Home » » Udah Baca 9 Komik Terbaik dari Indonesia Belum Gan?

Udah Baca 9 Komik Terbaik dari Indonesia Belum Gan?


Quote:


Dalam bidang seni, mungkin Komik bisa dibilang yang paling di-anaktiri-in. Jangankan bisa posisinya setara sama seni yang lain, dianggap seni juga nggak. Padahal ya, sejak dulu medium komik udah dipake oleh orang Indonesia untuk bercerita.

Sebenernya susah untuk milih apa aja komik terbaik Indonesia, maka daftar ini (kali aja ada yang anaknya komik banget nih) dibuat sebatas untuk pengetahuan perkenalan aja. Komik-komiknya dipilih karena keren dan emang pantes dibahas. Supaya adil, ane milihin kamu komik dari berbagai era.

Menurut ane berikut adalah Komik-Komik terbaik dari Indonesia (dari masa ke masa) yang wajib kamu baca:



Quote:


1. Si Put On oleh Kho Wan Gie (1931)


Kisah komik Indonesia diawali oleh komik strip yang ditulis di koran-koran jaman penjajahan. Salah satu komik yang paling terkenal dari generasi pertama komik Indonesia adalah Si Put On. "Put On" bercerita tentang seorang pria bujangan gendut dari kelas menengah yang lugu dan konyol yang tinggal bersama ibunya ("Nek") dan dua adiknya, "Tong" dan "Peng". Kadang-kadang muncul pula teman baiknya, "A Liuk", "A Kong" (wakil dari kaum totok), "O Tek" (wakil dari Tionghoa Belanda).

Penulis komiknya adalah Kho Wan Gie. Jauh sebelum Si Juki atau komik strip lainnya yang kamu baca, beliau udah menulis komik yang dinikmati masyarakat Indonesia.




Quote:

2. Mahabharata by R.A. Kosasih (1955)


Melompat ke berpuluh tahun setelahnya, komik Indonesia ketika itu diserbu oleh komik-komik asing macam Tarzan yang dijual dalam bentuk bundelan. Berkat beberapa orang, komik Indonesia dalam bentuk panjang berhasil terealisasi.

Salah satu yang paling berhasil adalah R.A. Kosasih yang ngenalin wayang kepada pembaca lewat komik Mahabharata-nya. Bagi banyak komikus Indonesia masa kini, R.A. Kosasih dianggap sebagai bapak komik Indonesia.

Padahal tahu sendiri kan ya, kisah epos Mahabharata itu puanjangnya minta ampun. Hebat deh karena Pak Kosasih berhasil nerjemahin kisahnya ke dalam komik.




Quote:

3. Si Buta dari Gua Hantu by Ganes TH (1967)


Indonesia pernah punya jagoan-jagoan keren. Salah satunya adalah Si Buta Dari Gua Hantu. Pada tahu gak nih? Woyy jangan tahunya Superman atau Batman muluuuu.

Orang yang tahu Si Buta dari Gua Hantu, ane pastikan pernah sekali setidaknya disuruh tidur sebelum Dunia Dalam Berita diputer di TVRI. (Buat yang tahu-tahu aja nih).

Tapi tahu gak siapa orang dibalik cerita Si Buta dan Monyet yang jadi sidekick-nya? Doi adalah Ganes TH. Komik silat ini dianggap banyak orang berhasil mempopulerkan kisah silat yang asli nusantara dan kearifan lokal. Ceritanya pun berlatarkan pada jaman penjajahan hindia belanda. Kalo kamu belum pernah baca, gih cari segera!




Quote:

4. Petruk oleh Tatang S (1973)


Wah ini juga lawas nih. Dulunya sih sering adanya dijual di warung pinggir jalan atau abang-abang yang jualan deket sekolah. Harganya berapa ye? Murah banget deh. Gampang banget dulu beli komik Indonesia.

Sebenernya karakter-karakter utama di komik Petruk kayak Gareng, Bagong dan Semar aslinya ada di pewayangan juga sih, tapi yang unik adalah karakter yang udah saklek banget ini digambarin berada di kehidupan keseharian.

Sekarang kalo mau nyari komiknya ya harus ke pasar loak sih. Karena pasti gak ada yang nganggep komik kayak beginian berharga dulu. Kalo ada yang jual mau deh ane beli.




Quote:

5. Gundala (1982)


Kalo kamu perhatiin polanya, komik Indonesia selalu mengalami perubahan era. Dari kisah keseharian a la komik Jepang, kisah pewayangan, superhero asli nusantara sampe kisah pewayangan yang dilahirkan kembali ke versi baru. Di era 70an, demam superhero barat mulai menjalar ke Indonesia. Tokoh komik Indonesia yang paling dikenal pun mengalami perubahan bentuk. Gaya gambar juga cenderung ke-amerika-amerikaan. Superhero yang paling dikenal: Gundala Putra Petir.

Bukan berarti karena mengadopsi komik luar, komik Indonesia jadi gak kreatif. Justru di sinilah ditantang, gimana caranya bikin ide yang populer di luar negeri, diterima di negeri sendiri.

Dari semua superhero, entah kenapa Gundala yang masih melekat di benak pembaca komik Indonesia. Malah ada kabar, Gundala bakal difilmkan. Kalo jadi bakal keren sih. Soalnya Gundala punya cerita yang menarik dan musuh-musuh yang gak kalah keren.




Quote:

6. Dagingtumbuh oleh Eko Nugroho (2000)


Masuk ke era 2000an, komik Indonesia mulai surut. Semua gara-gara datengnya Komik Jepang dan Komik Amerika yang membanjiri pasar dengan kualitas terjaga. Sedangkan, Indonesia belum lagi menelurkan karya yang bisa dinikmati pembaca luas.

Gak ada yang terkenal sebenenrya bukan karena gak ada yang berkarya. Justru, komikus era 2000an awal banyak membuat komik Underground. Komik ini biasanya diproduksi dengan fotokopian dan disebarkan terbatas.

Salah satu yang menurut ane kamu harus tahu adalah komik Dagingtumbuh (DGTMB) bikinan Eko Nugroho. Uniknya, format yang dipakai cenderung menyerupai majalah komik, dengan isinya yang variatif dan eksperimental.

Sekarang, Eko Nugroho adalah seniman Indonesia paling terkenal di luar negeri dan udah diakui di dunia seni internasional.




Quote:

7. Benny & Mice (2007)

Di antara jenis komik yang lain, komik strip adalah yang gak pernah mati. Setiap koran punya karakternya sendiri. Misalnya, Oom Pasikom yang selalu ada di Kompas dulu kala.


Tapi, komik strip akhirnya kembali lagi ke ranah mainstream berkat Benny & Mice, dua seniman komik yang membuat komik mengomentari kondisi sosial Indonesia saat ini, terutama Jakarta. Berbagai buku yang dihasilkan sukses dan membuat banyak seniman muda berani untuk berkarya dengan format komik strip.




Quote:

8. Methal Pertiwi (2010)

Untuk generasi baru, ane milihin Methal Pertiwi sebagai komik terbaik yang wajib kamu baca. Komik bikinan Sofyan S dan Aditya S ini berusaha mengembalikan kejayaan kisah jagoan masa lalu.


Bedanya dengan kisah jagoan lain, Methal Pertiwi gak berusaha untuk tampil serius. Jago Rock (Sang tokoh utama) tampilannya keker dengan muka tengkorak. Sosok yang pastinya gak ada di dunia nyata. Karena keabsurdannya, ane sangat menyarankan kamu untuk baca komik ini.




Quote:

9. Nusantaranger (2014)


Terakhir, yang menurut ane pantes kamu baca adalah Nusantaranger. Komik a la Power Ranger yang mengedepankan kelokalan. Meski jelas-jelas terpengaruh Jepang, Nusantaranger berhasil bikin kita terpikat oleh ceritanya. Biasanya kan komik a la Jepang yang dibuat Indonesia bikin geli sendiri karena gak enak nyampeinnya, nah Nusantaranger tuh nggak. Apalagi dengan karakter dan musuhnya yang Indonesia banget.




Quote:

Bonus: Siksa Neraka


Ya, ini kamu cari aja sendiri ya. Dijamin jadi gampang tidur abis baca komik ini.

Udah saatnya emang kamu menghargai komik buatan anak negeri. Dengan ngedukung sekecil apapun, kamu udah bikin mereka makin semangat untuk berkarya. Jadi jangan bacanya komik luar mulu yaaa.


SUMBER




Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/544d98c5108b46d24f8b456c

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)