Home » » 9 Festival Budaya Indonesia Terbaik yang Perlu Agan Datengin

9 Festival Budaya Indonesia Terbaik yang Perlu Agan Datengin

Indonesia itu punya banyak kekayaan budaya yang tidak pernah habis dikupas, saya bersyukur dengan era internet dan tehnologi sekarang ini membuat budaya - budaya Indonesia bisa semakin dikenali dan dipromosikan. saya ingat 10 tahun lalu begitu susahnya mencari informasi tentang budaya Indonesia disetiap pelosok Nusantara, sekarang lambat laun budaya daerah di Indonesia semakin dikenal terutama kalangan anak muda.

kekayaan Budaya Indonesia begitu banyak karena kita mempunyai lebih dari 300 kelompok etnik atau suku bangsa di Indonesia. atau tepatnya 1.340 suku bangsa menurut sensus BPS tahun 2010. keanekaragaman budaya ini membuat Indonesia mempunyai banyak festival festival Budaya yang unik dan menarik untuk bisa dilihat. dari sekian banyak Festival budaya yang bagus, saya akan sharing Festival - Festival Budaya asli Indonesia yang menurut saya terbaik. beberapa diantaranya adalah :

Quote:1.Festival Erau Kertanegara di Kalimantan Timur

Sejarah panjang membawa Kutai Kartanegara Borneo menjadi kerajaan Hindu Tertua di Nusantara, Kutai Kartanegara menyimpan adat dan budaya Adiluhung yang luar biasa. kekayaan budaya itu terangkum dalam Festival Erau.

Tari Hudoq yang merupakan Tari khas Dayak Bahau, dapat kita lihat pada saat Festival Erau.
Daerah Kutai Kartanegara adalah wilayah kabupaten yang paling kaya di Indonesia. Di sini terdapat kekayaan alam yang melimpah dengan budaya yang kental. Pemandangan alam hutan hujan tropis yang dibelah oleh sungai mahakam, kehidupan masyarakat Kutai dan dayak yang unik, dan budaya yang sangat kuno ada di sini. Kerajaan Kutai Kertanegara merupakan kerajaan tertua di Indonesia, dan tidak banyak orang yang mengetahui fakta ini.

Tarian Hudoq salah satu Tarian mistis dari Suku Dayak
Karena potensial alamnya, Kutai Kertanegara membangun banyak tempat wisata, seperti museum dan objek-objek wisata alam lain. Menariknya, setiap tahun di sana diadakan Festival Kutai Kertanegara yang diselenggarakan dalam waktu cukup lama untuk ukuran festival budaya. Erau Festival ini adalah salah satu event budaya yang termegah dan melibatkan banyak masyarakat Tenggarong dan sekitarnya. karena Festival Erau ini mempunyai rangkaian acara budaya yang cukup panjang dan digelar pada tanggal 30 Juni hingga 7 Juli di Kota Raja Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Quote:2.Festival Karapan Sapi dari Madura

Karapan sapi yang merupakan perlombaan pacuan sapi yang berasal dari Madura Jawa Timur, bagi kebanyakan masyarakat Madura karapan sapi tidak hanya sebuah pesta rakyat atau acara yang diselenggarakan tiap tahun yang diwarisi secara turun temurun. Tetapi karapan sapi bagi masyarakat Madura adalah bentuk symbol prestise yang dapat mengangkat harkat dan martabat masyarakat Madura, karena sapi yang digunakan untuk pertandingan merupakan sapi sapi yang berkualitas sangat baik tentu dengan perlakuan yang istimewa pula.


Pulau Madura tidak hanya dikenal sebagai penghasil garam, tetapi juga penghasil sapi sapi pacuan yang berkualitas sangat baik. Tidak jarang sang pemilik sapi mempersiapkan sapi pacuannya dengan memberikan pijatan khusus dan makanan tidak kurang dari 80 butir telur setiap harinya, agar stamina dan kekuatan sapi sapi tersebut terjaga. Bahkan perlakuan istimewa sapi sapi tersebut dibeberapa rumah terlihat ada yang menghiasi garasi bukan kendaraan mobil tetapi malah sapi tersebut yang berada digarasi rumah. Maklum saja karena untuk sapi yang memenangkan pertandingan dapat mencapai harga Rp 75juta per ekornya.


Quote:3.Festival Makepung Balap Kerbau di Jembrana Bali

Makepung yang dalam bahasa Indonesia berarti berkejar-kejaran, adalah tradisi berupa lomba pacu kerbau yang telah lama melekat pada masyarakat Bali, khususnya di Kabupaten Jembrana. Tradisi ini awalnya hanyalah permainan para petani yang dilakukan di sela-sela kegiatan membajak sawah di musim panen. Kala itu, mereka saling beradu cepat dengan memacu kerbau yang dikaitkan pada sebuah gerobak dan dikendalikan oleh seorang joki.



Makin lama, kegiatan yang semula iseng itu pun berkembang dan makin diminati banyak kalangan. Kini, Makepung telah menjadi salah satu atraksi budaya yang paling menarik dan banyak ditonton oleh wisatawan termasuk para turis asing. Tak hanya itu, lomba pacu kerbau inipun telah menjadi agenda tahunan wisata di Bali dan dikelola secara profesional.

Sekarang ini, Makepung tidak hanya diikuti oleh kalangan petani saja. Para pegawai dan pengusaha dari kota pun banyak yang menjadi peserta maupun supporter. Apalagi, dalam sebuah pertarungan besar, Gubernur Cup misalnya, peserta Makepung yang hadir bisa mencapai sekitar 300 pasang kerbau atau bahkan lebih. Suasana pun menjadi sangat meriah dengan hadirnya para pemusik jegog (gamelan khas Bali yang terbuat dari bambu) untuk menyemarakkan suasana lomba.

Quote:4.Festival Budaya Nias



Nias dikenal sebagai destinasi yang punya banyak situs megalitik, selain Nias dikenal akan ombaknya untuk surfing disini masyarakat Nias masih memegang teguh budaya mereka. salah satu bentuk kecintaan mereka adalah mengadakan Festival Budaya Nias yang biasanya diadakan pada bulan agustus di Desa Bawomataluo. Desa ini sudah didaftarkan World Heritage di Unesco sejak 2009 sebagai warisan budaya dari Indonesia. Desa ini adalah desa adat sekaligus desa budaya yang cukup dikenal di Nias Selatan. Untuk mencapai desa ini, diperlukan perjalanan darat selama 3 jam dari Gunung Sitoli menuju pesisir pantai selatan Nias.



Dalam bahasa Nias, Bawomataluo berarti bukit matahari. Dinamakan demikian karena desa ini terletak di ketinggian 400 meter di atas bukit. Di desa yang berhawa sejuk ini kita bisa melihat banyak rumah adat Nias Selatan yang masih terjaga. Festival Budaya Nias diadakan di desa inilah sekaligus kita bisa menyaksikan loncat batu yang sangat terkenal.

Quote:5.Festival Pacu Jawi, Balap Sapi dari Tanah Minang

di Tanah Minang Pacu Jawi atau yang disebut Pacu Sapi merupakan salah satu event budaya yang saat ini sangat dikenal dari Sumatera Barat. pada mulanya Pacu Jawi Kegiatan ini dilakukan para petani dan masyarakat sekitar Tanah Datar kegiatan mengisi waktu setelah masa panen. Pacu Jawi ini biasanya diadakan 3 kali setahun Tanah Datar. kalau belum tahu banyak yang mengira Pacu Jawi ini di Madura, karena memang yang terkenal akan balapan sapinya hanyalah daerah Madura serupa tetapi tidak sama.



perbedaan mencolok dari Pacu Jawi di Tanah Datar dengan Karapan Sapi Madura adalah lahan yang digunakan, kalau Karapan Sapi menggunakan tanah datar sebagai arena sedangkan Pacu Jawi menggunakan area sawah yang sudah basah. sehingga kalau difoto tampak lebih dramatis dan banyak mendapatkan momen yang bagus. Filosofi dari Pacu Jawi ini adalah Pemimpin dan rakyat bisa berjalan bersama. inilah kenapa Sapi yang dipakai untuk pacu Jawi ada 2 ekor, dan pemenangnya tidak ditentukan siapa yang tercepat tetapi yang bisa berlari lurus seperti orang yang selalu dijalan lurus lebih tinggi nilainya. yang unik Pacu Jawi dilepas sendirian dan tidak dipasang lawan, konon cara ini dibuat agar tidak terjadi taruhan yang kerap terjadi pada setiap balapan.



Quote:6.Festival Capgomeh Singkawang Kalimantan Barat.
Perayaan Capgomeh yang merupakan penutupan Tahun baru China merupakan perayaan yang sangat meriah, Kota Singkawang Kalimantan adalah pusat dari Perayaan Capgomeh yang bersifat Kolosal. event ini sangat terkenal baik didalam negeri maupun di luar Negeri.

ini dikarenakan ada atraksi Tatung ( Manusia yang dirasuki Dewa2 China), para Tatung ini dalam keadaan trance atau tidak sadar. dan perayaan di Capgomeh Singkawang ini dihadiri oleh 700 tatung lebih yang datang dari segala penjuru nusantara.



Karena Tatung adalah peleburan budaya China dengan Budaya Pribumi, sehingga Para Tatung dari Dayakpun ikut mengikuti perayaan Capgomeh Singkawang ini.



Cap Go Meh melambangkan hari ke-15 dan hari terakhir dari masa perayaan Tahun Baru Imlek bagi komunitas Tionghoa di seluruh dunia. Istilah ini berasal dari dialek Hokkien dan secara harafiah berarti hari kelima belas dari bulan pertama (Cap = Sepuluh, Go = Lima, Meh = Malam). Ini berarti, masa perayaan Tahun Baru Imlek berlangsung selama lima belas hari.

Quote:7.Festival Teluk Ambon

Kota Ambon yang menawan akan kian memesona saat warna-warni perayaan Festival Teluk Ambon digelar. Festival ini bertujuan mempromosikan potensi pariwisata Provinsi Maluku sebagai salah satu tujuan wisata nasional dan internasional.

Dalam festival ini Anda dapat menyaksikan beberapa lomba menarik. Salah satu yang dapat disaksikan adalah lomba perahu tradisional Manggarube Arumbae yang satu perahunya ditumpangi hingga 31 orang. Ada juga perlombaan perahu semang (bercadik) yang didayung perempuan memakai pakaian tradisional Maluku. Perlombaan menarik lainnya adalah lomba berenang estafet yang dimulai dari Teluk Ambon (di Martafons) dan berakhir di ujung selatan Ambon (di Galala).

Atraksi Bambu Gila, sebuah permainan rakyat yang berasal dari Maluku. sebuah kekayaan budaya yg dimiliki Indonesia.

Maluku punya banyak budaya dan beragam Tarian, tidak heran Banyak penyanyi, pemusik dan penari yang berasal dari Maluku. Budaya Maluku memang erat sekali dengan tradisi bermain musik serta tari-menari. diantara begitu banyaknya Tarian Tradisional khas Maluku, ada 1 yang unik yaitu Salah satu tarian tradisional adalah sebuah tarian yang bernama tari Bulu Gila atau Bambu Gila, suatu tarian yang berasal dari permainan rakyat Maluku Tengah. Tarian ini begitu banyak dicari wisatawan yang mengunjungi Maluku, begitu menariknya karena Tarian Bambu Gila ini dibantu oleh kekuatan Supranatural.

Quote:8. Festival Teluk Jailolo
Festival ini diselenggarakan untuk Menghidupkan kembali kejayaan Halmahera sebagai asal dunia mengenal rempah-rempah , dan mengakui kekayaan alam dan budaya yang berlimpah di pulau itu , tahun ini Festival Teluk Jailolo memberikan atraksi budaya Halmahera dan Maluku.



Diselenggarakan oleh kantor Pariwisata Kabupaten Halmahera Barat , acara ini bertujuan untuk memperkenalkan dan mempromosikan kemegahan alam, atraksi budaya , dan atraksi potensial lainnya dari kabupaten . Selama perayaan , masyarakat akan disajikan dengan berbagai program yang unik seperti Spice Parade , sebuah Expo Spice , Spice Trip, Kompetisi Memancing, Lomba Renang , Lomba Dayung , Fun Diving , ritual laut tradisional Sigofi Ngolo , dan Kuliner Fiesta menampilkan pesta barbekyu 10 ton ikan .

Quote:9. Festival Bahari Raja Ampat Papua.

Festival Bahari Raja Ampat diadakan di Ibukota Kabupaten Raja Ampat, Waisai yang berada di Pulau Waigeo. Pagelaran utama festival bahari tersebut difokuskan kepada wisata bahari. Yang salah satunya penyelaman di lokasi Diving yang masuk dalam 10 besar Lokasi penyelaman terindah di Dunia.

Kabupaten Raja Ampat di Propinsi Papua Barat ini ingin tetap mempertahankan popularitasnya sebagai kawasan bahari terbaik di Indonesia dengan melaksanakan festival bahari secara rutin. Dan menampilkan kekayaan alam, seni dan budaya.




Festival Bahari ini dilaksanakan di Pusat Ibukota Waisai, yang letaknya 3 jam perjalanan speedboat dari Kota Sorong Papua. Yang menarik dari Festival ini adalah, mereka mengundang seni dan budaya dari kabupaten lainnya di Papua. Selain itu Kabupaten Wakatobi juga diikutkan serta dalam Festival Bahari ini.
Beberapa rincian festival yaitu Lomba Foto Bawah Laut, Lomba Perahu Dayung, orientasi bawah air, olahraga pantai seperti voli dll, dan atraksi budaya lokal. Atraksi budaya lokal akan ditampilkan oleh masyarakat Raja Ampat dan peserta dari kabupaten lain.

Biasanya Festival Bahari Raja Ampat ini diadakan pada pertengahan tahun sekitar bulan Agustus, sangat menarik untuk pergi ke Raja Ampat pada saat Festival. Karena banyak sekali tarian dan budaya yang ditampilkan di festival ini. Salah satunya adalah atraksi Tari â€" tarian khas daerah Papua, dan yang sangat menarik untuk saya adalah banyaknya makanan khas Papua yang dimunculkan disini.

banyak ya gan Festival Festival Budaya yang megah dan kolosal yang diadakan disetiap pelosok Indonesia, Festival ini sebagian kecil dari sebagian besar festival yang diadakan di Indonesia. barangkali agan punya info Festival lainnya, silahkan diposting dimari ya gan..

Fotografi dan Artikel oleh Barry Kusuma
www.alambudaya.com (My travel journey, lets explore beauty of Indonesia)
http://instagram.com/barrykusuma (Inspiring Photos through the Lens)
www.barrykusuma.com (Gallery Foto, dari Sabang sampai Merauke)
Follow my Twitter for Free Travel Tips @BarryKusuma

"Traveling Indonesia is like a box of chocolates, you never know what you're gonna get”

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/528b9ef30d8b46e912000002

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger