Home » » Menyusuri Alam dan Budaya Daratan Riau

Menyusuri Alam dan Budaya Daratan Riau


Keindahan alam di Pekanbaru, salah satu destinasi yang wajib dikunjungi di Indonesia.

Riau mempunyai banyak kekayaan alam dan budayanya, saat ini Riau dikenal sebagai Kepulauan Riau dan Riau Daratan. Kali ini kita akan berkeliling Pekanbaru dan sekitarnya untuk berburu foto alam, budaya dan arsitektur Melayu.


Mesjid Agung yang merupakan mesjid terbesar di Riau

untuk wisata dalam kota adalah Wisata Kuliner, ya Pekanbaru dikenal sebagai salah satu Destinasi Wisata Kuliner di Indonesia. Kuliner khas yang terkenal disini adalah masakan melayu yang diolah dari ikan ikan sungai disekitar Riau, Kuliner yang berasal dari Sungai ini agak susah kita jumpai di lokasi lain di Indonesia. karena memang sangat tergantung dari sungai dan populasi ikan yang banyak ditangkap membuat Kuliner ini menjadi relatif mahal. untuk makan bertiga bisa menghabiskan sekitar 200 sd 250rb. selain itu Pekanbaru dikenal sebagai Kota Durian yang tidak kenal musim, dijalan jalan besar Kota kita bisa temukan penjual Duren pinggir jalan yang tidak khawatir kehabisan duren. buat pencinta durian sangat disarankan untuk mencoba durian durian Pekanbaru ini.


Pekanbaru dikenal sebagai daerah yang tidak mengenal musim Duren, kapanpun agan bisa mencari Duren di kota Pekanbaru dan selalu ada.


Roti Bakar dan Kopi KimTeng kuliner yang sangat terkenal di Pekanbaru.


selain itu didalam Kota Pekanbaru terdapat Pasar Bawah Wisata Belanja di Kota Pekanbaru, Pasar serba lengkap ini terletak di utara Pekanbaru, yang merupakan pusat perbelanjaan barang-barang antik, aksesories rumah tangga dari dalam dan luar negeri, seperti keramik, karpet, lampu-lampu antik dan elektronik, pasar ini juga menyediakan barang-barang bekas yang mempunyai kualitas bagus.


Jembatan Siak, salah satu ikon kota Pekanbaru.

Quote:Cara Menuju ke Pekanbaru

untuk menuju ke Pekanbaru ini banyak maskapai penerbangan yang menuju kesini, diantaranya adalah Garuda dan Lion Air. untuk berkeliling didalam Kota kita bisa menggunakan jasa Taksi atau angkot yang banyak dikota ini, tetapi jika ingin pergi keluar kota harus menyewa mobil. menyewa mobil ini sangat disarankan untuk meminta Pihak Hotel kita menginap, yang saya tanya ke penyewaan mobil kalau mereka tidak kenal mereka agak segan menyewakan karena banyaknya pencurian mobil di Kota ini.

Quote:Kabupaten Kampar Riau


Candi Muara Takus yang terawat dan mempunyai keunikan Arsitektur.

dikabupaten ini ada Candi Muara Taus yang merupakan candi agama Buddha. candi ini sangat unik dan terawat dengan baik, memang untuk menuju kesini bisa memakan waktu 3 sampai dengan 4 jam dari Kota Pekanbaru. saat yang tepat untuk menuju Candi ini berangkat subuh, karena cuaca disini biasanya hanya bagus pada saat pagi hari. siang sampai dengan sore biasanya sudah mendung dan sering terjadi hujan. Candi ini berada di Desa Muara Takus, Kabupaten Kampar, Kota Riau. Kurang lebih 135 KM dari kota Pekanbaru.Kompleks candi ini dikelilingi tembok berukuran 74 x 74 meter di luar arealnya terdapat pula tembok tanah berukuran 1,5 x 1,5 kilometer yang mengelilingi kompleks ini sampal ke pinggir sungai Kampar Kanan. Di dalam kompleks ini terdapat pula bangunan Candi Tua, Candi Bungsu dan Mahligai Stupa serta Palangka. Kompleks Candi Muara Takus, satu-satunya peninggalan sejarah yang berbentuk candi di Riau.


Kemegahan dan keindahan Candi Muara Takus.


Aktivitas di Sungai Kampar di Riau.

Quote:
Tips Travel Foto Memotret Pekanbaru Riau.

1. Destinasi wisata di Pekanbaru Riau letaknya sangat berjauhan, sangat disarankan untuk pergi dari hotel setelah subuh. dengan tujuan agar kita bisa mendapatkan cuaca yang bagus pada saat sampai di Tujuan.

2. Objek Foto di Riau ini sangat banyak Arsitekturnya, karena memang kental dengan budaya Melayu. sangat disarankan membawa lensa Range 17mm untuk DX dan 24mm untuk FullFrame, lensa ini bisa meminimalisasi distorsi saat memotret arsitektur.

3. objek landscape juga banyak di Riau ini, bawalah lensa wide untuk memotret landscape dan arsitektur untuk bereksperimen dengan distorsi kalau kita suka.

4. bawalah charger kamera dan memory card backup, lamanya rute untuk ke objek wisata membuat kita susah menemukan sumber listrik untuk mencharge batere kamera kita kalau habis.

5. cuaca di Pekanbaru dan sekitarnya sangat mudah berubah, bawalah Filter ND atau CPL yang berguna membuat langit lebih berwarna kalau tertutup awan.

6. didalam kota kita bisa menemukan banyak Kuliner, untuk memotret Kuliner bawalah lensa dengan diagfrahma besar misal F 2.8 F1.8 yang berguna untuk menciptakan DOF sempit dan terkadang kita harus memotret malam hari.


Pekanbaru terkenal akan Kuliner ikan Sungainya, salah satunya adalah ikan Patin yang maknyuss..kesini jangan lupa untuk mencoba gan.

Fotografi dan Artikel oleh Barry Kusuma
www.alambudaya.com (My travel journey, lets explore beauty of Indonesia)
www.barrykusuma.com (Gallery Foto, dari Sabang sampai Merauke)
Twitter @BarryKusuma

"Traveling Indonesia is like a box of chocolates, you never know what you're gonna get”

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/521f7b6fa4cb17bf52000005

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger