Home » » Fakta dan Sejarah Pertandingan El Classico

Fakta dan Sejarah Pertandingan El Classico

Quote:Assalamualaikum wr wb...

Quote:Buat para penggila sepakbola pasti tau lah Apa itu El Clasico , untuk menyambut salah satu laga yang paling ditunggu di Dunia Sepakbola itu sy sengaja mbuat trhead khusus untuk mbahas El Clasico tersebut gan. Apa yang ada di thread ini saya ambil dari berbagai sumber ya dicampur sama pemikiran saya sedikit sih. Monggo disimak..


SEJARAH DIBALIK PANASNYA EL CLASICOQuote:Quote:Quote:Hampir semua tahu El Clasico menyuguhkan perseteruan yg menarik antara Real Madrid dan Barcelona, tapi hanya sedikit yg tahu bagaimana rivalitas itu dimulai.
Quote:Quote:Dunia ini seakan diramaikan oleh peran dan rivalitas antarnegara, yg kadang sudah berjalan selama bertahun-tahun. Ini 'dilestarikan' lewat pemberitaan media-media dunia.
Tapi, mau tak mau, inilah fakta yg harus kita terima. Namun demikian ada juga rivalitas seru dan menarik yg bisa kita nikmati, yaitu pertarungan antara 22 orang paling atletis di lapangan berukuran kurang lebih 110x80m, Real Madrid kontra Barcelona.

Untuk sejumlah tim olahraga, tak sedikit rivalitas yg juga memiliki sejarah tersendiri. Di olahraga tinju misalnya, di mana ada Muhammad Ali kontra Joe Frazier yg begitu ikonik, atau New York Yankees melawan Boston Red Sox di cabang baseball. Namun di sepakbola, perseteruan antara Real Madrid dan Barcelona memiliki tempat tersendiri di benak pecinta sepakbola.

Rivalitas antara Los Galacticos dan Blaugrana itu lebih dari sekadar rivalitas biasa antarklub atau mereka yg fanatik, juga lebih dari sekadar sukses komersil atau keberhasilan menghadirkan satu miliar pemirsa yg menyaksikan langsung laga ini. Clasico adalah panggung di mana setiap tahunnya warga Katalonia memproklamasikan kemerdekaan mereka dari Spanyol.
Quote:Katalonia sendiri merupakan suatu negara yang memiliki bahasa, budaya dan identitas sendiri sampai 11 September 1714, ketika Raja Philip V menaklukkan daerah Katalan. Beberapa saat kemudian, sejumlah teritori di Iberia juga digabungkan, yang kini menjadi daerah yang kita kenal sebagai Spanyol.

Selama 200 tahun lebih, bahasa Spanyol terus diperkenalkan di Katalonia dan hingga akhirnya menjadi bahasa resmi dari daerah tersebut. Warga Katalan tetap diperbolehkan menggunakan bahasa ibu, namun semua hal perizinan, sekolah, dokumen dan bahkan media diharuskan menggunakan bahasa Spanyol. Hal ini membuat kebanggaan warga Katalan terkikis, tapi tak sampai hilang.

Pada awal abad 20an, Katalonia membuat usaha besar untuk bisa menegaskan kemerdekaan. Sayangnya, rencana mereka diredam oleh Franco, militan pro Madrid, yg kemudian menjadi satu-satunya diktator Spanyol di akhir Perang Sipil Spanyol pada 1939, dan selama 36 tahun ke depan, dia memerintah negaranya dengan menjadikan ketakutan, tekanan dan kekuatan militer sebagai senjatanya.

Namun ada juga yang berusaha melakukan pemberontakan, terutama mereka yang berasal dari daerah Basque dan Katalan, meski para pemberontak dari daerah lain juga terus bermunculan bak jamur di musim hujan. Pemberontak yang tertangkap kemudian disiksa, dipaksa memberikan informasi dan kemudian dibunuh.

Di masa sulit sejarah Spanyol inilah yang kemudian menjadikan Barcelona muncul lebih dari sekadar klub. Mereka berubah menjadi simbol kebanggaan dari warga Katalan dan mewakili harapan untuk masa depan yang lebih baik.

Rezim penguasa memiliki wakilnya tersendiri, Real Madrid. Tak sedikit yang kemudian menilai Real Madrid adalah perwakilan dari pihak yang berseberangan dgn Barcelona.

Setelah Franco meninggal dunia pada 1975, yang berujung pada berakhirnya pemerintahan kediktatoran miliknya, hak Katalonia, termasuk penggunaan bahasa Katalan di smua pertokoan dikembalikan, meski keinginan untuk merdeka belum juga terwujud.
Quote:Hari ini, Real Madrid, yang mengenakan seragam putih-putih, masih mewakili Spanyol yang murni dan bersatu. Sebaliknya, Barcelona dengan bangganya mewakili bendera Katalan, yang merupakan satu-satunya bendera di Katalonia, yg tersemat di jersey mereka sebagai bentuk dukungan atas perjuangan tanpa henti untuk negara yang merdeka.

Lalu, bagaimana dengan masa depan El Clasico itu sendiri?

Situasi yang ada sekarang mengindikasikan El Clasico akan segera berakhir. Tak ada lagi duel panas antara Barcelona dan Real Madrid karena warga Katalonia berusaha untuk memisahkan diri dari Spanyol, untuk kesekian kalinya.

Diungkapkan presiden La Liga Javier Tebas, jika memang Katalonia berhasil dengan usaha mereka menjadi negara yang merdeka, maka sesuai dengan aturan olahraga Spanyol, itu berarti Barcelona tak akan diperbolehkan bermain di La Liga. Ya, dengan kata lain tak akan ada lagi kompetisi panas antara Barcelona dan Real Madrid. Rivalitas di antara mereka pada akhirnya akan mencapai titik akhir.

Terlepas dari bagaimana hasil kompromi politik, pada hari Minggu, 26 Oktober 2014, Santiago Bernabeu akan menjadi tuan rumah untuk El Clasico pertama di musim ini.

Siapa yang tersenyum paling akhir di laga itu, hanya waktu yang akan menjawabnya. Tapi yang bisa dipastikan bahwa selama 90 menit, dua raksasa sepakbola Spanyol itu akan berjuang habis-habisan, bukan hanya karna berebut kemenangan tapi bisa jadi mewakili kebanggaan daerah masing-masing.

FAKTA-FAKTA EL CLASICOQuote:Quote:Quote:El Clasico juga dikenal sebagai El Derbi Espanol atau El Classic adalah nama yang diberikan untuk setiap pertandingan sepak bola antara Barcelona dan Real Madrid. Pertandingan ini setidaknya dan biasanya setiap tahun menjadi bagian dari kompetisi La Liga Spanyol, dengan maksimum 2 pertandingan setahun, dengan dua tambahan di Copa del Rey, Liga Champions, dan Supercopa de España, dan juga mungkin dalam UEFA Super Cup. Selain Final Liga Champions, El Clasico adalah pertandingan yang juga disaksikan oleh ratusan juta orang.

Persaingan itu muncul sebagai Madrid dan Barcelona adalah dua kota terbesar di Spanyol, dan dua klub adalah klub sepakbola paling berhasil dan berpengaruh di negeri ini. dengan Real Madrid dan Barcelona mewakili nasionalisme Negeri Matador dan nasionalisme Catalan .
Quote:Quote:1. Lebih dari sekedar batas geografisQuote:
Liverpool vs Everton, Arsenal vs Spurs, dan AC Milan vs Intermilan adalah pertandingan-pertandingan derby panas dan sarat emosi. Fakta ini tidak bisa dipungkiri. Walaupun tradisi dan emosi dari rivalitas mereka begitu luar biasa, namun secara fundamental, persaingan tersebut hanyalah sebatas daerah geografis. Persaingan kedua tim hanyalah karena mereka mempunyai markas yang berdekatan satu sama lain. Jadi demi menjaga gengsi dan mengukuhkan siapa yang paling hebat dalam wilayah yang sama, timbullah rivalitas. Namun, persaingan antara Barcelona dan Real Madrid melebihi batas-batas wilayah. Rivalitas mereka abadi, karena yang ikut bersitegang adalah ibu kota dengan daerah yang hendak ingin merdeka.Quote:2. Catalunya vs CastilleQuote:
Barcelona dan Madrid merupakan dua kota terbesar di Spanyol. Hal itu saja sebenarnya sudah cukup untuk membentuk suatu rivalitas. Namun, mereka juga adalah tuan rumah dari dua daerah yang sangat berbeda baik secara kultur dan emosi. Dua kota tersebut juga menghasilkan dua ‘mahzab’ intelektual yang berbeda, dan tentu saja, berseberangan satu sama lain. Barcelona adalah Catalan, Madrid adalah Castillian. Orang-orang Catalan adalah masyarakat yang bebas, sedangkan Castille lebih seperti Keraton-nya Spanyol dan pusat pemerintahan. Perseteruan memuncak ketika Jenderal Franco, orang Madrid, yang beraliran fasisme, ingin ‘membasmi’ daerah Catalan. Jadi, ketika El Clásico digelar dan dimenangi Barcelona, ini merupakan kemenangan seluruh rakyat Catalunya dalam membebaskan diri dari tirani pusat. Jika yang menang adalah Real Madrid, berarti ini adalah kemenangan pemerintah dalam upaya menegaskan kekuasaannya.Quote:3. Setiap orang harus memilih. “Everyone picks a side”Quote:
Pernyataan di atas adalah perseteruan ideologi, sosial, dan politik antara kebudayaan daerah yang ingin merdeka dengan pemerintah pusat yang kuat, dan tidak hanya melibatkan Barcelona dan Real Madrid, atau Catalunya dan Castille, tetapi juga seluruh masyarakat Spanyol. Ketika duel El Clásico berlangsung, dapat dipastikan, seluruh orang di Spanyol akan terbagi dua. El Clásico mempunyai fungsi yang ‘unik’ yaitu sebagai ‘pembatas transparan’ antara dua daerah dalam satu negara. Suporter dari klub lain, siapa pun mereka, akan memilih salah satu di antara Barcelona dan Real Madrid, berdasarkan kepentingan dan ideologi masing-masing, everyone (should) picks a side.Quote:4. Merupakan anggota dari Liga Terbaik di duniaQuote:
Apapun konteks-konteks budaya yang terdapat pada duel El Clásico, tidak akan ada orang luar yang peduli pada pertandingan tersebut ia jika terdapat pada, misalnya, Liga Domestik Siprus. Tapi ini tidak. Duel tersebut berasal dari La Liga Primera, yang merupakan liga terbaik di dunia berdasarkan penilaian IFFHS, namun setidaknya La Liga adalah salah satu liga sepakbola terbaik di dunia), jadi seluruh perhatian insan sepakbola pasti tertuju ke sana.Quote:5. Menampilkan dua klub terbaik dari La LigaQuote:
Tidak hanya gengsi, namun dominasi kedua tim di La Liga merupakan jaminan panasnya pertandingan ini. Karena kedua tim biasanya berada di pucuk klasemen, maka hasil dari El Clásico menjadi sangat menentukan siapa yang akan merajai liga pada akhir musim. AC Milan vs Intermilan mengkin adalah derby perseteruan dua klub papan atas Serie A, tetapi di sana juga terdapat Juventus dan AS Roma untuk disaingi. Sehingga, kadang-kadang, tifosi merasa pertandingan AC Milan vs Juventus atau Intermilan vs AS Roma menjadi sama krusialnya. Dan hal ini menjadikan signifikasi partai derby kota Milan agak berkurang. Lain halnya dengan Barcelona vs Real Madrid yang begitu menentukan. La Liga memang bukanlah pacuan dua ‘kuda’ saja, tetapi selalu ada dua kuda berwarna ‘merah biru’ dan ‘putih-putih’ yang ikut serta. Dua kuda ini juga belum pernah terdegradasi ke divisi bawah (dan sepertinya tidak akan pernah, baik itu karena kualitas maupun lobi politik mereka yang kuat di Spanyol).Quote:6. Dan pemain-pemain terbaik di duniaQuote:
Karena Barcelona dan Real Madrid merupakan dua di antara klub-klub terkaya di dunia, Khusus Nya Pemain Barca mereka di Huni oleh pemain sekelas Lionel Messi Peraih 4 Kali FIFA Ballon D’Or bersama tandem mautnya sekarang ini Neymar, belum lagi Luis Suarez yg kemungkinan akan diturunkan tepat pada El Clasico yang akan dihela Sabtu 26 Oktober 2014 besok, dan Mereka Juga di Perkuat Pemain-pemain Kelas Wahid Seperti Xavi,Iniesta,Vermaelen dsbg. Sama halnya dengan Barca, Madrid pun di perkuat pemain Bintang kelas wahid dengan kekayaan yg mereka miliki Madrid mampu merekrut Gareth Bale (pun dengan rekor tranfer Dunia), James Rodriguez, Keylor Navas dll, dan yang pasti sang mega bintang mereka Christiano Ronaldo yang kini sedang dalam top perform nya. Tentu saja laga sabtu besok akan menjadi laga super mahal dan super menarik yang wajib ditontonQuote:7. Juga beberapa talenta AkademiQuote:
Di samping belanja pemain-pemain kelas dunia tersebut, kedua tim juga dipenuhi oleh talenta-talenta lokal binaan kubu masing-masing. El Barça punya Sergio Busquets, Xavi Hernandez, Iniesta, Pedro, Pique dan banyak bintang muda lainya yang mungkin baru kita kenal akhir-akhir ini seperti Munir El Hadadi, Sandro Ramirez, Sergi Samper dan lain sebagainya yang merupakan produk-produk sali dari akademi sepakbolanya, Sedangkan Los Blancos punya El Capitano Iker Casillas, Sergio Ramos, dan lain lain. Semua merupakan pemain Timnas Spanyol. ‘Rasa’ lokal ini menjamin bahwa tak seorang pun di lapangan yang akan melupakan aspek-aspek budaya yang melatarbelakangi El Clásico. Arsenal mungkin diisi pemain-pemain muda bertalenta, namun nyaris tidak ada pemain asli Inggris di sana walaupun di perkuat Hanya Satu dua orang saja Pemain Inggris Seperti Jack Wilshere. Manchester United sekarang hanya tinggal menyisakan pemain tua seperti Giggs dan Scholes sebagai binaan asli mereka. Itulah bedanya dengan El Clásico.Quote:8. Sejarah transfer yang ‘kontroversial’ antara kedua tim.Quote:
Ada 33 pemain yang pernah membela Real Madrid dan Barcelona dan yang terakhir adalah Javier Saviola pada 2007 yang hengkang dari Nou Camp ke Santiago Bernabeu. Sebagai dua klub terkuat dan terkaya di Spanyol, tak dapat dihindari, Barcelona dan Real Madrid akan berebut mendapatkan tanda tangan pemain top. Salah satu dari kasus tersebut adalah ketika kedua klub berniat mengontrak pemain River Plate, Alfredo Di Stefano pada tahun 1953. Transfer tersebut sangat kontroversial dan merupakan salah satu pemicu ‘kerasnya’ El Clásico. Sebuah kontrak janggal dilakukan ketika Di Stefano menandatangani proposal kedua klub sekaligus. Ia akan bermain dua musim untuk Real Madrid (yang menghubungi lebih awal) dan dua musim untuk Barcelona.

Namun, setelah melihat debut pertamanya di Real, El Barça setuju untuk melepaskan Di Stefano secara permanen. Hal ini masih menjadi perdebatan: Pertama, bahwa Barcelona melihat penampilan Di Stefano yang kurang menjanjikan dalam debutnya. Kedua, ada indikasi bahwa Barcelona ditekan oleh diktator Jenderal Franco yang pro-Madrid, yang mengancam akan memberlakukan larangan untuk pemain asing bermain di La Liga.

Tren ini pun terus berlanjut; kedua tim terus bersitegang untuk mendapatkan pemain-pemain top (seperti yang mereka lakukan pada David Beckham tahun 2003). Namun tidak ada yang lebih ‘menyakitkan’ selain ketika salah satu pemain dari tim ini hengkang ke tim lainnya, seperti yang terjadi pada Luis Enrique, yang pindah dari Madrid ke Barcelona, atau kasus Luis Figo pada tahun 2000, yang hijrah dari Azulgrana ke Los Merengues dan memecahkan rekor transfer (sebelum Zidane) sebesar 65 juta Euro. Dan ketika kembali ke stadion mantan klubnya, cemoohan, teriakan, bahkan lemparan kepala babi harus mereka terima. Semuanya karena atmosfir ‘neraka’ El Clásico.Quote:9. StadionQuote:
Nama besar kedua klub ternyata juga didukung oleh besarnya stadion yang mereka miliki. Baik Camp Nou maupun Santiago Bernabéu merupakan stadion elit dan raksasa sehingga menjanjikan atmosfer yang luar biasa. Camp Nou bahkan merupakan stadion berkapasitas terbesar di Eropa, yaitu sanggup menampung 98.772 kursi. Sebelum direnovasi, stadion ini malah pernah terisi 200 ribu penonton dalam salah satu El Clásico. Sedangkan Santiago Bernabau mampu menampung 80.400 Madridista dan dinobatkan sebagai salah satu stadion berfasilitas terbaik di dunia dan di Malam Hari Stadium Bernabeau mampu menjadi menjadi daya tarik penonton dengan pencahayaan’a yg luar Biasa.Quote:10. Menghasilkan tontonan sepakbola yang berkualitasQuote:
Jika yang terjadi di lapangan adalah sebuah tontonan yang mengecewakan, semua poin di atas tidak ada artinya. Dan tanah Spanyol akan menjadi tempat yang menyedihkan jika semua orang menunggu-nunggu partai yang diadakan sekali dua tahun ini, hanya untuk menyaksikan pertandingan yang menyisakan buruk dan membosankan. Tapi tidak. Pertandingan El Clásico, secara tradisi, selalu mempertontonkan sepakbola berkualitas, menyerang, atraktif, penuh skill, dan aroma ‘membunuh’ yang dahsyat.dan ga Kalah Menariknya Pertarungan Ini Mampu membuat para Pecinta Bola maupun Pemain ikut Ambil Bagian untuk Menonton Pertandingan yg satu ini dan di musim 2014-2015 mereka baru akan pada hari Sabtu Besok dalam lanjutan La Liga Spanyol. Pertandingan yang akan digelar Sabtu (25/10/2014) malam WIB akan menjadi duel klasik ke 228 antara Real Madrid vs Barcelona di laga resmi. Real Madrid masih mendominasi dengan 91 kemenangan, terpaut tiga dengan Barcelona yang baru 88 kali mengalahkan Madrid di berbagai kompetisi. Quote:11. RekorQuote:
Lionel Messi merupakan pencetak gol terbanyak di laga El Clasico. Pemain berjuluk La Pulga telah membukukan 21 gol di duel klasik, melampaui legenda Madrid Alfredo Di Stefano yang mencatat 18 gol. Sementara Cristiano Ronaldo baru membukukan 13 gol di duel klasik. Dalam duel klasik kali ini pula, Messi berpeluang menyamai atau bahkan memecahkan rekor Telmo Zarra sebagai pencetak gol terbanyak di Liga Spanyol. Messi saat ini telah mengoleksi 250 gol di La Liga dan hanya membutuhkan satu gol untuk menyamai rekor Zarra.

Quote:yah demikian sedikit share yang bisa saya sampaikan buat agan, lebih kurangnya seperti itulah..

Quote:Sumber :
- www.goal.com
- www.republika.co.id
- www.googlel.com


Quote:Wassalamualaikum wr wb..
Quote:Thread Gak Bermutu Ane Yang lain : (JANGAN DIBUKA !!!)

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/54492d5a148b46a46c8b4574

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)