Home » » Yuk Mengenal Lebih Dekat dengan PASPAMPRES Indonesia

Yuk Mengenal Lebih Dekat dengan PASPAMPRES Indonesia

Quote:Baru di post sebentar, tau2 udah jd HT
Makasih mimin, momod & kaskuser semuanya.



Makasih juga buat agan yg udah kasih ane cendol, bantu rate & ramein trit ane.
Ane doain semoga dilancarkan hidupya, usahanya dan keinginannya, Amin.




Setelah keputusan MK tentang sengketa Pilpres keluar, Pasukan Pengaman Presiden atau yang biasa disebut Paspampres langsung bergerak untuk melaksanakan tugasnya mengamankan Presiden dan Wakil Presiden terpilih 2014-2019, Joko Widodo dan Jusuf Kalla. Saat ane membaca berita Paspampres menemani Presiden terpilih Joko Widodo blusukan di waduk Rawa Kendal, Jakarta Utara beberapa waktu lalu, ane kaget bahwa ternyata anggota Paspampres yang menurut ane terkesan cool , sangar , dan misterius ternyata bisa juga diwawancari oleh wartawan . Ane pun jadi menaruh respect besar terhadap mereka, dan kepikiran untuk melihat lebih jauh tentang seluk beluk Paspampres. Nah berikut informasi yang ane dapat dari pencarian ane tentang Paspampres, daripada ane timbun sendiri infonya, alangkah lebih baik jika ane share kepada kaskuser semua, sapa tau ada yang penasaran seperti ane.

Quote:
LAMBANG PATAKA PASPAMPRES


VISI & MISIQuote:VISIPRAJURIT PASPAMPRES ADALAH PRAJURIT YANG SETIA, TANGGUNG JAWAB, DISIPLIN, TANGGUH, SOLID, PROFESIONAL, DAN BERWAWASAN KEBANGSAAN.

MISI- MENJAMIN KESELAMATAN PRESIDEN, WAPRES, MANTAN PRESIDEN, MANTAN WAPRES BESERTA KELUARGANYA, TERMASUK TAMU NEGARA SETINGKAT KEPALA NEGARA/PEMERINTAHAN YANG BERKUNJUNG KE INDONESIA DENGAN PENUH KESETIAAN.
- MEWUJUDKAN POSTUR PRAJURIT YANG BERDISIPLIN, BERDEDIKASI, DAN MEMILIKI LOYALITAS YANG TINGGI TERHADAP ATASAN.
- MEWUJUDKAN PRAJURIT YANNG MEMILIKI MENTAL YANG TANGGUH DALAM MENGAHADAPI SETIAP TANTANGAN TUGAS.
- MEWUJUDKAN PRAJURIT YANG MEMILIKI JIWA KORSA DAN RASA KEBERSAMAAN YANG TINGGI DALAM BERBAGAI KONDISI PENUGASAN.
- MEWUJUDKAN PRAJURIT YANG PROFESIONAL DI BIDANGNYA DAN MENGIKUTI PERKEMBANGAN IPTEK.
- MEWUJUDKAN PRAJURIT YANG MEMILIKI RASA CINTA TANAH AIR YANG TINGGI DAN MENGUTAMAKAN KEPENTINGAN TUGAS NEGARA DIATAS KEPENTINGAN PRIBADI

AWAL BERDIRINYA PASPAMPRESQuote:
Quote:Pasukan Pengamanan Presiden (PASPAMPRES) hadir hampir bersamaan dengan proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, sebagaimana hal yang sama terjadi dengan kelahiran TNI dan Polri. Ketika kemerdekaan Republik Indonesia diproklamirkan, para pemuda pejuang tergerak untuk mengambil peranan mengamankan Presiden. Para pemuda tersebut terdiri dari kesatuan Tokomu Kosaku Tai, yang berperan sebagai pengawal pribadi, dan para pemuda mantan anggota kesatuan Peta (Pembela Tanah Air) berperan sebagai pengawal Istana.

Situasi keamanan pada awal kemerdekaan Republik Indonesia sangat memprihatinkan. Di beberapa daerah terjadi pertempuran sebagai respon atas keinginan penjajah Belanda, yang disokong oleh bantuan tentara sekutu, untuk menduduki kembali Negara Kesatuan Republik Indonesia . Situasi semakin berbahaya ketika keselamatan Presiden mulai terancam dengan didudukinya Jakarta oleh Belanda pada tanggal 3 Januari 1946. Mengingat kekuatan bersenjata Belanda yang semakin besar dan terpusat di Jakarta, serta pertimbangan intelijen RI saat itu yang memerkirakan adanya keinginan Belanda untuk menyandera Presiden RI dan Wakil Presiden RI, maka Mr Pringgodigdo selaku Sekertaris Negara mengeluarkan perintah untuk melaksanakan operasi penyelamatan pimpinan nasional. Operasi ini kemudian dikenal dengan istilah “Hijrah ke Yogyakarta”. Pada pelaksanaan penyelamatan ini telah ditampilkan kerjasama unsur â€" unsur pengamanan Presiden RI yang terdiri dari beberapa kelompok pejuang. Mulai dari kelompok yang menyiapkan Kereta Api Luar Biasa (KLB), pengamankan rute Jakarta â€" Yogyakarta, hingga penyelenggaraan pengamanan di titk keberangkatan yang terletak di belakang kediaman Presiden Soekarno di Jalan Pegangsaan Timur no 56, Jakarta.

Secara rahasia KLB ini diberangkatkan pada tanggal 3 Januari 1946 sore hari menjelang senja. Keesokan harinya tanggal 4 Januari 1946, KLB tiba di Yogyakarta. Setibanya di Yogyakarta Presiden RI menetap di bekas rumah Gubernur Belanda di Jalan Malioboro (depan benteng Vredenburg). Sedangkan Wakil Presiden RI bertempat tinggal di Jalan Reksobayan no. 4 Yogyakarta. Dalam pelaksanaan operasi penyelamatan saat itu, telah terjalin kerjasama antara TNI yang dipimpin Letda Cpm Sukotjo Tjokro Atmodjo dengan unsur Kepolisian. Maka, untuk mengenang keberhasilan menyelamatkan Presiden Republik Indonesia yang baru pertama kalinya dilaksanakan itulah, tanggal 3 Januari 1946 dipilih sebagai Hari Bhakti Paspampres.

TUGAS & TANGGUNGJAWABQuote:
Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) bertanggung jawab penuh atas keselamatan hidup Very-Very Important Person (VVIP). VVIP yang dimaksud terdiri dari Presiden RI beserta keluarga, Wakil Presiden beserta keluarga, dan tamu Negara setingkat kepala Negara atau kepala pemerintahan, beserta keluarga mereka, yang berkunjung ke Indonesia. Kami melaksanakan operasi pengamanan VVIP mulai dari pengamanan langsung jarak dekat, pengamanan instalasi yang digunakan oleh VVIP, pengamanan dalam perjalanan, makanan serta medis hingga penyelamatan VVIP dalam kondisi darurat. Mengingat tanggung jawab yang begitu besar, maka segala kemungkinan ancaman dan kesalahan harus diantisipasi semaksimal mungkin. Untuk itu, dalam melaksanakan sebuah operasi pengamanan, kami tidak bekerja sendiri. Kami juga berkordinasi dengan unsur Polri dan TNI yang berwenang di lokasi yang dikunjungi oleh VVIP.

Secara umum terdapat tiga lapis penjagaan dalam sebuah operasi pengamanan, dan Paspampres bertanggung jawab penuh terhadap pengamanan terdalam (Ring 1) atau yang berada paling dekat dengan VVIP. Lapis penjagaan selanjutnya, sebut saja Ring 2 dan Ring 3, dilakukan oleh unsur Polri dan TNI yang berwenang.

Dalam melaksanakan pengamanan terhadap VVIP, kami senantiasa mendayagunakan seluruh kemampuan demi meminimalisir resiko ancaman yang bisa datang setiap saat. Bahkan jauh sebelum VVIP hadir di lokasi, kami harus memastikan bahwa tempat beserta segala fasilitas dan instalasi yang akan dituju atau dimanfaatkan VVIP telah steril dari resiko ancaman. Berbagai usaha meminimalisir ancaman bermacam-macam bentuknya, seperti pengintaian oleh penembak jarak jauh, pemasangan security and X-Ray door, hingga penjagaan ketat oleh pengawal pribadi VVIP yang siap menjadi human shield demi keselamatan jiwa VVIP. Dalam kondisi darurat, yakni kondisi ketika keselematan jiwa VVIP berada dalam bahaya, tim penyelamatan telah bersiap setiap saat untuk mengamankan VVIP menghindari ancaman kemudian secara simultan, para pengawal pribadi akan melindungi VVIP dengan tubuh mereka. Dengan kata lain, kami akan melakukan apapun demi menjamin keselamatan jiwa VVIP, yang merupakan representasi dari harkat dan martabat bangsa kita di mata masyarakat dunia.

Segala upaya pengamanan tersebut tidaklah berlebihan jika kita memahami esensi tugas dan fungsi Paspampres itu sendiri. Melindungi simbol Negara memang merupakan tugas berat, namun disana jugalah terdapat kemuliaan bagi para abdi Negara yang mengemban tugas tersebut. Dengan pembahasan ini, kiranya masyarakat akan lebih memahami tanggung jawab besar yang kami emban, serta memaklumi segala tindakan pengamanan yang kami lakukan, yang mungkin seringkali mengganggu atau bersinggungan secara langsung, dalam kehidupan masyarakat sehari-hari.

GALLERY FOTO
Quote:Proses PengamananSpoiler for "Paspampres"
Spoiler for "Paspampres"Spoiler for "Paspampres"Spoiler for "Paspampres"Spoiler for "Paspampres"Spoiler for "Paspampres"Spoiler for "Paspampres"Spoiler for "Paspampres"Spoiler for "Paspampres"

Quote:Latihan
Spoiler for "Paspampres"
Spoiler for "Paspampres"
Spoiler for "Paspampres"
Spoiler for "Paspampres"
Spoiler for "Paspampres"
Spoiler for "Paspampres"
Spoiler for "Paspampres"
Spoiler for "Paspampres"
Spoiler for "Paspampres"
Spoiler for "Paspampres"
Spoiler for "Paspampres"
Spoiler for "Paspampres"
Spoiler for "Paspampres"
Spoiler for "Paspampres"
Spoiler for "Paspampres"
Spoiler for "Paspampres"

Quote:Paspampres Ngadain Bazar Buka Bersama
Spoiler for "Paspampres"
Spoiler for "Paspampres"
Spoiler for "Paspampres"
Spoiler for "Paspampres"
Spoiler for "Paspampres"


Demikian sedikit informasi tetang Paspampres yang ane dapat gan, gimana ga kalah kan sama pasukan2 elit di film2 luar ?? Jika agan masih penasaran dengan mereka, aganbisa cek langsung di website resmi Paspampres, http://paspampres.mil.id/ Sekian, Maju Terus Indonesiaku

Tambahan Temen2 KaskuserQuote:Quote:Original Posted By botakeren â–º
Wah jadi inget, waktu itu pernah Pak Boediono main ke daerah rumah ane di daerah Buaran Serpong, ane lupa kapan persisnya, yg jelas saat beliau menjabat jd Wakil Presiden RI *yaeyalaahh

Waktu itu kebetulan hari jumat, dan Pak Boediono melaksanakan soljum sebagai khotib di mesjid Baiturrahim. Nah di sini ane barupertama kali ngeliat langsung pengamanan Wapres yg super ketat. Bapak2 Paspampres berbadan tegap ada di mana2, penampilannya sama kayak di foto2 di pejwan. Dan yg uniknya pas mau masuk mesjid, semua jamaah wajib lewatin gerbang detektor macem di bandara, pikir ane dulu ini mau jumatan apa mau naik pesawat tp ane tau ini emang udah prosedur. Setiap jamaah yg masuk diperiksain satu2, pokoknya super ketat dah pengamanannya. Satu pengalaman dr ane yg pertama kali ngeliat langsung Pak Wapres beserta para Paspampres.


Quote:Original Posted By banoliaki â–º
Jaman Presiden Soekarno, sudah ada, namanya pasukan Cakrabirawa. Saat Presiden Soeharto, dirubah menjadi Paswalpres, lalu jadi Paspampres.



Quote:Original Posted By zoe.afry â–º
Quote:Berkat thread ini ane kembali teringat dengan salah satu pasukan legendaris sekaligus kontroversial yang pernah ada di Republik ini, Para pendahulu Paspampres yang dikenal sebagai Special Regiment Tjakrabirawa. Cakrabirawa dibentuk pada 6 Juni 1962, Pasca maraknya ancaman terhadap keselamatan Presiden Soekarno dan keluarganya diawal tahun 1960an. Resimen Cakrabirawa terdiri dari gabungan personil Angkatan darat, udara, laut dan kepolisian. Masa hidup pasukan dengan nama paling keren (menurut ane) ini tak lebih dari 5 tahun, karena dianggap ikut berparitipasif dalam peristiwa penculikan Jenderal AD pada 1966 pasukan ini dibubarkan dengan halus.

pengen tau nasibnya setelah itu..??

Quote:Original Posted By sniperwolf â–º
Waktu gw masih di kantor yang lama, teman kantor gw kebetulan anaknya Wapres Boediono
Sering liat paspampres jagain di lobby sama parkiran. Pistolnya juga liat, entah itu PPK atau SIG, mirip soalnya.

Waktu awal-awal terpilih jadi wapres, teman gw ke kantor bawa mobil sendiri tapi dikawal paspampres. Kalau gak salah 3 orang yang kawal. Setelah itu kadang naik busway, dijagain juga tapi pakaian preman (nyamar jadi penumpang) kata teman gw itu

Teman gw yang dijagain, sering latihan nembak juga bareng paspampres.

Paspampres sopan banget kok kalau gw liat, tapi matanya selalu waspada. jadi gak terlalu kaku juga.

Quote:Original Posted By FUTURERICHMAN â–º
Ane pernah diskusi loh dengan salah satu Paspamres pada saat ane mengikuti test bahasa inggris di Jakarta. Sambil nunggu giliran test interview ane ngobrol dgn beliau. Beliau katanya mau ikutan seleksi beasiswa studi ke Amerika. Beliau juga sharing dikit mengenai protokol keamanan presiden dll. Kalo liat dari cara ngomongnya, beliau intelek dan santun gan. Pada saat itu ane kagum sm paspamres. Bukan hanya badannya aja yang kekar tp otaknya juga kekar.

Mohon Pencerahannya Gan Ane masih nyari2 infonya tapi belom juga ketemu, kalau agan ada yg tau, share dimari ya Quote:Quote:Original Posted By hafizasyari â–º
biar bisa jadi paspampres gimana caranya ya gan?
Quote:Original Posted By deliafelicia â–º
Berapa ya gajinya seorang paspampres itu? Karena demi orang yang dilindunginya mereka harus siap mati dari pada orang yang dilindunginya yang mati.
Quote:Original Posted By dmeck â–º
gajinye brp tuh om?
Quote:Original Posted By empritkitiw â–º
yang ane pengen tanya, berarti setiap Paspampres membawa senjata ?
Quote:Original Posted By agaskurniawan â–º
klo mau jadi paspampres syaratnya apa aja yah???

Beberapa jawaban dr temen2 kaskuser, makasih gan udah mau bantu kita semua dimari Quote:Quote:Original Posted By jambulajaib â–º

sesuai profilnya di website resminya, anggota Paspamres seluruhnya merupakan rekurtan prajurit TNI (bisa AD, bisa AL, bisa AU).
Dulu sebelum Cakrabirawa lahir, Paspamres bisa dari kepolisian juga, bahkan komandannya seorang polisi

Tapi sekarang, anggotanya lulusan TNI semua, paskukannya juga ada di bawah komandong langsung Panglima TNI
Quote:Original Posted By winzev â–º
Temen bokap ane ada yang di paspampres gan, tapi gatau deh divisi berapa ato gajinya berapa. Tapi kayaknya dulu dy dari ABRI gitu gan. Tentara sepertinya. Mungkin penjurusan gitu jadinya ke Paspampres. CMIIW loh ya.
Quote:Original Posted By lolala â–º
abang ane anggota paspampres gan, gajinya gak seberapa kok, tanggung jawab dan resikonya doang yg gede
Quote:Original Posted By wonkzninesix â–º
setahu ane Paspampres itu direkrut dari kesatuan TNI..jadi ya kalau mau jadi Paspampres ya harus jadi TNI dulu, baru setelah itu ikut training lagi ya superketat..

untuk persenjataan biasanya ada yang memegang SMG (submachine gun), atau ada yang memegang rifle (khusus untuk posisi sniper)..minimalnya sih setiap Paspampres memegang handgun..

CMIIW
Quote:Original Posted By cintabuatku â–º
Temen ane jadi pampasres gan. Doi awal mula masuk tentara. Trus singkat kata doi lolos tes, jadi tentara selang beberapa tahun direkrut untuk masuk tes seleksi pampasres. Jadi kalau ingin masuk harus jadi tentara dulu
Quote:Original Posted By ragaesa â–º
permisi teman teman semua, saya berusaha menjawab pertanyaan di page one, perihal bagaimana menjadi seorang anggota PASPAMPRES

benar memang kata temen temen disini untuk menjadi seorang anggota PASPAMPRES, langkah pertama yaitu menjadi seorang anggota TNI, setelah menjalani ikatan dinas pertama seorang Anggota TNI akan ditempatkan di sub sub divisi kemiliteran, nah disini akan ada yang namanya DIKJUR, biasanya tiap tahun setiap Angkatan memiliki kuota tersendiri yang dapat diajukan menjadi anggota PASPAMRES, nantinya para kontestan akan diuji baik dari segi Ketahanan Fisik, Mental, Materi, hingga Psikologinya setelah itu mereka memasuki tahap pendidikan PASPAMPRES, hingga lulus dan diangkat menjadi seorang anggota PASPAMPRES

kurang lebihnya seperti itu


Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/53fe9bb19e7404a9688b4577

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)