Home » » Resep Bikin Kebab ala Anak Kos

Resep Bikin Kebab ala Anak Kos

Tanda bukti tidak repost gan:
Spoilerfor no repsol:

Maaf juga kalau acak-acakan, soalnya ini thread pertama ane.

Monggo disimak gan:
Kebab (döner, Jerman; kebap, Turki) adalah kuliner istimewa asli dari Turki yang mulai digemari masyarakat di beberapa belahan dunia saat ini. Kebab terdiri dari daging yang telah dibumbui kemudian ditancapkan di sebuah besi berdiri dan dipanggang merata secara berputar. Daging yang digunakan pada umumnya adalah daging ayam dan lembu. Daging tersebut kemudian dipotong2 kecil dan lebar dengan sebilah pisau besar jika di negeri aslinya. Tapi di beberapa negara seperti Jerman, daging tersebut dipotong dengan alat elektronik dengan ujung mata pisau yang berputar (hampir mirip kayak pemotong rumput gan, tapi ini versi kecilnya ). Malah udah ada robot pencincang daging kebab sekarang.

Spoilerfor pisonya udah upgrade berapa tuh gan?:

Selain daging, kebab juga diisi dengan sayuran segar seperti tomat, kubis, kembang kol, bawang bombay, dan sayuran lainnya yang biasanya dipakai salad gan. Kemudian daging dan sayuran tersebut disajikan di atas Flat Bread atau roti tawar turki atau arab yang tipis (atas permintaan beberapa pengunjung terkadang rotinya tebal gan ). Setelah itu roti dilipat menjadi dua, nah tinggal atasnya disiram dengan saus yang biasa dipakai siraman salad seperti thousand island dan Koleganya. . Kalau doyan bisa juga disiram dengan saus sambal. Kebayang kan gan betapa lezat dan bergizi makanan ini?

Spoilerfor Döner Tasche:

Variasi
Variasi kebab sendiri ada beraneka ragam gan, mulai dari yang sederhana seperti Döner Tasche (Kebab yang rotinya dilipat kayak burger gitu), Döner Box (daging kebab yang disajikan bersama kentang goreng kemudian disiram saus), Dürüm Döner (yang ini rotinya biasanya tipis dan digulung gan) hingga Kebab yang disajikan dengan nasi juga ada.

Spoilerfor Döner Box:

Spoilerfor Dürüm Döner:
Spoilerfor buat yang gak bisa pisah dari nasi:

Realita
Di Jerman sendiri Kebab mulai menggeser beberapa makanan fast food seperti hamburger, curry wurst, fried chicken, dan sebagainya. Pesaing utamanya Kebab di sana adalah Pizza gan... . Kalau menjumpai Kebab di luar negeri dan penjualnya berasal dari Turki atau TImur Tengah, jangan sekali-kali nanya apakah itu halal atau jangan pesan tanpa daging babi, karena kebanyakan penjual masih mempertahankan konsep Halal dari makanan ini jadi tidak menyajikannya dengan daging babi.
Ane sendiri pernah diajak berantem sama pedagangnya yang tersinggung gan karena waktu itu ane tanya di situ juga dijual dengan isian daging babi atau tidak (ane jaga-jaga aja gan).
Beberapa pedagang yang menjajakan kebab di Indonesia pun mulai banyak gan. Kita lihat bagaimana sepak terjang makanan yang lezat, praktis, dan penuh gizi ini di tanah air kita.

Duh gan, pingin nih... Cara bikinnya gimana ya?
Cara membuatnya sangat sederhana dan praktis gan (kalau gak punya alat penusuk dagingnya, bisa pakai tusuk sate lalu daging itu dipanggang kayak sate gan. Ada temen ane bilang pernah nyobain kebab yang dagingnya dibakar pake arang, rasanya lebih mantap! ):

Spoilerfor vidio:

Resep Kebab sederhana
Spoilerfor Resepnya: Kepingin nyobain gan? Biar lebih irit ane kasih nih resepnya. Resep ini berdasarkan hasil pengamatan ane gan karena seminggu sekali temen kos ane pasti bikin makanan khas Turki ini. Resep ini cuma erdiri dari 3 langkah kok gan. Langsung aja cekidot:

Langkah 1: Pembuatan Roti
(kalau agan malas membuat rotinya, bisa membeli roti Arab di toko-toko roti, kalau boleh di tukang jual martabak, swalayan, asal jangan di toko besi aja gan . Konsep roti ini sama dengan roti canai, kulit martabak, pizza, lumpia, dan sebagainya).
Bahan:
- 250 gr terigu protein tinggi
- 1 sdm peres ragi instan
- 2 sdm margarin
- 1 sdm gula pasir
- 1/2 sdt garam
- 125 ml air

Proses membuatnya:
1. Masukkan semua terigu, gula, dan ragi instan dalam wadah. Aduk rata.
2. Masukkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan tidak melekat di tangan.
3. Masukkan garam dan margarin. Lalu saatnya mengocok adonan dengan mixer atau semacamnya. Kocok adonan selama kurang lebih lima menit atau hingga tidak lengket lagi. Jika tidak ada mixer, ane lebih suka diuleni (dipijat-pijat) adonannya pakai tangan sekitar 30 menit.
4. Jika adonan roti sudah kalis (tidak lengket lagi), diamkan selama 15-30 menit sambil atasnya ditutupi dengan tisu basah gan (tapi biasa aja lalu dibasahi gan). Lalu kempeskan adonan untuk mengeluarkan gas di dalam adonan.
5. Tipiskan adonan dengan cara dipijit2, dilempar sambil diputar, dan diratakan dengan gilingan gan. Ane pernah nyobain nggilingnya pake botol sambal AB* yang kaca dan ternyata sukses gan . Letakkan adonan dalam wajan yang sudah dilumuri mentega, lalu panaskan gan hingga matang kecoklatan.

Langkah 2: Pembuatan Isian
Bahan:
1. Daging Lembu atau Ayam 300 gram (atau bisa menggunakan sosis atau sejenisnya)
2. Empat siung bawang putih, cincang halus.
3. Satu kubis, bersihkan dan potong-potong 4 cm.
4. Tiga buah tomat, cuci hingga bersih, potong-potong.
5. Dua buah timun, cuci hingga bersih, potong kecil-kecil.
6. Dua sdm kecap asin.
7. Satu sdt gula
8. Setengah sdt merica.
9. Setengah sdt garam.
10. Setengah buah bawang bombay, cincang-cincang.

Proses Pembuatan:
1, Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum.
2. Masukkan daging Lembu atau Ayam, aduk sampai berubah warna.
3. Tambakan garam, merica, gula, dan kecap asin. Aduk rata hingga bumbu merata.
4. Tuangkan daging yang sudah matang ke atas roti Arab yang sudah disediakan sebelumnya. Masukkan juga kubis, tomat, dan timun yang sudah disiapkan tadi.
5. SIram dengan saus kesukaan agan. Bisa kayak thousand island, mayonaise, bahkan saus tomat atau sambal juga oke gan

Langkah 3
Hajar gan mumpung masih hangat!!! Tunggu apa lagi . Tapi sebelum makan berdoa dulu gan biar tambah afdol.

Silahkan mencoba bagi yang belum pernah, dan kalau yang doyan kebab berarti sama gan

Harganya berapa gan?
Harga biasanya nih gan (agak mahal gan tapi sepadan dengan rasa dan kenyangnya ):
Spoilerfor Harga: Döner Tasche: 2-3 Euro
Döner Box: 3-5 Euro
Dürüm Döner: 2-3 Euro
Döner pake nasi: 7-10 Euro
Itu harga di Jerman gan, ane kagak tau di Indonesia lebih mahal atau lebih murah. Beberapa rumah makan ada yang membedakan antara harga Kebab pake daging ayam atau lembu, tapi ada juga yang menyama ratakan gan.

Kalau berkenan TS minta gan. Atau abu gosok TS gak nolak.
Asal jangan di karena TS masih nuwbi gan.
Jikalau Thread ini bermanfaat boleh kok di
Spoilerfor jangan lupaaa:

sumber
foto2: googling

Komeng Kaskuser

Spoilerfor Komeng uhuiii kaskuser: Quote:original posted by anjaultras
malam malam gini jadi lapar gan
ane dah pernah makan kebab + nasi, maklum pernah ngerasain anak kost, yang penting kenyang

Agan yang baik dan budiman ini punya perut karet tampaknya.

Quote:original posted by jaysharpshooter
wah...ane jg doyan banget kebab ....ane punya tmpt langganan di Kotawisata Cibubur, di Ruko Canadian Broadway....yg jual namanya Ibo, orang Turki yg dl kul di Jerman ambil Master di Mechatronic. Kebab ini katanya dia sih masih "asli" rasanya sesuai dengan dari sononya karena menggunakan resep keluarga nya yg asli keturunan turki....lain seperti beberapa kebab yg dikondisikan rasanya dengan "selera lokal".

Menu fav gw...Lahmacun yg isinya kofte....selain itu ada juga menu lain seperti Doner Plate...Doner Box....terus Ayran dan Muhallebi (puding susu yg datasnya di kasih starwberry atau cinnamon)

Ane share di mari ya gan alamatnya :

https://www.facebook.com/pages/Qibos...53701564738897

Ada paket promo atau gratisannya gak gan?

Quote:original posted by templeton
waduhhh bikin laper pagi-pagi gini. bukannya kebab pakai daging kambing ya?

Awalnya memang kambing gan. Tetapi sekarang beragam jenis dagingnya karena kebab sudah menjadi trend baru makanan siap saji. Harus memenuhi harapan konsumen dong.

Quote:original posted by hans.andrean
ane ngiler gannnn
Ngileran ente gan *bcanda

Quote:original posted by nplifyqkayss
lumayan bikin laper gan

Quote:original posted by EmbahDepeh
jadi laper gan

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/522e6de0f7ca17cb7a000006

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger