Home » » Pantai Ora, Surga Tersembunyi di Maluku Tengah

Pantai Ora, Surga Tersembunyi di Maluku Tengah


Pantai Ora terletak di Taman Nasional Manusela, Taman Nasional ini dikenal sebagai salah satu Taman Nasional yang terindah di Indonesia, dengan pemandangan alam yang indah dan terjaga dengan baik. serta pemandangan berbukit besar diantaranya tepi Markele, lembah Manusela, banyak aktivitas yang bisa dilakukan disini seperti menjelajah hutan, panjat tebing, pengamatan satwa/tumbuhan. dan bagi pencinta Pantai kawasan Taman Nasional Manusela ini adalah surga didalam laut.


Kawasan Taman Nasional Manusela yang mencakup 20% dari keseluruhan luas pulau Seram, disini terdapat gunung Binaya yang merupakan puncak tertinggi di Maluku. Sebagian besar kawasan ini memiliki lereng yang sangat terjal dengan lembah-lembah yang dalam. paling tepat menikmati keindahan lembah ini dengan menggunakan kapal ketinting nelayan dan menyusuri pinggir lembah.


selain itu Kawasan Taman Nasional Manusela banyak memiliki keunikan yaitu didaerah Sawai dengan aneka karang lautnya yang indah sangat cocok untuk kegiatan snorkeling dan diving disamping itu di daerah Sawai dan sekitarnya juga dapat dinikmati pemandangan tebing sawai yang indah atau wisata tirta yang dapat dinikmati dengan menggunakan fasilitas kapal cepat dan longboat milik Balai Taman Nasional Manusela. Pusat informasi Taman Nasional Manusela juga terdapat di Negeri Sawai tepatnya di sekitar Dusun Masihulan.


yang paling ideal mengunjungi Kawasan Taman Nasional Manusela Maluku ini adalah 2 sampai 3 hari, karena banyak destinasi wisata yang tidak boleh dilewatkan dikawasan ini. apa saja destinasi destinasi tersebut :

Pantai Ora

Pantai Ora ini adalah lokasi paling favorite saya di Taman Nasional Manusela, untuk bisa ke Pantai Ora ini harus menggunakan kapal bermotor dari pelabuhan Manusela selama 15 menit karena tidak ada akses jalan darat menuju pantai ini. sesampai Pantai Ora terbayar sudah perjalanan panjang dari Ambon menuju TN Manusela ini, karena keindahan disekitar pantai yang membuat pantai Ora begitu spesial. disepanjang jalur pantai terlihat terumbu karang yang berwarna warni, bahkan kita belum snorkling saja sudah terlihat jelas keindahan bawah laut ini jika dilihat dari atas dermaga.


Pantai Ora ini Letaknya berada di Desa Saleman, Seram Utara, Maluku Tengah. Pantai ini mengingatkan saya dengan pantai pantai yang berada di Misol Raja Ampat, Pulau Maratua di Kalimantan Timur dan Maladewa. ya karena di pantai ini terdapat Ora Resort yang saat ini adalah resort satu satunya yang berada di Pantai ini dan letak resortnya berada diatas laut. sehingga ketika kita keluar dari resort langsung disuguhi keindahan coral dan keanekaragaman ikan yang tepat dibawah kita. bahkan kita bisa langsung berenang dari depan kamar. oiya Pantai Ora ini hanya berjarak 1.5jam perjalanan speedboat jika kita ingin ke Misool Raja Ampat lho..hanya sayangnya pada saat saya menulis artikel ini belum ada dive center di kawasan ini.


Pantai Ora cocok banget Bagi yang pergi bersama pasangan dan huneymoon disini, Pantai Ora juga masih punya pemandangan bawah laut yang memesona. Selami perairannya dan Anda akan melihat dengan jelas ratusan terumbu karang yang benar-benar menakjubkan. Belum lagi ikan-ikan kecil yang menari-nari di sekitar terumbu karang. Bahkan jika Anda tak ingin menyelam pun, pemandangan cantik itu juga bisa Anda nikmati. setelah puas menikmati keindahan bawah laut dengan berenang dan snorkling Pasir putihnya Pantai Ora yang terang dan air lautnya yang biru tenang akan membuat lupa dengan hiruk-pikuk kehidupan di kota besar.


selain keindahan pantai dan terumbu karang di Pantai Ora jangan lewatkan untuk mengelilingi sekitar Taman Nasional Manusela dengan menggunakan kapal bermotor, paling tepat menikmati suasana TN ini adalah di pagi hari. jika ingin unik dan bersantai kita bisa menggunakan kapal ketinting dari nelayan sekitar untuk diajak berkeliling Taman Nasional. Pantai Ora salah satu destinasi yang wajib dikunjungi dan tidak salah lokasi ini dinamakan Heaven on Earth.

Desa Sawai

Desa Sawai, Maluku salah satu destinasi yang ada di Kawasan Taman Nasional Manusela Perairannya yang tenang dan bersih. Desa wisata ini tidak kalah indah dengan pulau lain di Indonesia yang terkenal karena pantai dan lautnya. sebagian besar laut yang berada di Desa ini masih alami dan terjaga dengan baik.


Desa termasuk desa tertua di Maluku dan memiliki beberapa pulau kecil yang mengelilinginya. Pulau-pulau ini pun menambah keindahan Laut Sawai. keheningan dan keindahan desa ini saat pagi hari menjadikan lokasi ini semakin terlihat indah. yang unik dari desa ini adalah "Kolam renang raksasa" Kolam ini adalah sumber air Desa Sawai dan letaknya ditengah desa, sumber mata air dari Kolam air alami ini adalah dari batu batu besar ditengah kolam. kolam Desa Sawai ini memang terlihat sangat menyegarkan. Ikan-ikan kecil berseliweran, batu karang dan koralnya masih sangat terjaga, serta beberapa biota lautnya menjadi hiasan bawah laut yang sangat apik. Saking jernihnya, permukaan dasar laut bisa Anda lihat dengan jelas.

Bukan hanya lautnya yang elok, sepanjang perjalanan dari Pantai Ora ke desa Sawai ini kita bisa melihat tebing dan lembah Manusela yang berada di pinggir Laut Sawai juga menyimpan sejuta potensi gua. Tak jauh dari lokasi terumbu karang, terdapat celah besar dan tinggi yang dapat dimasuki oleh wisatawan. saat ini Desa Sawai juga memiliki beberapa hewan yang menjadi penghuni tetap, seperti Kakatua Seram, Nuri kepala hitam, burung Bayan, burung Rangkong. namun sayangnya saat ini Nuri berkepala hitam populasinya sudah semakin berkurang.


Maluku mempunyai banyak sekali potensi Pariwisata yang belum banyak orang tahu, disini tersimpan begitu banyak destinasi destinasi yang menunggu dipromosikan. yuk bareng bareng kita #BarondaMaluku (bahasa Maluku) yang berarti Jalan jalan ke Maluku. tidak salah Taman Nasional Manusela disebut sebagai Heaven on Earth..mutiara tersembunyi di Timur Indonesia.

Artikel & Photography oleh Barry Kusuma (Travel Photographer).
www.alambudaya.com (Travel and Photography, Travel Journey from Barry Kusuma.)
http://instagram.com/barrykusuma (Inspiring Photos through the Lens)
www.barrykusuma.com (Gallery Foto, dari Sabang sampai Merauke)
Follow my Twitter for Free Travel Tips @BarryKusuma

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/54219f05bfcb172c388b4567

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger