Home » » Sering Makan Spaghetti, Udah Tau Belum Fakta-Faktanya Gan?

Sering Makan Spaghetti, Udah Tau Belum Fakta-Faktanya Gan?




Semoga thread ane ini bermanfaat
Dan juga mudah-mudahan tidak ada repost diantara kita

Agan dan aganwati ada yang suka spaghetti?
Atau paling gak nyicipin pasta lezat ini?

Quote:





Pastinya agan dan aganwati tau dong yang namanya spaghetti. Yup, makanan ini ternyata ada sejarahnya juga looh. Kebanyakan orang (termasuk ane) berfikir kalo spaghetti adalah kuliner asli Italia. Tapi banyak yang bilang kalo ternyata Spaghetti bukan berasal dari negeri Pisa sana, bener ga sih?


Nih gan sejarah spaghetti yang perlu agan tahu

Quote:





Benarkah Spaghetti berasal dari Italia?

Dalam bahasa Italia, kata “spaghetti” adalah bentuk jamak dari kata “spaghetto” yang berasal dari kata “spago”, yang artinya adalah tali, mungkin dapat dilihat dari bentuknya spaghetti yang mirip tali yaa gan.
Salah satu teori populer menyatakan bahwa Marco Polo--sang penjelajah terkenal dari Italia itu, diperkirakan telah membawa makanan ini ke tanah airnya usai ekspedisi ke Cina, yang pada saat itu dipimpin oleh Dinasti Yuan. Orang Cina sudah mengkonsumsi “mie” yang berbentuk seperti spaghetti, dan Marco Polo menyebut mie Cina ini dengan nama “Lagana”. Namun banyak orang yang menentang teori ini karena mie berbeda dengan pasta. Terlebih ketika sebuah penelitian menemukan bahwa di tahun 1279 para prajurit di Genoa â€" Italia sendiri sudah mengkonsumsi pasta kering. Sementara Marco Polo baru tiba di Italia tahun 1295.
Muncul teori baru yang mengatakan bahwa orang-orang Timur Tengah (negara-negara Arab ) lah yang membawa pasta ke Italia â€" bersama dengan bayam, terung dan tebu yang mereka bawa dari lembah Mediterania â€" selama penaklukan Arab Sisilia di abad ke 9.
Dapat disimpulkan kalo Spaghetti bukan murni berasal dari Italia, namun karena iklim dan budaya di Italia emang membuat spaghetti punya rasa yang sangat “Italia” banget. Terlebih sausnya yang khas banget dan seger.



Quote:





Bener ga sih gan, kalo Spaghetti itu yaa sama kayak mie?

Emang menurut agan kenapa Spaghetti di Italia jadi populer banget?, mungkin aja karena iklim disana emang cocok untuk tanaman gandum Durham. Naah dari tanaman inilah menghasilkan Semolina, tepung yang dijadiin bahan pembuatan pasta. Tau ga sih gan dulu, spaghetti biasa dimakan kering kayak kerupuk lho.. Tapi mungkin bergitu orang Italia pada nyadar bahwa betapa yummy-nya spaghetti paduan pasta dan tomat, jadinya mereka berlomba-lomba bikin spaghetti enak dengan saus dari olahan tomat. Terlebih pas tau kalo makanan ini bisa jadi alternatif pengganti dari bubur atau roti karena mengandung karbohidrat dan protein yang tinggi.
Bedanya spaghetti dengan mie biasa adalah Spaghetti dibuat dari tepung terigu semolina yang merupakan hasil gilingan biji gandum durham dicampur telur sehingga sedikit berwarna kuning cerah, dan bila dimasak dengan benar akan menghasilkan tekstur sedikit kenyal. Spaghetti buatan Amerika sering dibuat dari campuran tepung terigu farina dan semolina, sehingga memiliki tekstur lebih lembut yang cocok untuk dijadikan hidangan seperti kaserol. Jadi emang beda banget kalo ngebandingin spaghetti dengan mie pada umumnya gan.



Quote:





Susah gak sih Bikin Spaghetti Lezat?

Pada awalnya sih gan, Orang-orang Yunani dan Romawi kuno juga biasa menyantap sejenis makanan yang mirip dengan (dan mungkin emang benar) spaghetti, hanya saja mereka memasaknya di atas batu.
Ketika industri mulai berkembang di Italia sana, Spaghetti mulai dijual di dalam kemasan dalam bentuk kering. Spaghetti kering dibuat di pabrik dengan menggunakan mesin ekstrusi yang mendorong keluar adonan Spaghetti melalui lubang-lubang saringan. Bentuk-bentuk Spaghetti yang lain diperoleh dengan menggiling adonan Spaghetti menjadi lembaran yang kemudian dipotong-potong atau dicetak.
Gak beberapa lama spaghetti segar bisa dibuat dan dibentuk dengan tangan beberapa saat sebelum pasta direbus. Pasta segar emang perlu waktu masak yang lebih singkat, namun tidak tahan lama disimpan karena kadar airnya yang tinggi. Sedangkan Spaghetti kering bisa tahan disimpan hingga tiga tahun atau lebih karena kandungan airnya yang rendah, sekitar 10 persen saja. Jadi prosesnya biasanya memakan waktu yang lumayan lama juga loh gan.
Dulunya orang berifikir bahwa membuat spaghetti itu cuma bisa dibuat oleh chef handal. Kita mesti ke restoran dan mahal demi mencicipi spaghetti. Orang juga mulai nyobain bikin spaghetti sendiri, dengan melihat resep di buku masak atau internet, meskipun waktu yang dihabisin buat bikin spaghetti cukup banyak. Hal inilah banyak yang beranggapan bikin spaghetti itu sulit. Selain harus membuat pastanya, kita juga harus membuat saus tomat spesial yang menambah kelezatan spaghetti itu sendiri gan.
Tapiii…sekarang semua orang udah bisa bikin spaghetti dengan gampang dan praktis lho. Mulai dari anak rumahan, kosan, jomblowan atau yang udah berkeluarga, mahasiswa atau pekerja, semua bisa bikin spaghetti anti ribet. Rahasianya ini gan.. Lafonte Pronto., kita bisa bikin spaghetti dengan gampang, praktis dan enak bangets cuma 4 menit.
Yang bikin gampang sebenernya karena semua bahan udh tersedia gan, ada saus nya juga. Jadi tinggal rebus (spaghettinya), tinggal tuang (sausnya) trus tinggal makan deh..Boleh dicobain dulu gan biar tau rasanya beda sama pasta instan lainnya, dijamin lebih enak
Satu lagi nih gan yang ngebedain sama merek lainnya, bahan yang digunakan La Fonte Pronto semuanya serba alami dan asli loh gan, seperti daging sapi nya ASLIâ€" ayam nya ASLI - jamur nya ASLI serta tomat segar,cabe dan rempah pilihan gan, Jadi, aman untuk kita konsumsi dan rasa nya enak kaya kita masak sendiri loh.
Nggak percaya? Buktiin sendiri aja yah gan




Nah..Pengen tau gimana mudahnya bikin spaghetti enak? Ayo langsung aja gan meluncur di:

TKP 1
TKP 2

Disana juga banyak permainan seru dan menarik loh, makanya update terus dengan follow dan like fanpagenya, siapa tau agan yang beruntung dapetin berbagai hadiah menarik dari LaFonte Pronto


kalo berkenan boleh ijo-ijonya gan

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/53fd55890d8b46ae2c8b4593

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)