Home » » Proses Pembuatan Pisau Jepang yang Terkenal Sangat Tajam

Proses Pembuatan Pisau Jepang yang Terkenal Sangat Tajam

Misi Gan, kali ini ane mau shared tentang bladesmiths(pengrajin pisau) di Jepang.
Maaf Kalo Repost
cekidot:

Pisau Jepang sudah sangat terkenal di seluruh dunia, ketajaman dan presisi yang tinggi telah membuat pisau-pisau Jepang melegenda.
Kali ini kita akan mengunjungi Sakai, tempat dimana banyak pisau2 Jepang dibuat. Bersama Mr Bjorn Heiberg dari Chroma, perusahaan yang menjual pisau2 tersebut.

Spoilerfor 1. Menempa:

Dia mengantar kami ke lorong sempit, dan kami menemukan jalan ke bengkel Mr EBUCHI Kouhei itu, di belakang rumahnya. Mr Ebuchi adalah bladesmith generasi ketiga dan dia bekerja di bengkel kecil dengan adiknya.



Mr Ebuchi bekerja dari tungku batubara dipanaskan sampai sekitar 2000 ° C di mana ia memasukkan batang baja ...


Dua potong baja sekarang akan ditempa menjadi pisau. Sepotong baja keras akan memberikan pisau Sakai yang terkenal ketajamannya, dan sepotong lembut ferit, yang mengandung lebih banyak karbon, akan mencegah pisau agar tidak patah.


Dua batang baja di tempa dengan palu mekanis


Menggunakan salah satu pola pisau yang tergantung di dinding, Master Ebuchi akan melanjutkan untuk memotong ...


dan membentuk baja, dipanaskan sampai sekitar 800 ° C agar dimensi & bentuk pisau sesuai pola

Kebanyakan pisau dapur saat ini ditempa dari lembaran besar logam. Mereka tidak pernah setajam yang dibuat di Sakai. Guru Ebuchi telah menempa pisau selama 40 tahun terakhir, tapi setiap 3 buah pisau yang dibuat, satu pisau biasanya patah. Ini adalah pekerjaan rumit..




Spoilerfor 2. Mengasah:

Kami meninggalkan dan mulai lagi berjalan di jalan-jalan labirin Sakai. Lingkungan tampak seperti setiap kota di Jepang, dengan dua lantai rumah kecil mereka sepenuhnya terpisah dan hutan kabel listrik.


Kita temui Mr Fujii Keiichi , master asah dan pemilik senyum terbaik di industri ini . Untuk memasukkan bengkel , Anda harus melewati ruang tamu Mr Keiichi dan dapur . Bagi orang-orang yang membuat pisau di Sakai, mereka hidup dan bekerja di rumah mereka , seperti seniman dan pemilik toko lakukan orang Eropa dua generasi yang lalu . Ada banyak puisi yang menceritakan orang2 yang melanjutka karya nenek moyang mereka. Karyanya adalah hidupnya . Tidak ada keterasingan sini .


Mr Keiichi bekerja dengan asistennya menggunakan roda penggiling besar, di mana hari demi hari, mereka membuat beberapa pisau ter tajam di dunia dari bentuk baja datar yang mereka terima dari bladesmithes.





pengamplasan cepat pada sisi sehingga makanan dan kertas tidak akan menempel pada pisau ...


kemudian mengasah pisau ke lagi. Apakah Anda melihat garis-garis halus ada sisi atas pisau? Itu adalah metoshi yang membantu mencegah pisau dari karat. Ini bukan pisau stainless steel dari Ikea, tapi versi pendek dari pedang Samurai, yang masih perlu dilapisi dengan setetes minyak camelia dari waktu ke waktu untuk mencegah karat.




Pisau seharga 400 euro ini pun sudah setajam pedang samurai



Spoilerfor 3. Membuat Gagang Pisau:

Dengan pisau pisau yang sudah selesai, kita perlu untuk mendapatkan pegangan yang kuat . Kami berjalan lagi di Sakai dan masukkan bengkel Tatsumi Masaru, Master handlemaker.



Mr Masaru membuat gagang pisau dari kayu Magnolia hypoleuca (Whitebark Magnolia), kayu halus dan mahal yang disebut Honoki dalam bahasa Jepang. Pedagang kayu nya memotong batang pohon menjadi balok kecil siap untuk dibentuk menjadi pegangan pisau. Mari kita lihat bagaimana prosesnya.


Memasuki bengkel Mr Masaru seperti melangkah ke dalam film Samurai. Kalau bukan karena peralatan listrik, Anda akan berpikir ini adalah zaman Edo. Para pengrajin semua diserap dalam pekerjaan mereka, tidak satu kata yang diucapkan. Mereka bergerak dengan perasaan yang Anda dapat temukan pada gerakan yang telah diulang setiap hari selama beberapa ratus tahun terakhir.


Seorang pekerja dengan mesin yang lebih tua dari ayahnya.


Sekarang menghaluskan gagang pisau


Lalu seorang pekerja bertugas melubangi gagang pisau


Kami melangkah keluar di mana Mr Masaru menunjukkan saya bagaimana cincin antara pisau dan gagang dibuat, menggunakan tanduk kerbau. Kami hanya menggunakan sekitar satu inci dari tanduk untuk pisau kami, kata Masaru, sisanya digunakan untuk membuat sisir.


Lalu tanduk tersebut di panaskan dalam air


Cincin tersebut di pasangkan dengan gagang pisau


Pegangan lalu di asah lagi agar pas ditangan


Selesai sudah pegangan-nya.


Lalu Mr Masaru akan memasukan pisau ke gagang dengan hati2.


Spoilerfor 4. Mengukir:

Perhentian terakhir dalam kerajinan pisau ini adalah toko HARADA Takayuki, master pemahat. Dia tidak di kota tapi kami bisa melihat di tokonya.


Pisau ditempatkan satu per satu di landasan kecil dan pemahat akan memahat dengan logo Haiku - elang - atau nama koki pemilik pisau.


Mereka dapat mengukir cukup banyak teks, semua dengan tangan, seperti pada pisau ini dengan satu bab dari buku filsafat.


Sumber disini

Trit ane yg laen
Mengenal arsitek GBK, Monas, Istiqlal dll

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/525925e21f0bc3d01b000008

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger