Home » » Segala Sesuatu Tentang Tidur yang Mungkin Belum Lo Tau

Segala Sesuatu Tentang Tidur yang Mungkin Belum Lo Tau

Silahkan gan, sebelum ente baca bantu ane
ato komen
ane doain biar tambah berkah ente surfing kaskus
ane juga ga nolak

Spoiler for Penjelasan dan Pembelaan aneMaaf ane ga bermaksud repost

Tapi trid ini punya tema yang sama yaitu Tidur
Namun disana ane melihat tidak banyak yang membahas tidur secara detail
sehingga ane pengen membahas itu secara lebih detail walapun sebenarnya masih kurang detail
sekalian ane mau ngumpulin aja trid yang bertema atau membahas tentang tidur

Ane hanya ingin share apa yang ane tau tentang tidur
CMIIW
Quote:Apa Itu Tidur?
Quote:Tidur diartikan sebagai periode alamiah kesadaran yang terjadi ketika tubuh direstorasi yang dicirikan oleh rendahnya kesadaran dan keadaan metabolisme tubuh yang minimal.
Fakta medis mengatakan bahwa saat tidur, tepatnya 2 jam pertama ente tidur. tubuh menhasilkan growth-hormon yang berperan dalam proses pertumbuhan dan memperbaiki sel-sel yang rusak. ada juga hormon lainnya yang diproduksi selama kita tidur, yaitu hormon cortisol. hormon itu berfungsi untuk menetralisir stres dan menyegarkan tubuh kita untuk menghadapi hari baru.
Quote:Waktu Ideal Tidur
Quote:Waktu ideal untuk tidur tergantung dari berbagai faktorm, diantaranya : kesehatan, daya tahan fisik dan aktivitas mental. Shingga antara bayi ataupun orang dewasa berbeda waktu yang dibutuhkan untuk tidur.
secara waktu ideal untuk tidur :
1. Bayi yang baru lahir-- memerlukan tidur selama 16 jam perhari.
2. Bayi Usia 6 Bulan-- menurun menjadi 13 jam perhari.
3. Remaja-- 9 jam perhari. (kalo TS jarang sih, biasa jadi Betmen )
4. Dewasa-- membutuhkan waktu tidur ideal 7 sampai 8 jam perhari
Quote:Wah ini gan yang paling penting, penjelasan para peneliti dalam jurnal yang ane temukan. berikut penelitiannya
Quote:
Quote:1. Journal "Occupational and Environmental Medicine Tahun 1996-1998
menjelaskan bahwa orang yang bekerja lebih dari 60 jam perminggu dan tidur tidak secara normal akan meningkatkan resiko mengalami Hearth Attack atau Serangan Jantung sebanyak 2 kali lipat. Penelitian ini melibatkan 260 orang lelaki berusia 40-79 tahun.
Asli gan setelah ane baca ntu jurnal seminggu ini ane kagak begadang, lepi ane tinggalin. soalnya ini menyangkut masa depan.
Quote:Quote:2. Journal Archives of General Psychiartry Tahun 2002
Gan ini penjelasannya lebih kejem lagi . bagi ane ini tamparan yang keras banget, asli! Kalo Ga kuat angkat tangan gan.
Jurnal ini menjelaskan bahwa seseorang yang tidur antara 6-7 jam perhari memiliki rata-rata kematian yang paling rendah. Anka harapan hidup tertinggi ada pada orang yang rata-rata tidur 7 setiap harinya.
Bagi yang tidur lebih dari 8 sehari, maka resiko kematiannya meningkat sebesar 12% dari pada yang tidur 7 sehari. sedangkan yang tidur kurang dari 5 jam perhari resiko kematiannya lebih rendah daripada yang tidur lebih dari 8 jam.
kesimpulannya adalah tidur yang ideal bagi orang dewasa adalah 7 jam perhari. penelitian ini memperingatkan kita bahwa kelebihan tidur dan kurang tidur dapat meningkatkan resiko kematian kita. Penelitian ini melibatkan 1,1 juta orang dengan umur antara 30 sampai 102 tahun.
Namun yang perlu kita ingat, kematian itu ada di tangan Tuhan YME, tetapi sebagai manusia kita harus tetap berusaha menjaga kesehatan kita dengan tidur yang cukup
Quote:3. Journal Self-Reported Sleep Duration as Predictor of All-Cause Mortality:Results from the JACC Study, Japan.
Quote:jurnal ini ditulis oleh Dr. Akiko Tamakoshi dan Dr. Yoshiyuki Ohno. penelitian mereka melibatkan 104.010 partisipan yang terdiri dari 43.852 laki-laki dan 60.158 perempuan. jurnal ini mengemukakan bahwa durasi tidur 7 jam pada malam hari memiliki resiko kematian paling rendah. diketahui pula kalau laki-laki lebih banyak tidur daripada perempuan (klo ini ane setuju banget ).
Quote:Gimana Sih Siklus Tidur?
Quote:Kalo ente penasaran Ane jelasin.
tahun 1960, juragan Rechtschaffen dan Kales, meneliti tentang siklus tidur dan menggambarkannya seperti tabel dibawah ini.
Spoiler for Gambar Siklus Tidur
didalam siklus terdapat 2 fase yaitu NREM (Non Rapid Eye Movement) dan REM (Rapid Eye Movement). Nah lihat lagi spoiler diatas gan, setiap fase itu terjadi sekitar 90 sampai 110 menit, kecuali fase REM yang hanya terjadi selama 10 menit diakhir tidur. agan pernah mimpi? mimpinya kering ato basah? klo ente pernah mimpi maka ente memasuki fase REM.
biar tambah jelas mengenai detail siklus tidur lihat tabel dibawah ini
Spoiler for Tabel fase Tidur
Quote:Gan Giman Cara Bayar Hutang Tidur?
Quote:Hutang tidur itu logikanya begini, ane selama 5 hari tidur cuma 6 jam. berarti ane kan masih punya hutang 1 jam disetiap harinya. rencananya hari keenam ane mau tidur 12 jam buat membayar hutang 5 jam ane (1jam x 5 hari).
apa rencana ane itu bener? ternyata salah gan . kata agan Jim Horne, membayar hutang tidur itu cuma mitos. kalau ente kepaksa lembur pada hari sebelumnya, maka hari selanjutnya tidurlah secara normal saja. yaitu selama waktu ideal atau 7 jam, sehingga badan ente kemabli seger.
Quote:Quote:Gan Ane Kurang Tidur Apa Akibatnya :
Kalo ente baca bener trid ini, pasti ente udah tau akibatnya. lihat bagian jurnal penelitian. ane ringkas aja akibatnya yaitu meningkatnya resiko kematian dan meningkatnya resiko 2 kali lipat untuk kena serangan jantung.
Lihat gan, banyak kok yang udah bahas biar ente makin jelas:
Spoiler for Yang bahas akibat kurang tidur
Ini Akibat Kalau Kamu Kurang Tidur
Akibat Kurang Tidur Pada Tubuh Kamu
9 Masalah Kesehatan Akibat Sering Begadang
Klo ini penyakit gara kebanyakan tidur
6 Penyakit yang Timbul Akibat Terlalu Sering Tidur
Quote:Quote:Gan Ane Insomnia/ Susah Tidur
Bahaya gan, insomnia itu gejala susah tidur. kalo ente mahasiswa paginya bisa kagak fokus ama kuliah ente. kalo jangka panjang, akibatnya bisa kena serangan jantung ato penuaan dini dan masih banyak lagi.
Kalo ente pernah mengalami, bahkan dalam tahao akut. Langsung aja keTKP gan. soalnya banyak kaskuser yang bahas dengan detil tapi rignkas.
Cekidot!
Spoiler for insomnia15 Tips Tidur Untuk Para Penderita Insomnia
6 Makanan dan Buah yang Bermanfaat Untuk Menyembuhkan Penyakit Insomnia atau Susah Tidur
Info Lengkap Tentang Insomnia
Quote:Quote:Gan ada Mitos saat Tidur Ga?
Ada Gan, kalau ente tidur nanti guling ente jadi Pocong
ditambah lagi klo ente, tidur ga doa ente bisa pindah ke kuburan deket rumah ente.
lebih lengkapnya ente Ke TKP soalnya udah ada yang bahas gan, silahkan ditindak lanjuti untuk menuju tridnya
Spoiler for Mitos dan FaktaFakta dan Mitos Tidur
Mitos Hubungan Pakaian dan Kesehatan Saat Tidur
Quote:Quote:Gan Posisi Tidur Yang Enak TU Gimana?
Posisi Dogg* Style gan
asli ntu cuma bercanda, banyak kok posisi yang enak dan bebas pegel contohnya ente miring ke kanan ato apalah. yang penting ente jangan tidur telen tang, bisa nyangkut ditenggorokan ente ntu tang dan menghambat saluran pernafasan agan.
selain itu biar lebih jelas ente bisa langsung ke TKP yang telah diselidiki oleh kaskuser secara detail dan ringkas.
Cekidot!
Posisi Tidur Yang Bebas Pegal dan Direkomendasikan
6 Jenis Posisi Dalam Tidur
Posisi Tidur Rasulullah Dalam Penjelasan Medis
Quote:Gan Ane Waktu Tidur Nangapain aja sih?
Kok malah tanya ane? kan ente yang ngrasain. cuma ente musti inget tidur itu kita ga sepenuhnya tidak sadar.soalnya otak kita msih bekerja, bahkan lebih aktif saat kita tidur. terdapat beberapa aktivitas yang kita lakukan saat kita tidur, baik kita sadar atau tidak. kalo mimpi pasti ente tau klo ente mimpi, tapi cuma 5 persen yg ente inget. klo ente ngigau baru kadang ente ga sadar, nah ini paling bahaya klo ente ngigau soal cewek idaman ente.
klo secara medis sih yg paling bahaya ya ente jadi sleep walker. klo ente pengen tau, aktivitas apa aja yang ente lakuin waktu tidur dan juga penjelasan secara medisnya, ente langsung ke TKP aja. soalnya udah ada yang bahas.
HalYang Ente Lakukan Waktu Tidur
Quote:Terima Kasih
Ente semua bersedia baca trid ane yang kacau balau ini
ane seneng kalo ente ninggalin ane jejak
berupa

ataupun komen
CMIIW

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/53feb284108b4693758b456a

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger