Home » » Begini Caranya Menikmati Kemacetan di Jakarta

Begini Caranya Menikmati Kemacetan di Jakarta

Ngga, ini ngga dicopas, tapi hasil dari macet 10x dalam seminggu. Kalo yang mau copas ya silahkan, tapi mohon cantumkan ember (baca: sumber), klo ngga, ane sumpahin mandul tujuh turunan.

Sama Tema, Beda Isi. Trit Ini Hasil Tulisan Ane Sendiri
Spoilerfor No Repost:

Buat yang tinggal dijakarta, macet sudah menjadi rutinitas yang selalu bikin empet. Kalo mau membahas macet, ngga akan ada habisnya. Mau marah2 juga ngga akan ada gunanya. Daripada marah2, mending cari cara gimana cara menikmati macetnya Jakarta. Dan sekitarnya.
Karna ane ngga punya dan ngga pernah make mobil, ane kasih tips menikmati macet ala bikers. Berikut ini adalah cara ane menikmati macet.

Dengerin Musik
Ini salah satu cara yang paling standar buat nikmati macetnya Jakarta. Set playlist sepanjang jalan, buat menghilangkan bosan. Ane sendiri entah berapa lagu yang udah ane puter sepanjang jalan selama seminggu menikmati macet. Buat yang make headset, hati2 jangan terlalu gede volumenya, karna jadi ngga denger kalo ada polisi yang manggil buat razia atau mau nilang, bisa2 polisinya bete karna dikira dicuekin, padahal emang ngga kedengeran. Selain itu, klo volumenya terlalu gede dan dengerin selama dua jam berturut2, bisa bikin budek.
Ngomong2 masalah playlist, karena terlalu lama berada di jalan, lama2 ane jadi hafal lagu2 yang ada di playlist. Disini ane mikir, seandainya playlist ane diisi sama MP3 Al-Quran 30 Juz, mungkin dalam sebulan, ane bisa khatam, dan bisa hafal juga.
Update Karna ada masukan dari kaskuser:
Quote:Original Posted By vanosayangnina â–º
1 hal yg menrut ane kurang bagus gan, DENGERIN MUSIK, itu cukup berbahaya kalo kita riders dengerinnya menggunakan earphone, sangat berbahaya gan
tentu ada caranya supaya menggunakan earphone dengan aman..
1. Pastkan earphone nyaman di telinga, tidak bikin sakit.
2. Jangan make headphone, karna ngga akan muat kalo pake helm. bahaya.
3. Pastikan juga suaranya nyaman, artinya, tidak sember seperti earphone harga ceban. Asli bikin budek.
4. Perhatikan volume earphone, tes keseuaiannya. caranya? set volume, lalu tes dengan cara berbicara dengan orang lain, klo masih bisa mendengar dengan jelas ketika sambil mendengarkan earphone, itu artinya sudah cukup. begitu juga sebaliknya.

Bawa Boncengers
Sendirian ditengah kemacetan itu ngga enak. Apalagi klo muter musik terus-terusan, lama2 ya bosen juga. Jadi, carilah orang yang bisa diajak barengan berangkat ke tujuan, bisa pasangan, bisa temen. Atau klo lagi ngga punya ide mau ngajak siapa, ditengah jalan, carilah halte yang banyak orang nunggu angkot atau bis, tanyain satu2, ada yang mau diajak bareng ngga? Resikonya, loe bakal dikira penculik, rampok, atau tukang ojek. Kalo dikira tukang ojek sih mending, bisa dapet tambahan penghasilan.

Celingak-celinguk ke Dalam Mobil
Sumpah!! Meski tampang mendukung, ane ngga ada maksud jambret ataupun merampok. Ane punya alasan sendiri. Jadi gini, menurut bikers, salah satu penyebab macet adalah banyaknya mobil. Ya iya, karena mobil itu paling banyak ngabisin space di jalanan. Satu mobil aja, itu setara dengan empat sampai enam motor. Mending kalo satu mobil isinya penuh, dan sayangnya banyak sekali mobil yang isinya cuma satu orang (sopirnya.. siapa lagi) atau dua orang. Nah yang ane lakuin adalah, ane bakal jalan ditengah2 mobil yang terjebak macet, dan ane bakal lirik ke dalam mobil2 tersebut. Kalo mobilnya isinya cuma sopirnya doang, ane bakal ngumpat dalam hati: "ini nih yang bikin penuh jalan dan bikin macet". Ngga selalu begitu sih, kalo yang ane liat si sopir kayak orang susah, biasanya ane cuma bilang: "Oh.. ternyata sopir".
Dalam permainan ini, kadang kita menemukan hal-hal yang bikin kita tersenyum. Ane pernah liat orang pacaran didalam mobil (ngga perlu lah dijelasin). Ada juga yang ane kira cuma sendiri, ternyata dia cuma sopir, karena ane liat majikannya sedang tidur dengan lelap di jok belakang. Pernah juga liat mobil mewah, tapi pas ane lirik ke dalem, ternyata kelakuan yang punya sama sekali ngga mewah, penuh sampah. Dan banyak lagi temuan lain.
Yah, kesannya ane jadi mahluk yang kepo banget. Tapi tujuannya kan buat liat orang2 yang nyetir sendirian yang bikin penuh jalanan, dan bikin macet. Dan tujuan akhirnya, ane bakal berdoa, semoga orang2 ini berubah pikiran buat ganti jadi naik motor.

Ngapalin Tempat Kuliner
Kadang, ketika macet, seringkali ane melewati jalan dimana banyak kuliner di jalan tersebut. Misalnya Jln. Supomo Tebet, Jln. Bangka Kemang, Jalan Kebon Sirih, Jln. KH. Abdullah Syafeí (ada yang tau dimana), Jln. Kyai Haji Noor Alie alias Kali Malang, dan lain-lain. Saking seringnya lewat jalan tersebut, ane jadi ngafalin tempat makan yang sekiranya enak. Apa ciri tempat makan yang enak? Nanti ane bikin postingan tersendiri.
Kalo yang tau gimana bentuk body ane, akan maklum kenapa ane hobby ngapalin tempat2 kuliner yang gw lewatin.
Selanjutnya, setelah hafal tempat2 kuliner, naik ke level selanjutnya. Cobain satu2 tempat kulinernya. Bikin artikel dari tempat2 tersebut, masukin ke blog atau kirim ke redaksi, agan bisa jadi bakal diangkat jadi reporter khusus kuliner..

Pahamu Mengalihkan Duniaku.
Ane yakin, hampir semua orang pernah ketemu ama yang beginian. Apalagi klo cowok dan jomblo pula, demen deh klo ketemu bikers dan/atau boncengers yang make celana gemes yang memamerkan paha. Udah ngaku aja...
Begini cara menikmatinya (maksudnya macetnya). Pas lagi macet, tiba2 lewat motor, bikers dan/atau boncengers yang make celana gemes, biasanya para cowok bakal berusaha selama mungkin berada dibelakang motor tersebut. Ngapain? Lha kok pake nanya. Ya gitu lahhh...
Bahkan yang begini tidak hanya terjadi ketika macet, tapi juga ketika jalanan lancar. Ketika lancar, kita tentu akan memanfaatkan keadaan sebaik mungkin (baca: ngebut). Dan ketika lagi enak2nya nggeber gas, tiba2 ada bikers dan/atau boncengers dengan celana gemes. Apa yang terjadi? Tiba2 aja kita akan memperlambat laju motor dan berusaha selama mungkin berada dibelakang motor tersebut. Hahahaha..
Oh iya, buat yang nyobain tips ini dijalan, ane ingetin, jangan sampai nyalip bikers dan/atau boncengers ini atau kalian akan kecewa. Kenapa? Karena mulusnya paha mereka berbanding terbalik dengan mulusnya muka. Seorang temen pernah membantah teori ini. Menurut dia, ada banyak cewek yang make celana gemes dan mukanya cakep. Ya, dia emang benar, tapi cewek yang kayak gitu ngga level naik motor, mereka hanya naik mobil. Kalo ngga percaya, silahkan buktikan.
Satu lagi, jangan diterapkan ketika membawa pasangan. Jangan... #IYKWIM

Kucing-kucingan.
Yang pasti bukan sama polisi lah. Kalo sama polisi ane ngga kucing-kucingan. Cuma kabur-kaburan. Permainan ini ane temukan gara2 ane lihat paha (Nyambung sama poin sebelumnya. Hahahaha...) Nah, seperti apa permainannya?
Pas lagi bete di tengah kemacetan, pilih satu motor buat dijadiin target. Boleh yang make celana gemes, boleh ngga. Tapi ane sih lebih memilih motor yang sama sama yang ane naikin. Ngga ada alasan khusus, jadi masing2 boleh memilih klasifikasi motor kayak apa yang bakal dijadiin target.
Setelah target acquired, permainan pun dimulai. Pastikan bahwa si target selalu ada di belakang motor kita. Kalo tiba2 si target ada didepan, salip lagi. Terus begitu sampai pisah jalan, atau macet emang sudah habis. Seru loh, karena ketika macet, hampir semua motor selalu berusaha untuk menyalip semua yang ada didepannya. Motor, mobil, angkot, gerobak, dll. Dan motor2 ini nyalipnya ngga pake aturan (yang bikin mobil keki), kadang nyalip dari kanan, kadang dari kiri. Disinilah serunya permainan ini, kita ngga pernah tau, bagaimana cara target kita nyalip, sering terjadi, ketika kita yakin si target ada dibelakang, tiba-tiba ketika kita sukses nyalip mobil, eh si target sudah ada didepan. Sial! kapan nyalipnya ni orang. Trus kita salip dia lagi, eh dia ada didepan lagi. Begitu seterusnya.
Permainannya terlalu sederhana? Mungkin, tapi pada prakteknya, ane rasa seru juga.

Merokok.
Ane bukan perokok, tapi ane cantumin karna ane banyak liat biker yang merokok di tengah macet, termasuk temen2 ane. Dan ini sesungguhnya sesuatu yang bikin ane prihatin dan kadang bikin kesel. Okelah, sebagai mantan perokok, ane tau merokok bisa menurunkan kadar bete dan emosi. Tapi merokok ditengah kemacetan?? Sungguh bukan sesuatu yang sehat. Bayangkan, merokok aja artinya udah menghisap banyak racun dalam nikotin, nah kalo ditengah kemacetan, ngga hanya asap rokok yang dihisap, tapi juga asap knalpot dari kendaraan lain. Resiko kesehatan memburuk menjadi berkali-kali lipat. Kalo yang bikin bete, ni para perokok, klo rokoknya udah abis, buang puntungnya kadang ngga pake sopan santun. Ngga liat samping kiri kanan belakang, mereka asal buang aja. Emang sih ngga kena, tapi lumayan bikin keki. Coba misalnya pas mereka buang puntung yang masih menyala, terus disebelahnya ada mobil pertamina, kan bahaya.
Oh iya, buat tambahan aja sih. Yang bawa mobil juga gitu, merokok sambil nyetir. Dan menurut ane, apapun mobilnya, pasaran kayak avanza, ataupun yang mewah kayak Jaguar, klo kalian nyetir sambil merokok, itu mengingatkan ane sama sopir angkot dan metromini. Nggak cool.

Sekian dulu tipsnya. Kalo nemu lagi permainan yang seru ditengah kemacetan, bakal ane share lagi. Yang punya tips yang ngga sama. Bolehlah kasi tau link-nya, biar bisa ane copas disini..

Ane ngga nemu gambar yang pas gan, jadi klo agan2 punya sumbangan gambar yang cocok, bolehlah nanti ane barter sama cendol

Spoilerfor Sumber: Facebook Anesama Blog Ane
Isinya Sama Kok..

Dari Kaskuser
Spoilerfor dari kaskuser: Quote:Original Posted By wicjkâ–º
yang soal paha ane malah cenderung risih gan liatnya.. risih kalo liat lama2 pengin tau tuh penampakan yang ngumbar paha gratisan kaya gimana

kalo yang liat2in mobil isi berapa.. itu juga ane lakuin,ngapalin tempat kuliner rame.. so pasti
tambah satu lagi kalo ga sabar biasanya ane ngekorin biker yang lewat jalan tikus biar tau jaltik

Ketika macet, kadang banyak yang ngambil jalan tikus buat mempercepat waktu. Ane juga sering gitu. Tapi ada syarat utama, yang kita ikutin harus tau jalan tikusnya.
Ane pernah nerapin kayak agan, macet, ada biker yang masuk jalan tikus. Ane seneng dong, jadilah ane ikutin..
Sialnya, setelah jalan berapa lama, ternyata dia ngga tau jalan tikus itu, dan cuma nebak2 aja. Akhirnya kita jadi nyasar bareng.



Quote:Original Posted By blackshine379 â–º
sebagian dari caranya TS, ternyata ane lakuin juga

Dari dengerin musik, cari temen buat di ajak boncengan, makanya ane selalu bawa helm 2 gan, soalnya kadang2 ada yang mau di ajak barengan, target utama ane sih siswi SMA gan yang IGO2 , walaupun di lapangan dari 10 org yang ane tawarin bareng, mungkin cuma 1 atau 2 org yang mau, maklumlah mereka masih underestimate sama ane

kalau ada agan / sista yang kerjanya di daerah Rawamangun / pulang kerja ke arah Depok lewat jalan Raya Bogor, bisa bareng kok sama ane, tp ane prioritasin Sista ya

nih buat sista yang mau nebeng...


Quote:Original Posted By rezkycandra â–º
ane suka nyanyi dan bersiul gan kalo pas lagi macet ,. daripada ane bejo alias bengong jorok
oke, sebenernya ini masuk ke poin satu, denger musik sambil nyanyi2. sempet kepikiran ane cantumin, tapi ane berubah pikiran. kenapa?
untuk nyanyi2, tentu ada syaratnya: Suara Agan Harus Bagus, paling ngga level afgan lah..
nah kalo ane, bernafas aja ane fals, apalagi nyanyi. Pernah sih ane naik motor sambil nyanyi, apalagi pas dilampu merah, eh ane diliatin dengan muka sinis sama biker lain..
yasudah, ane ngga pernah nyanyi2 llagi. Ane akhirnya goyang2in kepala ngikutin irama musik. hasilnya? ane malah dikira lagi stress...

Quote:Original Posted By B1. â–º
page one dong

cara gw lain ga..
berangkat lebih pagi
kalau macet parah, gw cari mesjid atau musola gan..
sholat duha gan...
8 rakaat, aja
selesai itu, macet biasanya selesai gan..
trust me, its work
1000%

mantep gan..

Quote:Original Posted By inulimited â–º
kalo ane biasnya ngaca gan

ga bosen2 sih kalo ngaca ane

narsis level demigod..


Quote:Original Posted By ffa.. â–º
sebagian ane lakuin gan..klo boncengers ane ga ada gan klo ada yang kerja di daeran grandsahid sahid sudirman bolehlah bareng ane (khusus aganwati) ..

ada boncengers yang mau?

Quote:Original Posted By VikiCurup â–º
semua cara ts udah ane lakuin termasuk maen kucing2an , ternyata ga ane doang yang begitu ya hahahhahhaa

satu lagi kalo maccetnya ga terlalu, padat merayap lah , ane maen game gan, game GAK BOLEH TURUN KAKI hahahahah
jadi kalo turun kaki pas naek motor kalah gan , kalo lagi di lampu merah ane gas pelan pelan pelan, udah ancang2 dari awal

trus lagi balapan gan, maksudnya disini ngambil target motor didepa kita yang rada jauh trus agak kenceng, nah tugas kita harus nyalip motor itu, kalo udah nyalip baru deh cari target baru lagi

insyaallah jakarta bakal bener

mantap.. ane jadi dapet permainan baru nih..
btw, ane rasa, permainan GAK BOLEH TURUN KAKI ini akan lebih berasa waktu hujan.
kan banyak tuh biker yang pas ujan, pada naikin kaki, biar sepatunya ngga basah (padahal tetep aja basah.. )

Yang Pasrah
Spoilerfor pasrah: Quote:Original Posted By dieq41â–º
klo gue udah bukan menikmati lagi gan, semua cara agan TS udah pernah gue tempuh, klo sekarang yaa tinggal pasrahnya aja ama keadaan macet di jakarta..
tiap hari jadi telat, udah berangkat pagian kadang ada aja yg bikin ngehambat jadi telat juga, ya sudahlah, pasrah memang alternative terakhir..
tinggal tunggu aja punishment dari kantor gara2 sering telat, yaah pasrah aja deeeh

sabar gan...
ane juga klo ngga mau macet, emang berangkat lebih pagi.
jadinya nyampe kantor kecepetan. ya ane tidur lagi dikantor sampe menjelang jam kerja..

Sista Yang Bawa Mobil
Spoilerfor sista: Quote:Original Posted By chaatchiâ–º
mau nanggepin aja nih gan sebagai pengendara mobil yang bawa mobil sendiri ane cewe, anak kuliahan. rumah di jakarta timur ujung2 situ tapi kuliah di daerah jakarta barat, tiap hari bawa mobil pulang pergi soalnya nggak boleh ngekos

sebenernya sih dulu sebelum ane bawa mobil, ane selalu pake bus kota yang nomornya 2** buat pulang pergi kuliah, cuma ane trauma soalnya pernah dipalak preman suruh keluarin receh pas di bus itu. mau naek transjakarta, tapi armada yang ada itu lama banget nyampenya berhubung kampus ane itu halte paling ujung dan sering banget penuh, dan berhubung ane lagi padat2nya ngampus, yaa ngerti lah gimana pegelnya ngantri dan ane gaboleh bawa motor, soalnya ane cewe, kalo jatoh baret2 ntar nggak mulus lagi dong (?) haha sebenernya sih alesan utama ga boleh bawa motor karena takut kecelakaan berhubung banyak sekali kecelakaan motor yang terjadi di jalan gan, berhubung juga seperti yang ane bilang, jarak tempuh timur ke barat pulang pergi itu (sangat) jauh kalo pake motor makanya ane dikasih mobil karena berhubung ane nanti kerja pulang malem jadi dibiasain bawa mobil (sekaligus jadi supir buat mak ane ) sebenernya sih enakan pake angkutan umum gan, lebih murah pula dan tinggal duduk. cuma berhubung ane trauma dipalakin preman dan pegel ngantri... ya apa boleh buat, ane memilih untuk macet2an di tol daripada dipalakin preman


sekian share ane, mungkin ada solusi buat peremajaan angkutan umum biar ga macet lagi gara2 1 atau 2 orang dalam 1 mobil aja ?

ane mau jawab sih, tapi bakalan panjang, mending nanti ane bikin trit sendiri buat ini...
trims ya sis uda ngasi inspirasi..
btw, saran ane, kalo sista mau, tuh ane pajang dipejwan, ada yang siap nampung boncengers.. siapa tau cocok..

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/52a520f5148b46f0228b4647

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger