Home » » Cara Cerdas Manfaatkan Gadget Usang

Cara Cerdas Manfaatkan Gadget Usang


Quote:
Meski di masa sulit sekalipun, memanfaatkan barang lama untuk didaur ulang adalah langkah yang lebih baik daripada menjualnya kembali dengan harga murah atau malah membuangnya sebagai barang rongsokan. Daur ulang, bagi mereka yang tidak akrab dengan istilah ini, adalah tentang memanfaatkan barang lama dan tak berguna untuk dijadikan kembali sebagai barang yang memiliki nilai guna. Ini adalah proses bagaimana Anda mengoptimalkan keahlian kreativitas Anda untuk mengalihfungsikan barang yang sudah rusak dan tidak berfungsi.
Kini saatnya Anda untuk mengeluarkan kotak lama yang teronggok di bawah tempat tidur atau lemari gudang, entah itu laptop, desktop, telepon seluler, kamera, mesin printer, atau koleksi usang lainnya seperti papan sirkuit dan transistor; karena akan memandu Anda bagaimana cara mendaur ulang semua gadget usang itu.
Spoilerfor Gadget Usang:
Hampir semua orang tentunya memiliki laptop tua. Namun akan berat rasanya untuk membuang barang yang, mungkin, pernah memaksa Anda merogoh uang saku hingga sekitar Rp8 juta demi mendapatkan barang itu. Beruntungnya, hal itu berarti Anda masih memiliki gadget yang bisa dimanfaatkan - sekalipun kondisi layarnya sudah kebiru-biruan atau mati setiap lima menit.
Daripada membuangnya ke tempat rongsokan, inilah saatnya bagi Anda untuk membersihkan debu yang kadung melekat di laptop Anda dan menginstal ulang dengan sistem operasi yang lebih ringan. Program yang Anda butuhkan adalah software media server seperti Plex atau XMBC.
Idealnya, laptop Anda memiliki Wi-Fi, graphic adapter yang cukup mumpuni, dan audio serta video sehingga Anda bisa menghubungkannya dengan teater rumah dengan bantuan beberapa kabel penghubung seperti slot HDMI atau DVI. Jika tidak, Anda masih bisa memanfaatkan koneksi VGA.
Dengan langkah praktis ini, Anda bisa menikmati semua musik, gambar, dan video di TV rumah bersama keluarga.
Spoilerfor Gadget Usang:
Tidak butuh waktu bertahun-tahun bagi iOS atau Android untuk update sistem operasi terbarunya. Saat itu, tablet yang sebelumnya Anda banggakan mungkin sudah ketinggalan dalam urusan performanya. Apakah itu berarti saatnya menghadiahkan tablet untuk nenek Anda? Mungkin belum saatnya. Maaf, nek.
Salah satu cara terbaik memanfaatkan tablet lama adalah untuk kebutuhan dapur rumah. Lantas bagaimana menjadikan iPad original atau Samsung Galaxy Tab Anda menjadi bagian permanen dari furnitur dapur?
Keputusan ada di tangan Anda; seberapa jauh Anda akan memanfaatkan perangkat ini di dapur rumah. Cara sederhana memanfaatkan tablet adalah menjadikannya sebagai perangkat pajangan dapur. Joseph and Williams-Sonoma menampilkan demo masak yang patut untuk dicoba, dan Belkin juga melakukan hal yang sama untuk ditiru. Di luar itu, Anda juga bisa mencoba meracik masakan sendiri dengan melihat ragam resep masakan yang ada. Selamat mencoba.
Cara mana pun yang Anda pilih, pastikan tablet Anda menggunakan pelindung layar. Anda tentunya tidak ingin tablet terkena cipratan jus tomat atau tepung terigu.
Spoilerfor Gadget Usang:
Anda bisa mengubah kamera kompak usang Anda menjadi perangkat webcam di rumah. Tentu saja, hal itu tidak berarti Anda harus menggunakannya untuk memotret. Saat ini Anda mungkin memiliki kamera yang lebih baik, namun ada banyak alasan untuk mendaur ulang kamera digital lama Anda untuk kebutuhan koneksi video call pada komputer Anda.
Built-in webcam 0,3 MP yang tersemat di laptop Anda tidak sebanding dengan kamera Canon, Nikon, dan jajarannya. Apa yang Anda butuhkan adalah sebuah video input yang bisa terkoneksi dengan notebook atau desktop Anda. Komputer yang tergolong jenis multimedia mungkin memilikinya namun sebagian besar tidak. Jika di komputer Anda hanya memiliki slot USB, Anda hanya perlu menambah kabel eksternal video capture adapter, seperti EasyCap, untuk menghubungkan kamera Anda dengan komputer atau notebook. Penghubung koneksi tersebut biasanya sudah disertakan dengan driver dan software untuk dapat berfungsi dengan baik.
Jika semua yang dibutuhkan sudah tersedia, yang perlu Anda lakukan adalah menyambungkan kabel video yang ada pada kamera dengan komputer atau notebook- atau Anda bisa membeli yang baru sekiranya sudah hilang.
Spoilerfor Gadget Usang:
Layaknya memanfaatkan tablet untuk kebutuhan dapur Anda, tidak terlalu rumit untuk menjadikan camcoder saku usang Anda menjadi sesuatu yang berguna. Singkatnya, Anda bisa memasang camcorder dengan mengikatnya di stang sepeda atau di atas helm - atau apa pun yang berkaitan dengan olahraga ekstrem Anda - dan biarkan kamera tersebut merekam kegiatan Anda.
Gadget sejenis kamera video Flip menjadi terkesan berlebihan sejak smartphone saat ini bisa melakukan pekerjaan tersebut dengan lebih baik. Saat ini perangkat seluler seperti iPhone dan sejenisnya bisa merekam video dengan kualitas yang lebih baik. Namun gadget mahal seperti itu cukup berisiko jika harus digunakan dalam kebutuhan aktivitas yang ekstrem.
Sebaliknya, camcorder saku usang cukup layak dan memiliki sejumlah aksesoris yang sempurna untuk melakukan pekerjaan tersebut. Jika tidak, saatnya Anda menyiapkan lakban. Jangan lupa sediakan sisa ruang untuk kebutuhan pengisian ulang dan mengganti soket penyimpanan.
Terakhir, pastikan untuk mengubah pengaturan video capture untuk mendukung kebutuhan frame rate tinggi (60fps atau lebih), sehingga Anda bisa merekam kegiatan Anda dengan hasil rekaman yang bagus. Tentu saja, jika Anda bukan penggemar aktivitas ekstrem, Anda masih bisa memanfaatkan camcorder ini sebagai webcam seperti yang sudah dibahas sebelumnya.
Spoilerfor Gadget Usang:
Setiap orang tentunya pernah memiliki ponsel (usang) andalannya masing-masing. Ini adalah cara sederhana memanfaatkan barang lama yang bisa dilakukan semua orang, itu pun jika mereka tidak enggan untuk melakukannya.
Anda mungkin sekarang sudah tidak lagi menyukai ponsel lama Anda. Mungkin karena ukurannya yang terlalu besar, softwarenya yang sudah ketinggalan zaman, atau karena layarnya yang buram dan baterainya yang sudah jebol. Namun dengan kondisi parah sekalipun, ponsel Anda tentunya masih, setidaknya, bisa menampilkan penunjuk waktu.
Carilah cara untuk menempatkan ponsel Anda di samping tempat tidur. Anda bisa memanfaatkan aksesoris dock yang sudah ada atau sedikit berkreativitas mengakalinya. Jika sudah terpasang, Anda tinggal menampilkan penunjuk waktu di layar dan biarkan ponsel Anda bekerja menjadi jam.
Anda harus mengatur agar ponsel Anda tetap terjaga agar layar tidak meredup sehingga Anda bisa mengetahui waktu kapan pun Anda melirik ponsel di kamar tidur. Pastikan juga ponsel Anda tersambung dengan listrik untuk mencegah baterai drop sehingga Anda tidak perlu khawatir kebablasan bangun pagi hanya karena ponsel Anda tidak mengeluarkan bunyi alarm gara-gara kehabisan baterai di tengah malam.
Untuk lebih maksimal lagi, Anda bisa menginstal layanan streaming musik seperti Spotify atau layanan gratis radio lainnya seperti TuneIn Radio. Anda lantas bisa menyematkan ponsel di dock radio atau menyambungkannya dengan speaker agar kamar Anda lebih hidup dengan adanya alunan musik. Cerdas, bukan?
Spoilerfor Gadget Usang:
Salah satu fungsi iPhone adalah sebagai remote control - dan bukan hanya untuk televisi Anda . Ada aplikasi yang akan berubah menjadi sesuatu yang mengoperasikan lampu, sistem pemanas rumah, server media ( lihat slide 2) , PC, Blu-ray player, kamera digital dan masih banyak lagi . Pertanyaannya adalah bagaimana menemukan yang tepat, menginstal mereka dan berusaha untuk tidak menghilangkannya.
Versi terbaru smartphone Android tampaknya akan datang dengan sistem yang dapat membuat sinyal IR yang mengubah mereka menjadi remote kontrol AV sangat efektif. Ponsel ini mungkin sedikit terlalu baru untuk didaur ulang tapi jangan sampai lupa tips ini ketika Anda sudah mengganti ponsel lama.
Spoilerfor Gadget Usang:
Ada segudang hal yang bisa dilakukan dengan ponsel tua Anda. Mungkin cara terbaik adalah mengubah handset lama menjadi pembaca e-book.
Mengapa Anda perlu mencoba? Karena Anda selalu tidak nyaman membawa-bawa Kobo atau Sony Touch, terutama jika bawaan Anda sudah banyak. Atau mungkin Anda ingin meninggalkan rumah dengan sedikit gadget saja.
Apa pun alasannya, keuntungan dari menggunakan smartphone sebagai pembaca e-book, dibandingkan Kindle atau Nook, adalah Anda tidak terikat dengan toko buku dan salinan digital dari situs. Ada juga aplikasi untuk platform yang paling populer dari semua perusahaan tersebut serta slot kartu microSD untuk memaksimalkan penyimpanan. Jadi, tidak ada masalah DRM dan masalah lain-lain.
Spoilerfor Gadget Usang:
Tidak ada yang melarang untuk mendaur ulang gadget Anda menjadi barang rumah tangga. Jika Anda ingin berpikir yang jauh berbeda dari biasanya, maka printer akan menjadi teman terbaik Anda.
Mekanisme printer tidak ada yang spesial selain menyemprotkan tetesan tinta di tempat-tempat yang sangat spesifik. Jadi mereka tidak akan menjadi remote kontrol atau server media. Buang semua isinya dan printer Anda akan menjadi sesuatu yang lebih berguna. Langkah berikutnya adalah menggunakannya sebagai sebuah kotak.
Jika rangkanya kuat, buang bagian atasnya, tutupi dengan foil dan Anda telah mendapatkan sebuah tempat BBQ darurat. Untuk penggunaan yang lebih halus, Anda bisa mengisinya dengan tanah, menaburkan beberapa bibit dan menaruhnya di halaman atau di balkon Anda sebagai pot bunga mini.
Jika Anda memilih untuk menjaga bagian luarnya tetap utuh, maka printer dengan bagian dalam yang kosong dapat menjadi penyimpanan tersembunyi yang sangat bagus. Masih terlihat seperti printer tetapi dapat digunakan untuk menyimpan apa pun yang Anda sukai dalamnya - roti atau bahkan setumpuk barang-barang berharga Anda. Hah? Ini hanya printer.
Spoilerfor Gadget Usang:
Cara yang lebih spesifik mendaur ulang dapat dilakukan dengan alas mouse. Banyak dari kita memiliki banyak barang รข€" yang sering diberikan sebagai hadiah majalah - tergeletak di mana-mana. Apakah kita seharusnya sering mengganti alas mouse? Sepertinya itu juga tidak laku jika dijual di eBay. Jadi, apa yang harus dilakukan?
Ambil cangkir dan satu set kompas. Ukur sekitar satu sentimeter lebih besar dari ukuran cangkir kopi dan tandai alas mouse itu dengan pensil. Kemudian potong dengan pisau atau gunting dan Anda akan punya sebuah alas gelas baru hasil daur ulang.
Spoilerfor Gadget Usang:
Network Attached Storage atau NAS adalah benda yang sangat berguna. Mereka pada dasarnya adalah sebuah komputer yang bertindak sebagai hard drive eksternal. Berkat konektivitas internet, mereka juga bisa menjadi tempat untuk menyimpan dan mengakses semua jenis file menggunakan perangkat lain di jaringan rumah Anda. Jadi Anda dapat menggunakannya untuk streaming seluruh koleksi musik iTunes ke speaker atau stereo atau tablet, mereka juga dapat mengirim video ke ponsel atau televisi, atau Anda hanya dapat menggunakannya untuk cadangan dan menyimpan file dari komputer Anda yang lain.
Sekarang , Anda dapat pergi dan membeli NAS seharga sekitar AS$150 (sekitar Rp1.7 juta) atau Anda dapat mengubah komputer desktop lama Anda menjadi seperti NAS. Anda akan perlu keyboard dan mouse untuk setup awal dan komputer Anda harus buatan 10 tahun terakhir. Selain itu Anda harus menginstal perangkat lunak FreeNAS yang gratis dan menemukan tempat nyaman untuk meletakkannya.
Spoilerfor Gadget Usang:
Jika Anda pernah melihat siapa saja yang menggunakan lebih dari satu layar , maka mereka melakukan apa yang dikenal sebagai komputasi dual-screen. Entah itu laptop dan monitor atau desktop dengan dua monitor. Hal itu memberi Anda dua ruang untuk dinikmati.
Jadi, Anda bisa membuka semua media sosial pada satu layar dengan semua dokumen dan spreadsheet yang Anda kerjakan di monitor yang lain. Anda mungkin bisa memilih foto atau album di satu layar sambil mengedit foto itu di frame lain. Ada banyak kemungkinan untuk dicoba, dan cara yang terbaik adalah mencobanya sendiri.
Jadi, jika dual-screen terdengar seperti sesuatu yang ingin Anda coba, maka yang harus Anda lakukan adalah menemukan monitor cadangan dan mendaur ulangnya. Apa yang Anda cari di bagian belakang laptop atau desktop adalah soket DVI, VGA atau HDMI untuk output channel video kedua. Setelah tersambung, masuk ke Control Panel dan pilih Display dan Anda akan menemukan apa yang Anda cari. Sangat mudah dan sangat efektif untuk dilakukan.
Jadi , tidak ada alasan lagi sekarang. Daur ulang gadget Anda, dan selamat bersenang-senang.

Quote:Hukuman Yang Cocok Buat Koruptor
Serial Animasi Garuda Riders Mulai Tayang Perdana
Yang Terindah Dari Indonesia-Ku
Ketika Bumi Murka
Animasi GIF Keren Karya Paolo Ceric
Siapa Bilang Pria Tidak Bisa Multi-Tasking
Robot-Robot Jadul Keren yang Pernah Jadi Imajinasi
Benarkah Kita Mempunyai Kembaran di Dunia Ini ?
Lagu Piala Dunia 2014 'Todo Mundo'
Wajah Kegembiraan
Gaya Anak Selebritis Saat Marahi Paparazzi, Masih Cute ?
Spoilerfor made in repost: Quote:
Spoilerfor jangan lupa saudara: Quote:
sekian thread dari ane
kalau berkenan kasih
yang mampir wajib komeng

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/524ac139f8ca170c30000001

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger