perlampuan di garasi rumah dan ketika memulai bisnis pun ane “nebeng” di bengkel orang tua. Jadi dipakailah nama “Adim Garage.”




Kenapa memilih untuk berbisnis HID Projector?

Awalnya suka, ane suka ngeliat mobil yang lampunya terang. Secara, dulu ane suka ngebut dan butuh penerangan yang lebih. Nah dari suka ini, ane nabung untuk beli HID (dulu belom tren tuh yang namanya projector, jadi masih sering menyilaukan orang lain ), kemudian ane mulai belajar dari forum luar negeri tentang projector dan mulai ngeliat ada peluang bisnis di sini. Apalagi dulu kan pemain HID projector masih sedikit di Jakarta.
Akhirnya setelah nemuin passion-nya, ketemu jalan bisnis-nya gimana, kebetulan juga baru resign dari CPNS Kemenristek, mulai deh buka thread dagangan di Kaskus sembari kuliah S2 Business Management.. hehe.. Alhamdulillah jalan dan berkembang sampai saat ini dan mudah-mudahan seterusnya. Amin.




Spesifikasi produk dari HID Projector ini ada apa aja Gan?

Biasanya sih sepaket itu spesifikasinya berisi Projector Bixenon, Shroud atau cover projector, HID (bulb dan ballast), Angel eyes/DRL, Relay harness, dan juga kita menyediakan jasa pemasangannya juga atau yang disebut dengan “Retrofit”.





Yang paling laris biasanya apa?

Yang laris sih HID Projector Min, kenapa? Karena penggunaan HID Conversion Kit (bukan bawaan pabrikan a.k.a OEM) aja biasanya masih menyilaukan pengendara dari seberang, makanya dengan adanya teknologi projector, penggunaan HID dapat dimaksimalkan fungsinya sehingga tidak menyilaukan pengendara lain, focus ke jalan, lebih terang dai lampu bawaan halogen standard dan yang pasti dapat nilai plus berupa “fashion” dari angel eyes / DRL yang terdapat di paket yang tersedia.





Apakah Adim Garage hanya menyediakan pengerjaan untuk HID Projector?

Untuk saat ini, Iya. Workshop ane memang niche ke arah HID Projector. Tapi ada sih produk-produk yang masih berhubungan seperti lampu LED untuk lampu senja, lampu rem, dan lain sebagainya. Pun, ane juga menyediakan jasa merubah kelistrikan motor yang masih ikut putaran mesin kelistrikannya menjadi fullwave dan jasa black housing lampu.




Apakah Agan memproduksi sendiri atau ada produsen khusus?

Kalo produk yang kami jual di bengkel sih bervariasi, tapi kebanyakan yang kualitasnya untuk segmentasi menengah ke atas. Kebanyakan produk kita di import dari China dan US. Mulai dari merk Cnlight, Hyluxtek, sampai yang dari US dengan merk Morimoto (theretrofitsource.com). Sekarang Adim Garage jadi satu-satunya Authorized Dealer dari The Retrofit Source di Indonesia, cek aja website-nya.




Biar gak penasaran, bisa dijelasin secara singkat gak Gan gimana proses pengerjaan HID Projector?

Prosesnya sih basic-nya buka bumper/fairing->copot headlamp->lepas mika->Retrofit/pemasangan HID Projector->tutup mika->pasang bumper/fairing.
Itu basic-nya, tapi advance-nya, makan waktu 6-8 jam loh.. hehe.. nih liat aja deh beberapa jepretan customer ane tentang proses retrofit HID Projector di kendaraan mereka :

http://www.kaskus.co.id/show_post/53cbce88902cfe9a398b4695/833/-
-Mazda 2
http://www.kaskus.co.id/show_post/50...04000035/175/-
-Honda Stream
http://www.kaskus.co.id/show_post/00...57768721/968/-
-CRV Gen 2
http://www.kaskus.co.id/show_post/00...8139/683/testi
-Hyundai Trajet

ini ada customer yang upload lampu mobil-nya di jalan tol setelah masang di Adim Garage. Ps : jangan ditiru yah, handphone bisa jatoh ke aspal.. hehe




Untuk memotivasi Kaskuser, berapa kisaran omzet Lomberg tiap bulannya?

Untuk omset, lumayan lah, Gross Sales-nya rata-rata 50 - 75jt-an per bulan. Dulu sih ketika awal-awal mulai bisnis ini, Gross Sales-nya sekitar 5-10jt-an per bulan


Mengapa Agan membuka lapak di KASKUS? Apa manfaat KASKUS buat Agan?

Banyak alasan Min. yang pasti, Kaskus udah melekat di hati ane karena ane udah kenal sama ini forum udah lama banget, jadi udah familiar dengan sistemnya.
Kemudian, siapa sih yang ga kenal KASKUS? Secara bisnis, semakin banyak yang kenal Kaskus, semakin tinggi traffic-nya, semakin banyak target pasar-nya dan banyaknya target pasar = sales = profit, agree? Tinggal gimana kita sebagai seller untuk mencapai target pasar tersebut. Lagipula, enaknya Kaskus itu, antara FJB dan forum erat hubungannya, kita bisa lebih direkomendasikan ke komunitas tertentu di forum Kaskus ketika salah satu forum member udah pernah pakai produk/jasa kita dan merasa puas dengan hasil yang dia dapatkan.



Selain itu, bagi new entrepreneur, media online adalah solusi yang murah untuk introduce bisnis kita ke pasar. Nah salah satunya adalah Kaskus. Awal ane dagang, sekitar 90% customer yang datang ke workshop berasal dari Kaskus loh.. bahkan sampai sekarang, customer yang tau workshop dari online (Kaskus, Instagram, FB, Website, Twitter) masih lebih besar dari customer yang datang karena melihat spanduk bengkel.


Apakah Agan memiliki lapak offline (toko) atau workshop?

Workshop ane ada Min. Setelah beberapa bulan bisnis secara online lewat KasKus dan customer ane dateng ke bengkel babe, babe mempercayakan ane untuk mandiri di workshop sendiri. Tepatnya di Jalan Raya Pondok Gede, Dirgantara 1 No. 13, Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur. Coba aja ke Google Maps trus ketik “Adim Garage” atau klik link ini nih : Adim Garage




Apa pengalaman lucu atau unik yang pernah dialami Agan selama berjualan?

Banyaaaaaak banget, bukannya lebay, tapi emang banyak. Hehehe..
Nih di bikin list :
- Customer ternyata junior, senior, atau malah temen seangkatan di kampus. Yang lucu untuk temen seangkatan, kita baru tau se-angkatan, se-fakultas, se-jurusan, se-peminatan, setelah pengerjaan selesai..ckckck..
- Kemaren pas ane resepsi nikah, customer ane pada dateng loh.. jadi MC bilang gini “silakan foto sesi untuk customer Adim Garage”.. hahaha..
- Customer ternyata dosen pas lagi kuliah -_-
- Ane jadi customer dari customer ane sendiri, nah loh lucu kan? Akhirnya jasa ane bukan dibayar pake rupiah, tapi pake barang juga.. hoho..
Dan masi banyak cerita lain sampe ane sendiri lupa mau nyeritain yang mana..




Bagi tips untuk Kaskuser dong, gimana caranya jadi seller sukses di KASKUS

Gini temen-temen Kaskuser. Sukses atau ngga yang menilai itu orang lain, jadi temen-temen yang mau mulai bisnis di Kaskus, ga perlu mikirin bakal sukses apa ngga, tapi pikirin gimana caranya berbisnis sebaik-baiknya. Gini nih simple list-nya :
  • Niat dan doa, mulailah segala sesuatu dengan doa,
  • Bangun kepercayaan antara seller dan customer sebaik mungkin, junjung tinggi kejujuran dalam bisnis,
  • Ramah-lah kepada setiap customer seakan customer adalah keluarga kita,
  • Berikan solusi dan pengetahuan yang terbaik untuk kebutuhan customer, bukan asal ngelakuin dagangan temen-temen semua. Jangan pelit ilmu!
  • Jaga kode etik sesama seller, jangan saling menjatuhkan, jangan saling menjelekkan, inget, rezeki ga kemana kan?
  • Terus berikan umpan balik atau feedback ke customer tentang barang atau jasa yang udah diberikan. Mintalah testimonial dari mereka, baik bagus maupun jelek, itu semua masukan yang membangun loh..
  • Perbaiki tampilan thread dagangannya.. ingat love at the first sight? It happens in business brohh..
  • Jadi Donatur Kaskus dong! Bukan promosi atau disuruh nih, tapi let’s appreciate Kaskus, salah satu tempat kita cari nafkah, dengan berdonasi kepada mereka. Lagipula, tag “Donatur” juga bisa jadi acuan customer untuk beli barang ke kita atau nge-klik thread dagangan lain.. hehe..



Terima kasih Gan atas waktunya, sukses terus untuk Adim Garage-nya!
Sama-sama min, sukses terus KasKus-nya.
Thanks to grow up together with your users, keep improvised!





Link Lapak : R2 &R4

Quote:

Monggo silakan mampir juga ke lapak Success Stories lainnya :

[Es Teler] Awalnya Iseng, Sekarang Jadi Eksportir Ikan Hias Mancanegara
[Es Teler] Omset Puluhan Juta Sang Juragan Peralatan Self Defence
[Es Teler] Bisnis Mutiara yang Menyebar ke Empat Benua


Atau ke daftar lengkap-nya dsini :
http://kask.us/huP4w

Quote:Agan punya kisah menarik dan inspiratif selama menjadi Seller di FJB KASKUS? Isi formTell Your Story Form ini! Gratis!


Spoiler for Disclaimer

Tulisan ini hanya merupakan artikel liputan biasa, bukan merupakan kepastian jaminan rekomendasi KASKUS untuk pihak tertentu. Segala transaksi yang terjadi antara penjual dan pembeli merupakan tanggung jawab masing-masing pihak.

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/540140da0f8b4640068b456a

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)