Home » » Kenapa Timun Kadang Terasa Pahit?

Kenapa Timun Kadang Terasa Pahit?

Quote:Sebelum Menyimak KASKUSER Yang Baik Pasti Meninggalkan
KOMENG



Quote:Siapa sih yang gak kenal sama yang namanya "Timun". Si Hijau ini memang menjadi primadona, hampir disemua jenis masakan menggunakan timun sebagai salah satu bahan bakunya (terutama garnish).


Ketika memesan makanan, terkadang timun terasa pahit. kenapa sih itu?
mungkin agan2 sudah mulai menebak, "kulitnya pahit!".
jawaban itu kurang tepat..banyak juga lho timun disajikan masih dengan kulitnya tapi tidak pahit.
contoh (liat timunnya):
V
V
V


berikut penjelasannya.




Mitos tentang rasa pahit pada timun.
Quote:Original Posted By kimochengan â–º
kalo kata mantan ane gan. kalo timun yang pait waktu masih di pohon dilewatin sama uler

Quote:Rasa pahit dari timun berasal dari senyawa organik yang disebut Tetracyclic Triterpenoid atau Cucurbitacins adalah senyawa komplek yang dapat ditemukan pada tanaman timun- timunan (Famili Cucurbitaceae). Senyawa ini ditemukan pada bagian atas timun (yang ada tangkai gan). kalau lihat gambar di atas, yang warna putih2 itu yang bikin pahit. Jadi bukan gara gara ular lhoooo.

Akibat konsumsi Cucurbitacin berlebihan.

Quote:Konsumsi Cucurbitacins yang berlebihan dapat menyebabkan kematian. Berdasarkan penelitian, pada dosis 1,2 mg ccuA/kg (cucurbitacins murni) menyebabkan kematian pada tikus. selama ini belum ditemukan kasus pada manusia. jangan dicoba yah gan!!



PENTING!!!!
Quote:Namun gak usah kawatir, jenis timun yang biasa kita beli dipasar atau yang kita tanam sebenarnya memiliki cucurbitacin dalam konsentrasi yang rendah. Dan pada umumnya bagian yang pahit juga dibuang. Jadi bisa dibilang konsumsi timun tidak berbahaya untuk manusia. Malah memberikan banyak manfaat.

Tips menghilangkan getah ketimun :

Quote:
1. Potong bagian depan/ tangkai setebal 1/2-1 cm. Gosokkan kedua tepi irisan dengan arah memutar sampai keluar getah berbentuk busa berwarna putih.


2. Sebaiknya sebelum mengupas potong dulu bagian atas timun (yang ada tangkai gan). kemudian kupas dari bawah ke atas. dan jangan kupas sampai putus, berhenti di ujung kurang lebih 2-3 cm. biasanya bagian pahit masih tersisa diujung. jika dipotong hingga putus dapat menyebabkan senyawa yang bikin pahit tadi nempel di pisau. trus waktu ngelanjutin ngupas, malah menyebarkan rasa pahit timun. INI LAH YANG MENYEBABKAN TERKADANG TIMUN TERASA PAHIT, WALAUPUN BUKAN BAGIAN UJUNG TIMUN.



Mohon maaf jika ada banyak kesalahan. ane bermaksud mau bikin trit yang indah karena ini adalah trit pertama ane. kalau informasinya tidak berguna mohon tidak . tapi jika berguna ane berharap agan bantu
syukur2 jika ada yang mau memberikan :cendol itung2 sebagai hadiah trit perdana TS.

SUMBER
Quote:informasi dari banyak sumber kemudian dirangkum menjadi satu. salah satunya,
Bottle Gourd Poisoning
Report on Cucumber

Komentar agan agan
Quote:Original Posted By MSLT.SunnySNSD â–º
ane sering nemu timun yg pait pas dipecel lele pinggir jalan
jadi itu sebabnya.. ya ya ya nice info

Quote:Original Posted By lewis203 â–º
oh kalo cara motong salah
timun jadi pait ye gan
baru tau ane
info nya gan

Quote:Original Posted By kolotibab â–º
ane sih sebenernya demen banget ama timun

tapi klo pas kedapetan timun yang pahit, ane buang gan







original posted by : Kolotibab


Quote:Original Posted By dar.K.night â–º
Ow gitu ya gan.. Pantes nyokap ane kalo mo ngupas dipotong sedikit trus digosok2in gitu..
Ternyata yang pahit sekitar tangkainya ya gan..

Quote:Original Posted By Ichagirl â–º
Ane ga suka timun gan.... Sering pahit timun yg ane makan di catering kantor... Jd nya ane ga pernah makan timun lg dikantor... Kalau tukang ketoprak langganan ane, timunnya enak ga pahit... keren tuh tukang ketoprak dibanding catering kantor...

ane coba menjawab, catering / rumah makan biasanya buat masakan dalam jumlah banyak. pegawai yang gak mau repot2, sering kali langsung kupas dari bawah sampai atas (maksudnya biar cepat). akibatnya senyawa pahit tertinggal di pisau, hasilnya menyebarkan pahit keseluruh bagian timun. padahal rasa pahit hanya pada bagian atas (ujung tangkai)

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/5113afc90b75b4bf25000006

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)