Home » » Hal-Hal yang Perlu Agan Tau Sebelum Belanja Buku

Hal-Hal yang Perlu Agan Tau Sebelum Belanja Buku






Quote:






Cek klik disini Insya Allah gak




Spoiler for ss nya










Quote:Hal-Hal yang Perlu Agan Tahu Sebelum Belanja Buku



Quote:
Quote:
Spoiler for


beli buku | Image Courtesy of : hipwee.com


Quote:Apakah kamu termasuk penggila buku? Apa sih yang bikin kamu keranjingan membeli buku? Ya, kalau kamu memang hobi banget membaca buku, tentu saja buku adalah harta yang paling kamu ingin di dunia ini. Nah, kali ini Bernard Batubara, seorang penulis muda Indonesia yang juga seorang pecinta buku, ingin berbagi tips padamu tentang hal-hal yang perlu kamu pertimbangkan saat hendak berburu buku. Simak yuk, apa saja sih yang diperhatikan oleh Bara saat membeli buku? Langsung ke TKP yok gan!



Quote:Quote:1. Pilihlah Buku yang Direkomendasikan Oleh Orang yang Kamu Percaya
Spoiler for

Rekomendasi dari orang lain | Image Courtesy of : http://viralstories.in

Quote:Saya menduga bahwa kau sering mendengar saran-saran seperti ini:

Quote: “Eh, coba deh baca buku ini, bagus lho!”

Dengan atau tanpa penjelasan lebih lengkap tentang mengapa buku tersebut dianggap bagus menurut si pemberi rekomendasi. Saya pun sering mendapat saran seperti itu. Beberapa memberikan penjelasan yang cukup bisa diterima. Sisanya hanya bilang: “Udah, beli aja. Bagus kok!” Untuk alasan karena rekomendasi ini, biasanya saya hanya percaya pada rekomendasi orang-orang yang saya percayai “mutu bacaannya”.

Di antara mereka adalah editor saya sendiri (atau editor lain, saya percaya mereka karena mereka punya pengalaman membaca buku yang panjang, maksudnya bacaannya banyak) dan pengarang kesukaan saya. Untuk rekomendasi dari selain dua orang itu, saya menuruti feeling saja. Kalau feeling mengatakan tak ada salahnya mencoba rekomendasi mereka, saya akan beli. Kalau feeling saya mengatakan tidak, ya tidak.

Quote:Quote:2. Tidak Ada Salahnya Menjatuhkan Pilihan Pada Buku yang Judulnya Sering Disebut
Spoiler for

Sering disebut | Image Courtesy of : http://www.popsugar.com

Quote:Ini agak terkait dengan alasan yang pertama. Saya sering berkunjung ke blog para pengarang kesukaan saya (terima kasih teknologi dan terima kasih kepada pengarang-pengarang favorit saya yang memiliki blog dan aktif di sana) untuk “mencuri” sumber pengetahuan mereka, alias mencari tahu apa saja buku-buku yang mereka baca. Beberapa pengarang dengan senang hati menyebutnya, sengaja atau tidak.

Ketika mereka membahas sebuah topik di blognya (biasanya pada tulisan-tulisan berbentuk jurnal) para pengarang tersebut menyebutkan beberapa judul buku. Saya mencatat judul-judul buku itu untuk kemudian saya cari di toko-toko buku yang bisa saya raih.

Kadang, ketika ada kesempatan bertemu langsung dengan mereka, saya bertanya langsung, apa saja buku-buku favorit mereka. Dan tentunya, saya catat.

Dari bermain-main ke blog pengarang kesukaan atau percakapan-percakapan offline dan diskusi-diskusi tentang buku, saya merekam beberapa buku yang sering disebut. Biasanya buku-buku yang sering disebut itu adalah buku-buku pemenang penghargaan (tentunya harapan saya bahwa buku tersebut memang bagus akan jadi semakin besar, karena mereka menang penghargaan). Beberapa tidak menang penghargaan, namun banyak didiskusikan. Buku-buku itulah yang saya masukkan ke dalam catatan saya, dan ketika saya menemukan mereka di sebuah toko buku atau bazar, biasanya akan langsung saya beli tanpa pikir-pikir lagi.

Quote:Quote:3. Pastikan Kamu Memilih Buku yang Pengarangnya Kamu Sukai
Spoiler for

Pengarang buku favorit | Image Courtesy of : http://mic.com

Quote:Saya menyukai J. K. Rowling setelah membaca serial fantasi Harry Potter. Setelah itu, saya membeli semua buku yang ditulis oleh J. K. Rowling, tak peduli apakah bukunya itu bagus atau tidak. Saya sudah terlanjur menyukainya sejak pandangan pertama.

Quote:Quote:4. Kualitas Penerbit yang Baik Juga Perlu Kamu Perhatikan
Spoiler for

Penerbit yang bagus | Image Courtesy of : http://montreal.ctvnews.ca

Quote:Untuk beberapa penerbit yang (setidaknya di mata saya) memiliki reputasi bagus karena mereka kerap menerbitkan buku-buku bagus, saya akan memberikan kepercayaan saya kepada buku-buku berikutnya yang mereka keluarkan. Meskipun saya tidak mengenal nama pengarangnya, sampulnya jelek, judulnya tidak menarik, atau blurb atau sinopsisnya tidak membuat penasaran, saya tetap akan memberikan kesempatan kepadanya.

Karena penerbit tersebut jarang mengecewakan saya. Sebaliknya, untuk penerbit yang belum saya kenal buku-buku terbitannya atau reputasinya tidak begitu bagus di mata orang-orang lain yang sering membaca, saya akan cenderung ragu untuk membeli buku-buku mereka. Siapa yang mau membeli kucing dalam karung, bukan?

Quote:Quote:5. Beri Juga Perhatian Pada Penampilan Sampulnya

Spoiler for

5. Beri Juga Perhatian Pada Penampilan Sampulnya | Image Courtesy of : http://kirstenstoller.com

Quote:Kata orang-orang, jangan menilai buku dari sampulnya. Lalu saya bilang, tentu saja saya menilai sebuah buku dari sampulnya, terlebih lagi kalau bukunya masih tersegel. Maksudnya, ya tentu saja saya menilai sebuah buku dari sampulnya. Saya adalah makhluk yang visual. Saya tahu bahwa beberapa kali (sering malah) penampilan bisa menipu, tapi saya tidak peduli. Saya adalah seorang penimbun buku. Saya tidak hanya membaca buku saja, tapi saya juga mengoleksinya. Ketika saya melihat rak buku saya, saya ingin melihat buku-buku bagus dengan sampul-sampul menarik berjajar di sana. Saya suka buku dengan sampul yang bagus!

Quote:Quote:6. Kalau Harganya Murah, Kenapa Tidak?

Spoiler for

Karena terjangkau | Image Courtesy of : https://www.flickr.com

Quote:Sebagai penulis, saya ingin buku saya dihargai mahal dan dibeli orang dengan harga yang mahal itu, agar saya mendapat banyak uang dari buku saya (hei, saya hidup dari menulis!). Namun sebagai pembaca, saya ingin mendapatkan buku-buku dengan harga murah. Semakin murah semakin baik. Kalau perlu gratis.

Beberapa hari lalu di Periplus saya melihat Lowland, buku terbaru Jhumpa Lahiri. Saya hendak membelinya sebelum saya melihat label harga di punggung buku tersebut. “Oke, sepertinya nanti saja deh.” Harganya mahal (yah, kecuali buku-buku bekas, buku impor mana yang tidak mahal ya?). Meskipun pada akhirnya, seminggu kemudian ketika kembali berada di Periplus, saya membeli juga buku itu (karena alasan nomor 2). Tetapi artinya saya telah menunda hasrat membeli buku ketika melihat buku itu dibandrol dengan harga yang mahal.

Meskipun buku itu buku bagus (menurut orang-orang yang sudah membaca), pengarangnya adalah peraih penghargaan internasional, bukunya telah beberapa kali diangkat ke film, telah diterjemahkan ke banyak bahasa, termasuk buku langka, namun kalau harganya selangit tentu saja saya akan pikir beberapa kali sebelum membelinya. Bahkan mungkin takkan pernah membelinya, sampai saya mendapatkan kesempatan untuk memperolehnya dengan dengan harga yang lebih murah.

Sebetulnya ada beberapa lagi alasan mengapa saya membeli sebuah buku. Tetapi juga kadang saya tidak memiliki alasan sama sekali saat membeli sebuah buku tertentu. Saya membelinya saja, mencabutnya dari rak dan membawanya ke kasir. Saya tidak kenal pengarangnya dan tak pernah dengar namanya, judul bukunya tak pernah disebut, tidak pernah ada yang merekomendasikannya kepada saya, sampulnya jelek minta ampun, atau dikeluarkan oleh penerbit dari dunia antah-berantah. Tetapi saya membelinya. Saya memperoleh feeling untuk membelinya. Untuk aksi membeli buku yang seperti ini, saya hanya bisa memberimu sebuah excuse.


Quote:Quote:Penutup

Quote:Nah, bagaimana, bermanfaat gak gan tips dari agan Bernard Batubara? Ternyata kamu nggak perlu pertimbangan rumit kok untuk membeli sebuah buku, apalagi sampai galau! Kalau kamu memang suka, dan kamu punya uang untuk membelinya, tunggu apa lagi coba? Kata Bara, membeli buku nggak cuma buat dibaca doang, tapi juga dikoleksi! So, ayo beli buku!

Lebih lanjut soal ulasan buku dan berbagai tulisan Bara lainnya bisa kamu temukan di blog pribadinya www.bisikanbusuk.blogspot.com . Kamu juga bisa menyapanya secara langsung via akun twitter-nya @benzbara_






Bantu dong gan



Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/54433a27a4cb170d1e8b457d

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger