Home » » Bukan Zamannya Mahasiswa Hidup Susah, Ini Triknya Gan

Bukan Zamannya Mahasiswa Hidup Susah, Ini Triknya Gan

Quote:Welcome To My Thread

Quote:Setuju ga gan sama judul yang saya tulis di atas?
Agan2 yang mahasiswa sih pasti setuju2 aja.
Thread ini terinspirasi waktu saya mau ngadain pelatihan dikampus. rencana saya pelatihan itu bakalan 'berbayar'. Tapi ga lama ada temen saya yang ngomong. "Jangan berbayar dong, kasian temen2 ya ga punya duit"
Sekilas sih bagi saya ga ada yang salah sama kata2nya.
Tapi kalo saya sendiri sih selama saya rasa pelatihan itu bakal bermanfaat banget buat saya (apalagi saya mahasiswa teknik), saya bakal rogoh kocek dalem2 (selagi masih mampu).
Pada awalnya sih saya berasumsi semua mahasiswa mungkin juga akan melakukan hal yang sama seperti saya. Apalagi mahasiswa sekarang udah pada pinter2 cari duit.
Tapi kalau ada yang masih merasa 'Uang adalah Penghalang', JUST BRAKE THE WALL. Patahkan mindset itu.
Saya akan kasi trik gimana cara yang saya lakukan selama ini untuk menghindari badai finansial yang menghamipir (cailah)

Quote:Quote:1. WAJIB DIMILIKI
Quote:1. Cooking tools

Ga perlu selengkap seperti yang ada digambar. Tapi yang namanya KOMPOR GAS, WAJAN, RICECOOKER, PIRING, GARPU, SENDOK, GELAS, kalian wajib punya!
Jadi buat yang baru ngekost, sisihkan uang bulanan pertama kalian utk beli benda2 keramat ini.
buat yang udah lama ngekost, tapi belum punya, BULAN DEPAN BELI!

Quote:2. BERAS, MIE INSTAN, TELOR, KECAP, MINYAK GORENG
Ini semua sesajen wajib! anak kost wajib punya!
alasannya simpel aja. bandingin aja pengeluaran agan kalo tiap hari makannya di rumah makan padang
kalo bosan sama telur, ganti sama sosis atau nuget. keliatannya agak mahal. coba aja itung pengeluarannya, sama aja kok
kebetulan TS ga suka sayur. buat agan yang suka sayur, silahkan beli 1000-2000 udah dapet kok
Jadi terjawabkan fungsi alat2 di nomor 1. Buat masak semua ini

Quote:3. Celengan

Kalo belanja di supermarket sering dapet recehan. itu jangan di simpen di dompet apa lagi di buang.
Masukin ke celengan.
fungsinya:
1. biar dompet ga cepet rusak. keseringan nyimpen koin di dompet bikin dompet rusak dan kartu2 di dalamnya pada patah2
2. Percayalah suatu saat agan bakalan tertolong oleh keberadaan koin2 ini

Jangan lupa kalo naik kopaja dibawa (koinnya doang. bukan sama celengannya) utk ngasi penegemis, pengamen dll

Quote:2. Jangan Nabung!
Wah gila. Songong banget nih TS-nya. Udah kek banyak duit aja.
Tapi ini serius gan. Nabung Sama nyisihkan uang yang lebih itu sangat berbeda
Kata om Steve jobs, Pendiri perusahaan APPLE, dengan raji menabung secara tidak langsung anda membentuk mental karyawan. Solusi dari krisis finansial bukan dengan cara menabung. Tapi dengan menambah pemasukan
Terus guna celengan tadi buat apa?
Buat nyisihin duit lebih yaitu koin tadi. kan ane udah bilang jangan simpennya di dompet. ntar rusak. bukan buat NABUNG
terus beda NABUNG sama NYISIHKAN DUIT YANG LEBIH apa dong?
kita ibaratkan aja NABUNG itu seperti orang yang lagi diet. pantang makan ini, pantang makan itu. ga boleh makan jam segini
tapi kalo nyisihkan duit yang lebih itu ya seperti kita yang ga makan di luar jam makan. kalo udah jamnya makan ya makan.
GOT IT?
Terus uang yang lebih itu buat apa?
Utk ngelakukan hal-hal yang berguna gan! contohnya: ikutin pelatihan yang menurut agan bermanfaat. kalao bisa yang produktif. yang bisa agan manfaatkan utk dapet penghasilan. Skrgkan banyak tu pelatihan2 keterampilan gan (softskill). Apalagi pelatihan design grafis. asal tau pasarnya aja itu potensial banget gan
atau uangnya di pake utk beli barang2 utk di jual lagi. atau kalo lebih berani, utk modal usaha.

Quote:3.JANGAN KERJA!
Simpel aja gan. Waktu kuliahnya mahasiswa itu flexibel. jadwal organisasi flexibel, bahkan jam dosen juga flexibel. Bayangin aja kalo dosen udah minta ketemu 1 jam kemudian. bukan ga mungkin jg dia minta jam kuliah malam.
Kalo saat itu kita terikat dengan kondisi sebagai 'TENAGA KERJA', kuliah ga jalan, kerjaan kacau.
Jalan terbaik bagi mahasiswa untuk menambah pemasukan adalah dengan berwirausaha.
Gimana yg punya hobi ngajar. jadi guru les, les biola, les matematika, les piano, dll?
the answer is, jangan gabung ke badan usaha manapun.
Bikin aja les privat sendiri. ga ada yg bisa atur waktu kalian
yg ada hanya tanggung jawab sama anak didik
dengan begini kita jadi bisa lebih idealis dalam mengatur waktu
Dan lebih hebat lagi kalau kita bisa jualan produk sendiri
it's so cool

Quote:4. NGACA SAMA DOMPET!

Jangan pernah memaksakan diri kalau memang lagi ga punya uang.
Boleh2 aja agan beli makan mewah di S*laria, tapi kalo si dompet berkata lain ya goreng telur dong
Terus gimana kalo pas waktu lagi ga ada uang, ada pelatihan yang penting bagus banget.
JANGAN IKUT!
ya ga ada duit gimana mau ikut.
Catet apa temanya, siapa pembicaranya, dan yang penting2 lainnya
abis di catet ngapain? udah? ga dong! KITA BIKIN LAGI ACARA ITU. bedanya kali ini kita yang adain!
Untuk ini pastinya kita harus punya kekuatan (politik?)
Makanya waktu awal masuk diajarin tentang "pentingnya berorganisasi"kan?

Quote:5. Biasakan "Coba bikin Sendiri"
DAri pada kita beli2 barang2 mahal, coba deh bikin sendiri dulu, yang fungsinya sama. meskipun tampilannya ga secantik yg dijual
contohnya: kamar panas? Pengen AC? ketik aja di google "cara membuat AC sederhana"
atau pengen makanan enak.. coba deh cari dulu resepnya di google.
barangkali aja bisa jadi produk sendiri. Iya gak?
TS sendiri aja sampe PowerBank aja bikin sendiri

Quote:6. Kamar Kost = Pabrik Duit
Kamar kost jangan di tidurin aja dong.
Banyak pengusaha2 internasional yang suksek karena mulai merintis usaha dari kamarnya (bahkan gudang dan garasi) contohnya google. awalnya pendiri google bikin search engine cuma dari dalam kamar. Liat sekarang jadi sekaya apa dia?
Coba bereksperimen di kamar sendiri. Mana tau rejeki kalian ya dari situ

Quote:7. Duit Habis? ==> LAPTOP. ASET PALING BERHARGA
Duit udah habis. Stok makanan udah habis.
Ambil laptop kalian. Masukin Tas.
BAwa ketempat yang Free wifi. Kemudian Buka FJB KASKUS atau forum bisnis kemudian buka subforum penawaran kerjasa/distribusi
pilih deh barang2 yang menurut kalian berpotensi utk dijual. Tapi ga ada yg lebih baik selain jualan produk sendiri
Lah gimana coba? duit utk makan aja ga ada, gimana mau jualan?
Banyak banget gan caranya! BANYAK BANGET!
Kalo ane bahas disini terlalu melebar dong. Ane bakal lanjutin secara lebih mendalam di thread baru, tentang perjalanan ane bikin produk sendiri, dan gimana cara ane cari modal dan bikin usaha tanpa modal sedikitpun
itu kalo ane dapet 10 cendol, atau 299 coment, atau jadi HOT THREAD... heheh Ngarep

Dan pelajarannya adalah: Jangan pernah jual aset berharga dalam kondisi apapun. (laptop, hp tv) kecuali anda bisa menggantinya dalam waktu yg sangat dekat. karna ini semua sumber informasi. Kalau aset utama udah kejual, perjalanan agan GAME OVER

Quote:8. Doa

Sepele sih gan. Emak ente juga pasti udah ngingatin ente kan pasti? mao makan jangan lupa doa, mau bobo jangan lupa doa
kembali ane ingatin lagi. kalau mau mulai apapun jangan lupa DOA. bukan berarti kita lemah gan (seperti di thread sebelumnya ane ada baca. kita ngadu sama tuhan berarti lemah)
Ga begitu dong. dia yang ciptain kita kok
ya setidaknya bilang MAKASIH karena hari ini agan masih bisa makan

Quote:9. Jangan Pernah Takut Kelaparan
Dalam agama ane gan (islam), kalo kita takut kelaparan sama aja kita ngeremehin kekuatan Allah, percaya deh. ada aja yang bantu
asal usaha

Quote:UPDATE: ada yang ketinggalan. hehehe
Quote:10. STOP Kegiatan CATET MIMPI
Agan2 pasti pernah deh denger di salah satu kegiatan pelatihan apalah itu. Kalo saya waktu itu ngeliatnya pas masa orientasi mahasiswa sama di pelatihan management mahasiswa
disitu diceritakan tentang orang2 yang catet mimpi mereka. sampe ratusan mimpi yang mereka tulis di kertas dan satu persatu mimpi itu terwujud.
Pernah liat?
Kalo agan pernah praktekin dan BERHASIL, SELAMAT!
Anda adalah orang yang sangat beruntung.
karena saya sendiri sudah berkali2 mencoba cara tersebut dan GAGAL
waktu SMA, saya cuma nulis 5 doang. 1 pun ga ad yg kesampean. waktu masuk kuliah agak banyakan. 20. juga bernasib sama
setelah liat vidio itu lagi, saya coba lagi. lebih banyak lagi. 99
1 per 1 semua kandas termakan waktu
sampe saya sadar. cara itu salah!
Bukan mimpi atau angan2 yang harusnya kita catet
Tapi TARGET yang harus kita kerjakan
Kalau agan cuma bergantung sama mimpi, dan berharap dikabulkan, atau cuma sekedar nulis mimpi tapi ga tau apa yang harus dilakukan, ya nasibnya ga bakalan berubah.
Quote:11. Jangan Ngerepotin Temen Atau Siapapun dikala susah
Ini penting banget nih gan. Banyak orang susah dijauhi karena ini. Kadang kala orang kalo susah udah ga mikir pake hati lagi. "kira2 ini orang enak ga ya kalau gue minta begini"
Saya ga pernah ngelarang gan mau pinjem uang sama siapapun.
Tapi dibatasi. Dan pake hati kalau minta
Caranya gimana?
Begini.. Katakan lah ente butuh uang 100ribu. Jangan langsung pinjem 100rb ke 1 orang. itu cukup membebani loh gan.
ente datengin temen beberapa orang. entah 5 atau 10.
pinjem aja 10rb atau 20rb
ya syukur2 biasanya sih malah ada yang iklas
tapi jangan di harepin lo gan. namanya hutang tetap harus diganti meskipun nilainya kecil.
nah dengan cara itu temen atau keluarga bakal lebih senang hati minjeminnya
karena ga ngeberatin mereka juga
Quote:12. TAmbahan dari kaskuser yang keren bangetQuote:Original Posted By hudauzumaki â–º
tambahan dari pengalaman ane gan.

DEKETIN DOSEN. Kalo bisa dosen yang banyak proyek. Karena kemungkinan buat diajak dosen ikut proyek semakin besar apalagi kalo agan pinter di bidang yang diproyekin dosen.
Ane pinter ngoding (programmer), dan lumayan deket ama dosen (dosennya enak diajak ngomong). Alhamdulillah diajak beberapa proyek. Lumayan lah buat beli meja belajar, kipas angin, kasur busa, speaker simbadda yg gede, dll buat kamar kontrakan. Dan juga buat beli pakaian yang bisa buat gaul. Sisanya disisihkan buat kali2 ada keperluan mendadak.

FYI, ane dulu waktu prtama kuliah duit dr ortu cuman buat kul, makan, dan kontrakan. Dulu cuman ditemeni kasur tipis dan meja duduk. Alhamdulillah skarang kamar udah lumayan lengkap dan nyaman walau agak penuh )

kalo saya boleh rubah lagi judulnya jadi "DEKETIN SIAPA AJA" boleh ga gan?
apa yang agan ini bilang bener banget gan. tapi saran dari saya, perluas lagi. jangan cuma kedosen.
Ane sendiri kuliah jurusan teknik mesin gan. ambil spesifik ke konversi energi. ga cuma ke dosen. kadang2 ane juga dapet proyek dari senior ane gan. tahun 2014 ane dapet proyek pembangunan PLTMH (pembangkit listrik tenaga mikrohidro) di daerah jawa barat. itu dari senior ane gan.
Terus juga kadang kalau di acara2 seminar, ane paling seneng kalau tugasnya jadi humas atau jadi ketua pelaksana. Kenapa?
ketua pelaksana jelas dong, ngasi sambutan, ngobrol sama tamu2 undangan dan tau sendiri kalau seminar nasional itu biasanya ada MENTRI atau pejabat negara yang datang. dari obrolan itu pastinya nambah wawasan, keberanian dan bukan ga mungkin nambah rejeki lo gan
terus kalau jadi humas itukan biasanya nyamperin pembicara sebelum acara. nanyain beliau siap ga jadi pembicara di seminar
wah itu kesempatan emas banget. apalagi kalo pembicaranya sekelas DIREKTUR atau paling gak MANAGER
Ngobrol secair2nya kita. Dan saya sendiri ga pernah ngelewatin kesempatan utk nanya "gimana peluang kerja diperusahaan bapak"
dan ga pernah lepas. SAYA SLALU PROMOSI TENTANG DIRI SENDIRI
dari pengalaman ini, ane udah pernah dapet tawaran kerja di PT GR**N ENERGI, perusahaan pembangkit listrik tenaga surya dan ada juga perusahaan kertas yang minta ane kerja tempat dia. terus ada perusahan akrilik juga yg minta ane bantu di prusahaan dia utk bantu2 bikin disain produk. masih banyak lagi lah gan kalo ente berani nekat utk nanya dan promosiin diri ente.
Dan sekarang saya lebih milih utk ngibarkan bendera perusahaan sendiri (cailaaahh) dan percayalah sampai saat ini ane tetap seorang mahasiswa semester 5 gan

Quote:Tambahan dari kaskuser
Spoilerfor tambahan: Quote:Original Posted By ulatkobraâ–º
ane tambahin gan :

HARUS KERE!
kenapa? karena semakin kita kere, semakin kita putar otak untuk bersikap cerdas dan menghasilkan. meskipun uang sudah berlebih, tetaplah berpikir kita kere, karena hal itu bisa mmpertahankan motivasi kecerdasan kita. inget kan kalo udah kere baru kita bisa memahami mana barang penting mana enggak, yang gak penting biasa dijual
dari situ juga belajar memahami apa yang kita bener2 butuh sama apa yang cuma nafsu 4l4y doang.
sebenarnya implikasinya sama dengan 'jangan nabung' gan. supaya otak makin kreatif nyari duit
Quote:Original Posted By papacio â–º
jadi mahasiswa jgn malu kalo susah, selagi ada modem dan laptop cari ilmunya di om google. mulai bisnis, apa buka jasa instal bb, instal laptop, isi film, jual game pc. lumayan buat rokok + perut mah. HIDUP MAHASISWA
agan ini udah kasi clue. banyak banget yg bisa di bisnisin hanya bermodal laptop

Quote:Original Posted By holland25 â–º
Ah , ane udah ngekost semenjak kelas 2 SMA , ane udah tau semua tentang kehidupan kost , dan yang agan bilang itu ada benarnya... Tambahan dari ane : kalo bisa cuci baju sendiri , jangan laundry , uangnya lebih bermanfaat buat yang lain...

Btw , nice trit gan

Quote:Original Posted By Gupita9 â–º
Setuju sama agan TS, mungkin krn dah kebiasaan ngumpulin recehan d toples dri jamannya kuliah, sekarangpun ane uda kerja masih ttp ngumpulin recehan *jangan anggap remeh kekuatan recehan *bisa jd penolong saat duit bener2 habis

Kalo agan sedikit punya modal c, bisa atur otak di FJB Kaskus, beli barang dari seller misal: Laptop terus nanti dijual lagi dengan ditambah sedikit untung , pengalaman ane nih
Adalah untung 10-20 ribu
Ini juga salah 1 trik ane gan. kalo memang lagi ada uang. ane sering jalan2 di fjb atau to*o b*gus. misalkan ada yg jual hp/ laptop/kamera ,murah, beli aja. DENGAN CATATAN COD. usahakan jangan kirim2 kalo ga kenal. abis itu barangnya dijual dengan harga sedikit diatas harga beli
Quote:Original Posted By AnggaNavie â–º
Ane rela login setelah berminggu2 gakum cuman buat bokmak ini tread.

btw ane mau buat acara standup comedy gan nyontek punyanya "Panji Bla bla -Misaka bangsaku" yg kmrin ane tonton di Malang
ini contoh mahasiswa kreatif gan.
sperti yang ane tulisin diatas. Kita bakal jauh lebih hebat dari pada orang2 yg nonton sebuah konser dengan tiket berjuta2. karena kita bisa bikin acara sendiri. dan jangan salah. ada income juga lo di situ
Quote:Original Posted By fadilzzz â–º
wahhh bagus nih gan, apalagi yg wirausahanya itu ane stuju banget gan!!! menurut ane jd downshipper cocok tuh buat mahasiswa yg butuh jajan tambahan seperti ane
dropshipper maksudnya gan
ane juga dulu sering tuh gan waktu jaman SMA sampe awal2 kuliah masih sering jadi dropshipper. ruginya kita ga bisa cari untung gede. soalnya konsumen pasti kejar harga paling rendah
otomatis dustributor pertama yg paling dikejar.
solusinya, bikin produk serupa dengan sedikit modifikasi
Quote:Original Posted By nenihayati â–º
Point no 3 bener banget tuh gan, ane mahasiswa kelas karyawan aja tetep susah ngebuat balance kerja sm kuliah, akhirnya ane korbanin kerjaan.. ane resign dan skrg ane buka privat di rmh sm usaha ol shop kecil2an gan buat bayar kuliah ane sendiri..
Quote:Original Posted By putrikepang â–º
no 1,2,7 ane banget

hobi masak, nyimpen receh dan jualan awul2
jd skrg mlh pnya duit tabungan dikit #loh
ya duit lbh gan,, klo misal pngn beli baju atau mkn enak

say no to mahasiswa kere
ga jmn lagi akhir bln puasa




Quote:Keluhan Kaskuser
Spoilerfor keluhan:
Quote:Original Posted By zhengquanli â–º
ane balik kost malah stres. inetnya ampas. lagian kalo buka fjb susah jg gan. jd keganjel kuliahnya.
jangan pasrah gan
datengin tempat2 yang internetnya kenceng. atau cari aja di google banyak kok cara2 modifikasi kecepatan internet. dari modifikasi mikrotik, bikin antena sendiri, atau pasang stiker penguat sinyal. ahhh banyak banget lah solusinya gan. ganbate
Quote:Original Posted By jokotingkirz â–º
Ane lagi ngalamain nih gan... lagi puter otak buat bisa beli cemilan..
Jangan di tahan gan. Mau beli ya beli aja waktu uangnya lagi ada
seperti kata om dedi corbuzier. makin kita diet nahan makan, waktu kita udah ga diet nafsu makannya malah makin menjadi2
Quote:Original Posted By gazzla â–º
memang kudu wirausaha gan yang paling bener mah,kalo mau buka jasa ane masih ragu,ane mau buka jasa apa coba?basa inggris aja kagak bener
emang jasa cuma les bhs inggris doang gan?
temen ane ada yg usaha jasa STEAM DELIVERY. kerjanya ya senganggur-nganggurnya dia dan kuliahnya tetap lancar
Quote:Original Posted By FreshValid â–º
harus rela gak ganti gaya gan
sama harus hidup sederhana
setiap hari makan tahu sama tempe aja
ga boleh ngerasa harus hidup sederhana gan. makin kita ngerasa sederhana makin kita ngerasa ga punya. jadi makin ngerasa ga punya apa2. semakin kepengen punya lebih. bukan berarti kita harus jadi belagak kaya juga ya gan eace:


Quote:Original Posted By tradebankers â–º
ente bgusnya ambil jurusan ekonomi gan,,,, hahahaha
seandainya ane kuliah ekonomi, ane cuma bakal belajar ngelola duit tnpa bisa tau apa yang dibisniskan. dengan ane kuliah di teknik mesin, ane bisa bikin pembangkit listrik dan tinggal belajar cara ngebisnisinnya
Quote:Original Posted By ketokonazol â–º
waduh gan ga setuju ane kalau anak mahasiswa harus punya kompor gas dll gan. makan aja susah apalgi mau beli gituan. terus tempatny aja kecil haha
ane kasi triknya ya gan supaya kamar sempit jadi luas dan cukup utk nyimpan barang2 begituan, the secret is -> beli ranjang. barang2 agan yang rasanya kepenuhan bisa di pindahin ke bawah sana
Quote:Sekian aja deh gan trik dari TS
Yang ngerasa trik ini bermanfaat, Kasi dong .

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/52a40cf7feca1714618b461b

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger