Home » » 10 Fakta Menarik Seputar Permainan Catur

10 Fakta Menarik Seputar Permainan Catur

Spoiler for bukti gak repost


Assalamu'alaikum

sebelumnya mohon maaf bila thread ini berantakan gan!, ane masih nubitol dalam masalah membuat thread .
Semua pada tahu Permainan Caturkan gan?

Spoiler for ilustrasi


Langsung aja gan Berikut Fakta-fakta menarik seputar permainan catur ini


  • Sejarah Permainan Catur


  • Spoiler for Spoiler for ilustrasi

    Spoiler for openSoal negara asal catur, masih ada silang pendapat. Menurut H. J. R. Murray, penulis buku History of Chess (1913), catur berasal dari India dan mulai ada pada abad ke-6. Di sana catur dikenal dengan nama chaturanga , yang artinya empat unsur yang terpisah . Awalnya, buah catur memang hanya empat jenis. Menurut mistisisme India kuno, catur dianggap mewakili alam semesta ini, sehingga sering dihubungkan dengan empat unsur kehidupan, yaitu api, udara, tanah dan air karena dalam permainannya, catur menyimbolkan cara-cara hidup manusia.

    Dalam permainannya, catur mengandalkan analisa dan ketajamanotak pemain, disertai keterampilan strategi dalam menentukan langkah, rencana, risiko, dan menentukan kapan harus berkorban agar menang.

    Namun, pendapat Murray itu dibantah Muhammad Ismail Sloan, yang banyak mempelajari sejarah catur. Menurut Sloan, jika catur ditemukan di India, seharusnya permainan itu disebut-sebut dalam literatur-literatur Sanskrit. Kenyataannya, tak ada satu pun literatur Sanskrit di India yang menyebutkan soal permainan catur sebelum abad ke-6. Sebaliknya, para pujangga Cina sudah menyebutkan permainan ini salam syair-syair mereka, 800 tahun sebelumnya.

    Jadi, menurut Ismail Sloan, di Cinalah catur pertama kali dimainkan. Tapi pada waktu itu bentuk arena caturnya tidak kotak-kotak, melainkan bulat-bulat. Buah caturnya juga hanya terdiri atas empat jenis, yaitu raja, benteng, ksatria (kuda), dan uskup (gajah).

    Baru pada abad ke-6, catur dibawa orang Islam dari India dan Persia ke seluruh penjuru dunia. Konon, di zaman kekhalifahan Ali bin Abu Tholib, catur merupakan permainan yang populer dimainkan . Bahkan mungkin juga oleh Khalifah Ali sendiri. Ada pula yang menyebutkan bahwa panglima perang Nabi Muhammad, Khalid bin Walid juga menggemari catur. Barangkali ini ada hubungannya dengan kelihayannya mengatur strategi perang.

    Juga ada seorang sahabat Nabi yaitu Said bin Jubair yang terkenal bisa bermain blindfold (catur buta, bermain tanpa melihat papan catur). Di zaman kekhalifahan Islam berikutnya, seperti Khalifah Harun Al-Rasyid pun diketahui pernah menghadiahkan sebuah papan catur kepada seorang raja di Eropa, pendiri dinasti Carolia, yaitu Charlemagne.

    Pada abad ke-8 ketika bangsa Moor menyebarkan Islam ke Spanyol, catur mulai menyebar ke daratan Eropa hingga sampai di jerman, Italia, Belanda, Inggris, Irlandia, dan Rusia. Di Nusantara, olahraga otak ini dibawa oleh bangsa Belanda pada waktu penjajahan dulu. Awalnya, hanya orang Belanda yang bermain catur, tapi menjelang kemerdekaan, mulailah banyak pribumi yang memainkannya.

    Dalam sejarah catur bangsa Eropa telah banyak mengembangkan permainan catur ini, antara lain dengan membuat papan caturnya berwarna hitam dan putih. Ini terjadi kira-kira abad-10. Sebelumnya, kotak-kotak itu berwarna sama. Malah sering orang membuat arena permainan catur ini di atas pasir atau di mana saja yang bisa diberi garis. Dari Eropa ini juga dibuat peraturan bahwa pion boleh maju dua kotak pada langkah pertama dan menteri (ratu) boleh bergerak lebih leluasa baik maju ke depan maupun diagonal.

    Perlahan catur mengalami perkembangan. Dari nama, bentuk, serta peraturan permainannya. Kesemuanya itu mewakili simbol perubahan peradaban.



  • Panjang Pendek Permainan Catur


  • Spoiler for Spoiler for ilustrasi

    Spoiler for openpanjang atau pendeknya permainan catur merupakan hal yag paling sulit di duga karena tidak mengherankan dalam sebuah permainan catur dapat selesai hanya dalam waktu beberapa menit atau bisa selesai dalam waktu yang cukup lama, permainan catur terlama berlangsung selama 269 jalan (20 jam, 15 menit), yang berakhir imbang. Perkiraan teoritis untuk permainan terpanjang yang bervariasi dan ekstrim (5.000 + jalan), yang dipersulit oleh peraturan khusus (dan bermain buruk!); Yaitu aturan 50-pindah dan 3-langkah pengulangan.


  • The Dynamic Queen (Ster yang dinamis)


  • Spoiler for Spoiler for ilustrasi

    Spoiler for openSter (Ratu) mengalami beberapa perubahan besar dalam sejarah, Dimulai sebagai bisa bergerak hanya satu diagonal persegi, itu kemudian dapat bergerak dua kotak - dan lebih lanjut sepanjang jalan, bisa bergerak seperti kesatria. Tentu saja sekarang, untungnya, sang ratu dapat bergerak diagonal, horizontal, dan vertikal untuk lingkup bagian lain. Awalnya sang ratu adalah "fers," seorang konselor atau perdana menteri, penasihat raja. Orang-orang Eropa kemudian berubah di tahun 1400-an menjadi bagian terkuat dalam catur .


  • Bermain Catur Dengan Mata yang Tertutup


  • Spoiler for Spoiler for ilustrasi

    Spoiler for openCatur dengan mata tertutp adalah hal yang nyata dan didokumentasikan dalam rekor dunia. catur dengan mata tertutup merupakan keterampilan yang mengesankan yang hanya dapat di lakukan oleh pecatur hebat, catur dengan mata tertutup ini membutuhkan kemampuan jeli melihat papan, dan tetap dapat mengingat pergerakannya setelah banyak bergerak. Catatan ini didirikan pada tahun 1960 di Budapest Hungaria Janos Flesch oleh, yang bermain 52 lawan secara bersamaan saat ditutup matanya - dia memenangkan 31 dari permainan.

  • Kemungkinan Yang Tak Terbatas


  • Spoiler for Spoiler for ilustrasi


    Spoiler for openSetelah tiga kali bergerak yaitu tiga langkah masing-masing pihak (pihak putih dan hitam) terdapat 9 juta lebih kemungkinan posisi, Perhitungan serupa juga dibuat, jika Anda secara matematis-cenderung, mencari nomor Shannon untuk perkiraan pada kompleksitas catur. Kemungkinan dalam catur menambah keindahannya. Anda pasti tidak perlu khawatir dari posisi yang sama ketika Anda bermain, yang meminjamkan pentingnya pengenalan pola dan posisi spesifik strategi. Dengan kata lain, Anda harus berpikir ketika di papan - itu jelas tidak semua sama.


  • Teori Permulaan yang Baik


  • Spoiler for Spoiler for ilustrasi

    Spoiler for openMembuka teori berjalan (langkah awal) dengan baik bersama dengan kemungkina tak terbatas tentang catur. Pembukaan didefinisikan sebagai serangkaian langkah untuk memulai permainan, yang dapat mencakup banyak variasi sub berbeda. Ada lebih dari 1.000 bukaan yang berbeda, termasuk variasi dalam bukaan yang lebih besar / pertahanan yang satu dapat belajar. langkah awal adalah salah satu aspek unik dalam catur, hal ini memungkinkan pemain catur memperisapkan gaya bermain mereka, Misalnya, ada berbagai jenis pertahanan yang satu dapat belajar sesuai dengan gaya agresif atau posisi bermain defensif.

  • Varian Serangan dari catur... dan tinju?


  • Spoiler for Spoiler for ilustrasi

    Spoiler for openTidak mengherankan pasar varian catur luas dan beragam (maaf, pun intended). Ada beberapa varian yang mengubah potongan, papan, dan apa saja dari menempatkan tiga papan catur di atas satu sama lain. Anda bahkan dapat menempatkan papan catur dua sisi-by-side, Tinju catur telah muncul dalam beberapa tahun terakhir, pencampuran dalam putaran tinju untuk waktu yang telah ditetapkan pada papan catur. Anda jatuh pada satu depan dan Anda kalah. Ini membawa aspek lain yang menarik untuk dunia catur dan variannya, yang tentunya menarik bagi beberapa orang yang mencari sentuhan baru.


  • Catur Di Komputer


  • Spoiler for Spoiler for ilustrasi

    Spoiler for openCatur komputer (ComputersChess) sekarang adalah bagian yang sangat penting dari catur. Yang paling terkenal Garry Kasparov, juara dunia dan dikenal sebagai salah satu pemain terkuat dalam sejarah catur, dikalahkan oleh Deep Blue IBM pada tahun 1997 dalam pertandingan enam game. Selain klaim kecurangan, ini adalah kejutan besar bagi dunia catur. Pada tahun 2006 juara dunia Vladimir Kramnik dikalahkan oleh Fritz Deep, melanjutkan pernyataan dari kekuatan komputer catur. Hari ini program catur yang mudah tersedia untuk pemain catur yang penting dalam menganalisis dan meningkatkan permainan. Mereka umumnya tingkat dalam kekuatan yang sama grandmaster.

  • Hubungan Antara Catur dengan Otak Agan


  • Spoiler for Spoiler for ilustrasi

    Spoiler for openCatur sering disebut oleh para psikolog sebagai cara yang efektif untuk meningkatkan fungsi memori. Juga memungkinkan pikiran untuk memecahkan masalah yang kompleks dan bekerja melalui ide, maka tidak mengherankan bahwa catur dianjurkan dalam memerangi Alzheimer. banyak yang berpendapat bahwa catur dapat meningkatkan kecerdasan sesorang, meskipun catur lebih kompleks dari sekedar statemnet tersebut. Efek dari catur pada individu muda telah menyebabkan catur sedang diperkenalkan di sekolah dan berbagai negara. Telah terbukti meningkatkan nilai anak-anak dan efek positif lainnya.

  • Mesin Catur (The Turk)


  • Spoiler for Spoiler for ilustrasi

    Spoiler for openThe Turk adalah mesin abad ke-18 catur, atau sehingga orang mengira. Tumbal sejumlah orang misalnya Napoleon Bonaparte dan Benjamin Franklin, itu sebenarnya bukan mesin. Termasuk konstruksi yang rumit yang mencakup sebuah metode untuk menyembunyikan para operator jaringan, pemain catur manusia ada dalam diri The Turk. Ketika hilang dalam kebakaran rahasia itu keluar, dan Turki tetap cerita lain catur menarik sepanjang masa.

    Sekian dari ane gan

    kalau berkenan bolehlah gan
    kalau ada yang salah mohon jangan ane gan
    jangan lupa di

    Spoiler for sumbersumber:http://www.catur.com/komunitas//index.php?topic=309.0

    Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/53f9eb4896bde64d6d8b4571

    TryOut AAMAI

    Popular Posts

    Solusi WC Mampet Degra Simba

    Arsip Kaskus HT

     
    Template Created by Creating Website Published by Mas Template
    Proudly powered by Blogger
    close(x)